Inilah Dot Com Yang ‘Menggoda’

26 03 2008

inilah.jpgBerita basi mungkin, tapi baru tahu kalau ada situs berita baru yang namanya inilah.com. Kesan pertama begitu menggoda. Sekilas lihat saja benar-benar nampak segar. Mungkin karena sekian lama hanya main ke situs berita yang itu-itu juga, terus tiba-tiba ketemu situs yang layoutnya lain. Tapi kesan selanjutnya justru meninggalkan pertanyaan: haree genee kok masih bikin situs berita? Di jaman ketika situs yang ‘itu tuh’ nampak masih sangat ‘berkuasa’ dan kelihatannya susah digeser karena brand mereka yang sudah lumayan mencengkeram, ditambah pula dengan masuknya era blog dan citizen journalism, lantas apa nilai lebih situs ini?

Maaf sebelumnya kalau subyektif, tapi mari coba kita keliling situs berita baru itu. Hmm..Ada kartunnya. Lucu juga. Apalagi ya… Rubrikasi. Biasa saja ah, bahkan secara kuantitatif masih sangat kalah lengkap dengan situs yang itu lagi.. Mungkin nilai lebihnya ada di rubrik wawancaranya yang beragam, rubrik profilnya juga menarik. Lihat jajaran redaksinya.. Wah, bukan orang-orang kemarin sore nih. Bahkan ada beberapa nama yang rasanya sudah cukup lama malang melintang di dunia jurnalistik.

Coba keliling lagi.. Ah! Ada TVnya dan lumayan cepat aksesnya. Pengalaman dan pengamatan yang subyektif dari menggunakan beberapa akses internet, mulai dari wimode sampai wifi yang gratisan dan saat menulis ini mengakses wifi berbayar di sebuah hotel di Medan membuktikan layanan video streaming situs ini masih lumayan cepat dibanding yang lainnya yang juga punya layanan serupa. Ada lagi.. Cuplikan gambar suasana lalu lintas di beberapa titik kemacetan besar di Jakarta. Hebat! Bisa jadi panduan sebelum pulang kantor atau di tengah jalan mungkin.

Tapi secara keseluruhan tetap saja masih ada pertanyaan menggantung ketika menelusuri situs berita baru ini: Apa nilai lebih dari ‘jualan’ mereka? Apa yang memberanikan mereka terjun ke persaingan dunia situs berita Indonesia? dan masih banyak pertanyaan lainnya.

Sebentar… Sebentar.. Ternyata ada satu lagi yang agak justru membuat mata ini mengernyit dan hati ini jadi agak dipenuhi prasangka, yakni ketika penelusuran di situs berita ini berujung ke sini.. Ahhh.. mungkin cuma prasangka.. Cuma suudzon saja -meminjam istilah A’a Gym. Toh tetap saja prasangka itu semakin dalam ketika dua huruf saja diketikkan di bagian pencarian mereka dan menemukan hasil ini..

Maaf.. maaf.., ini cuma analisis sok tahu, kurang kerjaan , sok politis dan teramat subyektif dari sudut pandang seorang penelusur internet yang tengah mengidap amnesia.. eh insomnia..

Bagaimanapun kalau prasangka ini benar, apa salahnya toh? Tidak ada salahnya, kan? Iya kan?

Atau.. ah sudahlah… koneksi wifi berbayar di sebuah hotel di Medan -yang malam ini tengah dipenuhi para politisi, beberapa agaknya dari Jakarta- sudah habis sebentar lagi. Jadi permisi saja ya.. Mending sisa uang di kantong dipakai buat cari warung kopi yang konon terkenal mantapnya di kota ini..

Sukses buat inilah.com. Semoga misi kalian tercapai..

Tuh kan.. saya berprasangka lagi..

Permisi ah..🙂

Medan, 27 Maret dini hari..


Actions

Information

12 responses

27 03 2008
Nana

eh, aku yg pertama komen ya? yihaaaaaa

JaF: Halllaaahhhh!!

27 03 2008
quelopi

tipi nya seperti kepunyaan liputan6, coba kalau ditambah seperti punya imediabiz, wah tambah mansur kali

JaF: Kalau dibandingin ama Liputan 6 sih gak ada apa2nya.. Liputan 6 mah cepet streamingnya…

27 03 2008
aRuL

masa sih? kalo yang lain? tokoh lainnya gimana?

JaF: hehe.. dia nangkep.. ya namanya juga usil aja.. Tapi kok di rubrik foto itu cuma ada nama dia ya.. hehehe. kenapa yang lain nggak ada… ahh.. prasangka lagi.. maaf.. maaf..

28 03 2008
Hedi

kita tunggu aja pak, bisa bertahan sampai berapa lama?😀

28 03 2008
Okta Sihotang

bagh..okta masih prefer ke liputan6.com dan sctv.co.id tuh🙂
coz..selain ada berita dalam bentuk text ada juga dalam bentuk video…

28 03 2008
satriabatubara

hari gene mana ada orang buat media cuma iseng-iseng, pasti ada kepentingannya. Inga…inga… 2009 sudah dekat….ting!

28 03 2008
fahroe

selagi ada kesempatan,… nampang dulu deh…

29 03 2008
gerry

wahh…wahhh…situs bagus-bagus tapi bisa terancam bias…jangan sampe deh…bagus soalnya

13 04 2008
sphinx01

kalo yg ga pengen matanya silau liat banner yg kelap kelip, bisa baca news ttg indonesia di http://plinplan.com/

17 05 2008
salman

wow…masih tetap salah ternyata….

pantang nyerah…ngetes tag-nya sekali lagi
———-—————
emang apa yang aneh dengan menemukan hasil ini

bagaimana dengan hasil ini dan itu

————————————

just another surf…

JaF: hehe.. namanya juga sok menganalisa.. mungkin cuma prasangka aja mas🙂

17 05 2008
salman

menurut saya, hadirnya inilah.com dalam pertarungan portal berita cyber maupun situs-situs lainnya sangat bagus untuk dinamika persaingan….
biar si itu ga takabur….mungkin sebagian
iklannya juga bisa ditransfer ke yang lain supaya ga kebanyakan dan
ga bikin mata saya pedes….. 🙂

6 03 2011
ari giduk

situs yang pasti rame sekarang adalah membuat situs dewesa pokoknya yang mesum-mesum gitu lah, tapi awas terjaring uap

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: