Muke Gile Bin Bingung

21 11 2007

fb1.jpgAda yang mengajak gelut, ada yang menantang main kartu remi, ada yang mengundang untuk mencoreti dinding rumahnya, ada yang nyodok-nyodok melulu.. hallah..

Inilah trend gaul terkini di jejaringan sosial alam saiber saat ini lewat ‘mainan’ baru yang sebenarnya tidak baru, yang disebut Facebook.

Konon dia membuat friendster jadi nampak sangat kuno.  Konon pula, si fesbuk ini adalah tempat nongkrongnya orang-orang yang lebih dewasa, bukan ABG yang suka berpose nganeh-nganehi dengan foto yang kalau nggak diambil di kamar tidur ya di dalam mobil atau di depan komputer, dengan mulut yang dimonyong-monyongkan, mata kedip-kedip dan dua jari teracung membentuk huruf V.

Kelebihan lain, fesbuk ini katanya lebih menjunjung tinggi privasi, memiliki banyak aplikasi menarik yang kemungkinan akan terus bertambah karena terbuka bagi berbagai pengembang, ada forumnya, ada pasarnya, bisa berkomunikasi sfb2.jpgeperti layaknya email, dan banyak fungsi-fungsi lain yang masih akan terus berkembang.

Tapi kenyataannya, saya malah bingung. Tiap hari ada saja yang mengirim invitation yang saya tidak paham maksudnya. Ada yang mengajak  minum, mengirim kue, eskrim, main kartu,  jadi vampir atau drakula, nyodok-nyodok, tes IQ,  mencari kesamaan lewat bintang film korea, dan masih banyak lainnya. Lha, saya bingung mau diapakan. Itu invitation masih numpuk semua tanpa dikutak katik. Ada yang bisa memberikan pencerahan soal hal ini? Apa manfaatnya atau paling tidak dimana ‘lucunya’ ?

Oya, saya juga waktu itu daftar fesbuk cuma untuk coba-coba saja. Karena itu saya pakai sembarang nama. Eh, lha kok besoknya sudah datang ajakan bergabung dari teman-teman yang saya kenal baik. Akhirnya saya approved dan akhirnya jadi kadung menggunakan nama itu. Katanya nama itu bisa diganti, tapi sudah dicoba gagal terus.

Bukan apa-apa, di sini lagi trend kalau ketemu teman, pasti mereka tanya: “Hey are you on facebook?” Kalau sudah begitu, biasanya mereka saling bertukar nama mereka dan membuat janji untuk saling menambahkan nama masing-masing di fesbuk. Saya tidak mau kalah. Dalam sebuah acara di sebuah kampus baru-baru ini, humas kampus itu yang  cantik bin semlohay mengajak saya gabung di fesbuknya.

“Just type in my name. You’ll find me! Dont forget to add me, okay!” katanya sambil ngedip-ngedip kayak orang kelilipan. “BTW, how do I find you on facebook?” tanyanya. Saya pun memberikan nama yang saya pakai di fesbuk yang langsung disambut tawa ngikik.

“Hi hi hi.. isn’t that suppose to mean ‘Crazy Face’ in Malay?” katanya sambil menutup mulut menahan tawa.

Ya ya ya.. nama saya di fesbuk adalah MUKE GILE !

Jangan ketawa.. kalau mau add saya ya add saja.. !


Actions

Information

24 responses

21 11 2007
iLm@N

wah, temen2 saya di fasilkom juga pada mulai mainan facebook eh fesbuk.. tapi saya ga sempet mas.. lagi juga kayanya saya malu, udah gede main beginian.. hehe..

kapan ya, ada situs social network bikinan anak indonesia yang ngglobal kaya gini..

21 11 2007
Praditya

Awalnya saya juga bingung mas Rane…
Terlalu kompleks gitu.

Nah, masalah invitation itu ya berarti ajakan dari temen fesbuk kita. Tapi kita juga musti “menginstall” aplikasi bawaan yang ada di fesbuk (banyak banget) di account fesbuk kita.

Misal, si A di fesbuk nya memasang aplikasi game, nah si A ini pingin nantang si B buat adu main game. Maka itu si A ngirim invitation ke B supaya si B juga “nginstall” aplikasi yang sama di fesbuknya supaya bisa maen bareng..

Ya mungkin bgitu, yg lain sepertina ada yg bisa lebih memperjelas?

21 11 2007
Donny

Ada yang ngajak ‘tidur’ bareng nggak om? heheh…:p
Udah nyoba, tapi belum ‘digarap’ bener2…lagi males ngulik2 euy!

21 11 2007
Anang

belum nyoba ni

22 11 2007
endangpurwani

gak mau ah gue, kapok dgn FS…..pertama kirim message dan blm jadi friend-contact aja udah minta homer hape, maksa pula. That’s not my type indeed…..gue block baru tau loe !!!

22 11 2007
Miftah

jadi kepengen daftar fesbuk deh…

22 11 2007
qureyoon

hehe… kalo g sih, biasa biar ga pusing, misal ada yg ngirim pirate, ninja, werewolves, ato yg laen laen, g blok aja applikasi nya, so ga bakalan nongol lagi itu barang😀

waktu ada yg ngirim itu, klik aja di icon applikasi nya, ntar ada pilihan blok applikasi di sebelah kanan😀

yah, memang manual seh, tapi cuman sekali doank, abis itu ga bakal nemu lagi yg kaya gitu.

hehe.. gut lak with facebook😀

22 11 2007
snydez

wadu, saya kalo foto, sebisa mungkin berfose mengacungkan dua jari membentuk v
*inget umur
heheh😛

23 11 2007
Riyogarta

Saya malah belum pernah coba nih fesbuk.
Tapi bukan berarti minta di invite ya :p

24 11 2007
iorme

wah saya juga bingung main fesbuk je om hehehehehe

24 11 2007
hielmy

dan akhirnya si muke gile ini berbicara di blognya tentang “muka buku” ini….hehehe….
bener kan om emang pusing ngoprek fesbuk mah! saya juga lieur liatnya banyak rikues ini itu,,,,weks….

25 11 2007
evelyn pratiwi yusuf

Pertama saya daftar di facebook karena coba-coba akibat saya dengar gaungnya yang besar banget daripara teman, tapi setelah coba kebingungan yang sama terjadi pada diri saya.
Nggak tau mesti ngapain, kok dapet undangan jadi vampir dan lainnya.
Aduh pokoknya nggak bisa pakai facebook. Tapi kenapa facebook begitu popular? Padahal susah lho.
Kalau di friendster yang katanya abang berisi anak SMA dengan tangan V, itu lebih okeh, lebih userfriendly lho daripada facebook ini.
Kalau bisa abang ajari saya deh biar lebih okeh!

25 11 2007
augustmist

halah..masa sih bingung ama fesbuk.
kalo gue sih make fesbuk buat cari potential employer, nyari client ama nyari celah buat extend business tuh…hehehehehe..
Undangan juga banyak, kebanyakn gue cuekin, kecuali yang ngirimin makanan ato minuman..heheheehehheheheh
Muke Gile, bales dong imel gue di fesbuk

M

27 11 2007
Piogrand

Belum pernah nyoba, walau sudah ada yang ajak. Soalnya Facebook didominasi orang luar kayanya. Untuk Asia tetap Frienster favoritnya.

CMIIW

28 11 2007
Siska

wah sama pak …
saya juga dah daftar Facebook
sampai sekarang gak ngerti cara ‘memainkannya’

30 11 2007
lebihdemenfacebook

oh oh oh… saya setuju facebook jauh lebih menyenangkan daripada friendster maupun myspace. tampilannya bersih, gak ada pilihan personalisasi halaman (yg suka bikin pusing, apalagi kalo motifnya nabrak2.. oh NO!). bisa main game, banyak kuis yg lucu2.

30 11 2007
harriansyah

yoi mas, keyen yg satu ini juga bikin bingung..

2 12 2007
Mel

1 spank friends request

Muahahahahahahahaha

3 12 2007
vetamandra

tak add ahh🙂

3 12 2007
vetamandra

ada grupnya maria ozawa juga loh🙂

14 12 2007
iin

facebook is so cool

26 12 2007
rara

muke lu gule eh gile huekekekekeke…
eh eh… yg dulu ada rekamannya nggak? bagi dong😀

4 05 2008
call it abu

apakah enaknya fs? enak nge-hacknya doang
ciaakakakkkakaa

28 02 2009
Tampang setan

Sumpah..Bingung abis..Dh bkin tp g bs make’y..Ngeadd tmen jg g bs2..Aduh..Aduh..Bantuin dunk..

Leave a Reply

