Tantangan Buat Mahasiswa UMI – Makassar !!

1 05 2007

berita.jpg

Eit, sabar dulu bos.. Sabar.. Jangan langsung main pukul. Nyali saya belum sehebat Prof Mappajantji yang -katanya- kalian pukul itu. Saya pasti tidak berani menghadapi segerombolan mahasiswa yang emosinya sudah di ubun-ubun. Tantangan saya pada kalian tidak ada hubungannya dengan jotos menjotos. Coba baca dulu selengkapnya lah..

Dunia pendidikan Indonesia kembali digegerkan oleh ulah sekelompok mahasiswa yang katanya dari UMI. Maaf, saya terbiasa menggunakan istilah ‘katanya’, apalagi karena ternyata masih ada bantah-bantahan tentang siapa yang sebenarnya memukul siapa. Tapi karena sudah di ekspose dimana-mana, bahwa segerombolan demonstran mahasiswa UMI memukul seorang professor tua yang berusaha menembus barikade mahasiswa yang sedang demo sambil menenteng kantong infus karena mau kembali ke rumah sakit, ya kalianlah, hei kawan-kawan UMI yang kena batunya, bukan?

Gini-gini saya juga mantan mahasiswa (yang saking sibuknya beraktifitas sampai lulus pas 7 tahun, itu juga sudah diancam DO hehe). Jaman mahasiswa dulu saya tahu seperti apa rasanya ketika turun ke jalan, mengusung idealisme memprotes kekejaman oleh rejim penindas yang sewenang-wenang. Saya tahu rasanya berpanas-panas di jalan yang membuat otak mengepul hingga mudah emosi dan asal bertindak oleh colekan provokasi dari mana saja. Tapi toh itu tidak membuat jera untuk terus berjuang. Apalagi yang kalian lakukan itu untuk menuntut keadilan atas apa yang menimpa tiga rekan kalian yang tewas di tangan penguasa berbedil yang sewenang-wenang 11 tahun lalu itu kan?

Tapi kawan-kawan, ketika ‘perjuangan’ kalian terkotori oleh insiden yang saya duga disebabkan oleh emosi yang meluap-luap dan mungkin juga karena kesalah pahaman, hingga guru kalian, seorang professor tua yang sedang sakit harus jadi korban jotosan kalian, apa kata dunia? Ketika berita itu menyebar kemana-mana, tidakkah rusak cita-cita yang dulu juga diperjuangkan oleh tiga rekan kalian yang sudah meninggal.

Tidak! Saya tidak mau latah mengecam dengan kata-kata kotor dan kasar. Saya tidak mau latah menyuruh tutup Kampus UMI yang bersejarah itu yang buat saya adalah penyelesaian yang tidak kalah bodohnya. Saya justru mau menantang kalian. Ya, saya mau menantang mahasiswa UMI yang ikut aksi demo dan terlibat pemukulan Professor Mappajantji dan anaknya itu. Saya tantang kalian!!!

Tantangannya sederhana saja: Ketika nama almamater kalian sudah rusak oleh insiden itu -yang saya nyaris yakin dipicu oleh emosi berlebihan atau bahkan kesalah pahaman- lantas beranikah kalian tampil ke depan dan mengakui kesalahan kalian? Beranikah sang pemukul itu tampil ke depan dan menyatakan “Ya, saya yang memukul dan saya minta maaf sebesar-besarnya dan saya menerima apapun konsekuensinya“? Beranikah kalian datang ke keluarga sang Professor untuk meminta maaf dan menerima segala konsekuensinya?

Ya, saya baca di koran kalian sudah minta minta maaf secara terbuka lewat konferensi pers pula. Tapi, hei kawan-kawanku mahasiswa UMI, janganlah kalian latah dengan gaya-gaya para petinggi yang gemar ber konferensi pers ria itu. Apa bedanya kalian dengan mereka? Bikin konferensi pers, habis itu beres perkara. Bersikaplah jantan!! Maju ke depan! Apa jangan-jangan kalian takut?

Buat saya, salah satu esensi pendidikan di perguruan tinggi adalah bahwa ia bukan hanya terjadi di ruang-ruang kuliah semata. Jauh menembus batas fakultas, jurusan, almamater bahkan ijazah dan gelar, kalian punya kesempatan untuk belajar menjadi orang-orang terbaik yang akan mewakili amanat hati nurani dan penderitaan rakyat. Buat saya, sebelum bicara atas nama rakyat, jadilah dulu mahasiswa yang berani pada diri sendiri. Apakah rakyat harus diwakili oleh generasi-generasi tawuran yang hanya berani keroyokan, sesudah itu lari menyebar dan sembunyi? Naudzubillah!

Kenapa? Takut? Takut kalian ditangkap? Takut kalian di skors? Takut tidak lulus? Takut ditangkap polisi? Kalau kalian mengaku memperjuangankan keadilan untuk tiga teman kalian yang meninggal itu, coba pikir-pikir lagi: ketiganya – Andi Sultan Iskandar, Syaiful Bya, dan Tashrif saja berani mengorbankan nyawanya. Sekarang beranikah, siapapun kalian yang melakukan pemukulan itu untuk secara terbuka tampil dan mengaku?

Saya ragu. Tapi itulah tantangan saya. Sederhana saja dan mungkin terkesan remeh. Tapi beranikah kalian menjawabnya? Tidak usah dulu bicara hati nurani rakyat atau keadilan. Bicara dulu soal keberanian kalian untuk mengakui kesalahan secara jantan. Beranikah kalian???

Ayo UMI, ewako* ces!! Ewako!!

* lawan

Sumber gambar: http://www.beritakotamakassar.com/view.php?id=9700


Actions

Information

34 responses

1 05 2007
tyas

kenangan buruk tentang UMI?
mmm…banyak deh.
1.kap mobil saya pernah penyok karena saya maksa nerobos demo mereka untuk nganterin surat permohonan KKN yang harus segera diproses.
2.pernah jalan kaki sejauh 12 km dari sekolah sampe rumah karna mereka nutup jalan protokol depan kampus yang katanya muslim itu
3.muter2 nyari jalan alternatif untuk menghindari bau ban dibakar yang selalu mereka lakukan saat demo.

Masih ga puas kalian nyiksa kami, adek2 yang budiman?

*panas ni hati, gue tetanggan sama om mappadjantji soale*
*buat om jaf, maaf numpang misuh2:p*

1 05 2007
» Mahasiswa? Really? > Thoughts, Dreams, and Emotions…

[…] Posting terkait mengenai hal ini: – Demonstrasi mahasiswa UMI, MEMALUKAN! – Sensifitas – UMI Juga Bisa – Miris ma kondisi Mahasiswa Makassar – UMI menunjukkan kebodohan nya lagi – Perguruan Tinggi yang Sadis dan Brutal – Di Mana Kepekaan Kita – Putra Prof Mappadjantji Dikeroyok di Depan UMI (from Tribun Timur) – Mappadjantji-Mahasiswa Bersitegang (from Harian Fajar) – Ribuan Mahasiswa UMI Makassar Peringati Amarah 1996 (from Media Indonesia Online) – Stop Your Damn Violence!!! – Please Welcome, Mahasiswa Biadab! – Prof Mappajantji Dikeroyok Mahasiswa – Tantangan Buat Mahasiswa UMI – Makassar […]

2 05 2007
amriltgobel

Pak Jaf–sebagai sesama mantan mahasiswa dan juga pernah menjadi demonstran dijalan, Saya berada satu barisan bersama anda menyuarakan tantangan itu kepada mahasiswa UMI yang menjadi pelaku pemukulan Professor Mappajantji dan anaknya itu. Ayo Ewako!!

2 05 2007
priyadi

edan! yang gini sih bukan mahasiswa namanya😦

2 05 2007
anthonysteven

Apa dunia pendidikan sekarang harus selalu identik dengan kekerasan? God Help Us….

2 05 2007
rusle

secara saya gak bisa menantang mereka langsung utk minta maap seperti bang Jaf, saya cuman bisa memaki…hehehe…maap…bawaan mahasiswa sih dulunya…

http://noertika.wordpress.com/2007/04/25/demonstrasi-mahasiswa-umi-dan-sensitifitas-kita/

2 05 2007
Demonstrasi mahasiswa UMI, ANARKIS dan MEMALUKAN! « ::: mali siparappe, rebba sipatokkong, malilu sipakainge :::

[…] Demonstrasi mahasiswa UMI, ANARKIS dan MEMALUKAN! Jump to Comments Berita di Terkait: – Berita Kota Makassar: Prof Mappadjantji Dikeroyok Mahasiswa UMI – Fajar Online: Mahasiswa – Mappadjantji Bersitegang – Tribun Timur: Putra Prof Mappadjantji Dikeroyok di depan UMI – milis FPK: Perguruan Tinggi yang Sadi dan Brutal – Deen: Miris ma’ liat kondisinya Mahasiswa Makassar – Rara: Mahasiswa? Really? – Daeng Marowa: UMI juga Bisa – Eko Cristal: UMI menunjukkan kebodohannya lagi – Adda Kapak Hitam: Sensitifitas – Irwin day: Perguruan Tinggi Yang Sadis dan Brutal – Laksono: Dimana Kepekaan Kita? – Bisot: Stop Your Damn Violence! – Jaf: Tantangan Buat Mahasiswa Umi – Makassar! […]

2 05 2007
KJG

Mungkin UMInya, Universitas Murtad Indonesia kalo

17 12 2010
aa

jangan asal ngomong boss…

3 05 2007
Admin

Tyas: Silahkan misah misuh.. hehe. Saya sih belum punya pengalaman seburuk kamu. Paling cuma di ‘interogasi’ sama mahasiswa waktu saya liputan ke DPR jaman reformasi dulu. Gayanya kayak polisi aja.. hehe … Salam sama si Prof yang kalau ketemu🙂

Daeng Amril: Thanks, daeng..

Mas Pri: emang edun..🙂

anthonysteven: Amen.. God help us bener..

Daeng Ruslee: .. ooh mahasiswa UMI juga dulu ya?🙂 Ah, kita punya cara sendiri2 untuk bereaksi kan daeng..

KJG: saya ndak bilang begitu lho..:)

3 05 2007
rusle

bung JaF, saya bukan alumni UMI..tapi agak kerenan dikit, alumni ITB Bandung (yang kesohor itu lho, narsis mode on…hehehhe)..

saya cuman bilang bawaan mahasiswa sih dulunya….(tp bukan mhs UMI lho..)

hehhee….thanks

3 05 2007
Buk

Yah biasalah mahasiswa Arogan..padahal mereka tidak mengalaminya..
he.he.he..mudah mudahan tidak terulang lagi…….

3 05 2007
endang

satu lagi tantangannya…berani gak menawarkan diri memperbaiki kerusakan gedung yg mereka timbulkan dlm demo yg menghancurkan?

6 08 2007
lonzky_99

percuma bang di tantang juga mereka ga bakalan berani, mereka emang cuman bisa nyusahin orang aja, pokoknya dengar nama demo mahasiswa UMI yang ada pasti bakal runyam urusannya……….so mereka kayaknya dah nganggap bahwa jalanan di depan kampus mereka itu adalah milik mereka yang diwariskan oleh nenek mereka, makanya mereka seenaknya menutup jalan kalau mau demo yang gak jelas membela kepentingan siapa……..!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

7 08 2007
gazaly fatyh

saya alumni UMI saya sangat nyesal liat tingkah laku mahasiswa umi yg masi kayak gini ……………… buat adik2…….. uda nga saatnya lagi mahasiswa umi lakukan anarkis di jalanan terutama di depan kampus……………….. karena keyataannya masyarakat banyak yang muak liat tingkah laku kayak gini…………. buatlah sesuatu yg positif bagi nama baik almamater kita dong karena umi diluar makassar terkenal dengan kebrutalan mahasiswanya saat demo…………… sekarang uda saatnya ninggalin semua yg berbau anarkis dek………..

7 08 2007
gazy

saya alumni UMI bagi saya ini tindakan yg sangat memalikan civitas akademika dan nama baik almamater…………………uda banyak nama baik almamater ternoda sejak dulu sudah saatnya sekarang ,…………….. dakan perubahan…………..jangan terusterusan brutal kayak gini………….apa ini mau dijadikan tradisi turuntemurun?

20 08 2007
no need to know

g usah banyak omong,, emang mahasiswa sok2an, maunya kelihatan demokrasi, idealis,, tapi g pake otak, g intelek,, ih,, menjijikkan!!! kalo mau perubahan, ubah diri sendiri dulu,, g perlu panes2 ke jalan, pake acara pukul2 profesor jantungan lagi,,.. dasar G BEROTAK!!!

20 08 2007
Miss Leopard

aduuh no anarchy dong….
perlindungan atas diri sendiri tidak harus menghancurkan orang lain yang tidak ikut terlibat kan??
jangan coreng nama mahasiswa dengan kekerasan dong..
malu khaaann…
akan lebih malu lagi jika mereka, kalian, atau kita tidak mampu mempertanggungjawabkan apa yang udah diperbuat…
ganti muka aja deh…operasi plastik sono…!!!

19 01 2008
Yapen_Waropen_Camp' 1980

Bila saya bandingkan dengan daerah2 lainnya. Saya mengamati & sangat merasa heran, mengapa di Makassar seringkali terjadi demo & demo disertai perusakan serta gangguan terhadap kepentingan umum (bakar ban di tengah jalan, merusak pagar, dll.). Pengamatan saya ini sejak demo penolakan wajib helm di masa lalu, hingga demo2 lainnya di masa kini. Apakah hal ini sudah menjadi ciri khas Makassar yg selalu menyukai keributan, Temperamental & selalu bikin rusuh? Tidak bisakah berkepala dingin?…Mengapa selalu Otot yg di kedepankan daripada Otak…? Barangkali ada penjelasan…?

Saya cuma gregetan. Kalo saja deket, pengin banget saya berduel secara jantan dengan para mahasiswa (Otak Udang Super Bego) perusuh tersebut.

Terimakasih

19 01 2008
Yapen_Waropen_Camp' 1980

Saya sangat yakin, sebenarnya mereka (mhs UMI) adalah anak cucu orang2 Komunis. Ini bisa dilihat dari sikap perilaku mereka yg selalu berotak dengkul.

9 09 2008
ABG

KLO INGIN MEMPERBAIKI ORG LAIN HARUS PERBAIKI DIRI DULU BARU BISA, MAHASISWA MENGHARAPKAN PEMERINTAH BAIK, APARAT BAIK, LEGISLATIF BAIK NONSEN…LIHAT DIRI ANDA DULU..NGACA…..SY BANYAK BERGAUL DG AKTIFIS YANG IDEALIS,VOKAL, SOK PINTAR ….SEKARANG MEREKA SUDAH DITANGANI KPK KARENA KORUPSI…BAYANGKAN MEREKA MINTA REPORMASI ,MINTA ORG LAIN BAIK SEKARANG MALAH JD BIANG KORUPSI….JAUH LEBIH PARAH DARI ORG YG MEREKA TERIAKI DULU….

9 09 2008
ZEBRA

masyarakat muslim akan baik apabila sholat subuhnya sama banyak dengan sholat jumat,perbaiki diri, perbaiki keluarga br org lain

14 11 2008
ady

Kasian deh alumni UMI..yg gk tau apa2 ikut2an kena aibnya..tp jujur bro…aq alumni umi skrang dah kerja di salah satu perusahaan asing oil & gas service di kaltim..iseng2 cari data tentang kampus gw di website eh..nemu bginian..yang kaget juga..yah emang salah tuh junior2 gw,,tp lebih slah lagi klau kita menghujat mengatasnamakan banyak orang,,pa lagi memprovokasi..sadar gk sadar kita mrasa udah yg paling benar aja..no body perfects guys,,gw gk bangga jd alumni UMI tp Gw jg ga mrasa terhina jd alumni UMI..karena emang gw cuma kuliah doank di sana, tp kan buntut2nya mungkin agak nyombong nih..banyak ko anak2 ITB jadi ank buahku..

6 03 2009
FIFIANE

Aq se ide dg mas ady… jgn kepintaran qta dikotori oleh sifat2 yg brutal n anarkis… ok para junior sadarlah sayang……

27 03 2009
mahmmud AT longikis Paser

wahai anaku ? Belajarlah dengan tekun dan beribadahlah sesuai dengan AlQur’an dan Al Hadits.Semoga engkau berhasil dan sukses selalu .Mudah-mudahan tahun ini engkau bisa lulus dengan nilai yang menggembirakan

12 04 2009
3klix

Pemikiran seorang mahasiswa relatif merasa paling… dan paling…. jadi ya….dimana-mana begitu… MAHASISWA CALON INTELEK MALAH SEPERTI PREMAN PASAR… kan ga pantas bro…

15 05 2009
jar

Assalamu alaikum Wr. Wb
sedih rasanya mendengar hal2 yang bersifat kekerasan apalgi kekerasan itu dilakukan oleh mahasiswa yang notebennya adalah orang2 yang terpelajarr,,,, coba bayangkan akibat keberutalan dalanm mengusung aspirasi bukan hanya nama almamater yang trcemar tetapi alumni yang tidak terlibat sama sekali,
untuk itu buat adik2 mahasiswa UMI hentikan kekerasan dalam beraspirasi bukan saatnya lagi kita menggunakan otot dalam menyampaikan aspirasi kita,,,,,,
toh kekrasan tidk dapat menyelesaikan masalah bahkan akan menimbulkan masalah yang baruu,,
semoga adik2 bisa belajar dari pengalaman ini dan berusaha untuk memperbaiki diri tentunya dibidang kita masing2,,,
Waalaikum salam
oke

7 09 2009
ima

no coment,but….i love mapala umi

21 09 2009
eky

demo blh aja tp jgn anarkis bro…..kita bs jln sma2 perjuangkan kpntingan rakyat,,kita tdk mau lihat rakyat ditindas……hidup mahasiswa

30 09 2009
la bed'du

e.de.de.kodong…nuapaimi kampus ka sedeng.nukasi malujaki semua diperantauan.ku rasa..tamba toloi ana2 ka skarng. jnganko bsuara ntk rakyat smentara gayanu mencerminkan penindasan hakiki. maluka de.maluka lagi liatko dari kmpng orang.kami yg jauh brupaya ttap mmgang idealisme kt yg dl..skrng kau sdng yg coreng..jngko lg bgtu…sia.2 nanti prjuangan kita slama ini. tuk admin: salam dari kaltim..alumni fekon ’96

19 10 2010
wendy

knapa stiap demo mahasiswa dimakasar selalu anarkis..apa mereka ga sadar klo tindakan mereka merugikan bangsa ini..sayang menyayangkan demo kemaren yg berujung bentrok ama polisi..rubahlah budaya kekerasan demo dimakasar.aspirasikan aspirasi dgn tertib dan damai…

28 10 2011
adicivil

aha…………
ketahui dulu bos fakta di lapangan…..

28 10 2011
adicivil

posisi kan dulu diri ta di tempat kami skarang,baru ki bicara.bicara gampang tapi berbuat yang susah.banyak hal yang jadi misteri bagi kami apalagi kalian yang tidak ada di TKP. bantu kami semua boss….
bukan dengan ucapan atau cacian tapi dengan perbuatan.ibarat sebuah pertunjukan wayang pasti ada dalangnya,kita cari bersama – sama siapa dalangnya..buat kanda ku semua alumni UMI trima kasih ka’ atas wejangannya………..

13 10 2012
andhy

apapun prsepsi org2 tntg umi sya ttp love umi krna dsnalah sya kliah dan nntut ilmu. yg hrus dslahkan itu adlah yg demo tdak pke logikanya sbgai mhsiswa.

Leave a Reply

