Sumbang Saran Buat Panitia Blogfest STIKOM – Surabaya dll.

21 05 2007

Dunia blog Indonesia kembali ramai dengan ‘kontroversi’. Kali ini gara-gara kegiatan Blogfest 2007 yang digelar oleh STIKOM Surabaya. Ini adalah lomba blog antar SMA dan SMK se-Surabaya. Kontroversinya adalah karena ternyata konten blog pemenangnya terbukti hasil copy paste dari situs web lain tanpa mengutip sumber aslinya. (Belakangan sang pemenang dengan kesadaran sendiri menyertakan sumbernya. Salut!!). Posting saya kali ini tidak mau ikut menyoroti kontroversinya, walau jujur saya penasaran juga menunggu reaksi panitia.🙂 Saya hanya merasa kegiatan lomba blog yang digelar STIKOM itu bagus sekali buat memperkenalkan blog di kalangan sekolah. Bahkan di situs mereka, panitia sudah mengatakan di bahwa kegiatan ini akan menjadi kegiatan tahunan STIKOM karena besarnya minat pendaftar. Karena itu saya tergerak memberikan beberapa sumbang saran buat panitia. Berhubung ini cuma saran saya pribadi yang pasti penuh subyektifitas, maka diterima syukur, nggak diterima juga nggak apa-apa. Hitung-hitung sumbang saran buat yang mau bikin lomba serupa, atau paling tidak buat pengisi blog saya ketimbang Copy Paste hehehe.

~~~

Apa Temanya
Saya beberapa kali menerima proposal atau undangan dari kalangan kampus bahkan ada satu dari sebuah SMU, dan isinya bertaburan bahasa-bahasa hebat yang mengingatkan saya pada Pak Harmoko hehe🙂

Sudahlah, tinggalkan semua basa basi busuk itu dan langsung ke poin utamanya. Apa tema kegiatan ini? Mau memperkenalkan blogging? Mau mengajak orang untuk ngeblog? Ngeblog untuk menunjang pelajaran? Ngeblog tentang pendidikan atau tentang tema tertentu dll.

Please deh, jauhi segala istilah yang terlalu luas dan ‘jauh dari bumi’ seperti “memasyarakatkan blogging” (apalagi ditambah “membloggingkan masyarakat” hehe), atau kata-kata seperti dalam “rangka memasuki era globalisasi bla bla bla..”

Apa Fokus Kegiatannya?
Fokus! Kalau lomba ya sebut lomba. Kalau Festival ya sebut festival, asal mengerti maksudnya. Kalau disebut festival, maka jadikanlah ia benar-benar sebuah festival. Bisa dimulai dari seminar atau workshop tentang blog, dilanjutkan dengan lomba. Lomba juga harus jelas, apa lomba blog, apa lomba konten blog (misalnya tentang Sumpah Pemuda atau Kartini dll), apa lomba disain blog dan seterusnya. Pokoknya FOKUS!!

Siapa segmen dari kegiatan ini?
Segmen akan sangat tergantung dari tema kegiatan. Siapa segmennya? Anak sekolah? Umum? Mereka yang sudah lama ngeblog? Blogger pemula?

Kalau blogger pemula, mungkin akan lebih menarik kalau misalnya disertakan workshop pendahuluan, lalu kemudian diberi waktu dan target beberapa hari untuk mulai mengisinya sebelum kemudian dilakukan penjurian (ide ini saya dapat dari pelatihan blog di komunitas blogger Makassar). Bisa juga dibuat kategorisasi, misalnya lomba untuk blogger pemula dibedakan dengan yang sudah lama ngeblog.

Apa syarat pendaftaran?
Di bagian syarat, tentu harus dicantumkan siapa peserta, apa kategori peserta, pastinya sudah punya blog (tapi apa perlu dibatasi pada layanan blog tertentu? Apa boleh pakai hosting sendiri? Boleh pakai geocities kayak salah satu peserta Blogfest 2007?), kapan pendaftarannya, bagaimana caranya mendaftaran diri dll.

Penghargaan pada karya Cipta
Nah ini dia. Harus ada penegasan bahwa setiap blog harus karya orisinil, baik isi tulisan, gambar dll. Kalau ada pengutipan atau penyertaan artikel dari karya orang lain, cantumkan sumber dan linknya. Perlu juga dicantumkan bahwa kalau di kemudian hari terbukti terjadi pelanggaran hak cipta, maka gelar juara bisa dicabut.

Oya, ngomong-ngomong soal karya cipta, Mas Priyadi punya artikel bagus banget yang mungkin bisa buat pelajaran berharga bagi para blogger dan pastinya para juri lomba blog serupa.

Apa jenis blognya?
Blog pribadi? Blog bersama? Kalau galeri foto apa boleh? Kalau video blog bagaimana? Bagaimana pula dengan isi blog? Apa boleh tentang apa saja, apa harus fokus ke tema tertentu?

Apa komponen penilaian?
Ini penting agar peserta lomba tahu dia harus berbuat apa agar menang. Apa yang dinilai itu isinya, disainnya, atau blog secara keseluruhan, atau bisa juga konsistensi dengan tema yang sudah ditentukan. Perlukah jumlah komentar atau popularitas dijadikan ukuran? Mungkin perlu juga disertakan syarat seperti: tidak mengandung unsur pornografi atau SARA.

Siapa Jurinya?
Ini penting sekali. Juri tentu harus mereka yang sudah paham tentang ngeblog dan/atau TIK.

Disclaimer?
Di bagian akhir sering ada kata-kata seperti keputusan juri tidak dapat diganggu gugat atau tidak ada korespondensi dengan juri selama kegiatan berlangsung. Ini wajar-wajar saja dan memang perlu dilakukan.

Namun saya tidak tahan untuk tidak mengomentari catatan dari panitia Blogfest 2007nya STIKOM yang satu ini:

“2. Semua hasil karya yang diserahkan, tidak dikembalikan ke peserta dan menjadi hak sepenuhnya panitia.”

Ehm.. jangan-jangan ini copy paste dari proposal lomba lain ya?🙂 Bagaimana sih caranya menyerahkan karya blog? Bagaimana panitia bisa mengklaim bahwa karya peserta tidak bisa dikembalikan dan menjadi hak panitia? Memangnya bisa?

Oya, ini cuma saran dan bukan sok tahu. Saya juga masih belajar kok. Saya hanya tidak mau peserta dan panitia kehilangan semangat karena ada masalah ini dan berhenti menggelar lomba seperti ini. Karena itu kalau ada yang mau menambahkan ide saya ini? Monggo lho, kotak komentar di bawah terbuka untuk siapa saja tanpa dimoderasi. Hitung-hitung bagi pengalaman lah. Siapa tahu berguna bagi orang lain.🙂

Cuma catatan tambahan:

1. Bicara lomba blog untuk anak SMA, saya terbayang ada lomba blog yang isinya lebih niche (istilah Budi Putra nih🙂 ), lebih fokus pada tema tertentu dan bukan sekedar curhat belaka. Misalnya, ngeblog tentang mata pelajaran tertentu, blog tentang sekolah dan kegiatannya, blog tentang kelompok ekskul tertentu.

2.Salut dengan Pak Guru Abdul Ghofur yang mengeluarkan pernyataan minta maaf di blognya, karena merasa tidak mengajarkan muridnya untuk menghargai hak cipta orang. Beliau telah melakukan yang terbaik. Buktinya, 5 dari 6 juara lomba blog itu adalah muridnya. Jadi saya pikir, sudahlah, mari berhenti melemahkan semangat mereka. Sebaliknya beri mereka dukungan karena mereka telah mendapatkan pelajaran yang teramat berharga dan bisa jadi bekal bagus untuk ke depannya.

* Sumber gambar di capture dari blog milik panitia di http://www.stikom.edu/blogfest

-JaF


Actions

Information

8 responses

22 05 2007
tkangsayua

Blog memang penuh dengan kontroversi kalau tidak lihat memainkan kata-kata. Dan tak jarang kalau banyak yang berbuat demikian. Nah apakah segala sesuatu yang halal ini perlu dirobah hanya melalui pengajaran yang komplek akan cara berpikir yang rasional?
Saya sendiri tak mengerti tulisan diatas.
Namun Pak JaF, blogger tetaplah blogger dan akan menjadi blogger ketika dia sudah punya blog (Kutipan dari acara Kontak Pendengar di RSI)

JaF- yup.. once a blogger, always a blogger..

22 05 2007
-k-

haha…saya justru gak tau, ada lomba blog di surabaya…
duh…kemana aja saya ini, ya?? *halah*

JaF-Oalaaahhhh…. pantesan ada masalah.. nggak pamit sama sesepuh blogger Surabaya sih..🙂 *ngaburrr…*

22 05 2007
Hedi

Saya menilai blog tak pantes buat lomba-lombaan. Tapi kalau mau ngotot, ya disempitkan pakai kategori dan saya pikir rambu yang Bang Jaf tulis di atas sudah mewakili.

JaF-sepakat! Saya merasa kalau disebut lomba blog, terlalu umum.. Kecualinya misalnya lomba blog tentang lingkungan hidup, atau tentang sekolah dll.. Kalau terlalu luas, gimana nilainya ya?

BTW, blognya kok ndak bisa diakses tho?

23 05 2007
camagenta

He he… abis ada kasus ini, kontroversinya dan dan tulisan di atas… malah jadi pengen ngadain acara sejenis di SOLO. Kebetulan di MK “Desaign Grafis” di kampus, saya ngusung kampanye soal ajakan nge-Blog!
Awalnya mang rada amburadul sasarannya. Karena di satu sisi pengen memasyarakatkan blog. Tapi di sisi lain saya pengen ngajak untuk aktif menulis. Ini karena saya melihat *merasa dink* budaya d3 sini yang notabene anak-anak IT, malah cuman bisa diitung dengan jari sapa yang punya blog dan gak cuman punya blog, tapi juga diurusin. Sempat setelah dikoreksi masalah tujuan kampanye tsb terlalu luas saya survey ke teman-teman sekelas.
Apakah tahu blog? Punya blog? Kenapa punya blog? Sekarang masih aktif…
Beberapa mang pada udah tahu apa itu blog, tapi masih sedikit yang aktif di blog. Boro-boro aktif, punya aja sekedar nyumbangin “Hello World”😀. Maksutnya daftar doank. Penting nduwe… ha ha ha… dasar!

Nah, bikin workshop aja mas.. Kan lumayan, blog bisa dipake untuk latihan web design, sekalian juga nulis🙂

25 05 2007
AudreyCornu

Lucu banget soal proposal copy-paste itu…
Mungkin peserta disuruh nyetak blognya k kertas..
Haha.
Kalo blog saya diikutkan lomba, menang ngga ya??

JaF-Selamat bingung, Audrey🙂

Coba bikin lomba aja pak…🙂

JaF-Bikin lomba? hehehe… Jawabnya pake ketawa aja deh.. 🙂

31 05 2007
Paccarita

Wah ada nama komunitas blogger Makassar disebut2 hehehe..🙂
coba di-link juga, pak😀

———-
info komunitas, fyi:
Ada lomba lagi! Angingmammiri mengadakan LOMBA ENTRY FOTO BLOG dan LOMBA KARAOKE info lengkap silakan kunjungi http://angingmammiri.org/ Ikutan yaaaa!
———-

9 08 2007
byotenega

wahhh baru tau juga di Surabaya ada lomba nge-blog, mas usulnya apik tenan

25 10 2007
morishige

walah…..
harusnya yang terbukti kopi paste digugurkan haknya sebagai juara, lah….
(apa, seh??)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: