Blogging VS Catatan Harian

20 07 2008

photo-146.jpgSalah satu hal yang mendorong saya untuk blogging adalah karena ia mirip catatan harian. Saya sudah mulai terbiasa menulis catatan harian sejak kecil. Hasil penggalian arkeologi di tumpukan barang-barang pribadi🙂 menemukan bahwa entry catatan harian tertua yang masih bisa terlacak berasal dari tahun 1979.

Nah, ketika teknologi blogging muncul, saya langsung tertarik untuk mencoba memindahkan catatan harian itu ke sana. Tapi ada kendalanya yaitu tidak semua catatan bisa saya posting karena bersifat pribadi dan gila aja kalau saya posting di blog. Karena itu, selain blogging saya juga tetap menulis catatan harian di komputer, mulai dari file-file word sampai yang terakhir dalam bentuk blog offline dengan menggunakan wordpress. Sayang bagi saya itu kurang memuaskan karena ‘ribet’. Untungnya baru-baru ini saya menemukan software menarik bernama Mac Journal. Sebuah software yang intinya membantu kita mengorganisir catatan harian kita. Yang membuat saya tertarik mendownload, kemudian membelinya karena masa trial yang sudah habis, adalah karena tersedia opsi untuk posting ke blog. Jadi saya bisa tetap nulis catatan harian dan beberapa yang tidak terlalu personal bisa diposting ke blog. Mantappp…

Ini adalah salah satu percobaan memposting dari MacJournal. Yang tertarik juga bisa menjajal softwarenya di mariner software. Kalau nggak salah di sana ada juga versi windowsnya.

BTW, ada yang punya hobi membuat catatan harian? Care to share your experience?


Actions

Information

10 responses

20 07 2008
Anang

saya ga pernah bikin diary di buku tp begitu ada blog kok jd pengen ya

21 07 2008
Hedi

saya sih belum pernah punya buku harian, pak😀

23 07 2008
Sugiyanto

hallo rane or jal…salam kenal

24 07 2008
setiaji

Pak, pake browser mozilla, lalu instal add-on namanya scribefire. Semua tulisan bisa disimpan secara lokal atau di publish ke blog. Terserah kita.😀 bukan promosi mozilla loh pak😀

29 07 2008
toshi

Sekarang karena udah ada blog, jadi ngga tertarik bikin catatan harian di buku lagi, hehe. padahal dulu sih seringg…😀

8 08 2008
Fairuz Azzahra

Saya juga suka bikin catatan harian, pas mulai melek teknologi sadar ada blog jadi pengen nyoba, alasannya sama, karena mirip catatan harian. Dan kendalanya sama, ga bisa semuanya ditulis karena terlalu pribadi, hue heu heu

Saya mah cuma pake One Note sama MS. Word 07, catatannya kan di One Note, kalo mau posting nanti pencet Blog This, lari ke MS. Word-nya, tinggal kasih judul, edit2 dikit, n publish ^^

Kalo, Mas mulai 1979, catatan harian paling tua saya tahun 2000 ^^

20 08 2008
aNdRa

Pakailah Multiply, disana ada opsi utk mempublikasikan posting: Private, Contacts, Network, Everyone. *wink* add MP gue ya… om Indra juga ngempie juga tuh…

24 09 2008
Digitalisasi Perjalanan Hidup « JaF’s The Name

[…] saja, kemudian saya scan terutama kalau ada gambarnya, sementara tulisannya saya salin ke software Mac Journal di laptop. Untuk mengantisipasi sekiranya laptop itu rusak, maka saya juga membackupnya dalam bentuk PDF dan […]

21 10 2009
riwanlky

Sekarang zamannya web 2.0, jadi mungkin kalau buku harian adalah pre web 1.0. Kalau web 1.0 katanya itu personal homepage. Saya ingat dulu saya pernah buat personal web page waktu masih menggunakan rad.net.id. Sekarang punya blog, itu juga karena lagi belajar search engine optimization – SEO (web 2.0) untuk http://www.panelsurya.com. Dalam web 1.0 itu adalah domain name speculation. Beli nama domain yang paling mudah diingat. Kalau lihat web site panelsurya, jadi saya melakukan dua-duanya domain name speculation dan SEO.

5 12 2012
Lampu Panel Surya

Kalau saya dulu pernah tulis buku harian, tapi gak konsisten. Jadi gak pernah berlanjut, hanya tahan beberapa bulan aja. Lampu Panel Surya

Leave a Reply

