Para Kroner Pencari Tuhan..

30 09 2007

picture-6.jpgKalau kabar itu benar adanya, bahwa sinetron Para Pencari Tuhan (PPT) berada di peringkat pertama rating penonton selama bulan puasa ini, maka terbayanglah pagi ini berapa juta orang yang ngomel-ngomel gara-gara SCTV mengulang salah satu episode PPT. Saya termasuk diantaranya hehe..

Berhubung saya sahur sendiri, maka kemana lagi saya ngomel kalau bukan menyalurkannya ke kronologger.com, tempat dimana beberapa hari terakhir ini sejumlah fans PPT saling berdiskusi sambil menonton ulah Bang Jack dan kawan-kawannya. Oya buat yang baru tahu, kronologger adalah layanan micro blogging khas Indonesia yang bisa dilakukan melalui komputer atau ponsel dengan akses GPRS.

Buat saya ini sebuah fenomena menarik. Bayangkan dari sebelum sinetron itu dimulai, para kroner sudah saling mengingatkan bahwa PPT sebentar lagi dimulai. Ada yang nonton sambil tersambung ke internet via komputer, ada yang cukup dengan ponsel di genggaman tangan..

picture-4.png@jaf:bangun!PPt dah mulai,dicariin sazkia tuh,” seorang kroni di Bantul mengawali obrolan.

Dan alih-alih mulai mendiskusikan jalannya sinetron, posting-posting berikutnya berisi omelan begitu menyadari bahwa episode pagi ini adalah episode ulangan. Omelan itu susul menyusul di posting oleh para kroner dan saling ditanggapi pula. Menarik karena kemudian beberapa kroner tergerak berkirim email protes ke SCTV. Ya.. ya.. saya yang mulai hahahaha..

Diskusi berlanjut ketika si Trio Bajaj yang setiap pagi membawakan kuis mengumumkan di layar kaca bahwa pengulangan episode lama ini dilakukan atas permintaan pemirsa dan juga karena di episode ini ada bahan untuk pertanyaan kuis berhadiah umroh bersama para kru PPT.

picture-1.pngAtas permintaan pemirsa? Nice try, guys! Kalau memang atas permintaan pemirsa, kenapa juga mereka harus berulang-ulang memberikan penjelasan yang sama karena banyak pemirsa yang mempertanyakan? Get it? Kalau atas permintaan pemirsa, pasti dong pemirsa nggak banyak yang menanyakan, dan tak akanlah mereka berulang-ulang mengumumkannya..

Banyak dugaan yang muncul. Salah satunya adalah karena mereka tidak berhasil kejar tayang. Tapi ya sudahlah. Apa mau dikata? Kita kan cuma penonton yang hanya bisa berharap semoga besok malam kejadian ini tidak berulang besok malam. Soalnya banyak yang benar-benar kepincut dengan sinetron ini yang memang membawa kesegaran baru di belantara sinetron tak bermutu yang ditayangkan televisi kita, utamanya pada bulan ramadhan.

Namun di balik semua itu, ada satu hal teramat menarik yang membuat saya rela ngeblog pada saat seharusnya saya masih bisa mencuri tidur sebelum berangkat kerja. Hal yang saya maksud itu adalah fenomena kronologger.com yang berangkat dari konsep microblogging seperti halnya jaiku, twitter atau moodmill, namun kemudian berkembang menjadi semacam gabungan antara chatting, bulletin board dan forum, ditambah pula dengan fasilitas yang memungkinkan anggotanya untuk juga mengirim foto secara ‘nyaris’ real time. Bagi saya perkembangan kronologger.com ini luar biasa menarik dan punya potensi untuk berkembang lebih jauh untuk berbagai kegunaan chatting, ngejunk, berbagi tips sampai berbagai informasi.

picture-8.pngKetika gempa mengguncang Bengkulu, Padang dan sekitarnya, misalnya, para kroner yang mengakses kronologger dari berbagai kawasan di Indonesia bahkan di luar negeri ramai-ramai mengirimkan laporannya lengkap dengan foto-fotonya yang boleh jadi jauh lebih cepat dari Detik.com. “Citizen Journalism at it’s best?” tulis Budi Rahardjo di blognya. Why not? Bayangkan berapa banyak ‘reporter’ kronologger.com yang tersebar di berbagai tempat yang dengan bersenjatakan ponsel berkamera dan akses GPRS dan selalu siap melaporkan setiap peristiwa di sekelilingnya? Definitely citizen journalism at its best, isn’t it?

Saya membayangkan banyak hal yang bisa dilakukan untuk mengembangkan kronologger.com ini. Bayangkan radio-radio FM atau stasiun televisi memanfaatkannya untuk interaksi dan berbagi informasi dengan pendengar. Bayangkan sebuah media berita di internet dengan ‘reporter’ yang memiliki akses jauh lebih luas, lebih cepat dan pastinya lebih banyak dari media online seperti detik.com atau okezone.com. Bayangkan masyarakat bisa berbagi informasi yang bermanfaat untuk kepentingan, mulai dari sekedar ngobrol, berbagi tips, jualan, berbagi informasi kemacetan jalan, berbagi informasi tentang peristiwa yang terjadi di sekitar mereka. Bayangkan bahwa semua informasi itu ada dalam genggaman tangan anda (baca: ponsel).

Salut buat Kukuh TW sang penemu kron. Salut juga buat Budi Putra dan kawan-kawan ABN yang kemudian memberikan dukungan terhadap keberadaan kronologger.com ini, dan pastinya salut juga buat para kroner.

Ayo ramai-ramai ngekron. Saya tunggu besok jam 3 waktu PPT dimulai lagi dan kali ini mudah-mudahan bukan ulangan, kalau nggak mau diomelin para kroner.. hehe..

_________________

* Keterangan gambar:
– Gambar pertama: mug kronologger.com oleh-oleh dari Budi Putra, yang nyaris saya lempar ke televisi gara-gara PPT diulang.. hehehe.. Sayang mugnya ah..
– Gambar lain: beberapa skrinsyut (screenshoot) dari dialog antara para kronologger yang membahas soal sinetron PPT dan juga gempa di Padang.. (karena tanpa skrinsyut adalah basbang hehe)


Actions

Information

26 responses

1 10 2007
Kukuh TW

om Jaf, Terima kasih buat review kronologger.com-nya disini🙂

1 10 2007
kw

oh.. aku kok belum pernah nonton yak… segitunya ya… hehehhe thx infonya

1 10 2007
Vavai

Saya juga mengalami hal dan perasaan yang sama meski tidak ngekron semalam😀. Payah deh SCTV. Atas permintaan pemirsa ? alesyan sahaja…😀

1 10 2007
IndraPr

Salah satu review tentang Kronologger yang paling unik dan yang ciamik dari yang saya pernah baca.🙂🙂 Bahasa khas Pak JaF.🙂

1 10 2007
sandynata

hahahahahah….

*jarang nge-kron pagi-pagi, sahur-sholat-langsung bobo*

1 10 2007
Hedwig™

rerun di televisi tidak selalu buruk, kadang karena rating tinggi, rerun diperlukan untuk meraup untung dari pemasang iklan🙂
Kenapa gak di rerun saat menjelang berbuka puasa, daripada melihat sinetron yang katanyan religius.

Salam

1 10 2007
Hielmy

Halo om rane…
itulah hebatnya kron. Betul!?

1 10 2007
Andri Setiawan

wah menarik nih, sisi lain “kehidupan” kronologger :))

1 10 2007
Arya

Halo Bang Jaf… EH, ada Kron dari saya dipajang jadi skinsyut… Jadi malu…🙂

1 10 2007
aRuL

pantesan.. heran, koq sampe diulang…
makanya saya langsung tidur tuh bang…🙂

1 10 2007
vetamandra

ada kroni dari bantul…..ada skrinsyut kron saya..ikut-ikutan aryanst..jadi malu

1 10 2007
manusiasuper

Saya kita di Banjarmasin saja yang episodenya diulang, taunya di singapura juga ya pak?

*Ditimpuk!*

1 10 2007
manusiasuper

*maksudnya kita –> kira

1 10 2007
manusiasuper

halah, maksa koment tiga kali aja.. Maaph pak..

1 10 2007
Anang

skarang jarang ngekron hehehe

1 10 2007
mina

pengen ngekron tapi gak bisa ditampilin di blog WP gratis😦

2 10 2007
zacky

Selama ini PPT merupakan salah satu tayangan telivisi terbaik selama bulan ramadhan penuh dengan guyonan yang gak “ndeso” dan sarat pesan yang disiarkan oleh SCTV, juga menghibur sembari makan sahur.
Ada sedikit yang perlu di tambah/direvisi yaitu pada saat episode pembelajaran masalah memakamkan mayat disini ada yang kurang yang seharusnya pada saat sebelum mayat ditimbun dengan tanah harusnya dikumandangkan adzan dan iqomah. semoga semuanya menjadi lebih baik dan lebih indah. bravo sctv & PPT semoga dikemudian hari muncul sinetron seperti itu

2 10 2007
supriyadi

Assalamu’alaikum semua
eh Bang entar pagi jadi episode baru kan soale q dan sekeluarga lagi seru-serune nonton eh gak taune diUlang

2 10 2007
Guh

Join ah…😀

9 10 2007
donnyreza

Ah, sayang sekali, saya belum bisa ikutan diskusi…:( lagi nyari gadget dulu nih, supaya bisa kron everywhere :))

11 10 2007
elyudien

New Milis ….

Para Pencari Tuhan.
Bisa cek ke :
http://groups.yahoo.com/group/ParaPencariTuhan

Semoga bisa menjadi jembatan antara sesama, membantu,
menolong, menasihati dan menjunjung nilai moral
kehidupan.

Ada ide?

18 10 2007
Praditya

Ya namanya juga lagi puasa. Kasian kan klo syutingnya dipaksakan…
Hehehe

~ Salam kenal semuanya…

20 10 2007
bobbyc

kayaknya pernah liat konfirmasinya dari dedy mizwar….
katanya rerun itu adalah keputusan berat yg harus diambil…
karena daripada shooting kejar tayang tapi kualitasnya jelek (kayak sinetron lain) maka lebih baik rerun….
jadi kualitas sinetron bisa dijaga..

gitu kata om dedi mizwar

31 12 2008
mr.grey | Cerita Seru Tentang Hidup

posting lama nih, tapi ga pa pa lah, lam kenal mas, mang salut buat kang dedi, para pencari tuhan itu sebuah tonggak baru sinetron yang perlu ditiru para sineas lainnya

30 08 2010
agus prabudi

ya perkenal kan nma sya :agus prabudi
alamat :medan

untuk semua para pemain filemdi para pencari tuhan metsukses ja ya

30 08 2010
agus prabudi

assalam mualaiku waroh mat tulo hi wabaro katu

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: