Selamat Datang, Jendral!

28 04 2007

Dunia blog Indonesia kembali kedatangan para jendral yang memutuskan untuk menjajal ngeblog. Mungkin saja masih banyak jendral lain, tapi paling tidak, dari hasil wara wiri kesana kemari, saya menemukan dua jendral yang saya tahu kini sudah punya blog. Satu diantaranya jendral militer tepatnya polisi, satu lagi bukan tapi rasanya kalau di dunia militer beliau pasti sudah berpangkat jendral (baca: senior dan sangat berpengalaman). Siapa mereka?

KOMJEN (Purn) NURFAIZI

Mantan Kapolda Metro Jaya ini beberapa waktu lalu hadir di sebuah acara pelatihan blogging yang digelar oleh lembaga Friedrich-Naumann Stiftung (FNS) di Jakarta. Pelatihan ini sepertinya ditujukan untuk memperkenalkan para politisi pada dunia blog, seperti yang diceritakan oleh kawan saya Firman (dia ini kalau di dunia militer mungkin pangkatnya sudah kolonel hehe) yang hadir di acara itu sebagai pengamat.

Pak Jendral Polisi yang rupanya sekarang merambah dunia politik di partainya Pak SBY itu mencoba membuat blog dengan layanan wordpress. Masih sederhana memang bahkan isinya terkesan ditulis buru-buru, tapi dia telah menandai ‘teritori’nya di dunia blog. Semoga konsisten. Alamat blog beliau adalah: nurfaizi.wordpress.com

Oya, ‘komandan’nya Pak Nurfaizi di Partai Demokrat, Prof. Achmad Mubarok rupanya telah lama ngeblog juga meskipun sepertinya dikerjakan oleh salah seorang staffnya. Sayang memang karena paling tidak beliau harus juga menyempatkan diri menulis sendiri, secara personal, karena itulah menurut saya esensi ngeblog: adanya sentuhan personal.

Seru juga nih kalau para politisi sudah mulai ngeblog. Pasti tahun 2009 bakal seru juga suasana di blogosphere🙂

~~~

YOCKIE SURYOPRAYOGO

Beliau ini memang bukan polisi apalagi tentara, tapi kalau di dunia militer pangkatnya mungkin sudah jendral.🙂 Kalau Pak Nurfaizi senjatanya beceng alias pistol, Om Yockie senjatanya keyboard. Buat saya pribadi, kepiawaiannya memencet papan kunci bernada itu sudah sekelas ‘Jendral’ Rick Wakeman. Ini pendapat pribadi lho. Yang nggak setuju, termasuk si Om sendiri, ya terserah. Gitu aja kok repot.. hehe

Untunglah Om Yockie tidak seperti Prof Mubarok atau Pak Ju yang -agaknya- punya seseorang untuk membantunya ngeblog. Semuanya ditulis sendiri dan tentu saja sentuhan personal terasa sekali disitu, mulai dari bicara soal kehidupan pribadi sampai ke hal yang lebih serius. Gaya bahasanya juga khas. Oya, penggemar Om Yockie mungkin akan tertarik dengan beberapa demo lagunya dalam format mp3 yang bisa didownload gratis. Linknya ada di blog beliau di jsop.wordpress.com/ (coba deh donlod yang judulnya ‘Ladangku Yang Subur‘.. dahsyat.. dahsyatt!!!).

Kenapa sih dari tadi saya nulis soal sentuhan personal? Buat saya blog cuma alat. Bisa dipakai untuk apa saja. Mulai berdagang sampai berdakwah, menyimpan makalah sampai klipping majalah, buat sekedar mencla-mencle sampai kampanye, dari curhat sampai berbuat jahat, semua tergantung pilihan anda. Tapi bayangkan ketika sosok-sosok yang selama ini cuma kita kenal dari layar televisi atau media lain tiba-tiba menulis sendiri di blog dan bisa pula kita komentari. Buat saya itu lebih seru dari mengetahui kehidupan pribadi mereka di infotainment!

Jadi, selamat datang Jendral Nurfaizi dan ‘Jendral’ Yockie! Teruslah ‘bertempur’ secara konsisten di dunia blog. Sementara buat para jendral lainnya, ditunggu karya-karya anda di dunia blog.

~~~

Bagaimana dengan para ‘jendral’ yang lain?

Pernah dalam sebuah kesempatan seorang ‘jendral’ yang lain (baca: juga senior dan berpengalaman) berkata begini pada saya: “Wah dik, saya sudah tua. Bukan lagi jamannya curhat-curhatan di blog kayak anak remaja saja!“.

Nah, kalau ternyata ada yang berpikir begini, jawaban saya selalu akan sama dengan jawaban saya ke ‘jendral’ itu:

Jendral, nge blog itu bukan buat curhat saja. Anggaplah blog sebagai personal publishing yang juga dibaca banyak orang. Bayangkan, anda punya sebuah media dimana pernyataan anda tidak akan dikutip dengan salah oleh media konvensional, bahkan anda bisa menyampaikan sanggahan atau opini anda tanpa harus ada kekhawatiran di edit sembarangan oleh para editor media. Kenapa? Karena yang nulis anda sendiri!

Alasan lain bagi para jendral (baca: senior dan sangat berpengalaman) untuk mulai ngeblog adalah karena pengalaman anda-anda semua rasanya sangat berharga dan patut diketahui, dipelajari bahkan diteladani oleh kami-kami yang masih berpangkat ‘kopral’ atau ‘prajurit’ ini.🙂

Sementara buat para jendral bintang lima (baca: jauh lebih senior dan jauh lebih berpengalaman) yang masih punya semangat tinggi, anda pun jangan ketinggalan. Kalau selama ini para cucu anda yang abg itu selalu melengos setiap kali anda memulai dengan kalimat “Dulu waktu kakek masih muda…“, coba sekarang tuangkan semua itu di blog. Masih banyak ‘cucu-cucu’ yang lain yang mau membaca kisah anda.

Merasa terlalu tua? Ah, memangnya kenapa? Tahukah anda berapa umur blogger tertua di dunia? 107 Tahun! (semoga ia masih diberi ekstra umur oleh Tuhan untuk berbagi pengalaman hidupnya).

Ayo jendral, kita ngeblog!!🙂 Banyak kok yang bersedia membantu!

nb: Tulisan ini juga saya persembahkan buat yang amat saya hormati, seorang “Jendral Pendengar Radio” yang bermukim nun teramat jauh di seberang samudra sana yang ternyata diam-diam sudah ngeblog disini.🙂 Ayo dong, jendral.. Mana ceritanya yang lain? Bagilah dengan kami para kopral dan prajurit ini🙂


Actions

Information

4 responses

29 04 2007
endang

ini nih gw udah pernah nyoba ngomporin ke uban buat nulis ulasan hukum dan pandangan politik (kalo ada) suatu masalah dari sudut lain yg beda dgn org yg selalu mudah “menuding” org…tapi……wong ngerjain take home testnya aja gue gitu lho…

1 05 2007
paccarita

Dalam rangka Hardiknas 2 mei, angingmammiri.org mengadakan lomba entry blog. info lengkap silakan kunjungi http://www.angingmammiri.org

21 05 2007
AudreyCornu

Wah, baru tahu…
Nice way to reach the ‘younger’ generation…

11 11 2007
macnoto

siapp kumendan!😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: