Kampanye Dalam Blek!

5 04 2009

Black Campaign! Hallah! terlalu mudah untuk ditebak apa reaksi PDI Perjuangan terhadap ‘gerakan’ Say No To Megawati di Facebook yang saat artikel ini ditulis sudah memecahkan angka 50 ribu pendukung. Bahkan ada facebookers yang menghitung kecepatan pertambahan anggota yang menurut dia mencapai lebih dari 30 orang per menit.

“..ini termasuk black campaign, sekalipun ia mengaku belum melihat sendiri group itu di facebook,” kata Aria Bima, caleg PDI Perjuangan seperti yang dikutip dari Kompas Cybermedia. Lha wong lihat saja belum sudah berani komentar.

Pernyataan ini semakin mempertegas betapa masih perlunya banyak politisi kita ikut “Kejar Paket i”  untuk mengejar ketertinggalan mereka terhadap fenomena jejaring sosial di internet yang kini semakin ramai. Soalnya selama ini mereka kelihatannya lebih banyak kampanye dalam blek (kaleng). Suaranya nyaring tapi hanya tidak mengkikuti perkembangan yang terjadi di luar.

Kalau saya orang PDI Perjuangan, ketimbang misah-misuh, saya akan pelajari seksama fenomena ini.

Bayangkan saja, 50.000 lebih pendukung hanya dalam waktu beberapa hari saja. Bandingkan dengan halaman facebooknya Prabowo Subianto yang menurut saya termasuk hebat dalam memanfaatkan media jejaring sosial ini dan sudah dibentuk jauh sebelumnya. Pendukungnya belum sampai 30.000 saat artikel ini ditulis. Bandingkan pula dengan halaman facebooknya Ibu Megawati Sukarnoputri sendiri yang boro-boro menembus 10.000, setengahnya saja belum.

Selamat datang di era web 2.0 para politisi Indonesia! Sebuah era dimana kita bisa dengan jelas dan mudah melihat gambaran sikap politik orang Indonesia. Memang cuma gambaran karena bagaimanapun tidak bisa mewakili sepenuhnya lebih 1,7 juta orang pemilih Indonesia. Tapi 50.000 itu harusnya sudah cukup bisa bicara secara statistik dong.

Karena itu saya heran melihat tanggapan salah satu bos Lembaga Survei Indonesia di Kompas terhadap fenomena ini. Seharusnya lembaga-lembaga survei itu bisa memberikan tanggapan yang lebih cerdas ketimbang sekedar membandingkannya dengan jumlah pengakses internet Amerika atau dengan mudah bilang tidak relevan karena pengakses internet Indonesia baru 15 persen. Tapi lihat dong profile pengguna internet di Indonesia. Siapa mereka, apa latar pendidikan mereka, demografi mereka dan seterusnya. Banyak data menarik bisa didapat disini untuk menunjang survei berbiaya mahal lembaga-lembaga itu..

Bisa jadi halaman facebook ini dibuat oleh orang iseng, atau oleh pembenci Megawati, atau partai saingannya PDI Perjuangan, atau mungkin oleh orang PDI Perjuangan sendiri. Tapi kenyataannya, ketika sarana itu dibuat, ada yang menanggapi mulai dari sekedar main-main hingga serius dan jumlah serta kecepatan pertambahan mereka tidak main-main. Tidakkah itu mengatakan sesuatu?

Buat saya sih itu mengatakan bahwa para politisi ini memang benar-benar masih asik kampanye dalam blek dan dengan mudah menuding orang lain melakukan black campaign! Katanya PDI Perjuangan terinspirasi oleh Obama? Ini bukan saya yang bilang lho. Ini kata Pramono Anung !

Menurut anda?

* Cross posting dari sini.


Actions

Information

5 responses

5 04 2009
Kampanye Dalam Blek! « Mesin Dolar

[…] Originally posted from Kampanye Dalam Blek! […]

6 04 2009
kang aips

halah hahahaha .. sipp boss.. berkarya terusss !!

6 04 2009
kang aips

cukup lama kemaren break ya … di tunggu karya2 nya ok..

9 04 2009
warm

pake emosi memang menghanguskan logika🙂
salam !

26 04 2009
di4z

Saya juga no megawati, hehe but, saya tak mau ikut2an aksi say no ini, buang2 pulsa ajah… Mending mencari sesuatu yg baek, ketimbang ngobok2 seseorang… Tapi, yo itu hak mereka, mau say no mau say yes..asal jangan yesnow… Hehe

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: