My Name Is Policeman!

1 12 2007

picture-3b.jpgDetikcom kemarin menurunkan sebuah cerita menarik yang dipicu oleh sebuah video di Youtube yang sudah dipasang sekitar 2 bulan lalu. Video itu sendiri menggambarkan dua turis Kanada yang lagi liburan ke Bali. Ketika sedang naik motor (sepertinya motor sewaan), mereka ditangkap polisi. Apesnya, si turis tidak bisa menunjukkan SIM nya dan -maaf- bisa ditebak, jadi UUD (Ujung-ujungnya Duit) deh.  

Ketika dikonfirmasi ke Pak Sisno Adiwinoto, Kadiv Humas Polri, dengan enteng beliau bilang video ini bisa jadi dimanipulasi dan direkayasa dengan tujuan mendiskreditkan dunia pariwisata di Bali. Ah, agaknya Pak Sisno sudah belajar banyak untuk menganalisa gambar video dari ‘pakar telematika’ yang sering dipercaya kepolisian untuk mengungkap berbagai kasus terkait IT itu ya.🙂 Tapi ya sudahlah, itu urusan polisi kok. Kan katanya mereka profesional? Saya sendiri lebih tertarik untuk cerita soal video itu sendiri yang bikin saya tertawa ngakak.Yang membuat saya ngakak adalah karena cara si Pak Polisi bicara dalam Bahasa Inggris dengan kedua turis Kanada di video itu benar-benar mengingatkan saya pada Tukul ‘Katro’ Arwana. Ini transkrip percakapan mereka:

(P): Where’re you from?  

(C): Canada..

(P): Wah Kanada (si pak polisi ketawa, entah apa yang lucu)

(C): Yeah, long way..

 (P): Until when your stay finish?

 (C): Two days

(P): Two days more?

 (C): Yeah, we leave the day after tomorrow. 29th.

(P): Where you stay, sir?

(C): Agung Villa in Seminyak

(P): You no driving license?

(C): Off course I have driving license. It’s not with me.

(P): Where?

(C): At hotel

(P): The big or small one? Why you not bring? (ketawa lagi.. )

(C): I’m not very smart uh? Not very smart.

(P): (Lagi-lagi dia ketawa ngakak.)

(P): Okay, now we give you two options ya. The first, because you not bring, in Indonesian law traffic you must be prenalize ya. Because you not bring, you broken traffic law. We give you two option. The first you pay fine. Alone you pay fine there, in Denpasar. And the second..

(C): I pay fine here

(P): Yeaah.. Because me warning tomorrow you bring. Otherwise, many-many accident, tourist.

(C): Understand the problem..

(P): Sir, because any accident not good for you.

(C): No.. no. Sure.. sure..

(P): Many accident, the tourist and local people boom.. (dia mengadu kedua kepalan tangannya). Identity not. Just identity motor cycle. Where? Me call, where? (tangannya bergaya seolah tengah menelpon) Tourist people identity not..

(C): No idea. Understand understand

(P): I warning, because tomorrow you bring, ya.

(C): Okay.. okay..

(P): Now you pay fine there or here?

(C): Pay here..

(P): In Denpasar not good for you because you entry for the justice again

(C): Yeah, no problem. I live in Vietnam. I pay many fines in Vietnam..

(P): (ketawa lagi) Okay.. okay.. Now you pay fine here, I help you, just 50 thousand..

(C): I got it.. I got it..

(P): Tomorrow you bring ya…

(C): I’m not very smart, uh? I don’t think..

(P): Many many tourist forget maybe..

(C): Uluwatu? Just straight? (si turis menanyakan arah)

(P): Seven.. Seven.. (sambil menerima uang dari si turis)

(C): Seven minutes..?

(P): Ya

(C): and so if I go Uluwatu and come back is it no problem?

(P): Come back just one way.. (lagi-lagi di ketawa lebih keras)

(C): Tomorrow I bring, uh?

(P): Okay, and tomorrow you bring ya

(C): Okay, thank you sir..

(P): Thank you

 

Ah, saya jadi teringat sama Pak Made Mangku Pastika yang banyak dipuji media asing karena keterbukaannya, ketegasannya, dan juga karena bahasa Inggrisnya yang encer.. Harusnya kita punya lebih banyak polisi macam beliau, apalagi di lokasi turis seperti Bali.

Bukannya saya meremehkan, tapi gaya bicara si polisi dengan kedua turis Kanada di atas di mata saya benar-benar merontokkan kewibawaannya. Buat polisi, wibawa itu penting lho.

Saya jadi ingat lagi pada satu tayangan televisi favorit saya dulu, yakni Buser! Pernah suatu waktu Buser menayangkan cerita tentang penggerebekan di sebuah hotel di Makassar. (kalau tidak salah untuk mencari orang asing tanpa identitas resmi atau penggerebekan narkoba, saya lupa). Dengan gaya bak di film-film detektif di televisi, seorang polisi yang tinggi besar berpakaian preman memimpin penggerebekan yang diliput langsung oleh beberapa kameraman TV. Dengan gagah perkasanya dia mendobrak pintu salah satu kamar di hotel itu, sambil berteriak:

“My name is Policeman !”

Entah kenapa, saya yang tadinya tegang menonton tayangan itu tiba-tiba ngakak sekeras-kerasnya…:)


Actions

Information

38 responses

2 12 2007
endangpurwani

gak sempat kursus….;))

2 12 2007
Praditya

Wkwkwk…😀

2 12 2007
Anang

hahahaha saya lebih kencang ketawanyaa…..

2 12 2007
Hielmy

good cop bad cop…

bahkan di amerika pun (katanya) begitu om, selalu ada dua sisi, hitam dan putih, eh tiga ding! ada yang abu2 juga😀 tapi kebanyakan di lapangan (Indonesia khususnya) banyak yg bad cop dan “grey cop”😛

2 12 2007
Ollie

hahahuahuahhehe😀 *cuma bisa ikut ketawa*

2 12 2007
Andri Setiawan

lagi ngebayangin om Rane jadi polisi😀

2 12 2007
abah oryza

jadi polisi mah enak atuh, bisa dape pendapatan harian dan bulanan, malah pendapatan harian eih banyak dari pada bulanan. yang bulanan biayanya buat nyicil krditan atau nyicil uang masuk pas daftar dulu. pendapatan harian buat poya-poya seharian sambil ngetawain orangorang yang apes (kayak dicerita ini)

2 12 2007
Thomas Arie

Di rekayasa? Ah, ada alasan yang lebih aneh dari ini? Busyet…

Akan lebih ngakak lagi kalo kedua pihak (turis dan polisi) dipertemukan… Dagelan mungkin akan lebih dahsyat lagi ya…

2 12 2007
Donny Reza

Lha, rekayasa? Gk jelas…
Jangan2 ntu policeman kebanyakan nonton tukul kali ya…?😀

2 12 2007
aRuL

minta link youtubenya bang?

3 12 2007
iorme

ya memang seperti itu polisi indonesia, asal ada uang semua pasti beres, seharusnya kalau turis ya dapet dispensasi lah, misal si polisi ikut ke hotelnya untuk mengambil sim nya ato gimana

*bisa diterjemahin yang basa inggrisnya om, hehehehehe*

3 12 2007
evelyn pratiwi yusuf

😆
Kalau begini gimana saya mau berhenti ngakak?
Aku bayanginnya aja sudah geli!
Bikin malu orang Indo aja nih polisi!
Gila, kalau aku yang jadi bulenya pasti aku akan berkata dalam hati:
” bodoh bener sih nih orang, ngobrol inggris aja salah dan ngalur ngidul kok bisa jadi policeman! Di Bali pula, sudah deh ntar kalau liburan kita nggak usah kembali ke sini. Polisinya bodoh-bodoh!😆

Please Help me! Nggak bisa berhenti ketawa!😆

Bang udah aku add di blogrollku.😉

3 12 2007
Hedi

saya kepingin ngakak, tapi kok jadi mules duluan ya, pak…malu sih sebenernya😀

3 12 2007
manusiasuper

My name super-human…😎

Jaman sekarang kan udah canggih, mungkin sekali vedeo itu hasil rekayasa. Pasti itu ulah orang-orang yang ingin mencemarkan “nama baik” aparat kami. Sudah ga jaman lagi aparat minta uang dijalan seperti itu.

*dibunuh Pak Rene*

3 12 2007
fritzinfo

kebiasaan… minta duit mulu..😮

4 12 2007
Bajangkirek

Ah, dasar policeman… The job only asking-asking money… Who do you think he are?

4 12 2007
Freddy Hernawan

polis oh polis …

4 12 2007
arham

@Jaf
mas jaf, minta tanggapan langsung nih.. menurut saya budaya itu bisa dimasukan sebagai devisa lokal untuk indonesia ngak…dimana polisi bisa memaksimalkan jabatannya heheh :-)…

http://road-entrepreneur.com/?p=74

4 12 2007
Arya Nasoetion

Loh, Oom… Kali aja emang nama si Polisi itu adalah Policeman? Kali aja ortunya sudah bercita-cita dia menjadi polisi?😀

5 12 2007
Rystiono

Itulah…

Pertanyaannya…kenapa kalo urusan polisi pasti UUD? Karena “modal awal” dia gede…

Sedia uang 50-70jt untuk masuk jadi polisi udah jadi rahasia umum kaleee…

Makanya…kalo 50rb/hari, kira-kira cukuplah dalam beberapa tahun BEP. gajinya buat makan. Nah, pensiun dia nikmati hasilnya…udah punya jaguar atau ferarri…

hihihihi…

* kabuuuur…

7 12 2007
setiaji

He he he jadi teringat teman saya yang minta ijin ke bosnya yg bule karena sakit . ‘Bos, my body enter the wind’ …..

7 12 2007
Kukuh TW

oooowww….Kamu Ketahuan….. disogok lagi dengan limapuluhribuan…Tapi tak mengapa….Karena sudah biasa…..

8 12 2007
SI NOER77

my name is bon, james bon bon.
:mrgreen:

9 12 2007
Riyogarta

Wakakakaka, waduh saya baru baca nih … :))
Nonton video di you tube-nya ahhh

11 12 2007
rere

Aku juga udah lihat di “you tube” nya mas ……..🙂 jadi semacam self satire untuk meledek diri saya sendiri “Polisi Oh Polisi………….!!!!!” tapi itulah kenyataan…. baca di surat kabar nasional beberapa hari yang lalu… aparat Penegak hukum adalah aparat yang paling rentan dengan Korupsi…. ada penelitian di UNDP bahwa perilaku korupsi polisi berbanding lurus dengan kesejahteraan…… memang tidak sepenuhnya benar, tetapi paling tidak bisa berkurang lah ….

12 12 2007
bimaa

oh polisi… oh polisi… mengapa… begitu… aku malu punya polisi…

12 12 2007
evan

wakakak..
Ceritain polisi emang gak ada matinye.
lucu n bikin ngakak..

13 12 2007
emyou

huahahahha….

itu polisi malu gak ya kalo liat rekamannya sendiri??

huahahahahha….

13 12 2007
mindstreet

saya ga bisa membedakan polisi sama tukang peras sampai saat ini , ntah kenapa ….

14 12 2007
Syahmin Weblog » Cerita Lucu Tentang Polisi

[…] postingan dari Om Jaff di sini bikin aku teringat ama pengalaman pribadiku tentang tilang menilang dengan […]

14 12 2007
tikabanget™

😐 ndak ada tes TOEFL kah bwat naek jabatan?

18 12 2007
bdwiagus

Bukankah ada aturannya bahwa uang denda memang bisa dititipkan ke polisi itu,.. kalau tak salah ada prosedurnya,… nanti dapat bukti pembayaran denda…. kalau gaksalah lo,…
mungkin masalahnya bukan di penitipan uang dendanya, tapi unsur “memanfaatkan situasi”-nya ….. situasi dimana kedua belah pihak saling mendapatkan keuntungan.

19 12 2007
isman

Dengan gagah perkasanya dia mendobrak pintu salah satu kamar di hotel itu, sambil berteriak:

“My name is Policeman !”

___________________

Jangan-jangan orang asingnya malah tenang. Gak panik. Mereka mengira polisinya pun sama-sama teler.

19 12 2007
Double Gardan

Bro new info neh Polisi yang minta duit tuh dah diproses ama kapolda Bali, sorry gw lupa namanya tuh polisi, ada kok diberita TV lokal sini
Biasalah Polisi sekarang kan ada UU pasal 50rb gitu

24 12 2007
Falser

Gw juga punya temen bule kena digituin cuma dia lengkap ada surat2.. eh yang ngga punya udelnye.,. tuh polis minta ditraktir beli minum.. temen gw bilang ya klo kamu mau minum ayo kerumah saya aja, saya punya es sirup enak dirumah hehehehe

8 01 2008
ilham

Malu2in aja ih hehehe….

16 01 2008
aRya

adu…..adu…….
kok isa gtu yaw
jadi malu ney,tapi gak smua polisi bali kayak gtu
lam knal dari bali

9 03 2008
reedler

** ikutan ketawa **

sumpeh-sumpeh bodor banget

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: