Novel Kami: THE MESSENGER

Ketika majalah Time memilih “You” sebagai Person of The Year 2006, mereka menyadari bahwa ada satu kekuatan baru dari internet yakni kemampuan menyatukan kontribusi para pengaksesnya untuk menciptakan sebuah karya yang mungkin tidak pernah terpikirkan sebelumnya bisa terjadi. Hingga kini wujud kolaborasi itu ada macam-macam dan bisa jadi salah satunya adalah apa yang kami berempat (JaF-Singapura, Tuteh-Ende Flores, Sa-Nederland dan Uyet-Surabaya) lakukan dengan menulis cerfet (cerita estafet) di tahun 2005 di ruang Galeri Kreasi Blogfam. Cerita berjudul “The Messenger” yang kami tulis bergantian itu ternyata cukup menarik minat para Blogfammers dan alhamdulillah ternyata juga menarik minat Penerbit Gramedia Pustaka Utama yang sebentar lagi akan menerbitkannya menjadi sebuah novel.

Berawal dari Sebuah Tantangan

Semua berawal dari ‘tantangan’ yang saya terima melalui email yang diajukan Sa dan Tuteh yang bisa disebut sebagai ‘biang cerfet’ di forum Blogger Family (Blogfam). Tantangan serupa kemudian dilempar juga kepada Uyet. Niat awalnya hanya untuk sekedar mengisi waktu dengan latihan menulis. Istilah cerfet sendiri diperkenalkan oleh Labibah ‘Maknyak’ Zain karena teknik menulisnya yang mirip lari estafet dimana satu penulis akan mengoper tongkat estafet kepada penulis lain dan selanjutnya sampai mencapai garis finish. Menariknya, jalan cerita akan sangat ditentukan oleh masing-masing penulis dan sangat bisa jadi hasilnya cukup mengejutkan kami berempat.

Kami juga terkejut menyadari bahwa cerita ini banyak menarik minat para blogfammers yang selalu setia menantikan kelanjutan cerita ini di forum Blogfam yang dimulai bulan Februari 2005 dan berakhir pada bulan Juni 2005. Yna, seorang anggota Blogfam kemudian juga membuat tulisan lengkap tentang The Messenger di blognya yang bisa dibaca disini. Ada juga yang menawarkan untuk memuatnya menjadi cerita bersambung di salah satu media cetak. Namun permintaan itu belum bisa dikabulkan karena kami keburu mengirimkannya kepada pihak penerbit.

Kehidupan Interaksi di Alam Saiber

Setting cerita “The Messenger” sendiri tidak jauh dari kegiatan kami yang sering sekali berinteraksi di internet lewat chatting dan blog. Maklum kami terpisah secara geografis di empat lokasi yang tidak bisa dibilang berdekatan (Singapura, Ende, Nederland dan Surabaya). Ia bercerita tentang seorang lelaki dan wanita yang suka sekali berinteraksi lewat chatting di alam maya dengan Yahoo Messenger. Ketika akhirnya keduanya memutuskan bertemu di alam nyata, berbagai rahasia yang sangat mengejutkan pun terungkap. Sebuah rahasia yang tak lepas dari latar belakang kehidupan keduanya dan mengubah hidup mereka selamanya. Secara umum, The Messenger juga bercerita tentang kekuatan proses berinteraksi di internet yang selama ini masih sering disebut sebagai ‘bermain internet’ padahal dampaknya ternyata tidak bisa dibilang main-main.

Akhirnya Terbit juga..

Setelah melalui perjalanan panjang, The Messenger kini telah terbit dan beredar di berbagai toko buku di Indonesia, juga di beberapa toko buku online seperti kutukutubuku.com. Cover depan dan belakangnya nya yang di desain oleh Uyet dan Tim dari GPU bisa dilihat lebih jelas dengan mengklik gambar cover di atas. Sementara keterangan singkat di halaman belakang covernya bisa dibaca berikut ini:

Mpus_imut70: Sekali lagi, aku nggak mau kecewa lagi. Besok aku akan pakai kaus putih bergambar bunga matahari dan celana jins. Aku orangnya tinggi, agak kurus, rambut sebahu. Pasti mudah dikenali. Begitu Mas lihat aku, tolong jangan tegur aku. Lihat saja. Malamnya kita janjian chatting lagi. Kalau Mas nggak suka dengan apa yang Mas lihat, Mas tinggal bilang aja. Atau jangan nongol di chatroom. Gampang, kan?

Lelakikelam: Kenapa harus begitu? Kamu nggak mau tau ciri-ciriku?

Mpus_imut70: Mas, aku nggak peduli Mas tampangnya kayak apa. Tapi Mas harus lihat aku dulu. Aku bosan dikecewakan. Bagaimana?

Lelakikelam: Oke! Akan kubuktikan aku tidak seperti laki-laki lain yang mengecewakanmu itu.

Mpus_imut70: Kita lihat saja besok.

Perkenalan dan perbincangan yang sekian lama terjadi di chatroom membawa Mpus Imut dan Lelakikelam berjanji untuk bertemu di alam nyata. Keinginan untuk mengenal lebih jauh terbaca jelas saat mereka berdialog di chatroom. Apakah Mpus Imut dan Lelakikelam bertemu dengan sosok yang sesuau dengan apa yang mereka bayangkan selama ini? Ataukah perbincangan selama ini hanyalah sandiwara belaka? Siapakah Mpus Imut dan Lelakikelam?

The Messenger” adalah novel cerfet (cerita estafet) yang ditulis oleh 4 orang yang berdomisili di 3 negara berbeda dan hanya bertemu di dunia maya.

Terimakasih.. Terimakasih..

Terimakasih kepada Blogfam dan seluruh anggotanya yang selalu rajin saling mengompori untuk berkarya secara nyata. Terimakasih kepada Gramedia atas kesempatannya. Terimakasih juga kepada sebuah teknologi bernama internet. Sebuah teknologi dimana kolaborasi antar manusia yang terpisah batasan jarak dan perbedaan waktu ternyata bisa menghasilkan sebuah karya nyata. Bagi Blogfam sendiri, ini bukan barang baru karena sebelumnya berbagai karya kolaboratif juga sudah pernah mereka terbitkan dan bisa disaksikan disini. Beberapa anggotanya juga sudah mulai merintis karir sebagai penulis.

Hayo kawan-kawan, mari kita ramai-ramai berkarya dengan perantaraan teknologi internet ini. Kalau kebetulan mampir ke toko buku, ya sempatkan beli novel kami juga ya..🙂 Syukur-syukur kalau bisa juga menyampaikan kritik dan komentarnya pada kami..

NB: The Messenger kini sudah tersedia di toko-toko buku atau juga bisa pesan langsung di penerbitnya di sini.

NB2: Terimakasih banyak yang sudah bersedia me review buku ini di blognya. Kalau anda juga membuat review serupa, mohon sekali informasikan linknya kepada kami disini (melalui kotak komentar di bawah atau melalui email ke jafmail @gmail.com)

51 responses

13 05 2007
erfina aulya

“The Messenger” it’s nice book….ehmmmmm…lucu, kocak apa lg di bumbui ceita cinta yg unik…pkoknya neh buku bisa bkin Qta terbawa masuk dlm alur ceritanya…emang sehhh ceritanya aga mirip neh sama pengalaman pribadi:-)
gmn nich…kelanjutan hub rana & sofia, jadi penasaran??? aku tunggu bag ke-2 nya yach abang jaf..hehehehe

“lelakikelam: Bagaimana caranya kita melupakan seseorang yang sangat kita cintai?
Mpus_imut70: knp mau melupakan aku?kekeke. maaf…maaf…kalau cinta, kenapa harus dilupakan?
lelakikelam: karena dia ternyata melupakan kita.
Mpus_imut70: … kalau begitu, nggak ada alasan dong untuk mencintainya
lelakikelam: Mpus km pernah jatuh cinta? jatuh cinta yg luar biasa…?
Mpus_imut70: Cinta adalah perasaan yg paling tidak bisa di jelaskan dengan logika manapun.sampai kimata rasanta nggak akan bisa kita pahami, kita hanya bisa mencoba..dan mencoba….

Penasaraaaaaaaaaaaannnnn…Buacaaaaaa deh bukunya di jamin….ngakakkkkk..hehehhehee

25 05 2007
flack

Udah bisa dibeli om ?

Udah.. udah.. Di toko buku udah ada kok🙂

25 05 2007
grunge madness

what should i say ???

29 05 2007
May

hiks ,jadi penasaran juga sama novel nya the mesegger , mungkin sama juga seperti pengalaman ku di dunia chat,oh yaaa gimana cara mendapatkan novel tersebut ? apakah di taiwan juga telah ber edar ? terima kasih.

8 06 2007
~kopidangdut~

penasaran..

16 06 2007
wina karnie

selamat dan pingin baca lengkapnya.. gimana ngoleksinya neh? nyampe gak ek daratan HK?

18 06 2007
toeti

Dear Jaf, bukunya bagus banget, asik dibaca, kadang ada beberapa bagian yang membuat aku terbahak2, selamat buat kalian ber 4 deh

16 07 2007
novika

gue senang bgt baca n senang ngokelsi buku, setelah ini gue pasti bakal beli buku loe, suer….

17 07 2007
doll_lov3

bagus bgt tuh bukunya, kapan buat lagi??

25 07 2007
Micki

wAH jAF,
selamat yaa
pengen liat bukunya, ntar kalo udah beli saya commen-i
hieheihe

27 07 2007
"P"

Gw baru aja baca bukunya,,,

Ceritanya okzzz banget,,,

Bikin jilid 2 dunkzz,,,,

Plizzz,,,

30 07 2007
mansur

jadi penasaran juga nih…. sukses dan berbagi dong dengan kita???

31 08 2007
atmoon

Nah, cobain aja promosikan ala Roy Suryo , pasti bikin hebohhhhhhhhh…

18 09 2007
rusle

akan segera meluncur ke TKP eh, Gramedia…keknya menarik…dijamin bisa memekarkan senyum kan?

21 09 2007
CL

Congrats! Selamat Pak Rane!
nanti cari deh di Gramedia🙂

28 09 2007
Wati

note to self: ntar kalo mudik harus beli buku ini..🙂

15 10 2007
riesya

aq udah ada buku the messenger TOP bgt, ada yg lain g bukunya???

6 11 2007
bambang

mau coba beli juga ah…..

12 11 2007
Praditya

Hooo… kirain tuh buku apaan…
Sering liat covernya sih di toko buku

Tpi karena gak tau itu novel jdina gak beli…
Abis judulna mengingatkan akan sebuah film…🙂

13 11 2007
morishige

di gramed ada gak?

23 11 2007
andrei-travellous

ikut masang banner anti CP nya, makasih ya. anyway saya penggila novel juga, nanti saya cari novelnya. pengen juga nulis novel, bisa dunk belajar🙂, salam kenal ya Mas

2 12 2007
deethalsya

yup.. udah baca mas..
*bukan beli, minjem ama sodara*:mrgreen:

novel-a bagus, keren deh…
itu kisah nyata bukan sih???😕

22 12 2007
dodot

Selamat yo pak JaF, novelnya masuk kick andy… seneng nech…

28 12 2007
Jumpa Pak JaF «

[…] menyalurkan hobi nulisnya. Dan sebuah karya pun telah dilahirkannya berupa buku keroyokan berjudul The Messenger yang ditulis bareng rekan-rekan Blogfam. Selain itu, dia pun menjadi banyak kenal –dan ikut […]

2 01 2008
eNNy

Mas JaF, saya tinggal di US. Bisa pesan bukunya dari mana? Thanks

20 01 2008
Menulis itu (ternyata ga) gampang! « monumen masa muda

[…] kesekian kalinya ada blogger yang akhirnya, karyanya bisa diterbitkan dalam bentuk buku seperti mereka ini, saya kagum sekali. Apalgi gaya penulisannya yg pake jurus estafet, wah pasti akan semakin menambah […]

20 01 2008
ndutyke

insyaallah beli. yah paling nggak…minjem deh.. speertinya ceritanya bagus🙂

9 04 2008
fiqa

bagus..bagus…!!!

8 05 2008
aspian

Mas bagaimana blogger bisa menghasilkan uang

yan

12 05 2008
Silly

Mas… baru tahu kalo itu novel… aku pikir petunjuk ceting yg baik…😀

dan karena gak suka ceting, ya jadi gak beli…😀

btw, buku saya mas udha punya belum???… Lucu juga lohh, genre gokil2an gitu dech….

sayangnya belum diterbitin, masih dalam khayalan saya, hahahha…😀

silly

10 06 2008
ziduuy

udah baca seru jhahaha😀

sampe ga belajar fisika nih gw buat ulangan besok smesteran :((
gimana nasib gw? mudah2an seberuntung si rana n soffia jhaha😛

pengennnya si kayak dody😛

lebaii

17 07 2008
Bunda Oky: “Three Colours ” Manfaat Ngeblog | Ayo ngeBlog!

[…] Aku mencintaimu Dalam Sunyi: Email Terbuka Seorang Selingkuhan, Kumpulan Cerita Anak Blogfam, The Messenger, dan Makan Tuh Cinta! Atau blog Pribadi Radhitya Dhika “Kambing […]

4 09 2008
nie

bagooooooooooooooooooss sekale bukunya. aye uda baca. kapan bikin yg baru lagi?

22 10 2008
Lena K

Rane, dari buku The Messenger lah daku sampai disini, daku masih ingat kau saat dulu pernah ketemu waktu masih liputan di Indonesia, sekarang masih di radio Singapura. Gak nyangka dikau bisa menulis cerita yang lucu banget, tentang buku ini aku tulis di blog di multiply … dikau sih mungkin sudah lupa yah siapa aku ….

yang jelas bukunya okeh banget, meski baru sempet baca sekarang … sukses yah …

23 10 2008
Lena K

baiklaaa,,,, saya coba segarkan ingatan Rane, aku dulu liputan untuk RRI Pro 2FM …. masih gak inget juga ? yah, wajar karena kita ketemu cuma sekali dua ….. anyway, sukses ya bro, kapan bikin buku lagih …

3 11 2008
jee

eh, ternyata ini salah satu penulisnya ??? *g sengaja ketemu.

dari dulu pengen beli novelnya cuma disini udah habis, jadi ya g dapat baca😦

5 02 2009
Vina

The Messenger keren banget!
Ceritanya ringan dan gak bikin bored….
penuh kejutan!

moga-moga ada The Messenger 2…seperti yg dikatakan tante Tuteh…😀

Ehem…om Rane ‘n family dah pindah ke Jepang yah?
Jangan-jangan setting The Messenger 2 ikut pindah ke Jepang nih…hehehe…

Yang pasti…
dimanapun setting-nya The Messenger 2 tetap ku nantikan….

semoga ada yah…
^_^

19 02 2009
Nur Wadik

Wah, menarik juga ya ceritanya, tak sempatkan liat-liat di Gramedia. Selamat berkarya

11 04 2009
azam

hai,🙂 saya dapat alamat blog ini dari buku kalian.

kemarin ketika saya mampir ke toko buku di kota saya, saya melihat ada sebuah buku kecil tipis berwarna hitam. Saya membaca sinopsisnya–yang menceritakan isi buku itu tentang kehidupan internet yang penuh macem2–dimana seseorang dapat bersandiwara dan menipu atau ditipu—dimana cinta virtual terjadi–dsb

Saya nggak tau, tanpa sebab yang jelas saya ambil buku itu dan membelinya. Tanpa mikir. Tanpa berharap dan yakin isi buku itu bagus atau nggak. Kebeli aja gitu, seolah2 aku kena gendam/hipnotis untuk beli buku itu, seolah2 itu takdir. LOL.

Dalam beberapa jam, bukunya pun habis kebaca.
Menarik. Enteng. Simpel. Meski sebenarnya “bener2 biasa aja dan gampang ketebak alurnya” menurutku. Tapi entah kenapa saya suka aja. Mungkin karena tema ceritanya yang pas dengan situasi2 zaman sekarang + kejadian2 yang saya alami di hidup saya.
Satu lagi yang menarik : cerfet. Saya jadi ingin menulis [lagi] nih sama teman2, pake konsep cerfet gitu pasti asyik. Membuat gaya tulis yang beda2 dicampuraduk jadi satu. haha 🙂

Well done. Nice works. Thanks for sharing.

Salam kenyal,
-azam

[n.b. coba kalo semua account email dan blog itu dibikin beneran untuk ‘iseng2’ gitu, dikasih foto2 dan post yang mirip dengan novelnya, dibikin account facebook virtualnya si lelakikelam dan mpus_imut. bakal asyik tuh :D]

16 06 2009
TOPNews

aq jadi pingin beli nih,,?
dah ada di gramed blm ? & berapa hrg-nya mas?

tr kasih

18 06 2009
jonathan

sorry ni bro gw liat2 blog u,gw jg baru mau pelihara pentet jadi gw mau tanya2 sm yg ud ahlinya , boleh dx?
bagus nya pentet di kasih kandang yg kaya apa ya ?
gw takut nih , kandang gw kan yg biasa punya , gw takut ambrug . larna pentet gw doyan bgt sm saltonya tp dia masih malu2 bunyi nya . maklum bru gw ambil di tempat teman gw
ooooh ya gw lupa kenalan dlu ni ya nama gw jonathan. n gw mau tnya lg dx di kasih apa ya biar pentet gw lebih gacor lagi n ga galak lg.tolong bantuan nya ya bls di email gw ya di jonathan_sky.phon3@yahoo.co.id . salam kenal ya dari gw n thx

28 01 2010
Rara

hai Pak Rane..salam kenal, sy gak sengaja buka blog ini, cari review ttg kindle (buat laporan tugas akhir sy), nyasar ke blog Pak rane n tertarik dgn review novel The Messenger, jadi penasaran, kayaknya seru ceritanya..

Btw jd pengen tahu Kindle lebih jauh, tulisnnya yg di: http://teknologi.kompasiana.com/2009/12/29/menjajal-kindle-alat-pembaca-buku-elektronik-yang-tidak-neko-neko, sy jadiin referensi ya Pak, kalo ada liputannya yg lebih lenkap, boleh pak kirim ke email sy😀
Thx so much:)

16 05 2010
Kopi Darat Ayo ngeBlog! Mau?

[…] kalo kita bikin buku kroyokan? Mirip kaya BlogFam yang udah bikin berbagai buku bersama-sama, dari The Messenger, Flash! Flash! Flash!, sampai yang lainnya juga. Bagaimana menurut […]

6 08 2010
E-BOOK CERITA ESTAFET “SELEBRITIKU, PULANGLAH!” SUDAH TERBIT DAN MENGORBIT /  Catatan Dari Hati

[…] tahun 2006, Cerfet “The Messenger” karya 4 anggota Blogfam (JaF, Sa, Tuteh dan Uyet) akhirnya berhasil dib… Ini merupakan sebuah prestasi tersendiri yang cukup membanggakan. Uyet–mewakili para […]

6 08 2010
Menikmati Sensasi Cerita Estafet | Komunitas Blogger Bekasi

[…] tahun 2006, Cerfet “The Messenger” karya 4 anggota Blogfam (JaF, Sa, Tuteh dan Uyet) akhirnya berhasil dib… Ini merupakan sebuah prestasi tersendiri yang cukup membanggakan. Uyet–mewakili para […]

19 08 2010
citra

loves that novel… seribu juta kali membacanya pun tak akan membuat kita bosan. unique story. love Rana’s song…

4 01 2011
brataaaa18

wah, masmas mbakmbak, lagi jalan keliling2, eh ketemu blog kyk gini dan ada novelnya, baru baca sedikit yg diatas aja udah seru gimana klo udah baca satu buku..jadi penasaran, itu kan di terbitkan tahun 2k7, kira” di gramed masih ada ga yah?klo ada yg tau di bales yah, thanks..

4 01 2012
Lailatul Qadr

Ada, saya baru beli beberapa hari yang lalu. Di Gramedia Java Mall Semarang…

30 01 2012
vany

pengen novel ini….aq cari2 di gramedia makassar udh gak ada…hiks….ada yang bisa bantu gak???

8 02 2013
theo

great works, thanks buat refrensi atas novelnya. regards

GPS Tracking

5 02 2016
suaRane | Menulis Novel di Media Sosial

[…] Novel kami: The Messenger. Novel hasil cerita estafet yang saya tulis bersama beberapa teman di Blogfam.com tahun 2005.- Blog Anotherfool.wordpress.com. […]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: