A Musical Week :)

2 08 2007

siaran.jpgApa kabar, kawan-kawan? Bagaimana pekan anda? Pekan saya kali ini benar-benar diwarnai nada-nada musik. Semua berawal dari perkenalan dengan software Garageband yang membuat saya bersemangat lagi dengan beberapa ‘proyek-proyek’ an musik iseng yang lama tersimpan di hard disk komputer, di recorder handphone atau di otak.

Maka lahirlah kembali beberapa komposisi musik iseng, ditambah pula dengan ‘penemuan’ sejumlah karya musik orisinil dari kawan jaman kampus dulu. Mari.. mari.. saya ajak anda masuk ke minggu saya yang penuh dengan nada..🙂

Sebelum bernarsis ria, ada baiknya saya cerita dulu tentang dua komposisi musik keren yang saya temukan di internet, tepatnya di multiply. Siapa tahu anda tertarik mendownloadnya..

:: Achtung 30! (Bagian 3):
Ini adalah proyek musiknya Dave Lumenta dan kawan-kawannya yang di ilhami dari pengalaman memasuki usia 30 an, sebuah usia yang konon adalah perbenturan antara mimpi dan realita. Dave mencoba merekam pengalaman kawan-kawannya yang rata-rata di usia 30an, lalu digabungkan dengan komposisi musik yang keren banget. Lahirlah 5 komposisi yang masing-masing punya keunikan tersendiri. Nah, bagian ketiga yang selama ini hanya diceritakan saja di blognya, akhirnya sudah bisa di download. Bagian ketiga ini lain dari yang lain karena ada unsur vokal plus monolog. Warna musiknya juga sangat 80-an yang rasanya mewakili mereka yang kini berusia 30 an, termasuk penulisnya. “Terhibur, terkagum-kagum sekaligus tersindir” itu kesan saya setelah mendengarnya.🙂 Silahkan download di blog mereka: http://ribet30.blogspot.com. Great job, guys..! Kalo jadi mentas, undang gue ya..

:: Monyet-Monyet Liga Musik:
Eitss… jangan marah dulu. Pertama, waktu jaman kuliah dulu, monyet! buat saya adalah ekspresi kekaguman tertinggi setelah anjrit! hehe. Kedua, judul lagu yang saya temukan memang ada hubungannya dengan monyet, tepatnya “Topeng Monyet“. Ini adalah salah satu karya dari kelompok Liga Musik FISIP UI era 95-98 an yang beranggotakan orang-orang hebat dan kreatif. Dari tiga lagu yang ada di multiply mereka, favorit saya adalah Topeng Monyet ini. Musiknya unik, liriknya dahsyat. Mengingatkan saya pada era-era nya Kantata Takwa. Buktikan sendiri dengan mendownload mp3 dan liriknya di: http://ligamusik.multiply.com

UPDATE  03/08/2007

:: Brickriver aka Kalibata
Nyaris lupa. Minggu kemarin saya sempat wawancara dengan Adit dari Brickriver (aka Kalibata hehe), sebuah grup band indie di Jakarta. Saya tahu mereka gara-gara Mas Kopdang yang bikin soundtrack untuk blognya dengan lagu dari karya Brickriver hehe.. Saya wawancara dia untuk acara Pranala dan lebih difokuskan pada bagaimana mereka menggunakan myspace.com sebagai sarana promosi. Hasil wawancaranya bisa didownload di podcast radio tempat saya kerja minggu depan. Lagu-lagunya bagus, terutama yang berjudul Pintu Hati yang sudah masuk ke MP3 Player saya. Sila dengarkan karya mereka di situs myspace : http://www.myspace.com/brickriverkalibata. Sukses buat Brickriver!

Oke, sekarang memasuki sisi narsis dari seorang JaF😀. Seperti saya cerita di atas, gara-gara ketemu software Garageband, saya jadi asik sendiri mengutak-atik musik-musik lama yang pernah saya buat.

:: Teng Nong V 2.0:
Ini adalah sebuah komposisi sederhana yang tiba-tiba saja nempel di kepala pada suatu malam di bulan ramadhan 2003 saat tengah gitaran di beranda rumah sepulang tarwih. Rasanya pernah dengar tapi entah dimana. Iseng-iseng saya rekam dengan recorder di HP agar tak lupa. Maklum buta huruf notasi musik hehe. Nah, beberapa hari lalu saya coba olah lagi dengan garageband. Kemampuan multi track di software itu membuat saya bisa menggabungkan unsur melodi, rhythm dan bas, bahkan kemudian masing-masing track bisa di beri efek yang berbeda padahal sama-sama dihasilkan dengan gitar kopong alias gitar akustik biasa. Hasilnya saya upload ke multiply saya dan juga ke podbean. Kualitasnya masih sangat buruk, tapi buat gitaris kelas ujung gang seperti saya, rasanya senang sekali bisa bikin yang seperti ini.. hehehehe

:: Kumbang Kembang Versi Nekats:
Kumbang Kembang adalah sebuah ‘proyek’ kolaborasi musik online beberapa anggota Komunitas Blogger Family yang terpisah jarak lumayan jauh dan belum pernah saling bertemu. Komposisi dasar musiknya diciptakan oleh Mwilson (Jakarta), iringan biola oleh Nike (Jerman) dan lirik oleh Ceko (Bandung). Mixing saya lakukan di komputer tua di rumah (Singapura). Benar-benar lintas benua haha. Nah, kami pun buka lowongan vokalis di forum Blogfam, namun sampai sekarang belum juga dapat. Saking penasarannya, saya nekat memasukkan vokal sendiri yang kemudian di olah dengan Garageband dengan harapan bisa terdengar lebih baik. Ternyata.. tidak ada pengaruhnya hahaha. Anyway, kalau ada yang tertarik dengar, atau malah mau nyumbang vokal, silahken download di multiply saya.

Demikianlah perjalanan saya di pekan ini yang sangat musikal. Masih ada beberapa karya lain yang juga tengah saya produksi ulang dengan Garageband seperti “Lullaby untuk Naila” yang diciptakan untuk Tuan Putri Kecil saya, lalu sebuah musikalisasi puisi karya Tuan Putri Besar alias Nyonya JaF yang dibuat jaman pacaran dulu😉 dan beberapa lagu favorit si Tuan Putri Kecil yang saya coba nyanyikan ulang seperti “Lagu Rindu” nya Jikustik dan “Ambilkan Bulan Bu” karya Ibu Sud (?). Juga lagu “Anak Dara” nya KLa Project. Hasilnya mungkin akan saya upload ke multiply kalau sudah selesai. Itupun kalau saya berani hahaha..

Selamat berakhir pekan, kawan-kawan. Saya mau kembali mengerjakan tutorial podcasting bagian 3 yang sempat terbengkalai gara-gara sakit.

God Bless You All.

-JaF

Now Playing On My Itunes: D’Cinnamons – Selamanya Cinta (keren abissss. jauh lebih keren dari versi aslinya Yana Julio)


Actions

Information

10 responses

2 08 2007
dlumenta

Boss Rane, thanks atas ‘review’ nya. FYI, krn lu lagi mengulas ttg Garageband, hampir semua komposisi ACHTUNG! 30 dibikin dengan Garageband juga (versi 2.0 masih) – hanya yg bagian V dibikin (setengahnya) pake Cakewalk Sonar Producer (waktu masih pakai Windows XP).

JaF/ Rane: review.. review an.. hehe.. Favorit gue yang kedua setelah Bagian tiga adalah bagian bagian DUA aka Ribet Funk. Gue suka banget cara elo nge mix suara-suara itu, termasuk suaranya Sukarno.. (eh itu Sukarno, kan?). Juga kata kata: “Wahai pria-pria gendut.. Gendut itu sexy kok..” hahahaha….

Sedikit tentang Garageband Mac OS X. Memang gue (dan beberapa kawan) agak krisis identitas he he. Ada kerinduan dengan sound-sound vintage – dan untuk Ribet30 semua plugin synthesizernya adalah bikinan 3rd party vendors yang merupakan imitasi vintage synthesizers- seperti VST (virtual synth) Prophet 5 (yg asli itu 1978), Modular Moog (aslinya 1970), Hammond B-3 organ (aslinya 1947) dan capek2 mencari loops asli dari alat Mellotron (aslinya 1963) dan men-tweak Garageband sehingga loops itu bisa dijadikan native EXS plugin di Garageband. Hanya alat Minimoog (1971) yang gue pake adalah beneran (gue beli seharga Rp 150,000 – tahun 1989 ketika studio Jackson Records di Jakarta lelang gudang)

JaF/ Rane: Wah.. udah ngelotok bener lu Dave pake Garageband hehe.. Ini lagi ngincer mic usb atau keyboard midinya aja dulu deh. Nyari yang murahan. Ntar yang laen belakangan.. hehe

Ada plugins lain yang berguna: Izotope Ozone 3 untuk final processing (ada compressor, band compressor, paramatric EQ, tereo expander & frequency enhancer), tapi ya ini belum berhasil gue gunakan maksimal karena belum punya akses ke monitor speakers yg memadai).

JaF/ Rane: Nah elu aja yang udah ngelotok belum bisa menggunakan secara maksimal, apalagi gue yang amatiran… Teach me master… teach me…!🙂

Selamat berjuang bos dgn Garageband-nya (versi 3.0 ya?). It’s a long way ya sejak kita gitar2an kopong menyanyikan Beatles di depan ruang BPM FISIP UI, 15 tahun lalu….

JaF/ Rane: yeeee…. jangan ngingetin sama umur dong.. hehehehehehe

5 08 2007
fitri mohan

aku juga bikin beberapa musik pake garage band. termasuk nyobain soundtrack-nya Flags of Our Fathers. hehehehe, lumejen niiih garageband. sayang, aku masih awam jadi nggak tau gimana kalo mau bikin yang rada2 kompleks dari yang kubuat.

6 08 2007
Riyogarta

Garageband? Ah jadi penasaran … cari dulu ah

6 08 2007
amril

Babe Jaf, suara anda benar-benar mantap abis!. Saya membayangkan
anda berdiri diatas panggung didepan ratusan ribu penonton dan melantunkan lagu “Kumbang-Kumbang” versi nekats dengan suara bariton anda yang merdu merayu. Melankolis dan mengiris hati.

Anda memegang mike dengan mata terpejam, menghayati setiap bait nada yang dinyanyikan.

Dan para penonton berteriak histeris, menikam langit. “More…More…Jaf Travolta!”…hahahaha

6 08 2007
CINGGARONG77

ohh..itu nama softwarenya toh.
tapi…softwarenya dapet ori atawa cetak rompak nih pak jaf ! hueehehehehe…(just kidding).
aku jadi tertarik juga tapi di jakarta ada gak yah…

8 08 2007
Persiapan

😆
Salam Kenal dari Indonesia❗

13 08 2007
tuteh

kapan De’Cibis (Cendaga Band di review? ;p) hahahha…. mantep!!
hedop radio jockey!!
kangeeeeeeennnn ;p hihihihih
pak, sayah balik ke blogspot ;/

24 08 2007
dlumenta

garageband itu udah satu paket dengan Mac OS X (alias gratis utk yg punya Mac). Garageband ya bagusnya dijadiin alat belajar pemula (langkah berikutnya ke Logic Express – atau Logic Pro – atau Reason).

16 03 2008
mukti

gmn sih carax dapat/ download software Garage Band gratis?atau gimana cara mas dapet garage band tersebut? q ngebet banget pgn+ mengoprasiinnya sgera!

8 05 2008
Bushyetdah

Gw juga pengin softnya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: