Evertop: Nasi Ayam Halal Paling Top Di Singapura

21 01 2007

Apa makanan paling enak dan khas Singapur? Kalau ada yang bertanya begitu, saya tanpa ragu akan menempatkan “Nasi Ayam Hainan” di peringkat pertama (walau masih banyak yang lain tapi nanti akan saya bahas di lain waktu). Tapi bukan nasi ayam di sembarang tempat ya. Sampai saat ini saya baru menemukan satu tempat makan Nasi Ayam Hainan di Singapura yang rasanya ‘nendang abis’ dan yang penting halal. Nah, ini yang mau saya bagi dalam posting saya kali ini. Siapa tahu ada yang mau ke Singapura, atau juga buat mereka yang sudah di Singapura tapi belum tahu.

Nasi Ayam Hainan: Makanan Apaan Sih

Nasi Ayam Hainan sebenarnya bukan barang baru. Seperti namanya, dia berasal dari Provinsi Hainan di Cina, tapi entah kenapa dia lebih dikenal sebagai makanan khas di Singapura. Makanan ini dibuat dengan merebus satu ayam utuh dalam waktu lama. Nah konon kaldu ayam itu digunakan berulang-ulang untuk merebus ayam yang lain sehingga dia menjadi apa yang disebut “Master Stock” atau embahnya kaldu dan mebuat ayamnya gurih karena kaldu yang meresap hingga ke daging-dagingnya. Nah, ayam ini kemudian di potong-potong memanjang dan disajikan dengan nasi yang juga dimasak dengan kaldu sehingga rasanya juga gurih. Lebih afdhol lagi kalau dimakan dengan sambal khas yang dicampur dengan jahe dan juga kecap asin yang kental.

Evertop: Nasi Ayam Halal Paling Top Di Singapura

Banyak tempat nasi ayam enak di Singapura tapi tidak semua halal. Di beberapa kedai Melayu di Singapura nasi ayam ini ada juga yang ayamnya di panggang hingga kulitnya kecoklatan. Ini misalnya bisa ditemui di lau Pa Sat atau di food court di lantai 6 Lucky Plaza. Ini yang saya tau lho.

Tapi kalau nggak mau nanggung dan mau yang khas (dan halal), cobalah ke “Evertop Hainanese Boneless Chicken Rice” yang terletak di Blok 354 Clementi Avenue 2 #01-259. Ini tempat baru, setelah mereka ‘terusir’ dari Tanglin Halt di kawasan Commonwealth. Saya sudah bertahun-tahun jadi pelanggan tetap disana setelah diajak kawan-kawan di kantor dan sampai sekarang tidak pernah bosan.

Apa istimewanya nasi ayam Evertop ini? Rasanya pasti! Kalau istilah Pak Bondan di Trans TV: “Maknyus!!“. Gurih kaldunya terasa sekali dan ayamnya tidak amis seperti kebanyakan nasi ayam yang pernah saya makan. Terus yang istimewa, ayamnya itu sama sekali tidak bertulang. Entah bagaimana caranya mereka meloloskan tulang-tulang dari tubuh si ayam yang malang itu hehe. Tapi cobalah pesan satu ayam utuh (kalau makan rame-rame ya soalnya banyak banget) dan akan kelihatan bagaimana sampai ke ujung-ujung sayapnya saja tidak ditemukan tulang sama sekali padahal bentuknya tidak berubah, masih seperti sayap ayam.

Sebagai ‘teman’ nasi dan ayamnya, cobalah juga pesan menu khas mereka yang biasa kita juluki ‘spare parts”. Ia terdiri dari hati dan empal ayam rebus yang dipotong-potong dan -ini yang super spesial- kaki ayam atau chicken feet (harusnya mah leg kali ya). Si Charles yang punya Evertop biasa menyebutnya stocking hehe.. Hebatnya kaki ayam itu juga tidak bertulang. Jadi dia berupa kulit bagian kaki ayam berwarna keputihan mirip jelly. Rasanya maknyus bangetttt…

Biar ekstra lengkap dan sehat, jangan lupa sayur kailan rebus, sup kaldu yang gurih dan kecap kental dan sambalnya yang khas dengan aroma jahe. Konon sih lebih sehat dari ayam goreng karena nggak banyak minyaknya. Kalau saya pribadi suka sekali menyendok kuah dari ayamnya yang gurih dan menyiramkannya ke atas nasi yang sudah gurih.🙂

Harganya sekitar 2,5 dolar untuk satu porsi nasi ayam tanpa kulit. Mau tambah ekstra kulit jadi 3 dolar. ‘Spare parts’nya 3 dolar seporsi dan sayurnya 2 dolar seporsi.

Sekali lagi, kalau berminat silahkan catat alamat Evertop yang top itu:

Evertop Hainanese Chicken Rice

Blok 354 Clementi Avenue 2 #01-259

Singapore, 120354

Phone: +65 67741353

Kalau naik bis dari Orchard Road, pilih bis nomor 7 (dari halte seberang Phoenix Hotel atau belakang Borders, jangan dari halte depan Lucky Plaza ya karena itu arah berlawanan), turun di halte pertama begitu bis masuk Clementi Avenue 2 dan tinggal jalan sedikit ke arah belakang halte (untuk petanya coba klik disini). Kalau naik MRT, turun di stasiun Dover, terus keluar ke arah kiri (arah clementi ya, jangan tertukar arah), naik bis 74 dan turun dua halte kemudian (halte pertama setelah bis berbelok). Dari situ jalan ke arah belakang halte dan cari blok 354.

Oya, buat yang lagi ber’wisata’ ke Singapura, jangan cuma nongkrong di Orchard dong. Cobalah sesekali main ke kawasan pemukiman atau disini disebut ‘heartland’. Banyak hal menarik yang bisa anda temui disana. Oya kalau kebetulan ke sana, kontak saya lah. Kalau saya kebetulan ada di rumah, Insya Allah dengan senang hati akan saya temani. Soalnya tinggal jalan sedikit ke belakang rumah. Cuma siapkan uang yang banyak karena makan saya banyak hahaha..

Tempatnya ada di pojok bangunan blok 354 yang didominasi warna hijau dan bangku-bangku plastik kuning lengkap dengan tulisan gede-gede: Evertop! Semua pelayannya berbaju hitam kebanyakan berbahasa melayu. Bosnya yang bernama Charles juga sedikit banyak bisa bahasa Melayu. Si Charles ini pakai seragam yang sama tapi sering pakai ikat kepala dan suka sekali teriak “Halo bang! Nak makan ape?” Buset dah si Charles.. ya makan ayam lah.. Masak makan rendang!

nb: Si Om Charles juga pesan supaya menyebarkan kabar penting: Mereka akan buka lho saat libur panjang “Lunar New Year” alias imlek di Singapura. Charles kudu bayar gue nih buat promo hehehe…

Catatan:

* I’m not the only one. Simak apa kata sejumlah blogger dan majalah kuliner dengan googling disini. Sayang semua masih mencantumkan alamat lamanya.. Wooi.. udah pindah wooii..!🙂

* Sumber Gambar: Situs majalah Eat-Magazine edisi Februari 06 ditambah beberapa gambar jelek hasil jepretan kamera VGA di HP 9500 tercinta🙂 .


Actions

Information

19 responses

21 01 2007
wadehel

Ayamnya bebas flu kan?

21 01 2007
Hany

Jadi kapan neh kami ditraktir sama om Rane? Hehehhee…
Apa perlu nunggu jeng Endang dateng ksini? Hehehe…

21 01 2007
neeya

keknya enak ya…. jadi ngiler. Aku blum pernah seh makan Nasi ayam Hainan. Kapan2 coba ah. Tapi blum sampe Singapur dulu deh. Berat di ongkos hihihih

21 01 2007
IndraPr

Wah, harus dicoba nih.🙂🙂

22 01 2007
endang

Gw gak perlu nyatet alamatnya kan? Wong elo kok yg bakal nganterin….hehehe,ntar gw patungan deh ama Hany…kasian kan jauh bini….hahahahahha

23 01 2007
Gabrielle

Lebih enak daripada yang di Far East Plaza ya?

24 01 2007
JaF

# Wadehel: Waduh.. bebas gak ya..🙂

# Hany and IndraPr: Hayoo.. kapan?? Han, gak usah nunggu Endang.. Dia mah makannya dikit hehehe apa coba hubungannya..

# Neeya : Enak.. sumpeh enak.. beneran enak.. hehehe..

# endang: hallah.. apa hubungannya. Ke sini aja dulu kaleee..

# Gabrielle: Ini mungkin subyektif, tapi sejak makan di Evertop, nasi ayam yang lain jadi terasa biasa tuh..😀

24 01 2007
pramur

Numpang nimbrung nih Mas…
bercanda
Kalo ga salah Mak nyus itu bukannya Isterinya Pak nyus?
serius
Mak nyus itu kalo ga salah dipopulerkan oleh Umar Kayam (baca dari tempo)

5 02 2007
sylv

asiiiik mau nyoba ahhh..bosen makan kopitiam mulu di city..huuuuu

18 02 2007
ai

katanya sih uenak and ma”nyusssss tapi gw ga percaya…….soalnye gw ga pernah diajak ke sono bo

15 09 2007
Minda Indra » Kronologger

[…] teladan98 aka Andri juga sudah confirm Insya Allah akan hadir. Lokasi tentatif di restoran halal Evertop Hainanese Chicken Rice yang berlokasi di Clementi, tidak jauh dari tempat kediaman Pak Rane. Saat ini saya masih menunggu […]

28 09 2007
Minda Indra » Buka Puasa Kroner/Blogger Singapura Bersama Budi Putra

[…] MRT Raffles Place. Tadinya kita merencanakan acara buka puasa bersama tersebut di restoran halal Evertop Hainanese Chicken Rice yang terletak di daerah Clementi, dekat tempat kediamannya Pak Rane, tapi ternyata restoran […]

7 11 2007
pro dan kontra

mmm…
nyum nyum…

lam kenal y. skalian tukeran link yuk. hehe

19 11 2007
augustmist

duh Ne..tega banget sih lo….gue dah berkali-kali kesana gak pernah lo ajak ke sini. Pan ane dah bilang di blog ane, ude bosen ama makanan singapur yang biasaaaa….mau dooong diajakin ke sini.

2 05 2008
Rosidah W. Utami

Di negeri Singapura, apa ada orang jual donat kampung Indonesia ?

31 07 2008
Abu Luqman al-fatahila

Saya juga insya ALlah baru mau hendak akan ke singapuran pada 4 agustus ini…tolong donk berikan alternatif makanan yang ueeenak dan HALAL …

6 10 2011
Habriyanto

Wah asik juga tuh makanan, pesan satu porsi cukup utk berapa orang ayamnya ya? Bagaimana cara menghubungi Anda, ada no telpon?

14 01 2012
ime

alhamdulillaaah nemu juga yg nulis tmpt makan buka pas imlekan d singapore (hampirr ajaa tgl 23 jan ini makan mie instan pas jalan ksana :))

16 09 2012
jenni

Gile bener yah yg kasih comment recommended buat makanan ini. Tau ga sih gara2 web ini gue bela2in nyari ni tmp yg adanya di antah berantah ga jelas, secara ini first time gw ke spore dan gw bawa suami gw yg gw bilangin bakal gw bawa makan ktmpt makan yg ‘katanya’ enaaaaK bangettttt whattt???!!!!! Ternyata udah nyicip dan nyoba duuuuuh rasanya STD alias STANDARD PAKE banget deh.. Ga selebay yg ditulis di blog ini. Rasanya biasa banget dan tdk seenak yg gw harapkan. Sumpe biasa banget, so lain kali gw ga akan mau percaya apa kata orang ah, selera kan beda2 dan jujur selera gw ga masuk bangey ma makanan evertop ini. Padahal gw pecinta kuliner dan pingin bgt makan dan nyoba yg enak2 dan gw sangat amat kecewa krn udah jauh2 berjuanh nyari tmp ini yg ternyata ga banget…….. SEBEEEEEEELLLLLLL!!!!!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: