Lain Teko Lain Kendi

3 06 2007

Coba lihat gambar di sebelah. Anda tahu benda apa itu? Yakin tahu? Saya juga dulu yakin 100 persen tapi ternyata salah. Ceritanya waktu minggu-minggu pertama tinggal di Singapura, saya dan seorang kawan pernah diundang kendurian oleh seorang tetangga orang Melayu.

Kami pun duduk mengelilingi sebuah meja panjang sambil menikmati -tepatnya menjarah tanpa malu-malu- berbagai masakan khas melayu yang sedap-sedap dan tidak terlalu asing di lidah, apalagi makannyapun pakai tangan dan di seling obrolan-obrolan seru. Singkat cerita, ketika tenggorokan kering karena kebanyakan makan, si kawan dengan santainya menyambar benda di gambar itu, menuang isinya ke gelas di hadapan kami dan langsung meminumnya sepuas hati meninggalkan suara menggelegak di tenggorokan. Saat itulah suasana berubah hening. Para tamu yang lain ternganga menatap kami, beberapa menampakkan nasi di mulut yang belum terkunyah sempurna. Ternyata oh ternyata, benda itu bukan untuk menyimpan air minum..

Yes!! Betul sekali, saudara-saudara. Seperti kata pepatah, lain ladang lain belalang, lain lubuk lain ikan, lain minuman lain kobokan, lain teko lain kendi. Benda itu di kalangan orang melayu disini disebut kendi. Ya, kendi!

Jangan pula lah protes, karena dia tidak sama dengan kendi ala Jawa yang terbuat dari tanah liat itu.

Kalau di Indonesia kebanyakan orang mencuci tangan dengan mangkuk berisi air yang sering disebut kobokan, maka kendi ala melayu ini fungsinya ya seperti kobokan. Bedanya mungkin dia nampak lebih beradab karena air kotor bekas cuci tangan itu tersembunyi di wadah yang menjadi alasnya.

Makanya, kalau anda termasuk yang menebak benda di gambar itu adalah teko tempat air minum, jangan sok tau deh, daripada malu kayak saya dan si kawan itu hahaha.. (Oya, mau tahu lebih banyak tentang kendi ini, coba simak cerita Fairy Mahdzan tentang acara kendurian di sebuah kampung di Malaysia).

Sedikit cerita tambahan, ‘dendam’ saya karena dibikin malu oleh si teko .. eh kendi akhirnya ‘terbalaskan’ juga. Dalam sebuah kesempatan liputan ke Jakarta, saya pernah mengajak seorang teman orang Singapura dan rekan bulenya makan pecel lele di pinggir jalan. Lahap juga mereka makan apalagi ketika saya ajari makan dengan tangan. Nah, ketika selesai makan, seusai mencuci tangan dengan kobokan yang diberi irisan jeruk nipis, si pelayan warung menyodorkan gulungan kertas tissue kepada kami. Kawan saya dan si bule cuma bisa ternganga melihat benda itu. Maklum di rumahnya benda itu biasa ditemui di wc dan dipakai untuk mengelap.. ehm.. apa ya.. ya kita sebut sajalah ampas hasil olahan makanan hehehehe!!! Puas.. puas.. puaaaaaass!!

* Sebuah cerita lama yang kembali menyeruak di sela-sela obrolan saat makan siang bersama kawan-kawan sekantor.


Actions

Information

27 responses

3 06 2007
Anang

hehehe kok bisa ya.. lucu kalo kita minum dari kendi itu ya? dikira apa nanti.. hehe

JaF: Ya sama aja kali dengan ngeliat orang lain minum kobokan hehehe

3 06 2007
Hedi

Ah posting yang bagus, supaya tak ada lagi kelinci yang kejeblos di lubang yang sama…thanks bocorannya😀

JaF: Makasih kembali..

3 06 2007
arul

heehe….. beda daerah beda budaya, beda bahasa, beda kebiasaan….

JaF: tul.. tapi justru disitu menariknya, kan?🙂

4 06 2007
Siska

Waduh …
Terimakasih banget Pak Jaf atas infonya
Jadi nanti kalo sy ke Malaysia, gak malu-maluin

JaF: Sama2 Siska.. Pokok’e waspadai benda berbentuk teko hehe

4 06 2007
koole

hhhmm…
setelah baca postingannya aku jadi ragu,
itu yang minum aer kobokan, si “kawan” atau yang nulis post yah??
hhmm….
hayoooo ngakuu…

JaF: hahahaha.. no comment ahhhhh…

4 06 2007
Dewi

wkwkwkwk… aku jg nebaknya buat minum om. *sok tau mode ON* :p~

JaF: Tuh kan, bener hehe

5 06 2007
luph

wahaaa tekonya ko lucu ya.. he…. slam knal ya mas sering2 kunjungi blog saya ya mas!!!

JaF: Salam kenal kembali.. saya sering mampir kok..

5 06 2007
nico

lam kenal pak…btw ttg balas dendamnya..itu yang salah kitanya ato tissuenya hehe…

JaF: salah tisunya, kenapa mau dipake buat di wc hehe

5 06 2007
udung

lagian kok kobokan keren bgt yach, kalo udung dapet hadiah kek gitu mungkin dikira dapet warisan lampu wasiat… digosok-gosok pake tissue gulungan.. he he he he

JaF: haha.. iya kalau digosok2 keluar jin.. kalo keluar yang biasa di bersihin pake tisu itu gimana HAHAHAHA

6 06 2007
ricky

Wah.. saya juga dulu pernah hampir kena tuh.
Tapi untung kejadiannya bukan di negara tetangga.
waktu itu keluarga baru pulang dari Malaysia, dan membawa oleh2 itu.
Ternyata eh ternyata… itu untuk kobokan.
Maklum, keluarga dari Bokap itu dari Sumatra..
jadi rada-rada tahu mengenai adat melayu.
Alhasil, pas saya ke Singapore kemaren. Saya makan di rumah makan melayu..
(saya lupa jalannya yang pasti deket masjid, di sana juga kebetulan ketemu Bapak Quraish Shihab)
Begitu kita minta kobokan.. kita ga kaget kalo dikasihnya teko.. hehe.. ;p

JaF: Hmm sepertinya itu di kawasan Arab Street deh, dekat Masjid Sultan.. Wah disana makanannya enak2 tuh..

6 06 2007
endang

hahahaha…..buset bener deh! untuuung, elo posting ini, jadi bakalan hati2 deh nanti kalo liat teko gini gak asal mangap.

JaF: trus kapan ke sininya??

11 06 2007
bangkumahoni

Wah, kasih aja teh panas di kendi kita di rumah. Sewaktu jamuan dengan mereka. Kalo mereka mo nyuci tangan bisa lumayan matang .. P

JaF: Waaa.. good idea.. good idea hahaha

12 06 2007
Dilla RumahKami

Hehe..bikin senyum2 sendiri. Tekonya persis dengan teko di kedai Kebab di salah satu sudut kota Jogja. Pemiliknya emang dari Malaysia.
Saya senyum2 sendiri karena di teko itu tertempel tulisan “untuk cuci tangan”. Hehehe… mungkin dulu pembeli banyak yang salah sangka.

JaF: Lucu.. pake peringatan segala.. Kenapa enggak diganti kobokan aja hehe

14 06 2007
dnial

Makan tuh tissu toilet!!!
Wakakakakaka…………..

JaF: Hus.. masak tisu di makan tho hahaha

24 06 2007
zuki

kobokan aja keren banget yakh …🙂

JaF: iya pak.. coba kobokan kita dibuat dari emas.. pasti lebih keren..🙂

27 06 2007
desi

Hi..hi… lucu.. aku bayangin ekspresi tu bulek…

JaF: dengan muka merah dia cuma bisik begini ama tememnnya “what the hell… ” HAHAHA

1 07 2007
Fairy

OMG Jaf, this is so kelakar! I dah agak dah you all guna kendi tu macam teko air minum. It’s forgivable lah the mistake, I mean if I wasn’t Malay I would have probably done the same thing – but maybe not since I am quite observant.🙂 Another hint for you is that people NEVER serve plain water at Malay weddings, selalunya air manis like air sirap ros and other over-sweetened cordial drinks. Kalau the teapot tak keluar air manis, big chance it’s not air minum deh.

JaF: Gee thanks.. So I have to drink to know what’s inside the teapot first to check whether it’s sweet or not hahaha.. Tapi menarik banget ya.. Kalau orang Jawa biasanya menyodorkan teh tawar. Di kampung orangtua saya dulu, kebiasaannya adalah memberikan air yang diberi pewarna merah tapi tidak manis. Air putih konon dianggap tidak menghormati tamu hehehe

BTW toilet tisu itu quite commonly used on Malay roadside warungs juga hehe, especially the ones out of the city.

JaF: Berarti cuma di Singapura aja yang beda ya haha

17 07 2007
Kopral Geddoe

Itu mah jelas buat cuci tangan atuh… kali lihat juga udah tahu…
*orang riau*

23 07 2007
areta

informasi yg sangat berguna.
thanks bgt yah..

28 07 2007
m-nure_cikoko js

huahahahaheehehe asslii lucu banget ceritanya pak jaf !. tapi itukan cerita makanan melayu, kalo makanan barat beda lagi.
saya pernah disuguhi makanan pembuka berupa roti kecil langsung aja kusantap eeee! ternyata itu roti bukan buat dimakan tapi cuma buat lap piring doaang!!!. saking malunya saya gak berani tengok kiri kanan. hihihi…

31 07 2007
dlumenta

sama, di bbrp tempat di Kalimantan (antara Banjarmasin – Balikpapan) teko beginian juga ada, udan juga bukan untuk minum.

27 08 2007
rfirmans

wah mantab, ternyata selain saya, ada juga wong ndeso lainnya. bahkan saya pernah berujar ke pelayan, “mas, saya minta yang hangat –ada?”
kontan kawan-kawan semeja ngakak abisss

6 08 2008
Ari

Hahahaha, mengingat gue pengalaman tinggal di Batam…
kesalahan yang sama juga gue lakukan…

4 10 2008
thelsa

itulah dia bang, dekat tempat ku dulu kkn di suatu desa melayu jawa di dekat medan pun ada yang punya kebiasaan seperti itu hanya namanya ceret tempat air cuci tangan … jadi tak terlalu heran pula lah ya, serumpunnya ada juga di indonesia ..

13 10 2008
Londa

wah…ga usah di Singapura, kami yang di Aceh juga cuci tanganya pake teko…heheheheemakannya waktu baru liat baris pertama dah bisa nebak kalo itu kendi untuk cuci tangan

20 08 2013
Jihan

Saya juga mengalami hal yg sama, tapi sewaktu lg di aceh, temen saya sudah keburu minum air dalam kendi perak, klw gk dicegah dalam 5 detik presdir perusahaan saya jg mw minum, eh lagsg diingatkan sama yang punya rumah, jadi yang menjadi korban cuma teman saya aja, hehehe untung aja baru 1 gelas aja ,
Ada yang tahu gak bisa beli kendi untuk kobokan itu dimana? Saya lagi cari banget… MOhon infonya

11 01 2015
Abu Abdillah

Kalau benda itu di gresik yakni di pesantren mambaussholihin sudah dipakai untuk tempat cuci tangan tapi cari barang tersebut di pasar seluruh surabaya sulitnya MasyaAllah ….. … sekarang ini emang barang itu di jual dimanayaaa dan siapa yang tahu tolong beritahu kami…..

Leave a Reply

