Pembacaan dan Musikalisasi Puisi Sapardi Djoko Damono

8 02 2008

sdd2.jpgCatatan: Sekedar meneruskan undangan dari Mbak Reda, seorang kawan baik yang sering dikenal dengan karya-karya musikalisasi puisi Pak Sapardi Djoko Damono. Sebuah undangan acara pembacaan dan musikalisasi puisi karya Pak Sapardi Djoko Damono tanggal 14 dan 15 Februari nanti di TIM. Ya agak menghina rasanya kalau saya katakan acara ini dalam rangka menyambut Valentine’s Day, karena seorang SDD tidak perlu momen seperti itu hehehe.. Ayo ketemuan di sana yoo.. Saya insya Allah datang tanggal 15 Februari sekalian mengenalkan si Tuan Putri Kecil pada karya-karya SDD. Dia sendiri suka sekali dengan ‘Gadis Kecil’ yang sudah di musikalisasikan oleh Reda dan Nana..

Sebagai penghormatan atas pencapaian dan dedikasi Sapardi Djoko Damono di bidang sastra, Pusat Kesenian Jakarta akan menyelenggarakan acara bertajuk ”Puisi-puisi Cinta Sapardi Djoko Damono”. Acara ini akan dilaksanakan pada tanggal 14 dan 15 Februari 2008, jam 20.00 di gedung Graha Bhakti Budaya Taman Ismail Marzuki.

Di samping dikenal luas sebagai seorang guru besar dan kritikus sastra yang handal, Sapardi Djoko Damono juga merupakan salah satu dari sedikit penyair Indonesia yang sangat tenar. Karya-karya puisinya banyak dikutip orang untuk ucapan selamat ulangtahun, undangan perkawinan, surat cinta, serta berbagai kepentingan lain yang pribadi sifatnya.

Dengan kepiawaian seorang maestro, Sapardi menuangkan pengalaman puitiknya dalam bahasa yang jernih dengan pilihan kata yang sederhana, namun selalu berhasil menciptakan imaji yang serta-merta membetot empati pembacanya untuk terlibat lebih dalam dengan karya-karyanya.

Karya-karyanya antara lain: DukaMu Abadi (1969), Mata Pisau (1974), Perahu Kertas (1983; mendapat Hadiah Sastra DKJ 1983), Sihir Hujan (1984; pemenang hadiah pertama Puisi Putera II Malaysia 1983), Hujan Bulan Juni (1994), Arloji (1998), Ayat-Ayat Api (2000) dan banyak lagi. Ia juga menerjemahkan karya-karya sastra dunia seperti: Lelaki Tua dan Laut (1973; Ernest Hemingway), Sepilihan Sajak George Seferis (1975), Puisi Klasik Cina (1976), Lirik Klasik Parsi (1977), Afrika yang Resah (1988).

Khususnya sejak penerbitan kumpulan Hujan Bulan Juni, yang disusul peluncuran album musikalisasi puisi karya-karyanya dengan judul yang sama, Sapardi Djoko Damono tidak ubahnya virus yang menyebar begitu cepat, memaksa orang untuk benar-benar menoleh ke karya sastra puisi.

Acara ini akan didukung oleh Ari-Reda, Jose Rizal Manua, Ine Febriyanti, Cornelia Agatha, Ags. Arya Dipayana, Lab. Musik Jakarta dan Paduan Suara Gita Swara Nassa. Sang penyair akan hadir dalam acara tersebut, untuk memberi kesempatan bagi masyarakat mengenal lebih dekat penyair pujaan mereka.

Harga tanda masuk untuk acara ini adalah Rp. 50.000 dan Rp. 30.000. Untuk informasi lebih lanjut dan pemesanan tiket dapat menghubungi Pusat Kesenian Jakarta TIM di telepon (021) 31937325 dan 31934740.

Penanggungjawab Acara:
Jose Rizal Manua
Ags. Arya Dipayana


Actions

Information

6 responses

9 02 2008
bebex

waaa,,,
kalo gitu kt ketemuan di tim ya om jaf ^^
makan2 di kantin depan IKJ😀 hehe

9 02 2008
gadisbintang

andai saya bisa datang.. X'((

om JaF, jangan lupa sampaikan salam untuk Mbak Reda, Mas Ari dan Bapak Sapardi tercinta ya..🙂

10 02 2008
Reda Gaudiamo

Rane, terima kasih sudah memuat berita PENTAS MUSIKALISASI PUISI SDD. Saya sungguh menantikan pertemuan kita! Tolong sampaikan juga berita ini pada teman-teman lain (Caplang, BiCap, Edy… Semua di multiply yang cinta pada musikalisasi puisi). Semoga bisa ikut nyanyi, lalu ngobrol, berteman. Semoga, semoga!

r

PS: ya, memang bukan merayakan hari Valentine buat Pak SDD. Tapi mungkin buat yang nonton, yang hari itu merayakan…. semoga menjadi lebih indah saja.

12 02 2008
the tukang nggedeblues

nonton nggak, bang? coba kalau di solo acaranya … hehehehehe

16 02 2008
Donny Reza

Om, kangeeeeen….:D
Kemana aja sih? datang-datang langsung cerita si kakek romantis ini. Saya suka banget sama puisi-puisinya, keren lah…bikin iri.

17 02 2008
harry

om Rane lagi banyak kesibukan sepertinya, hehehehe

salam aja deh

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: