Hasil Survey Blogger Indonesia 2009

20 05 2009

Blog hanya trend sesaat? Om Roy Suryo sepertinya perlu baca hasil Survey Blogger Indonesia 2009 yang dilakukan oleh konsultan kehumasan Indopacific Edelman bekerjasama dengan Blogfam, sebuah survey komprehensif pertama yang pernah dilakukan tentang blogger di Indonesia. Istilah trend sesaat yang pernah digunakan beliau itu ternyata bisa mencapai 2 tahun. Itulah salah satu hasil survey tersebut yang menyebutkan bahwa rata-rata orang Indonesia (61 persen dari responden) berhenti ngeblog setelah 2 tahun. Saya padahal berpikir hanya dalam hitungan bulanan. Soalnya memang ngeblog itu tidak mudah, membosankan dan memerlukan konsistensi.

Bagi saya, ini adalah wujud dari pendewasaan dunia blog Indonesia, setelah perlahan mulai meninggalkan masa-masa euphoria, masa narsis-narsisan, masa trend sesaat. Perlahan-lahan, para blogger itu otomatis mulai tersaring, dan yang bertahan adalah yang memang konsisten dan punya ‘passion’ dalam ngeblog. Ini nampak dari tingkat intensitas dan frekuensi ngeblog yang meningkat pada masa-masa awal ngeblog, lalu perlahan mulai stabil. Kenyataan ini juga ditunjang dengan hasil yang menunjukkan bahwa meski masih percaya pada media arus utama, namun kepercayaan sesama blogger ternyata cukup tinggi kalau sudah berkaitan dengan informasi yang mereka sajikan.

Survey ini membawa secercah harapan, terutama di tengah maraknya trend media jejaring sosial lainnya, seperti facebook yang konon telah merengut waktu orang untuk ngeblog. Memang facebook bisa jadi lebih trend saat ini. Tapi menurut dugaan saya, justru ini menjadi semacam saringan sehingga yang tersisa adalah blogger-blogger yang memang masih konsisten. Mereka-mereka inilah yang ikut menyumbang pada kekayaan konten internet di Indonesia.

Terus dari sini, kemana dunia blog Indonesia akan melangkah?

Dugaan saya adalah, blog semakin lama akan semakin mengarah pada blog-blog yang niche, blog yang lebih terfokus pada bahasan tertentu. Namun saya menolak banget-banget pendapat beberapa blogger “senior” yang terkesan mencoba “membawa” fenomena blogging ke arah yang menurut istilah mereka “lebih serius”.

Bagi saya, kelebihan blog adalah kenyataan bahwa setiap orang bisa punya media sendiri untuk mengungkapkan berbagai hal yang mereka inginkan dengan cara mereka sendiri. Mau ber lu-gua, mau cerita soal kucing yang tadi pagi keselek tulang, mau cerita soal cowok di kampus yang yang iih soo sweet, mau cari duit lewat copy paste artikel demi menaikkan traffic, atau malah mau mengulas soal fenomena politik yang njlimet, atau ilmu pengetahuan lain, itu semua adalah bagian dari kekayaan konten internet Indonesia. Bebas-bebas saja kok. Blog itu kan dunia yang bebas!

Bagi saya, istilah serius itu lebih pada konsistensi dan tanggung jawab untuk berbagi informasi melalui blog. Blog-blog yang dibuat untuk sekedar iseng, main-main, atau nggak penting, menurut saya perlahan akan ditinggalkan orang, dan otomatis si penulisnya juga akan bosan sendiri. Kecuali dia ngeblog untuk dirinya sendiri. Rasanya nyaris mustahil ada orang yang bisa tahan ngeblog selama 2 tahun kalau hanya untuk iseng semata.

Jadi, berhentilah berpikir bahwa blog anda tidak penting dan tidak serius dan teruslah berkarya. Kalau blog anda benar-benar tidak penting, anda dan pembaca blog anda akan tahu apa yang harus dilakukan!

Ayo ngeblog terus!

Oya, yang mau lihat hasil survey secara rinci, silahkan lihat di bawah ini: (Terimakasih buat Pak Amril yang sudah memasang hasil ini di internet dan juga salut buat Indopacific Edelman dan Blogfam untuk kerja kerasnya)

* catatan: cross posting dari sini:
http://www.ayongeblog.com/2009/05/20/hasil-survey-blogger-2009/


Actions

Information

14 responses

21 05 2009
gery@saungkuring.com

semoga saya termasuk kategori yang tersaring, kang rane sendiri gmn?

22 05 2009
akhmad Guntar

Mohon maaf, yg berikut ini maksudnya apa ya? memang pendapat mereka seperti apa?🙂

“pendapat beberapa blogger “senior” yang terkesan mencoba “membawa” fenomena blogging ke arah yang menurut istilah mereka “lebih serius”.”

24 05 2009
Uwa

Mo tanya, gimana ya cara bikin buku tamu, kayak blog punya abang ini..nuhun

24 05 2009
Uwa

Mo tanya, gimana ya cara bikin buku tamu, kayak blog punya abang ini..nuhun oke

24 05 2009
Uwa

Mo tanya, gimana ya cara bikin buku tamu, kayak blog punya abang ini..trims

29 05 2009
andrewiwanto

Tapi kan bolger2 kan makin banyak…tren ato ga kan nnti kayak hp..kebtuthan..tren gmn…ya klo facebook gt..it bisa tren.kl blog kan beda..betul

30 05 2009
darmintan

Ya, mestinya ikuti tren aja, kalo lagi rame di facebook ikut, lagi rame di blog ikut, ya kan bro

7 07 2009
Mr.o2n

Saya sependapat dgn anda bahwa blog itu kebebasan menulis entah mau menulis apa itu terserah aja yg punya blog.dan salut de buat mas,karna tadi saya lht arsipnya anda mulai ngeblog dari thn 2004 hingga mash bisa bertahan sampe skrng salut,salut dan salut

15 07 2009
yuwaku

pengunjung sepi dari hari ke hari = ngeblog-nya jadi malas donk.

15 07 2009
yuwaku

pengunjung sepi dari hari ke hari ngeblog-nya jadi malas donk.

27 08 2009
Jereweh

ada yang punya percentace hasil survey. terima kasih

27 01 2010
bintangsatria

Menurut saya Om Rane, memang akan terjadi seleksi alam dalam eksistensi blogger. Hanya mereka yang cerdas, ganteng, baik hati dan tidak sombong serta rajin menabung yang akan terus eksis, he he he he…

7 08 2010
yasz82

betul betul betul

7 10 2010
ramlannarie

kunjungan balikk ditunggu

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: