“Bapak Siap, Saya Engga”

18 11 2007

bapaksiap1.jpg“Jadi Pengusaha Kaya? Harus Siap Miskin”. Begitu judul kolom opini di majalah gratisan “Info Kawasan” yang mengaku media komunikasi bulanan kawasan Bojong Kulur, Cikeas, Cibubur dan Jati Asih. Majalah itu saya pinjam dari si mamang tukang dagang di kedai Bakso Koboi di seberang Pasar Pocong, Villa Nusa Indah, sebagai pengisi waktu menunggu pesanan terhidang.

Yang pertama menarik perhatian saya bukan artikel tersebut, tapi justru sebuah tulisan tangan yang di coret dengan pulpen hitam persis di sebelah judul yang tercetak tebal.

bapaksiap2.jpg“Bapak siap, saya engga,” begitu bunyi tulisannya yang membuat saya terkekeh. Tapi justru karena itu saya tertarik membaca tulisannya lebih lanjut. Si penulis memulai artikelnya dengan menunjukkan betapa enaknya jadi pengusaha kaya, tapi sayang tidak semua orang mau melihat perjalanan panjang yang harus ditempuh untuk menjadi kaya itu.

Si penulis ingin menunjukkan bahwa siap miskin itu terkait dengan cara manusia memandang dunia. Kalau tujuan akhir kita adalah hal yang terkait dengan pesona dunia, maka kita belum siap miskin. Setelah itu baru si penulis memberikan beberapa contoh orang yang tidak siap miskin. Ada si Saldi yang ke kantor naik angkot tapi ngaku mobilnya masih di bengkel. Ada Bu Mimi yang pura-pura nanya daging has di pasar, padahal dia tahu daging has sudah habis. Ada Pak Nihin yang saking kerasnya ia bekerja, spring bed empuk tempat tidurnya tidak terasa nikmat karena ia sakit dan akhirnya hanya bisa makan bubur. Ada juga Pak Namin yang punya properti besar tapi hanya bisa duduk di kursi roda gara-gara stroke.

bapaksiap3.jpgWaduh, serem-serem amat contohnya, euy! Pantes aja si pencoret majalah tersebut mengaku tidak siap miskin. Ya, bagaimana mau siap kalau yang dicontohkan dalam lebih dari separuh artiel itu adalah cerita-cerita menyeramkan.

Sayang memang artikel yang agaknya punya niat bagus itu tidak menyertakan contoh-contoh positif atau kisah sukses. Yang ada malah terkesan ngomongin orang lain, entah itu si Saldi, Bu Mimi, Pak Nihin atau Pak Namin. Ya, itu hak si penulis sih dalam menentukan anglenya. Tapi hak pembaca juga untuk mengomentari dengan berbagai cara, termasuk dengan mencoret langsung di halaman majalah itu tanpa akhirnya sampai ke tangan si penulis.

Ya, kalau contohnya begitu, siapa sih yang siap miskin? Bapak sih siap, saya mah enggak!

Salam,

JaF


Actions

Information

23 responses

18 11 2007
Praditya

Hmm… Klo dsuruh milih, saya mnding malah jdi orang kaya…😀

JaF: kaya, berkuasa, istri cantik, anak pinter, hidup senang, banyak kawan, sehat jasmani rohani apa lagi ya..🙂

18 11 2007
Riyogarta

Kalau saya, kaya bukan cta cita.
Cita-cita saya hanya … ingin apa yang saya ingin bisa :d

JaF: wah, ndak perlu kaya itu memang.. pernah kepikiran jadi politikus?🙂

18 11 2007
qzink666

Saya juga gak siap ah untuk miskin..😛

JaF: samma !

18 11 2007
Donny

Kemiskinan, apa pun bentuknya, kan emang deket-deket sama yang menyeramkan om. Miskin-sedih, miskin-susah, miskin-sakit, miskin-melarat…banyak. Miskin-bahagia, miskin-senang, miskin-sehat…ini yang jarang ditemukan😀

JaF: belum pernah denger lagu dangdut “sepiring berdua sih..”

18 11 2007
Hedi

rasanya artikel di koran itu bener deh…dalem maksudnya. artinya kalo merasa miskin, berarti akan berusaha lebih keras terus…cuma memang ga banyak yg siap sih😀

JaF: emang bener. cuma buat saya perlu contoh yang lebih menyemangati aja🙂

18 11 2007
zuki

definisi kaya dan miskin itu apa ya?

JaF: nah lho.. mm sebentar.. kaya itu tidak takut miskin.. miskin itu tidak takut kaya🙂

18 11 2007
abah oryza

saya siap semuanya, (maksudnya semuanya ada, semuanya bisa he he he he)

JaF: berarti belum siap miskin.. silahken kembali lagi kalau sudah siap🙂 yak berikutnya?🙂

19 11 2007
ayahshiva

bukannya siap jadi pengusaha kaya mesti siap modal besar dulu

JaF: betoooollll!!!🙂

19 11 2007
Miftah

Saya Siyap………

siyap apa yaach???

19 11 2007
Thomas Arie

Eh, jangan2 tulisan lanjutan di halaman sebaliknya masih ada tuh. Mungkin tulisannya, “Saya siap jadi mantan orang miskin…”

Hihihihih

19 11 2007
Adink

Yup.. Sy tidak siap miskin.
Tapi kalo hidup pas-pasan* mau bwanget🙂

*pas mo bli mobil duit ada.. pas mo bli rumah duit ada..etc

19 11 2007
endangpurwani

gak siap jadi orang kaya gue mah……

19 11 2007
huseinisme

*aa gym mode: on*
saya mah mending pas2an aja.. pas butuh ada😛

20 11 2007
Andri Setiawan

saya tahu..saya tahu…
kenapa om Rane gak siap miskin …

takut nggak bisa makan chicken rice hainan kesukaannya lagi😀

27 11 2007
Piogrand

Kayanya betul yang di atas. Lebih enak hidup pas2an.

Mau keluar negeri, pas ada uang dan pesawat. Mau keliling dalam kota, pas ada helikopter. Mau berkendara, pas ada mobil sport. Ada berlian 12 karat, pas ada uang di kantong. Yang penting selalu pas lah..

24 12 2007
irfanroom

“uang bukanlah segalanya… tapi diatas segala-galanya!”

24 12 2007
Hendrik

uang emang bukan segala galanya…. tapi segala galanya butuh UANG….😀😀

26 12 2007
Risna

Sy jg gk mo&gk siap jd miskin.Wong skrng ni mo apa2 pasti pk uang.Mo buang air pk uang,mo dpt cinta jg bisa pk uang,mo nanem pohon jg pk uang bwt beli bi2t&pralatannya.Apa ya yg gk pk uang?? O iy,request nih om,om rane kpn2 bikin topik ttg”Beli Apa yg gk pke uang?”dong..Kayaknya seru deh om..=D

27 12 2007
irfanroom

yg gak pake uang cm kentut.

kebayang kalau suatu hari nanti kita mau kentut aja harus bayar… Hiyy..

19 03 2008
Harun

Uang memang bukan segala-galanya… masih ada Master Card, Visa, Amex CC dan Irex CC (Iraq Express Credit Card). Minimal masih kita harus baik pada banyak orang, sehingga saat butuh hutang tidak kesulitan.

6 12 2012
Running Text

Memang jadi enterpreuner tidak mudah, hanya sedikit orang yang bisa melewati nya. Running Text

6 12 2012
Florist BSD Serpong

Semua sulit pada awalnya, namun bagi yang sukses, lebih enak daripada jadi karyawan pada akhirnya. Florist-Indonesia

6 12 2012
Pusat Softlens jakarta

Tidak semua orang tahan jadi pengusaha, tidak semua juga tahan jadi karyawan. Tergantung panggilannya. Pusat Softlens Jakarta

Leave a Reply

