Liputan 6 Dan Blog Media

15 12 2007

liputan6.jpgOrang yang kerja di media termasuk orang yang beruntung karena mereka punya banyak informasi menarik meskipun tidak semua bisa tersampaikan kepada audience mereka karena keterbatasan waktu, kebijakan editorial dan lain sebagainya.

Di sisi lain para audience media selalu haus informasi, selalu penasaran dengan apa yang terjadi di balik dapur redaksi, di balik sosok-sosok penyampai informasi, dibalik sebuah cerita dan yang terpenting adalah ingin selalu ikut memberikan opininya kepada sang penyampai informasi.

Bagaimana agar kedua keinginan itu bisa tersalurkan? Blog adalah jawabannya, dan perlahan tapi pasti kenyataan ini mulai disadari banyak media. Salah satu yang saya baru tahu dan keliatannya memang masih baru adalah blog milik Liputan 6 yang beralamat di blog.liputan6.com.

Dilihat dari tanggal posting pertama, mereka baru mulai pada akhir November 2007 ini. Wujudnya tidak berbeda dengan blog kebanyakan bahkan juga dibuat dengan engine WordPress. Tapi isinya menarik karena ditulis oleh orang-orang yang selama ini hanya kita tahu namanya atau lihat penampilannya di layar kaca, dan benarlah ‘teori’ saya selama ini bahwa orang media itu punya banyak cerita, cuma kurang penyaluran saja hehe..

Merdi Sofansyah yang namanya sering sekali saya baca di layar kaca misalnya menulis soal kekagumannya pada anak-anak SD yang berkunjung ke redaksi SCTV dan ternyata tahu banyak soal teknologi digital. Tulisan Mas Gunawan soal pengalaman bagaimana menjadi seorang kameraman juga tak kalah menarik, bahkan ditulis dengan gaya sangat personal. Bicara sentuhan personal, saya dibuat tercenung dengan tulisan salah seorang penyiar favorit saya Rike Amru tentang hujan, banjir dan puisi cinta Rendra. Selalu menarik mengetahui sisi lain dari seorang penyiar yang selama ini hanya bisa kita lihat di layar kaca.

Tapi bukan cuma soal personal yang ditulis. Andy Budiman yang nampak selalu serius itu menulis tentang pertengkaran RI-Malaysia yang sampai hingga ke dunia maya. Ini rasanya terkait acara Topik Minggu Ini yang menghadirkan ‘Presiden Blogger Indonesia’ Enda Nasution.. hehehe.. (kelewat serius nih liputan 6. Memangnya ada Presiden Blogger Indonesia? ) dan saya pun akhirnya menemukan tempat untuk meluahkan kritik saya tentang edisi acara itu. Dibalas atau tidak, itu urusan lain lah. Yang penting sudah ada salurannya.. hehe

Lebih jauh lagi, liputan 6 pun saya perhatikan sudah mulai mempromosikan blog itu dengan mencantumkannya di bawah nama penyiar berita mereka. Hebat.. hebat.. Ditunggu tulisan yang lainnya, terutama dari Bos Rosianna Silalahi yang juga penyiar favorit saya hehehe

~~~

Blog Media? Kurang Kerjaan, Apa?

Bicara soal blog media, saya jadi ingat komentar seorang kawan redaktur senior sebuah media di daerah. “Ah, itu kan sama saja dengan website! Buat apa lagi lah bikin blog. Nambah kerjaan,” katanya waktu saya sarankan agar medianya punya blog. “Lagipula, memangnya banyak orang Indonesia yang akses internet?” tambahnya.

Benar memang! Sepakat 100 persen! Tugas seorang insan media itu sudah luar biasa banyak dan sibuk, apalagi ditambah ngeblog. Saya yakin juga tidak mudah mengubah mindset banyak pekerja media untuk juga mulai ngeblog. Macam-macamlah alasannya. Tidak punya waktu jelas alasan nomor satu. Tidak suka mengekspose diri juga satu alasan yang kerap muncul. Belum lagi alasan paling klasik yang terlalu sering saya dengar : “Gue kan gaptek!” atau “Sori bos, gue udah ketuaan untuk mainan beginian nih!”

Fine.. Tidak masalah! Alasan itu semua menurut saya sah-sah saja. Tapi rasanya kawan-kawan media mulai harus menyadari akan adanya perubahan yang terjadi pada audience mereka, demikian jugadengan peta persaingan media di hadapan (bahkan juga mulai nampak sekarang). Apa itu?

Begini.. Audience media sekarang sudah semakin banyak pilihan. Akses informasi semakin terbuka lebar dan arusnya super cepat, sehingga akibatnya susah sekali untuk menjaring loyalitas audience pada satu media. Itu satu! Yang kedua, saya berani mengatakan era media yang pasif dan searah sudah nyaris mati! Orang tambah pintar dan selalu ingin bicara dan bicara..! (baca: berpendapat). Kalau pendapat mereka tidak diterima, siap-siaplah menghadapi resiko ditinggalkan audience. Oke, masih banyak alasan lain saya yakin. Tapi dua alasan itu saja sudah layak jadi pertimbangan pihak pengelola media.

~~~

Menjalin Loyalitas dengan Audience?

Pada hemat saya, blog adalah cara yang paling tepat untuk menjalin loyalitas, dengan memberikan informasi ekstra kepada audiencenya serta dengan mengajak audience untuk lebih dekat kepada sosok-sosok yang selama ini mereka anggap sangat jauh dari mereka. Audience pun dengan mudah bisa berinteraksi balik dan cara ini lebih efektif ketimbang telepon atau email, karena mereka melihat sendiri komentar mereka terpampang di blog dan bisa juga dikomentari oleh pengunjung blog yang lain. Interaksipun akan terjadi dan itulah esensi dari era Web 2.0 saat ini. Interaksi!

Toh pada akhirnya nanti, pihak media juga yang akan mendapat ‘bonus’. Bonusnya, blog menurut saya adalah cara tepat untuk menjaring banyak informasi lain yang akan sangat bermanfaat bagi kepentingan liputan kita. Mulai dari sekedar feedback bahkan mungkin nara sumber. Pikiran saya sih sederhana saja. Dengan menjalin komunikasi dengan sebanyak mungkin audience, maka secara tidak langsung kita memiliki banyak sekali sumber informasi yang akan menunjang liputan dan pemberitaan kita. Sumber informasi yang jauh lebih besar dari para reporter, koresponden maupun stringer media manapun di dunia ini.. Karena itulah citizen journalism jadi sesuatu fenomena yang sangat hot saat ini. Dan pastinya bonus terbesar pastinya adalah audience itu sendiri yang diharapkan akan lebih banyak dan lebih loyal!

~~~

Rendahnya Akses Internet di Indonesia?

Oya, menyangkut poin kawan saya tadi tentang akses internet di Indonesia yang masih rendah, saya juga sepakat. Tapi jangan pernah lupakan bahwa saat ini jumlahnya semakin meningkat seiring dengan makin murahnya komputer dan akses internet. Pada hemat saya, lebih baik mulai sekarang ketimbang kalang kabut belakangan ketika menyadari bahwa mereka sudah tertinggal di bidang ini.. Kalau sudah begitu, baru namanya kurang kerjaaan.. hehehe..

Blog di media bukan barang baru. Untuk jadi pertimbangan misalnya, salah satu blog media yang menurut saya sangat amat banget layak jadi acuan adalah milik BBC dan Washington Post. BBC bahkan punya apa yang disebut sebagai BBC Blog Network yang dibuat dengan sangat… sangat serius. Silahkan di tengok-tengok, barangkali bisa jadi acuan untuk mengantisipasi akan mulai meningkatnya jumlah pengakses internet di Indonesia.. 🙂

~~~

Lebih dari Sekedar blog!

Lebih dari blog, saya pikir banyak media di Indonesia yang juga harus mulai berpikir mengadaptasi berbagai bentuk teknologi IT dan social networking lainnya. Tempo setahu saya misalnya sudah mulai dengan blognya jauh sebelum Liputan 6. Kompas sudah mulai dikenal dengan situs Citizen Journalismnya yang bagus sekali. Metro TV kini sudah mulai memasang rekaman acara-acara unggulan mereka di Youtube. Sejumlah radio sudah mulai mengadaptasi teknologi podcasting bahkan ElShinta dengar-dengar akan (atau sudah) punya semacam kantor berita audio yang bisa didownload oleh mitra-mitra mereka. Patut pula dicatat bahwa situs baru Liputan 6 juga sangat bagus. Streaming videonya lancar, tidak seperti dulu, dan yang paling penting adalah mereka sudah memiliki fasilitas RSS..

~~~

Kawan-kawan media, dunia kita sudah jauh berubah dan rasanya sangat amat patut kita mengejar dan beradaptasi dengan perubahan itu..

Sok tahu loe, JaF ! Mungkin ada yang berpikiran begitu..?

Mungkin! Mungkin sekali! Tapi itulah gunanya blog. Supaya orang sok tahu seperti saya bisa dibantah pendapatnya melalui comment box di bawah ini..

Silahken.. hehehehe


Actions

Information

22 responses

15 12 2007
Praditya

Saya gak mau ngebantah…
Saya setuju!😀

Btw, makasih mas Rane buat info blog media berita nya…

15 12 2007
Riyogarta

Lafi baca-baca blog liputan6-nya. Thanks infonya🙂

15 12 2007
Hedi

haha saya udah buatin blog untuk anak2 editor dan reporter di media saya, tapi kosong melompong…waktu saya tanya kenapa ga mau ngeblog…mereka bilang capek, udah kebanyakan nulis dan terakhir namun justru yang terpenting, ga niat😀

Saya jadi mikir, apa blog awak media itu harus pake perintah (job description) dari bos kantor. Cuma nanti jadinya ga spontan kan hehehe

15 12 2007
Anang

blog sudah merambah kian jauh… mantap

16 12 2007
ladokutu

Sudah berapakah media di Indonesia yang go blog? Dan yang saya tau untuk sekarang ini barulah liputan 6, dan siapakah followernya??

Go blog media!!

16 12 2007
iorme

semoga blog media bukan hanya trend sesaat, eh tetapi belum jadi trend ding la wong yang punya blog, setahu saya, baru liputan 6 sedang liputan2 yang lain belum

16 12 2007
andi bagus

saya terkejut ketika liputan6 mengembar gembor kan blog nya di stasiun tv milknya..saya rasa orang media akan tepat guna bila nge blog..:D

16 12 2007
the tukang nggedeblues

belakangan, republika juga mengembangkan citizen journalism.

website http://www.suaramerdeka.com, juga mulai mengembangkan citizen journalism (sekalian promosi website koran saya nih … hekekekekekeke). pembaca dipersilakan mengirim beritanya ke redaksi. cuma rasanya belum terlalu banyak peminatnya (itu bisa disebut citizen journalism ya, bang?)

wah, saya merasa tertampar baca isi postingan ini. lha blog saya juga terbengkalai dengan alasan kerjaan banyak … hekekekekekekeke .. bang jaf tau aja, wong sesama jurnalis … hekekekekeke

senang melongok blog ini kembali, setelah sekian lama … apa kabar, bang? masih suka indomie? hahahahahaha

16 12 2007
ambar

jadi arah angin mulai berubah nih🙂

16 12 2007
max

betul… masih banyak jurnalis atau media yang malas bikin blog😀

17 12 2007
abahoryza

halah nggak bisa pertamax euy.

oiya tahun depan bakal nambah sebuah media cetak yang mau bikin blog, tunggu ajah bung JaF …

18 12 2007
Donny Reza

Cuma satu pertanyaannya om…Mungkinkah ‘unek-unek’ mereka yang -katakanlah- kena ‘sensor’ redaksi juga bisa muncul di blog itu? Kalau masih belum bisa muncul, ya mending bikin blog sendiri aja ya?😀

Teknologi RSS memang gila, ketinggalan banget deh kalau suatu website/blog gk pake RSS🙂

18 12 2007
amriltg

Setuju, Pak Jaf Daeng Commo!. Ini sebuah berita gembira, terutama bagi kaum awam seperti saya, untuk melihat “berita dibalik berita”-nya Liputan 6.

Ssstt…ada salam dari Bang Haji Rhoma lho..hehehe

Salam montok!
http://www.daengbattala.com

18 12 2007
anasmcguire

setuju boz…

20 12 2007
evelyn pratiwi yusuf

Bung, aku mau nambahin beberapa alasan kenapa orang awan atau orang media males bikin blog:
1. males.
2. males nulis.
3. apa itu blog? Makanan atau apa?
4. udah 3 hal itu aja cukup🙂

24 12 2007
Hendrik

benar sekali, di media tempat saya bekerja menggunakan blog untuk mengetahui respons pemirsa.. dan cara ini lumayan oke selain dari cara SMS
cek aja di : http://indonesiadaaitv.wordpress.com/
dengan konvergensi media saat ini , ada kabar bahwa paradigma dunia media cetak atau media audio visual akan tergantikan dengan dunia internet
baca :
http://aweha.wordpress.com/2006/12/06/menggabungkan-telekomunikasi-dan-internet/

24 12 2007
Hendrik

benar sekali, di media tempat saya bekerja menggunakan blog untuk mengetahui respons pemirsa.. dan cara ini lumayan oke selain dari cara SMS
cek aja di : http://indonesiadaaitv.wordpress.com/
dengan konvergensi media saat ini , ada kabar bahwa paradigma dunia media cetak atau media audio visual akan tergantikan dengan dunia internet
baca :
http://aweha.wordpress.com/2006/12/06/menggabungkan-telekomunikasi-dan-internet/

13 01 2008
herman

media profesional aja mau ngeblog,
mari kita ramaikan internet dengan blog milik kita, bisa berbagi pendapat , berbagi ilmu, jangan hanya perusahaan komersil yang mendominasi, kan awal internet diciptakan untuk pengetahuan, bukan keuntungan…🙂

11 11 2008
Aisah

aq sangat setuju bngt,mnurut aq masih banyak orng yg belum mngenal istilah blog.oleh karna itu bagaimana klo dberikan pembelajajaran tentang blog d internet,makaci

27 11 2008
asmara

q mau klo jam tayang lip-6 tu diperpanjang makacih

27 11 2008
asmara

q mau jam tayang lip-6 diperpanjang makacih

2 12 2008
rike amru

Terima kasih mas JAF atas komentar tentang Blog Lip6, meskipun saya orang yang paling tidak produktif menulis di blog. hehe..

Leave a Reply

