10 Tangga Lagu Favorit ala JaF #1

17 05 2007

Bangun lebih pagi dari biasanya, sambil makan mie rebus dan kopi panas, tiba-tiba kangen mendengarkan lagi lagu nya Dewa 19 jaman Ari Lasso dulu yang judulnya “Selamat Pagi” (dari album “Dewa 19”, 1992). Lagu ini selalu berhasil memunculkan semangat buat pergi ‘nyawah’ di pagi hari. Saking sukanya, sampai saya sering sekali mencuri-curi memutar lagu ini setiap siaran pagi dulu dengan harapan orang akan mendapatkan suntikan semangat serupa yang saya rasakan setiap kali mendengarkan lengkingan Cak Ari Lasso (sebagai orang keturunan Bugis, saya selalu ketawa setiap kali membaca nama vokalis yang satu ini. Yang ngerti Bahasa Bugis pasti tahu maksud saya hehehe). Bertambahlah satu lagi playlist di music player handphone saya yang terbatas kapasitas memorinya itu. Saking terbatasnya, saya harus menggusur satu lagu setiap kali mau menambahkan satu lagu baru. Jadilah ia semacam tangga lagu favorit pribadi, kayak di radio-radio itu lah hehe..

Maka, pagi ini Gratefull Dead yang menyanyikan ulang “Lucy in The Sky With Diamond” nya The Beatles harus tergusur demi memberi tempat buat Selamat Pagi nya Ari Lasso dkk (hehe.. nama itu lagi).

Inilah 10 Tangga Nada Lagu Favorit ala JaF hehehe..

1. Selamat Pagi – Dewa 19
Lagu yang selalu berhasil memicu semangat ‘nyawah’ di pagi hari. Diambil dari album kedua Dewa 19 yang berjudul sama. Lagu favorit lain di album yang diproduksi tahun 1992 itu adalah Rien (dulu ciri khas Dewa adalah di album-albumnya selalu ada lagu dengan nama cewek, kayak Toto) dan Swear (rasanya ini lagu Dewa pertama yang berbahasa Inggris, meski Inggrisnya masih terkesan rada kacau beliau).

2. Kebyar-Kebyar – Coklat
Dahsyat! Cuma itu komentar saya buat lagu ini. Lagu karya almarhum Gombloh ini di aransir dalam format rock yang kental. Garukan gitar dan gebukan dram (double bas kayaknya), bikin merinding. Coklat memang salah satu group favorit saya.

3. Ladangku Yang Subur – Yockie Suryoprayogo
Om Yockie Suryoprayogo (sengaja pake om, soalnya dia pernah misah misuh di blognya karena saya panggil dengan om hahaha) memang hebat. Lagu lama yang pernah diciptakannya dan bisa didownload di blog multiply si om. Liriknya dahsyat, musiknya jangan ditanya. Yang suka progressive rock rasanya bakal doyan. Bahkan Om Budi Rahardjo (om-om juga nih hehe) menyebut lagu ini bak ELP, Kansas dan Dream Theatre digabung jadi satu hehe.. buset dah!!

4. You’ve Got To Hide Your Love Away – Eddie Vedder
Ah, Beatles memang selalu menjadi favorit saya. Walau Beatles sudah bubar, saya masih rajin berburu lagu-lagu mereka, termasuk versi cover yang dinyanyikan oleh Eddie Vedder ini.

5. Man Against The World – Survivor
Lirik! Inilah alasan kenapa saya suka lagu ini yang dalam penafsiran saya becerita tentang seorang perjuangan seorang lelaki melawan kekejaman dunia (taelah.. suit.. suit!!)

6. Hell Yeah – Neil Diamond
Lagu yang berhasil menginspirasi orang lain selalu membuat saya penasaran. Karena itulah ketika seorang Wimar Witoelar bahkan menggunakan judul lagu ini buat judul buku biografinya, saya langsung penasaran dan mencarinya kesana kemari. Mirip lagu nomor 5, lagu ini liriknya juga tentang perjuangan. Perjuangan seseorang yang berhasil menemukan hidupnya.

7. Lestari – Chrisye
Ini salah satu favorit saya karya Chrisye alm. Sebuah karya yang dibuat bersama dengan Junaedi Salat. Entah kenapa, saya selalu merasa terlempar jauh ke masa lalu ketika mendengar lagu ini. (ketahuan dah tuanya hehe)

8. Jangan Tutup Dirimu – Iwan Fals
Salah satu lagu dari masa-masa keemasan Iwan Fals. Dari dulu Iwan Fals memang juga dikenal dengan lagu-lagu cintanya, tapi tidak seperti dua produk album terakhirnya yang menurut saya sangat bukan Iwan. Istilah saya lagu ‘menye-menye’ hehehehe…

9. Terlalu Indah (Accoustic Version) – Coklat
Ah, coklat lagi. Kali ini saya pilih yang versi akustik, hanya dengan iringan piano dan vokal Kikan yang hebat.

10. Achtung 30! – Dave Lumenta and Friends
Ini proyek gila dari seorang teman jaman kuliah dulu. Dia menyebut dirinya seorang antropolog semi gagal. Saya menyebut ia ‘A Musical Lunatic’ (that’s a compliment Dave🙂 ). Menurut Dave, Achtung 30! adalah proyek etno-audiografi yang berisikan komposisi musik ditingkahi hasil wawancara dengan teman-temannya yang mencoba mendefinisikan hidup mereka di usia 30 plus. Sebuah usia kritis yang konon adalah masa dimana impian-impian harus berbenturan dengan realita. Lagu ini bisa di download di blognya: ribet30.blogspot.com.

Ada yang mau berbagi informasi soal lagu favorit anda?


Actions

Information

27 responses

18 05 2007
mina

lagu pembangkit semangat saya dulu adalah Liberty-nya Dewa 19, waktu saya lagi sakit kepala nulis skripsi.

JaF: Wah, liberty.. ini album kedua kan.. Format Masa Depan.. Kalau di album itu saya suka Deasy sama Mahameru..

19 05 2007
cahyo

Bunga mas Jaf…
“Begitu banyak bunga di tamanku..
Selalu menanti
Saat untuk dipetik
Ada yang merah dan ada yang putih
Beragam warnanya…”
Halah…
*ketahuan playbo-nya…kekekekekek*

Lagu siapa itu? Liriknya emang playboy banget hehe

19 05 2007
cahyo

eh..yang dari Dewa juga lho…;-)

19 05 2007
Hedi

Saya ga punya lagu paporit secara khusus. Tapi kalo lagi butuh suntikan semangat, saya dengerin lagu yang ada brass section-nya atau haevy metal/rock model Metallica atau Van Halen😀

JaF-Waah.. salam metal!!! “Panama” pernah ‘bertahan’ selama hampir sebulan di hp saya. Demikian juga Enter Sandmannya Metallica.. hehe

19 05 2007
venus

maroon 5, jamie cullum, hoobastank, dewa 19 (juga), earth wind and fire, norah jones, aerosmith, tesla, metallica…
wah, kyknya hampir semuanya saya suka. tergantung mood, apa yg pengen didengerin hari ini, hehehe…

JaF- Venus, kita nyambung di Dewa, Aerosmith, Tesla dan Metalllica hehe

19 05 2007
Bajangkirek

Cieeeeh, suka lagu Dewa tnyata… Penggemar Dhani Ahmad, bos? Nggak nyangka… hehe😛

JaF-daripada elo, sukanya Genjer-genjer hehehehehehe… Dhani ganteng kok… jenggotnya itu lho, nggak nahaaan…. mmmpphhh hahahaha

bTW, buat gue Metalicca asik cuma sampe Black Album… album2 setelahnya agak2 membingungkan, cadas tapi kok manis…

JaF-for once you got that right, brother.. !🙂 Pernah dengar Album terakhir (St Anger)? Farah.. farah bangetttt..🙂

20 05 2007
rara

wah kalau gue.. top ten songs di hidup gue semuanya akan diisi dengan lagu-lagunya KLa Project hihihi…
*Hidup KLanis!*😛

JaF-hmmm KLa ya.. let’s see… all time favourite saya: Cinta Putih (tapi versi awal, yang sampai sekarang saya nggak pernah ketemu lagi), terus Anak Dara dan.. ini paling favorit.. Semoga! Manstabss….🙂

20 05 2007
rara

hihi pak jaf, Cinta Putih itu dari album solonya mas Katon Bagaskara lho, bukan dinyanyikan oleh KLa Project😛


JaF-Oya? Ah.. Katon kan KLa juga hehehe.. *ngelesss*

26 09 2010
Oka

cinta putihnya katon mah cuma ngremake singlenya kla, versi awal cinta putih jauh lebih bagoooooos banget drpada yg dinyanyiin katon, n gw dah ngubek2 penjuru internet blom nemu2 juga itu versi aslinya….. :cry

21 05 2007
amriltgobel

Kalau Rara bakal mengisi Top 10 lagu favoritnya dengan lagu Kla Project, maka saya akan mengisinya dengan lagu-lagu Ebiet.G.Ade. Duhh..lagu dan aransemennya bikin terharu. Secara saya ini orangnya romantis dan mellow..(hehehe..tepatnya Om-Om yang mellow, sama kayak ente..)

JaF-Hehehe… hidup mellow.. Ebiet G Ade.. ‘seri’ Camelia sampai sekarang selalu berhasil bikin saya tambah mellow.. apalagi sambil minum jus mellow.. haallllaaahhh!!🙂

21 05 2007
AudreyCornu

Saya juga cinta Ari Lasso!!
“Lucy In The Sky With Diamonds” enakan yang versi asli ah…
Kayaknya saya ngga bakal bisa bikin daftar 10 lagu favorit begini deh… Terlalu banyak! Haha…

JaF-ini kan cuma top ten, berhubung HP saya cuma bisa muat mp3 terbatas.. yang dibawahnya mah bejibun juga🙂

30 05 2007
satriabatubara

Dulu masa kuliah dan siaran di radio kampus, aku senang dengan lagu ‘You’re my everything’ dari kelompok Renegade (pernah dengar gak om). Namanya radio kampus, lagu itu hasil rekaman teman-teman di radio. Cover kasetnya gak pernah tau. Selain itu, aku juga senang dengan ‘You to me are everything’, You’re everything, dan You are everything to me. Lagu-lagu di atas terbukti jitu naklukin hati cewe-cewe di kampus he he he

JaF: confirm, bos.. kayaknya kita satu angkatan. Bedanya gue nggak naklukin hati cewe2 di kampus. Mereka yang justru rame2 naklukin gue hua ha ha ha ha gubrakkkkkkk!!!!!!!!!!

13 06 2007
Indria

Selera nya Om JaF boleh juga tapi kenapa agak jadul semua yah…:P..?? masukin kek kucing garong..Huaa..ha..haaa…!!ngga ding..becanda Om!!!dulu waktu aku masih SMU (th 98-an)seneng banget ama acara slow rock di radio,jatuh cinta banget ama Aerosmith,White Lion,Def leppard,Bon jovi,Roxette,trus ada lagu yang gue banget:OST nya If Looks could Kill-Robbie McAulley judulnya Teach Me How to Dream.tapi th2000 kesini kok jadi kesengsem ama Jazz ya(yg kontemporer jgn main stream) ??sekarang aku penikmat Jamie Cullum,Peter cincotti,Michael Buble,Jane Monheit,renee Oldstead,dan yang sedikit ngeblues Joss Stone.Aneh ato sah2 aja?

JaF: Yang awal-awal mah kenal.. White Lion, Robin Mc Auley, Def Leppard.. wuih.. ! Tapi yang terakhir2 itu siape? Gue cuma kenal ama Michael Buble.. Itu juga tau dari temen, beum pernah denger musiknya hehe

21 06 2007
asianbordertraveler

HA HA HA, ‘Lunatic’ !!! gue kira JaF ini siapa…taunya muka lama…senior di kampus.
Gue belum berhasil wawancara ente utk ribet30 !!! padahal suara announcer kan OK ! mungkin suaranya bisa dipinjem kalo ribet30 go live :))
OK

JaF: hehe.. bagian tiganya mane? Penasaran pengen denger vokal2 para pemusik andelan kaman kampus dulu hehehe.. Mau pake suara gue? Ambil.. ambil.. hehehe

1 07 2007
Fairy

Jaf,
Dewa’s Format Masa Depan album started my Indonesian obsession! The year was 1994, persis saya umur 15 tahun.🙂 Dewa’s debut album juga bagus banget, it’s still in my top 10 favorite Indonesian albums, I have never heard a more heart-wrenching and emotionally-stirring song about missing someone (Kangen) – good strong melody, sappylicious lyrics and all. Kebetulan I am also a fan of glamrock, so lagi lah I minat kat Dewa19 nih.
I miss Dewa19 with Ari Lasso. Once just doesn’t cut it for me.

JaF: Yes!!! I totally agree with you. Dewa with Ari Lasso is the best era of Dewa. With all do respect to Once. He’s good. But its a new chapter of Dewa.. I still remember coming to their live show just after they released their first album. They only have several songs, so they end up playing Toto and Quen.. hahaha..

4 07 2007
Fairy

OMG you were there when they first started doing gigs? Sh*t man, best gile! Now they’ve gone really commercial, so yeah. I thought the older Dewa songs are more creative. For me everything started getting weirder after the Pandawa Lima album. The first 3 Dewa albums are the absolute best, musically.

Wah ngomong2 album music ni jadi tambah semangat to start writing about music again…

6 07 2007
hendri

thanks for all

16 07 2007
tiqa

lagu fave?byk bgtt..tp utk saat ini,gw lg suka sm opick-bila waktu..merinding abiz dengernya,bikin gw insyaf ;-D drive-bersama bintang,romantis abiz,bagi yg mau balikan sm mantan,nyanyiin lgu ini,pasti bhasil.linkin park,evanescence,greenday,and chemical romance,selalu jd lagu ‘selamat pagi’ gw.

21 08 2007
windi

sayang.sayang,sayang……..

awas kucing……………………………………………

26 10 2007
ari (ga pake Lasso)

Walaaahh…. koq bisa nyasar sampe sini yach.. hehehe…
Ga sengaja masuk blog nya mas JaF…. Kulo nuwuuunn… eni badi hom??😀
Ngomong2 soal nyamuk…. eeeh soal musik… kyk nya DEWA19 formasi lama tuh lbh “bening” (Aqua kaleee…. hihihi) di dengerin… ga kyk yg sekarang
Jujur ajah… (biasa nya ga jujur seh..) aq lbh suka ama vocal nya Mas Ari Lasso drpd ‘punya’ Once… (punya Once ..lembek… *huuzzhh* don’t be negative thinking.. maksud nya kualitas vocal nya..)
…Klo bahas ttg tangga lagu secara pribadi… aq saat ini lg demen2 nya ama Gothic Rock such as Evanescence, Within Temptation, Nightwish, Lacuna Coil… pokok nya yg serba Gothic… Tp kdg2 juga masi suka muterin lagu2 jadul kyk SkidRow, Judas Priest, Iron Maiden, Metallica, Kiss, Van Halen, Hammerfall…(cape dech klo ngetik satu2 nama band2 jadul…hehehe)
Yang jelas ga jauh2 dr hard rock ama heavy metal… begonoo…😉
….udahan dulu yach…Mas… Maap klo kasi komen nya puanjaaang…😀
Lam knal yach…. Nice Blog deh… (ntar kpn2 mampir lagi…hehehe)
Pisss..!!!!
—Ari—

29 12 2007
leemor

Hi Om…ikutan nimbrung..wah, seneng ama Dewa juga jamannya “Ari Lasso” dulu..makanya keterusan deh ama album solonya….tapi skarang juga lagi suka ama Jazz..ya itu sama kayak Michael Buble,Jose Stone,Jamie Cullum and yg aku rekomendasikan buat Om denger itu lagunya Diana Krall dr album The Look of Love…pasti jatuh cinta deh ama lagu and orangnya…hehehe…
….salam kenal ya Om…..

17 01 2008
Teddy

anu.. mo koreksi dikit, maap kalo sale2 kate.. ^ ^!
lagu Dewa yang “Selamat Pagi” itu kl ga salah adanya di album pertama yang judulnya Dewa 19, bukan di album kedua (Format Masa Depan). Kalo ga salah lho oom..

*ditimpuk gara2 manggil Oom*

19 10 2008
ari bram

Ya! hehe.. kebetulan gw ex baladewa. Dewa di album 1,2,3 oke bngt! Secara nada2 (baca:notasi),sound,lirik,& cover kaset bs dibilang paling dpn di jamannya utk ukuran produk rekaman lokal. Gw hapal bngt sm lagu2 di 3 album itu. Album 1&2 nya Dewa bnr2 TOTO. Album 3 mulai ada QUEEN nya.
Mulai album 4 (Aksan udh masuk) mulai kerasa aneh,tp oke lah,keren jg,tp ini bukan rock yg pengen gw dngr dr Dewa. Album 5 (bukan yg the best ya,tp yg bintang5) udh persis QUEEN bngt deh ini. Album 6,dst,bye..bye..DEWA,gw ga ngikutin lg,apalagi Dani Ahmad makin ngetop di jalur infotainment dgn gosip rumahtangganya.

12 12 2008
_Xrs

Lamb of God,Arch Enemy,Cannibal Corpse,Slipknot,Trivium,God Forbid,Purgatory..

kalo denger pagi2,bawaannya langsung pengen ngerokok + minum kupih + manasin motor – brangkat kuliah ke dago

apalagi Arch Enemy yang Last Enemy…

mantab pisan euy

12 12 2008
_Xrs

Lamb of God,Arch Enemy,Cannibal Corpse,Slipknot,Trivium,God Forbid,Purgatory..

kalo denger pagi2,bawaannya langsung pengen ngerokok + minum kupih + manasin motor – brangkat kuliah ke dago

apalagi Arch Enemy yang Last Enemy…

mantab pisan euy

6 04 2009
Al

sapa punya lagu kla yg cinta putih, tp yg versi aslinya bukan yg dremake ma katon….
gw desperately nyari gak dapet dapet neeh… :d

share dunks…

25 05 2009
MC Fey

om gw lage demen ma lagu2 yang agak kiri gitchu
salah satux ladangku yang subur but sulit downloadx
gmn tuh!!!!!
lagu lagu diatas mah
semua sakti
pada waktu itu ketika semua terhenyak ma peterpen , sementara q familier dengan norah jones, cake
metalica n friends, balawan, toto, kla, dewa 19, mr BIG bjork, daniel sahuleka, GRP, All jareau. king kole Brothers, bb king, gypsi king dan byk lg yg laenya
pokoknya say no to top 40 lokal (pd waktu itu)
so…gw keliatan remaja yang aneh pd waktu itu
diajak ngeband ,,,ancriet kt temen lgx aneh

sepakat tuh ma top 10x om
kalo ada lagu yang siiip bagi yaaaaaaa

Leave a Reply

