Dicari: Presiden Peduli Lingkungan!

15 10 2007

wanted1.jpgKetika Al Gore gagal menjadi presiden Amerika gara-gara ‘dicurangi’ oleh sistem pemilihan negaranya sendiri beberapa tahun silam, tak banyak yang ambil pusing. Toh konon ia adalah sosok presiden paling tidak populer di negara itu. Saking tidak populernya, bahkan ia terlalu sering ia menjadi bulan-bulanan lelucon bangsanya sendiri.

Tapi ketika Gore terpilih sebagai pemenang hadiah Nobel Perdamaian tahun 2007 ini berbagi dengan Panel Antar Pemerintah untuk Perubahan Cuaca (IPCC), keadaan berbalik. Tiba-tiba saja banyak yang menjilat ludah dengan memintanya bertarung kembali di Pemilu mendatang. Tanya kenapa?

Oleh panitia Nobel Perdamaian Tuan Gore yang belakangan jadi aktifis lingkungan hidup, dianggap berjasa menyebarkan pengetahuan kepada masyarakat soal ancaman perubahan cuaca global dan membuat makin banyak orang sadar bahwa sesuatu harus kita lakukan untuk menyelamatkan masa depan kita bersama.

Saya sebenarnya benci membanding-bandingkan, tapi ketika orang Amerika yang selama ini sering dianggap berpikiran sempit dan suka mementingkan diri sendiri bisa tergerak oleh isu lingkungan hidup global dan berharap seorang pencinta lingkungan bisa terpilih jadi pemimpin mereka, kenapa kita tidak?

Tahukah anda bahwa baru kali ini Indonesia bisa berdiri sejajar dengan Amerika, yakni sebagai negara penyumbang pemanasan global terbesar di dunia dimana Indonesia ada di peringkat ke empat!! Silahkan berbangga kalau mau. Saya sih tidak!

Kita semua, setiap individu, memang harus berbuat sesuatu untuk segera mengurangi efek pemanasan global demi masa depan hidup kita sendiri. Tapi bayangkan betapa besar dampak yang bisa kita lakukan jika pemimpin kita juga berpikiran sama! Bayangkan misalnya betapa besar dampak yang bisa ditimbulkan ketika ia menggunakan wewenangnya sebagai panglima tertinggi militer bukan untuk memerangi demonstran tapi untuk memerangi pembakar dan penebang hutan? Bayangkan ketika ia mewajibkan setiap orang dari ratusan juta rakyatnya untuk masing-masing menanam satu pohon saja. Bayangkan ketika ia bisa memecat dan mengadili mentrinya sendiri yang bisnisnya merusak lingkungan tanpa harus takut pada konsekuensi politik apapun.

Sudah.. sudah!! Berhenti membayangkan! Waktunya bertindak! Masa depan di tangan kita sendiri. Kita yang memilih presiden, kita yang bisa menurunkan presiden. Bukan partai-partai oportunis, bukan pula serombongan oknum sok wibawa yang menyebut diri wakil rakyat tapi suka menari di atas penderitaan kita sendiri. Jangan biarkan presiden kita terjebak dalam lobi-lobi politik sehingga tidak punya gigi walau duduk di atas singgasana.

Kawan-kawan, 2009 sudah dekat. Pilih calon Presiden Indonesia yang perduli lingkungan! Peduli bumi! Peduli masa depan tempat kita hidup ini! Insya Allah masa depan akan lebih baik! Masa sih kita mau hidup begini terus??

~~~

Bloggers Unite - Blog Action Day


Actions

Information

22 responses

15 10 2007
Anang

save our world

15 10 2007
timpakul

apa ada ya calon presiden yang peduli lingkungan?
^_^

15 10 2007
Arya

Setuju Bang! Tapi setuju juga dengan timpakul… ada gitu? Kalau dari calon yang sekarang udah maju sih ndak keliatan tuuuh… Atau Bang Jaf aja deh, hehehe…

15 10 2007
Andri Setiawan

lha capres-capresnya temen dekat para pembalak liar tuh :))

15 10 2007
caplang™

kalo di Indonesia pada sibuk ngotorin lingkungan bernegara, pak😆

15 10 2007
aRuL

Sepakat…
jika kita kembali ke khasanah bangsa dengan tidak ikut-ikutan budaya bangsa lain (yang tentunya tidak baik atau terlalu konsumerisme), kita pasti menjadi negara terbersih…

15 10 2007
aRuL

gimana kalo kita pilih presiden dari tulisan yang paling bagus untuk blog action day…. hehehe😛

15 10 2007
mina

vote JaF for President!😀

16 10 2007
Guh

Satu lagi pertimbangan bagus untuk memilih presiden.

btw, 2009 masih agak lama Pak, selagi menunggu presiden baru, berapa juta hektar lagi yang akan terbabat? Mungkin gak kita tekan Presiden yang sekarang menjabat untuk lebih memperhatikan lingkungan?

16 10 2007
Sawali Tuhusetya

setuju banget pak Jaf, pilih presiden yang peduli lingkungan. Sudah saatnya lingkungan hidup di Indonesia diselamatkan, butuh aksi penyelamatan secara konkret. Sang presiden bisa menjadi pionernya biar semua rakyat meneladani bagaimana sikapnya dalam memperlakukan lingkungan hidup.
OK, salam hangat dari Indonesia, Pak Jaf.
Mohon izin ngelink blognya, ya, Pak? Terima kasih.

16 10 2007
iman brotoseno

agak pesimis jika kita punya presiden yang peduli lingkungan,..dari dana reboisasi yang dibuat subsidi mobil timor, bikin pesawat..di kasih dana talangan sumbangan dari luar negeri buat nanem pohon, lho kok dicari pohon yang cepat tumbuh tapi gak produktif seperti acasia, sisa duit di kantongi…
SBY aja nggak peduli memasang helipad di istana bogor dengan konsekuensi pohon langkanya rusak, teratai bisa terangkat..belum kong kalikong dengan penjarah hutan. 75 % logging hutan kita adalah ilegal !

16 10 2007
evelyn pratiwi yusuf

Yup, setubuh bang!😉
Pilih Presiden bukan karena dia tampan dan jadi fav ibu2, bukan karena dia berasalah dari parti besar, bukan karena dia pinter teknologi, bukan karena dia jago pidato, bukan karena dia jago buat statement dengan ceplas-ceplos, bukan karena harus perempuan.
Tapi….
Pilih yang harus peduli lingkungan juga, karena tanpa lingkungan yang okeh, kita nggak mungkin bisa menginjakkan kaki di bumi ini.😉
Sudah saatnya kita mesti buka mata bahwa lingkungan sudah rusak.
Siang sudah terlalu panas, malam sudah terlalu dingin seperti di Arab dan hujan bukan datang pada saatnya.
Indonesia yang memilih, Indonesia pulalah yang menentukan nasib lingkungan kita seperti apa.

* Eh Al Gore ini menginggatkanku pada satu dosen yang tanya pada mahasiswa dikelasku tentang dia, dan serentak semuanya menggeleng nggak tahu dan kebingungan. Al Gore kasian ya?*

16 10 2007
yunita

Perduli lingkungan bukan menjadi syarat yang kesekian tetapi harus menjadi syarat mutlak bagi president selanjutnya. Rakyat Indonesia sangat bergantung terhadap alam. Jika president hanya memikirkan kenaikkan prosentase export migas/non migas sebagai laporan prestasi hasil kerjanya tapi tanpa perduli dampak tipe eksplorasi dan aplikasi yg dipake oleh para pengusaha, maka beberapa tahun kedepan Indonsia akan mengalami bencana yg lebih mengerikan daripada sebuah kemiskinan. Penambangan emas liar di kalimantan yg menggunakan serbuk merkuri akan merusak seluruh komponen perairan yg akhirnya mencemari perairan Indonesia, pengolahan tanah yang sederhana tanpa bimbingan dari ahli pertanian secara intens akan membuat kualitas tanah menurun, pembuangan limbah rumah tangga atau pabrik ke sungai-sungai sekitar dikarenakan dinas persampahan tidak dibentuk karena dianggap bukan hal yang sangat penting juga merupakan hal yg dianggap kecil para pemerintah sekarang.

