Waktu Kakek Muda Dulu..

6 06 2007

peter.jpgLaporan situs jurnalisme warga, Panyingkul.com, tentang blogger tertua di dunia berusia 107 bernama Olive tahun mengingatkan saya pada sosok Peter Oakley atau di kalangan Youtubers lebih dikenal dengan nama geriatric1927. Keduanya sama-sama berusia lanjut, punya eksistensi di internet (blog dan videoblog) dan sama-sama punya pengalaman menarik yang layak dibagi dengan para pengakses internet.
Namun berbeda dengan Olive yang ngeblog melalui bantuan seseorang bernama Mike yang secara rutin mengunjunginya di Panti Jompo dan mengupdate ceritanya di blog, Peter membuat video blognya di Youtube sendiri. Ia mengakui ini bukan hal yang susah karena ia sudah akrab dengan komputer sejak masih jaman Windows 95.

Saat pertama mengupload videonya di bulan Agustus 2006, Duda berusia 80 tahun yang hidup sendiri itu tidak pernah menyangka ia akan menjadi seorang selebriti di internet. Posting video blognya di langgani oleh lebih dari 40 ribu orang dengan lebih dari 2 juta orang pengakses. Prestasi itu menempatkannya di posisi 10 besar video yang paling banyak dilanggani orang di Youtube.

Apa yang menarik dari video blognya sampai ia mengundang begitu banyak pengakses? Jangan berharap melihat seorang kakek berakrobat atau melawak atau melakukan hal-hal konyol lainnya. Seperti layaknya seorang kakek yang bercerita kepada cucunya, ia banyak berbagi pengalaman tentang masa muda, tentang sekolahnya dulu, tentang pengalamannya di masa perang dunia II, tentang hobinya, tentang kesendiriannya dan semua itu diceritakannya sambil duduk di kursi di kamarnya sambil menghadap kamera. Tapi justru itu yang menarik buat saya –dan mungkin pengakses youtube lainnya– karena ia punya sesuatu hal yang tidak saya punyai, yakni pengalaman hidup dan kebijaksanaan yang luar biasa menarik. Memang diperlukan kesabaran tersendiri untuk mendengarkan penuturannya yang cenderung lambat, kadang lari kesana kemari, tapi kenyataan bahwa video blognya di akses lebih dari 2 juta orang menunjukkan ada yang sesuatu yang menarik dari ceritanya itu.

zimmers.jpegKalaupun ada hal yang agak ‘nyeleneh’ yang pernah ia lakukan, itu adalah terlibat dalam rekaman musik yang seluruh personilnya orang lanjut usia yang menyanyikan ulang lagu My Generation nya The Who’s. Itupun ia mau karena penjualan albumnya ditujukan untuk kepentingan sosial sekaligus mengingatkan tentang betapa kaum usia lanjut semakin tidak diperhatikan oleh orang lain.

Kakek Peter, Nenek Olive dan banyak blogger usia lanjut lainnya mengaku hanya ingin berbagi kepada generasi lain di bawahnya sekaligus mengajak orang seusia mereka untuk ngeblog. Dalam wawancaranya dengan BBC Worldwide, Peter Oakley mengatakan, ia kini bisa meninggalkan dunia dengan tenang karena merasa telah menyumbangkan sesuatu.

Moral of the story: Tidak akan pernah ada batasan usia dalam ngeblog, bahkan menurut saya para senior yang terpaut usia jauh dari generasi saya dan anda mungkin, sepatutnya mulai berbagi pengalaman melalui blog.

Buat para kakek dan nenek yang membaca posting ini, ayo mulailah berbagi pengalaman melalui blog. Saya yakin anda punya pengalaman yang luar biasa. Paling tidak, kalau cucu anda selalu lari menghindar ketika mendengar intro “Waktu kakek muda dulu..“, masih akan ada cucu lain yang justru akan mendatangi anda di blog. Atau jangan-jangan, justru cucu-cucu anda itu akan tertarik membuatkan anda blog🙂


Actions

Information

16 responses

6 06 2007
arul

wah moga kita2 ini bisa ngeblog sampe akhir hayat… so kita bisa dikenang selamanaya..🙂

JaF: Amin🙂

6 06 2007
tkangsayua

Tak disangka ternyata ada blogger yang umurnya sudah lebih dari 100 th, dapet rekor dari MURI nggak pak JaF???

JaF: Kalau dia orang Indonesia mah pasti dapet🙂

6 06 2007
endang

iya Kakek Jaf….mudah2an saya akan ngeblog terus..hhahahah

JaF: Kalau gue kakek, elo pasti nenek doooooong hahahaha

9 06 2007
nico

bner pak jaf, kita bisa belajar asam garamnya dari mereka yang telah banyak memakan asam garam kehidupan. lumayan nambah ilmu…

JaF: Iya. Sebenarnya yang udah mulai banyak, tapi yang nyangkut di tengah jalan jauh lebih banyak.. hehe

10 06 2007
Riyogarta

Gile,Luar biasa!
Saya bisa gak yah sampai umur sebegitu? Maksudnya umurnya dulu sampe apa enggak, selanjutnya masih bisa ngeblog atau enggak🙂

JaF: Insya Allah…🙂

13 06 2007
koecing

:terharu:

JaF: hiks..🙂

13 06 2007
tukang nggedeblues

wow ………. bener kata mbah jaf ini. ngeblog itu tidak ada batasan usia, selagi mampu.
mbah jaf, gimana kabar anda? masih suka mie instan to? ya, kalau sudah mbah-mbah, makan mie instan memang asyik. soalnya empuk, gak keras. kan simbah udah gak punya gigi …. hihihihihihihiihi *kabbbbuuuuuurrrrrrrrrrr*

JaF: Hallah.. tak pentung pake gitar sampeyan hahaha

15 06 2007
aribowo

wah salut deh dengan dedikasinya.
btw ada link videonya di youtube gak, pengen liat neeh

JaF: di artikel di atas ada, mas.. Atau coba deh ke youtube, terus search “geriatric1927”. Dijamin ketemu..!🙂

22 06 2007
Panitia Lomba

Posting lomba sudah selesai! Sekarang waktunya memilih peserta favorit! Ayo pilih peserta favorit sekarang juga!

JaF: Siap!

23 06 2007
mybenjeng

wah saya belum kakek-kakek nih…
numpang lewat, salam kenal…

JaF: silahken.. salam kenal juga, kek.. eh mas..😉

24 06 2007
zuki

interesting … very interesting …

JaF: it sure is..

23 07 2007
areta

hebat deh..
emang c, harus sabar. cerita oma opa gw (yg sebenernya seru n menarik bgt) ajah bisa bikin ketiduran.

28 07 2007
Derry Fauzi

salam kenal….

28 07 2007
m-nure_cikoko js

wow! seperti sabda Nabi:
“BELAJARLAH DARI BUAIAN SAMPAI AJALMU”

3 01 2008
augustmist

Wah JaF — coba gue dah baca blog lo ini waktu berusaha mengconvince bokap tiri en nyokap gue untuk ngeblog…mereka bilang: Blogs are For Young People only…hehehehe..
augustmist.wordpress.com

3 01 2008
Old People DO Blog (continuation to: Blogs are For Young People Only) « In My Humble Opinion

[…] read in my friend JaF’s blog about the oldest blogger in the world. He, Olive , is 107 years old and he blog. Well, someone helped him clearly. But still the […]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: