Curigai Gerakan Koin Peduli Prita?

8 12 2009

Sudah banyak yang ditulis tentang gerakan Peduli Ibu Prita yang luar biasa berhasil menggerakkan rakyat. Saya hanya agak terganggu pada sebuah berita di salah satu media yang berjudul “Angelina Sondakh Curigai Gerakan Kumpulkan Koin untuk Prita“. Ya ini bisa jadi perdebatan sih, namun inilah pendapat saya.

Setahu saya dalam jurnalistik kita harus membedakan antara fakta dan opini. Nah paragraf pertama berita ini saja sudah terkesan beropini dengan mengatakan bahwa di saat semua orang menunjukkan solidaritasnya, Angelina malah mencurigai gerakan itu. Dimana mencurigainya?

Ketika dilanjutkan di paragraf berikutnya, ada kutipan yang intinya mengatakan bahwa Angelina punya kekhawatiran sendiri terhadap gerakan ini dan ia berharap agar tidak berubah anarkis apalagi merugikan banyak orang. Di paragraf berikutnya ditulis harapan Angelina agar gerakan ini tidak memojokkan pihak tertentu meskipun ia memahaminya selama masih untuk menggalang kebersamaan. Sudah itu saja. Paragraf berikutnya mengulas soal latar belakang gerakan itu dan harapan Angelina untuk kampanye anti korupsi tanggal 9 Desember. Habis! Itu saja. Kalau saya editor, saya hapus berita ini karena tidak penting sama sekali. Kosong melompong!

Saya pribadi tidak menangkap hubungan judul dengan isi berita itu. Dimana unsur mencurigainya? Lagi-lagi ini bisa diperdebatkan. Apa kekhawatiran bisa disebut kecurigaan? Menurut saya tidak sepatutnya si wartawan menulis berita seperti itu. Selain berita itu tidak penting, tidak ada hal baru dan yang lebih parah lagi karena berita ini berpotensi memanasi sebuah kampanye yang seharusnya untuk tujuan damai.

Kalaupun mau kontroversial atau menghasut, menulisnya lebih lengkap dong. Apa kekhawatiran Angelina? Pihak mana yang menurut dia bisa terpojokkan dengan kampanye ini? Dan seterusnya.. Pancing dia untuk ngomong lebih kontroversial. Wartawan kan paling ahli urusan begini. Apalagi Angelina seharusnya jadi sumber menarik karena kita tahu dia itu kan orang Partai Demokratnya Pak Bete.. eh Pak Beye. Tapi kan media bukan untuk memanasi keadaan? Begitu kan? Atau teori jurnalistik sekarang sudah beda?

Gerakan Peduli Prita ini luar biasa menarik karena bisa menarik perhatian banyak orang dan menunjukkan bahwa rakyat tidak bodoh, dan bisa bersatu menghadapi kesewenang-wenangan. Namun di balik itu, gerakan rakyat sedamai apapun mudah sekali ditunggangi  lalu berubah jadi anarkis, dan media punya potensi besar untuk memanaskan keadaan. Contoh gampang saja, coba lihat komentar pembaca berita itu. Nyaris semua memaki-maki dengan kata kasar, kotor dan tidak pantas. Itukah yang dimaui media supaya dapat berita menarik? Tentu tidak dooong.. Atau memang teori jurnalistik sekarang sudah beda? Maklum saya jurnalis angkatan jadul.

Dukung Prita! Dukung secara damai tanpa anarki. Tunjukkan bahwa kita rakyat bisa bersatu, dengan atau tanpa mereka-mereka yang duduk di kursi kekuasaan di atas sana dan yang lebih penting lagi: kita bisa melakukannya dengan kesantunan! TIdak dengan kepongahan seperti yang ditunjukkan oleh RS Omni Internasional.

Salam,

Rane

*Artikel ini juga ditulis di Kompasiana.


Actions

Information

18 responses

9 12 2009
ManusiaSuper

ah, detik…. jurnalisme sensasi…

10 12 2009
guntur tirta

yang kaya angelina gini sih udah kecium bau tikusnya {bicara krn dibayar … dasar mafia pengadilan korrupt, prevensif kursi basah sambil memperalat rakyat/diadu domba,.. yang ngak melek hukum, supaya LANGGENG bisa meras duit.!

3 09 2013
togeljitu772013

prediksi sgp rabu
04.09.2013
*********
77 – 92 – 42
**********
14 – 63 – 46
dan untuk
mengetahui
lebih lanjut
silahkan
KLIK DISINI
di jamin anda akan lihat hasilnya.

15 12 2009
Itox

Memang sangat potensial di tunggani orang-orang yang berpolitik. Seandainya rakyat indonesia bekerja sama untuk mengumpulkan duait guna membayar utang negara tentu akan sangat membantu pemerintah.(dengan catatan semua tidak korupsi). Dari mansyurin-sukses.Blogspot.Com.(tki malaysia)

20 12 2009
Rane

jajal

28 12 2009
archer

Gmn kelanjutan kasus ini ya??

22 01 2010
Bang Aan

Wah memang seru kalo membicarakan soal Ibu Prita ini. Semoga kasusnya lekas selesai dan dapat menjalani kembali kegiatan sehari2 dengan tenang. Amin

25 01 2010
SAUT BOANGMANALU

TERIMAKASIH ATAS INFORMASI DAN TULISANNYA, CUKUP BERMANFAAT BUAT BACAAN/REFRENSI UNTUK REGENERASI. KUNJUNGI JUGA SEMUA TENTANG PAKPAK DAN UPDATE BERITA-BERITA DARI KABUPATEN PAKPAK BHARAT DI GETA_PAKPAK.COM http://boeangsaoet.wordpress.com

5 03 2010
Program kasir

Mudah-mudahan dengan setelah kejadian prita, masyarakat Indonesia bisa lebih salng mempedulikan dan memperhatikan masyarakat yang lain nya

5 05 2010
Sewa Mobil Bali

duch,,,kayak gawat sekali ya khasus ibu prita ney,,,saya doa”n mga lekas selesai ya buk msalahney,,

21 06 2010
sewa mobil di bali

thanks to info,,,,Mudah-mudahan dengan setelah kejadian prita, masyarakat Indonesia bisa lebih salng mempedulikan dan memperhatikan masyarakat yang lain nya ya,,,,

18 09 2010
Heru Purwanto

curiga-curigaan,,,, kapan indonesia maju? hahahha

1 12 2010
sewa alphard bali

banyak hikmah yang kita dapat dari kejadian yang menimpa ibu prita….semoga kita semua saling mempedulikan sesama.

28 12 2010
Melki

ya mungkin maksudnya aliran dana koin pritanya minta diaudit terus laporannya disajikan kepada publik di sebuah website utk umum.

14 04 2011
Sewa Mobil Bandung

niat baik orang kok di jurigai,,, yang penjahat negara yang sudah terbukti kok gada kecurigaan ???

3 04 2012
arif

ah… curiga teriak curiga. classic bro..

9 01 2014
Kaos Polo Manchester City navy

Dia udah masuk penjara pula skrg, gara2 kasus korupsi.. ngurus diri sendiri ndak bisa malah masuk penjara.

15 09 2014
paket wisata pulau tidung

kasian mba angie…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: