The Messenger: Sebuah Novel Kolaboratif

22 02 2007

Ketika majalah Time memilih “You” sebagai Person of The Year 2006, mereka menyadari bahwa ada satu kekuatan baru dari internet yakni kemampuan menyatukan kontribusi para pengaksesnya untuk menciptakan sebuah karya yang mungkin tidak pernah terpikirkan sebelumnya bisa terjadi. Hingga kini wujud kolaborasi itu ada macam-macam dan bisa jadi salah satunya adalah apa yang kami berempat (JaF-Singapura, Tuteh-Ende Flores, Sa-Nederland dan Uyet-Surabaya) lakukan dengan menulis cerfet (cerita estafet) di tahun 2005 di ruang Galeri Kreasi Blogfam. Cerita berjudul “The Messenger” yang kami tulis bergantian itu ternyata cukup menarik minat para Blogfammers dan alhamdulillah ternyata juga menarik minat Penerbit Gramedia Pustaka Utama yang sebentar lagi akan menerbitkannya menjadi sebuah novel.

Semua berawal dari ‘tantangan’ yang saya terima melalui email yang diajukan Sa dan Tuteh yang bisa disebut sebagai ‘biang cerfet’ di Blogfam. Tantangan serupa kemudian dilempar juga kepada Uyet. Niat awalnya hanya untuk sekedar mengisi waktu dengan latihan menulis. Istilah cerfet sendiri diperkenalkan oleh Labibah ‘Maknyak’ Zain karena teknik menulisnya yang mirip lari estafet dimana satu penulis akan mengoper tongkat estafet kepada penulis lain dan selanjutnya sampai mencapai garis finish. Menariknya, jalan cerita akan sangat ditentukan oleh masing-masing penulis dan sangat bisa jadi hasilnya cukup mengejutkan kami berempat.

Kami juga terkejut menyadari bahwa cerita ini banyak menarik minat para blogfammers yang selalu setia menantikan kelanjutan cerita ini di forum Blogfam yang dimulai bulan Februari 2005 dan berakhir pada bulan Juni 2005. Yna, seorang anggota Blogfam kemudian juga membuat tulisan lengkap tentang The Messenger di blognya yang bisa dibaca disini. Ada juga yang menawarkan untuk memuatnya menjadi cerita bersambung di salah satu media cetak. Namun permintaan itu belum bisa dikabulkan karena kami keburu mengirimkannya kepada pihak penerbit.

Setting cerita “The Messenger” sendiri tidak jauh dari kegiatan kami yang sering sekali berinteraksi di internet lewat chatting dan blog. Maklum kami terpisah secara geografis di empat lokasi yang tidak bisa dibilang berdekatan (Singapura, Ende, Nederland dan Surabaya). Ia bercerita tentang seorang lelaki dan wanita yang suka sekali berinteraksi lewat chatting di alam maya dengan Yahoo Messenger. Ketika akhirnya keduanya memutuskan bertemu di alam nyata, berbagai rahasia yang sangat mengejutkan pun terungkap. Sebuah rahasia yang tak lepas dari latar belakang kehidupan keduanya dan mengubah hidup mereka selamanya. Secara umum, The Messenger juga bercerita tentang kekuatan proses berinteraksi di internet yang selama ini masih sering disebut sebagai ‘bermain internet’ padahal dampaknya ternyata tidak bisa dibilang main-main.

Setelah melalui perjalanan panjang, The Messenger kini telah memasuki proses pencetakan dan insya Allah akan terbit dalam tiga atau empat minggu ke depan. Cover depan dan belakangnya nya yang di desain oleh Uyet dan Tim dari GPU bisa dilihat lebih jelas dengan mengklik gambar cover di atas. Sementara keterangan singkat di halaman belakang covernya bisa dibaca berikut ini:

Mpus_imut70: Sekali lagi, aku nggak mau kecewa lagi. Besok aku akan pakai kaus putih bergambar bunga matahari dan celana jins. Aku orangnya tinggi, agak kurus, rambut sebahu. Pasti mudah dikenali. Begitu Mas lihat aku, tolong jangan tegur aku. Lihat saja. Malamnya kita janjian chatting lagi. Kalau Mas nggak suka dengan apa yang Mas lihat, Mas tinggal bilang aja. Atau jangan nongol di chatroom. Gampang, kan?

Lelakikelam: Kenapa harus begitu? Kamu nggak mau tau ciri-ciriku?

Mpus_imut70: Mas, aku nggak peduli Mas tampangnya kayak apa. Tapi Mas harus lihat aku dulu. Aku bosan dikecewakan. Bagaimana?

Lelakikelam: Oke! Akan kubuktikan aku tidak seperti laki-laki lain yang mengecewakanmu itu.

Mpus_imut70: Kita lihat saja besok.

Perkenalan dan perbincangan yang sekian lama terjadi di chatroom membawa Mpus Imut dan Lelakikelam berjanji untuk bertemu di alam nyata. Keinginan untuk mengenal lebih jauh terbaca jelas saat mereka berdialog di chatroom. Apakah Mpus Imut dan Lelakikelam bertemu dengan sosok yang sesuau dengan apa yang mereka bayangkan selama ini? Ataukah perbincangan selama ini hanyalah sandiwara belaka? Siapakah Mpus Imut dan Lelakikelam?

The Messenger” adalah novel cerfet (cerita estafet) yang ditulis oleh 4 orang yang berdomisili di 3 negara berbeda dan hanya bertemu di dunia maya.

Terimakasih kepada Blogfam dan seluruh anggotanya yang selalu rajin saling mengompori untuk berkarya secara nyata. Terimakasih kepada Gramedia atas kesempatannya. Terimakasih juga kepada sebuah teknologi bernama internet. Sebuah teknologi dimana kolaborasi antar manusia yang terpisah batasan jarak dan perbedaan waktu ternyata bisa menghasilkan sebuah karya nyata. Bagi Blogfam sendiri, ini bukan barang baru karena sebelumnya berbagai karya kolaboratif juga sudah pernah mereka terbitkan dan bisa disaksikan disini. Beberapa anggotanya juga sudah mulai merintis karir sebagai penulis.

Hayo kawan-kawan, mari kita ramai-ramai berkarya dengan perantaraan teknologi internet ini. Kalau kebetulan mampir ke toko buku, ya sempatkan beli novel kami juga ya..🙂 Syukur-syukur kalau bisa juga menyampaikan kritik dan komentarnya pada kami..

NB: Buat kawan-kawan yang selama ini menanyakan kabar saya dan keluarga, terimakasih banyak atas perhatiannya. Rumah kami yang kebanjiran sudah bersih kembali, meskipun kadang masih dibuat deg-degan juga setiap kali air di sungai dekat rumah kembali naik. Mudah-mudahan tidak sampai banjir lagi ya..🙂


Actions

Information

27 responses

22 02 2007
IndraPr

Dikutip dari http://ynawrite.blogspot.com/2005/03/messenger-nakal-dan-penuh-surprise.html

“Saya dulu sering nyari teman lewat chatting di internet, tapi sayang rata-rata nggak mau temenan sama cowok. Akhirnya saya penasaran. Saya pake ID nama cewek. Hasilnya, ruarrrr biasaaa.. ,” jelas Jaf yang akhirnya menyesal sekaligus bangga dengan penyamarannya di dunia cyber karena sampai ada teman chattingnya, seorang pria yang menyatakan cinta padanya bahkan memberikannya hadiah lewat internet.

Mudah-mudahan saya bukan termasuk salah satu korban Pak JaF dulu…
🙂🙂

22 02 2007
JaF

#IndraPR: Hahaha… jangan sampai pak.. ‘Korban’ saya itu tinggal di Amerika. Saya udah nggak berani kontak dia lagi. Takut hihihi.. Masa lalu yang memalukan dan tidak membanggakan.. Tapi itu latar belakang dari cerita di novel ini..

22 02 2007
maknyak

selamat Jape! atas lahirnya JUST ((Jaf Uyet Sa Tuteh) ) TTM Ternyata The Messenger!
Numpangterharu. mestinya adaucapanterimakasih buat korbanmu jaf di buku itu.

tapi kadangsusah juga, aku mau ngucapin makasih pada sumberku di ATWaja ybs gak mau hihi

22 02 2007
Nana

Tuh, aku tetep tutup mulut kan?!Hayo, kasi hadiah dong! Satu copy untukku ya!

22 02 2007
Paman Tyo

Wuihhh, kayaknya seru nih. Hahaa, nyamar jadi cewek? Untung saya nggak suka chatting.😀

23 02 2007
ayu

wuih…gag sabar. Om Jaf pernah nyamar jadi cewek di chat room, walah…..

23 02 2007
tuteh

wah… selamat selamat, pak…

23 02 2007
dhany

wah… hebat… hebat…

23 02 2007
endang

Gue pasti cari tuh buku kalo elo gak ngasih gratis…tp mosok segitu teganya elo gak ngasih gratis temen sendiri? *kabur…kan cepetan gue dari elo larinya*

23 02 2007
venus

wah, saya cari di gramed terdekat deh. slamat ya pak. saya TTMnya endangcinta, hehehe…

23 02 2007
amril

Selamat atas terbitnya buku ini ya Pak serta kawan2 penulisnya (JUST–wow! singkatan yang smart lho Maknyak)

Saya udah bantu promosiin dibeberapa milis dan link ke posting ini. Sebagai imbalannya, gue minta tanda tangan ente di bukunya ya (Hihihih..gantian dong, kalo
tahun lalu saya yg menandatangani buku saya untuk anda dan sekarang sebaliknya!)

Good Luck ya pak!

23 02 2007
JaF

#maknyak: Makasih Mak’e. Rada ngeri nih di kasih selamat sama banyak orang, padahal bukunya masih dalam proses cetak hehe.. Moga-moga jangan prematur ah..

#Nana: Barter sama punyamu, baru aku mau!🙂

#Paman Tyo: Yakin nggak suka chatting? Perasaan waktu itu pernah ketemu deh hehehehe..

#ayu: Saya juga nggak sabar Yu.. Ayo mari sama2 berharap🙂

#tuteh: Hallah!! *nonjok bahu tuteh sambil nyengar nyengir*

#dhany: Insya Allah.. Belum ada apa2 mas. Baru mulai kok

#endang: ambil ndiri ke sini! hehe.. *siapa bilang lariku sekarang kalah cepet sama dirimu?*

#venus: Mudah2an bisa segera nongol di rak buku. Salam ya sama TTM nya hehe

#amril: makasih pak.. lha kok jadi maen tanda tanganan gini kayak artis hehe

24 02 2007
tukang nggedeblues

wooooooooooooo …keren, kolaborasi lewat dunia maya. nggak kebayang juga. internet ternyata bisa membuat orang2 yang sering menggunakannya bisa membuat karya nyata.

bravo, om !!! bravo !!! btw, buat sesama blogger, ada diskon nggak? huakakakakakakaka ……………

salam
irf”fan” halen … :p

25 02 2007
Satria

Setelah nunggu-nunggu kapan yah mas jaf melahirkan “bayi novel “, hasil perkawinan silang beberapa indukkan yang note bene beda-beda jauh kandang, akhirnya keluar juga deh tuh bayi yang bernama Messenger. Tau sendirikan kandugannyakan udah “mateng” dan udah bulannya (lihat photo). Selamat …selamat. Semoga menyusul “adik novel” yang lainnya yah..
Mo’ tau nih gimana proses melahirkannya normal atawa cesar? ha…hi…he

25 02 2007
manusiasuper

SArinah gimana nasibnya pak?

25 02 2007
rara

SELAMAT!!
MAKAN-MAKAN!!!!

Hahahahaha..
Minta buku gratis plus TTD-nya dong *kedip2*

26 02 2007
fitri mohan

syukur alhamdulillah! selamat ya mas! aku terharu sekali dengernya. dan sama sekali nggak kaget kalau cerita itu diterbitkan dan diminta untuk dipublish disana-sini. lha, baca di GK aja memang menghanyutkan.😀

sekali lagi: selamat!

26 02 2007
Ollie

Bravo! Selamat ya buat Jaf, Tuteh, Sa dan Uyet! Buku yang kelihatannya sangat menarik!🙂

26 02 2007
Uyet

whua! Pak J, covernya jgn dipajang lama2… saya malu😳

*menghitung hari*

26 02 2007
Riyogarta

Wow .. keren … selamat .. selamat ..
Mudah-mudahan jadi salah satu buku paling laris di tahun 2007. Amin.

27 02 2007
Bajangkirek

Cieeeh… Bos, booos…. mau yang gratisan dong booos… ;P

11 03 2007
rahmania

waa keren bukunya pingin beli di gramedia udah ada… tapi masalahnya novel dewasa sih…….😐 *gigit jari*

14 03 2007
Oh Tidak ! « JaF’s The Name

[…] pada hari yang sama seorang teman dari Jakarta mengirim sms yang mengabarkan bahwa novel “The Messenger” yang saya tulis bersama tiga teman lainnya sudah beredar. Dalam novel itu kami banyak […]

20 03 2007
kangguru

hehehe promosinya berhasil kemarin setidaknya untukku,
sayang endingnya digantung ya, tak kirain mau happy ending

21 03 2007
Your book is cool

Aku udah baca bukumu ini. Cool ceritanya. Nggak nyangka blog bisa menghasilkan karya seperti itu. Ceritanya ok. Nggak jauh2 amat dari dunia maya. Cuman sayang ceritanya agak flat dikit. Soalnya aku nggak nemuin puncak “gregetnya” dimana. Mungkin karena dikarang ama 4 orang kali ya.
AKu pengen nulis cerbung di blogfam but how? please help me.
Aku juga pemula di blog wordpress ini. Gimana sih caranya supaya bisa punya themes cool kayak kamu. Ajarin duong!!!
Oh ya mampir ya ke blogku di evelynpy.wordpress.com
belum ada apa-apanya sih, namanya juga pemula. hehehe

29 03 2007
Fadli Chan

Hehehe… Itulah yang namanya Chatting.

Wuihhh, jadi pengen baca sampe akhir nih Novel-nya….

18 02 2010
DariSebuahNama

Membuat saya jadi penasaran.
Tapi saya cari di book store koq ga pernah ketemu ya???🙂
Salam kenal mas…
Rifky…
darisebuahjendela.co.nr🙂

Leave a Reply

