Ass ?

8 05 2008

Pesan singkat itu datang pagi tadi dari seorang kawan baru. Pesannya tidak penting, tapi ada kata di dalam pesan itu yang membuat saya tersenyum simpul.

“ASS..”

Dia mengawali dan mengakhiri pesannya dengan kata itu. Sebagai seorang muslim (Insya Allah) saya tahu lah maksudnya. Sebuah ucapan salam sekaligus juga doa yang disarankan ketika kita berinteraksi dengan sesama muslim.

Sering saya menerima sms yang diawali dengan ucapan seperti itu, yang disingkat dengan cara seperti itu. Ada juga memang yang menuliskannya dengan lengkap dan pastinya panjang. Tapi ada juga yang menyingkatnya menjadi “Aslmk“, “Asslm“, “Slmlkm“, “Salam” atau ada juga beberapa kawan di Singapura yang selalu menulis ucapan salamnya dengan “Akum“.

Tapi menulisnya dengan singkatan “Ass” ? Hmm.. gimana gitu rasanya, hehehe..

Apa pendapat anda?


Actions

Information

24 responses

8 05 2008
edy

saya juga ga setuju dan ga pake singkatan itu
agak-agak aneh…:mrgreen:

8 05 2008
indr@

iya.. aku juga pernah ngerasa klo “ass” ini kok kayaknya ada yang salah yah…?? tp orang indonesia kan dikit yang melek inggris bos….

9 05 2008
aRuL

ah saya langsung marahin tuh kalo pake kata “Ass”…
ta’ bilangin pake “Assalamu alaikum” langsung atau “Salam” aja sudah cukup
kalo disambung tuh kata dengan Pak rane… bisa berabe artinya hi hi hi…😀
biasanya yang netral adalah salam, singkat dan padat bisa buat semua😀

9 05 2008
Anonymous

jangan nyingkat sembarangan…

mohon kiranya kepada pengirim sms, jika memang hendak mengucapkan salam, tuliskanlah secara lengkap.

assalamu’alaikum tentu maknanya baik, tapi jika setelah disingkat artinya jadi buruk, mendingan gak usah ditulis sekalian salamnya.

related po…

9 05 2008
veta

gak paernah pake salam😀

9 05 2008
Hedi

walaupun tau sama tau, kesannya tetep rancu, pak😀

9 05 2008
iin

sy biasanya langsung tegor ybs pd reply jwbn sms

lho..kok ini comment pake format sms? huehhehehhe

10 05 2008
iLm@N

wah, saya udah 2 tahunan nglepasin kebiasaan nulis A** (sensor, hehe..) Sekarang jadinya selalu Asslm atau Aslm (dengan ‘s’ satu aja,kalo lagi ngirit)..

Persis kaya mas, ngerasa gimanaa gitu kalo nulis pake A** (sensor lagi, hehe..).. =D

10 05 2008
Trinie Lupin

Aku sih pasti marahin yg ngirim sms itu.
Payahnya ga cuma di sms doang yg kyk gitu, di YM jg banyak lho!
Aku marahin juga tuh!

10 05 2008
Donny Reza

Yah, jangan diartikan pake bahasa inggris aja Om😀 saya juga biasanya pake ‘aslm’ … buat saya sih nggak masalah, dalam komunikasi kan yang penting sama-sama ngerti🙂

11 05 2008
abahoryza

kalo menurut saya mah, gpp lah, niatnya dah bener kok, justru kalo nggak pake yang aneh. tapi, sebenernya gpp juga sih nggak pake juga, dan kalo pake Ass. juga boleh, dan lebih lengkap lebih baik.

diluar arti secara bahasa yah, karena ngeliatnya sih dari niat

12 05 2008
Silly

Pak… taboks ajah… hahaha, kalo saya saya lempar hp itu ke dinding, biar hancur sekalian… biasanya langsung ada sms, “Selamat anda mendapatkan bonus Puzzle HP, silahkan merangkai serpihan2 hape ini kambali menjadi utuh”.

Ahakahakhakahakahkakak… maaf, jambumerahdidindindjanganmarahjustkiddingnohurtfeeling…😀

btw, salam kenal pak… Semoga udah ada yang ketok2 kaca mobil anda, hkahkahakhakahakahakhakahk…

**haduh, lemes pagi2 ketawa sendiri**

12 05 2008
yusdi

menurut saya gpp sih…tapi memang lebih baik ditulis lengkap..
kalo disingkat sebaiknya jangan pake a**, pake yg lain aja.

biasanya aku pake asm

OOT : sms yg diterima di hp itu lucu.. masa’ dibuka pake ass trus ditutup pake ass juga??

14 05 2008
koko

Kalau pake A… aja bagaimana? itu kan yang namanya kebiasaan..kayak g udah bisa jadi gue.. Orang dibiasakan A… mungkin berhasil …

14 05 2008
gadisbintang

hahahahaha..
baru ngeh, pak JaF.😄

tapi kalo saya mah, setuju sama konsepnya Sutardji Calzoum Bachri:

kata-kata adalah kertas putih. kita sendiri yang memaknainya.😉

jadi tak masalah pakai ‘Ass’ – walau banyak orang jadi gatal-gatal karena kata itu terkategorisasi di hitam, abu-abu, atau bahkan warna-warni.

Cuma masalah pilihan untuk menafsirkan, bukan?

15 05 2008
indra kh

Memang Jadi kurang pas. Salam itu kan sama dengan doa, enggak tau kalau nulisnya disingkat seperti itu apakah maknanya sama. Tapi kalau kita memang paham maksudnya mudah2an gak apa2. Sebaiknya lengkap sih (paling nambah jadi 2 sms sekali kirim) 😀

21 05 2008
Ronny

Udah salam pembukanya pake “Ass” trus penutupnya pake “Piss!” pula.

*sigh*

27 05 2008
aNdRa

Assww.. lha kok dibacanya jg jadi gmn gitu… heheheh…
Saya jarang2 pake salam di sms, liat2 orangnya, klo pake ya dipaksain nulisnya asswrwb, ndak pake metode ngirit, takut salah persepsi.

10 06 2008
evelynpy

Mungkin lagi males ngetik kali.
Jadinya di singkat2.
Kan orang Indo kan seneng banget nyingkat yang orang lain nggak ngerti🙂
Kalau yang terakhir itu mungkin tulisannya ass kepanjangan dari assap…
*rada maksa ya *

19 06 2008
Harjito

Saya koq lebih enak pake www di akir mesej. www rasanya gimana…

1 07 2008
dancredible

apasih susahnya nulis assalamu’alaikum, apalagi ini kan doa ya nggak seh….

5 07 2008
asa

tolong dunk

ada yg ngerti recorID gak

gimana ya cara’a make dua recorID dalam satu link

15 07 2008
huseinisme

kalo ga bisa panjang.. nulis “Salam” aja… gmn?

18 07 2008
dewa

kaya gtu aja repot….

( Komentar Salah Satu orang terkemuka Indonesia)

Leave a Reply