So, saya setuju dengan pak Jaf untuk memilih president yang perduli lingkungan hidup. Tapi kira-kira siapa ya pak ??? sepertinya calon-calonnya tetap yang itu-itu saja.

16 10 2007
Blog Action Day

[…] Dicari: Presiden Peduli Lingkungan! […]

17 10 2007
Piogrand

Memilih presiden begini mana bisa hanya mengandalkan satu variable yang terkuat??
Pada dasarnya, semakin tinggi lv management yang ditapaki, semakin umum keahlian2 yang dibutuhkannya, bukan semakin fokus. Setidaknya dia harus tahu kepada siapa tugas2 khusus itu harus diberikan.

IMHO

20 10 2007
mPit

presiden indonesia peduli lingkungan? errr… I VOTE DIK DOANK! haha! andai beliau bisa maju jadi calon presiden… saya suka ide sederhananya tentang ‘jangan buang sampah sembarangan’. simpel, tapi nggak sesederhana pelaksanaannya.
mau indonesia nggak jadi kontributor utama gombal warming? mungkin harus mulai diberlakukan pajak tinggi untuk mobil. harus ada gerakan tanam pohon buat ijo-ijo mata biar seger. harus ada MRT yang bener. banyakin angkutan berbahan bakar listrik. yeah, rite. dream on.

betewe, om… saya perempuan😀

22 10 2007
-tikabanget-

ah, nanti presidennya peduli lingkungan,tapi ndak peduli benwit…
*keluh*

29 10 2007
monsterikan

mikir pendek bos orang2 tua di sini. mereka males mikir lingkungan, ga dianggep isu serius. ga dianggep isu beneran, padahal yang isu beneran aja mereka nggak mau peduli. problemnya ultra kompleks emang, tapi tanpa ada ecology will mau sampe kapan yah kondisinya gini2 aja.

26 11 2007
sadi

prestasi salah 1 mantan presiden kita,yang nanti mencalonkan diri lagi di pemilu 2009:
1.menjual indosat dengan harga “sangat murah” ke singapura,yang notabene merupakan pencuri segala yang bisa dicuri dari indonesia.
2.”memindahkan” perusahaan sony yang cuman satu2nya di asia taenggara ke singapura.
3.tidak sportif,ketika kalah dari sby pada pemilu kemaren tidak mau mengakui dirinya kalah.
4.terkait dengan kasus penjualan tanker juga dengan harga sangat murah.
5.tidak bisa pidato(bisanya cuma baca teks)??????
6.cuma punya ijazah sma?????????
Sebagai orang yang sangat mencintai bangsa ini&peduli terhadap saudara2nya yang dilanda kemiskinan dan kelaparan,unttuk itu saya meminta pertimbangan teman2 pembaca sekalian untuk pintar2lah dalam memilih presiden,kalau bisa yang pintar,yang punya tekad buat memajukan negri ini.dan hal ini kalau bisa dishare juga sama yang lainnya,yang juga peduli akan nasib bangsa ini.makasih.

26 11 2007
sadi

prestasi salah satu mantan presiden kita,yang nanti mencalonkan diri lagi di pemilu 2009:
1.menjual indosat dengan harga “sangat murah” ke singapura,yang notabene merupakan pencuri segala yang bisa dicuri dari indonesia.
2.”memindahkan” perusahaan sony yang cuman satu2nya di asia taenggara ke singapura.
3.tidak sportif,ketika kalah dari sby pada pemilu kemaren tidak mau mengakui dirinya kalah.
4.terkait dengan kasus penjualan tanker juga dengan harga sangat murah.
5.tidak bisa pidato(bisanya cuma baca teks)??????
6.cuma punya ijazah sma?????????
Sebagai orang yang sangat mencintai bangsa ini&peduli terhadap saudara2nya yang dilanda kemiskinan dan kelaparan,unttuk itu saya meminta pertimbangan teman2 pembaca sekalian untuk pintar2lah dalam memilih presiden,kalau bisa yang pintar,yang punya tekad buat memajukan negri ini.dan hal ini kalau bisa dishare juga sama yang lainnya,yang juga peduli akan nasib bangsa ini.makasih.

26 11 2008
a MILD

mau presiden yang peduli dengan lingkungan gak?
mari kita kumpulkan orang-orang yang sadar akan begitu pentingnya peduli terhadap lingkungan, truz kita bwat partai peduli lingkungan gmn?

15 06 2009
dyuli

wah….presiden peduli lingkungan?
bagai mencari jarum di tumpukan jerami kali yaaaaaa

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: