Blogger Full Time Pertama Indonesia

4 03 2007

(!! UPDATED 07.03.07)
Minggu pagi yang biasa hari ini berubah jadi minggu yang menggegerkan gara-gara sms yang saya terima dari Mas Budi Putra. Ini cuplikan dari sms beliau:

…Yes, I decided for being an independent writer and a “full time” blogger.

Oh my God, he really did it!! He really went on with his plan!!! Saya sampai terlonjak dari tempat tidur. Benar-benar keputusan yang sangat amat berani kalau dilihat dari kaca mata saya. Mungkin ini keputusan biasa dari kacamata Pak Budi, tapi buat saya itu keputusan luar biasa berani. Betapa tidak? Dia akhirnya meninggalkan posisi bagusnya di Tempo untuk menjadi Full Time Blogger. Bayangkan.. Blogger Full Time!!!

Akhir Desember lalu, di sela obrolan santai di Starbucks Orchard road saya dan Pak Indra dibuat bengong dengan dua informasi yang waktu itu masih berstatus off the record yang keluar dari mulut beliau. Pertama, Tempo berencana membuat blog dan itu benar terwujud. Kedua, ya itu tadi.. rencananya untuk keluar dan menjadi Blogger Full Time yang sekarang juga sudah terwujud seperti yang disampaikannya di posting ‘setengah pamitnya’ di blog Tempo. Kabar ini juga dikonfirmasi di blog ini dan blog ini.

Ditemani secangkir Cappucino dan Double Espresso, plus ‘main course‘ berupa beragam cerita dan obsesi Budi Putra di dunia blog Indonesia membuat saya tidak bisa tidur. Semalaman saya sibuk mencerna ceritanya satu persatu dan membuat saya tambah semangat untuk terus ngeblog.

Satu pertanyaan Mas Budi yang hingga kini masih terus menempel di kepala saya adalah “Sampai kapan kita mau jadi tukang ngeblog terus?“. Terus terang saya terprovokasi dengan pertanyaan itu dan mungkin isi kepala ini akan terus ‘terbakar’ sampai saya pribadi menemukan jawabannya.

Ya, saya memang belum menemukan jawaban atas pertanyaan itu. Tapi Mas Budi Putra sendiri agaknya sudah menemukannya. Beliau memutuskan menjadi seorang blogger sepenuh waktu dan itu berarti menghidupi dirinya dan keluarga dari blogging. Memangnya bisa? Bagaimana caranya? Waaah, walau Mas Budi sudah cerita kesana kemari malam itu, sebaiknya saya serahkan penjelasan atas pertanyaan itu kepada beliau jika memang berkenan berbagi pengalaman nantinya. Ayo kita ‘kompori’ beliau untuk berbagai pengalaman hingga sampai pada keputusan ini. Ayo mas.. *kipas-kipas kompor biar tambah panas hehehe*

Yang jelas ini sebuah sejarah tersendiri buat dunia blogosphere Indonesia karena sangat bisa jadi Budi Putra adalah blogger full time pertama di Indonesia. Ada juga yang menyebutnya blogger professional pertama di Indonesia. Saya sih lebih memilih istilah blogger full time atau sepenuh waktu. Soalnya kalau professional rasanya banyak juga blogger professional lain di Indonesia saat ini.🙂

Salut mas. Saya yakin banyak hal mengasikkan yang akan anda temui di hadapan nanti. Good Luck!!

Update: 07.03.07
Saya menghubungi Mas Budi untuk acara Pranala yang saya asuh di RSI. Inilah hasilnya yang sudah mengudara hari Kamis malam.

[odeo=http://odeo.com/audio/9951163/view]

Anda juga bisa mendownload langsung dengan mengklik link ini (klik kanan, save target as).

~ ~ ~

Posting Terkait:

:: Budiputra.com
:: Toekang IT at CNET Asia
:: Thegadgetnet.com
:: 3GWeek.NET

:: The Asia Tech
:: Blog Jurnalisme
:: Indonesia Update

:: Wiki Tentang Budi Putra


Actions

Information

24 responses

4 03 2007
Luthfi

*nunggu Om Roy komentar*

4 03 2007
IndraPr

Selamat, dan good luck untuk Pak Budi.🙂

4 03 2007
Rangga

saya sering baca blognya mas budi yang toekang IT hehe, kalo mau ngafe di starbuck orchard rd… saya di ajak dong kapan2 kepingin ketemu ama full time blogger beneran nih =)

4 03 2007
4 03 2007
Jadi ‘Full Time Blogger’, Sebuah Pilihan « Blog Jurnalisme

[…] first professional blogger? [Unspun] * Budi Putra is no longer in Tempo [Maverick Indonesia] * Blogger Full Time Pertama Indonesia [JaF] * The Full Time Blogger to be […]

5 03 2007
ayu

salut Pak!

5 03 2007
prayogo

Sungguh luar biasa, berani mengambil keputusan seperti itu.

Buat Mas Budi Putera semoga sukses selalu.

5 03 2007
manusiasuper

Cool!! Siapa nyusul? Kalo saya belum berani, internet saja masih numpang kantor, he…

5 03 2007
zuki

maksud full blogger itu apa ya pak? Pekerjaan utamanya ngeblog? Atau ngeblog setiap hari? Kalau yang kedua kali saya nyaris memenuhi syarat hehehe …

5 03 2007
JaF

# Luthfi: Yaaa? ada yang panggil-panggil nama saya😉

#IndraPr: hmmm.. nggak kepengen nyusul, pak?

#Rangga: Hayoo.. nanti kalau beliau dateng ke sini lagi saya kontak.. Tapi blognya sekarang dimana, Rangga?

#Mas Budi Putra: Makasih link baliknya, Mas.. Sukses ya..

#ayu: sama Yu.. salut banget🙂

#prayogo: Luar biasa emang.. Berani ikutan nggak? hehe

#manusiasuper: emang nggak ada warnet? hehe

#zuki: full time, pak.. Kalau ngeblog tiap hari saya juga udah hahaha

5 03 2007
aRdho

ayo pak JaF,, ikutan donkkk!!! :p

*ngomporin*

5 03 2007
JaF

#aRdho: Lu ngomporin apa nge jorokin gue Dho? ha ha ha ha ha..Ilmu gue belon nyampe lah..

8 03 2007
satria

Iya mas jaf ardho bener tuh, yakin deh ilmunya bentar lagi juga nyampe.

Ini ngedukung lo’ bukan ngomporin apalagi jorogin….ha…hi..he

10 03 2007
coni

Pak Indra yang terhormat dan terpujiken….. ada ipar temen saya yg sampe sanggup membeli mansion 32 kamar di US….setelah dia membangun business sendiri base on fulltime working on the net spt ini…. details nya nanti saya forward kalo udah dapet……. ntar kita praktekin yah ….😛

12 03 2007
The Asia Tech » Me and Malaysian PM Abdullah Badawi?

[…] Blogger Full Time Pertama Indonesia [JaF] […]

28 03 2007
budiputra.com :: Me and Malaysian PM Abdullah Badawi?

[…] Blogger Full Time Pertama Indonesia [JaF] […]

26 04 2007
anang, yb

Emang blog bisa ‘menghidupi’ ya ?
(obsesi: bisa makmur lewat tulisan pendek di blog)

9 09 2007
trikduit

blognya bagus sekali

17 12 2007
ika

wow,pengeeeen jadi full-time blogger

14 05 2008
arifr

wah mantap benar mas budiputra ini…

12 06 2008
Ahdiyat

wah kapan ya bisa jadi full time blogger..
secara ngenet masih pake punya kantor..
saya lagi ngayal nih mas..

29 08 2008
erika

emangnya blog bisa mnghasilkan apa????
bagaimana caranya??

15 03 2010
Forex

Itu merupakan pilihan hidup… dan jika diyakini akan berbuah sukses..

7 05 2011
Toko Blog

Sukses buat pab budi.. semoga saya bisa ketularan.. he he

Leave a Reply

