Person Of The Year dan Kornet Kurban

31 12 2006

timecover-sm2.jpgTerimakasih kepada Babeh dan Enyak yang selama ini mendidik saya hingga bisa belajar internet meski akhirnya mereka jarang saya email apalagi diajak chatting. Terimakasih kepada istri dan anak saya yang selama ini terlalu banyak saya ‘cuekin’ karena sang ayah sibuk menjalankan tugas mulia dalam ikut mengembangkan ‘user generated content‘ di alam maya.

Terimakasih kepada Starhub atas komputer gratisnya (walau harus langganan 2 tahun). Terimakasih kepada admin IT kantor yang tidak memblok akses ke blog saya di kantor. Terimakasih kepada semua pengakses blog, pengintip Flickr dan pendengar podcast saya dan juga tak ketinggalan para seleb blogger dan jablai blogger yang selama ini jadi inspirasi saya dan pastinya terimakasih kepada Majalah Time yang telah memilih saya sebagai “Person Of The Year 2006“.

Ehh.. Nggak percaya? Ini bener-bener serius lho.. Sumpah!!

Rangkaian kata-kata di atas adalah sambutan saya setelah Majalah Time edisi akhir tahun ini memilih saya sebagai Person OfThe Year 2006. Ya.. ya.. sebenarnya bukan hanya saya tapi kita semua. atau “YOU” seperti istilah Time. Iya, betul.. you dan you dan you juga. Eh you juga masuk..! Dan pastinya juga termasuk saya kan??

Now It’s Your Turn” tulis Tuan Richard Stengel, Managing Director Majalah Time di bagian pengantar edisi spesial majalah itu. Ini untuk menunjukkan betapa hebatnya perubahan yang terjadi di internet berkat ‘ulah’ kita penggunanya yang selama ini sibuk berbagi sembari bernarsis-ria lewat konten internet dengan menggunakan blog, podcasting, video casting, wikipedia dan tak ketinggalan open source software dan lain sebagainya. Dan semua itu dilakukan secara sukarela, malah sampai mengorbankan waktu dan bandwith yang pasti bayar atau nebeng tanpa ada dihargai sepeser uang pun. Hebat nggak tuh?

Untuk lebih meyakinkan lagi, Majalah Time memasang semacam cermin di setiap cover majalah edisi tersebut untuk menegaskan bahwa kita semua yang terpilih setelah menggeser beberapa tokoh dunia lainnya, termasuk Mahmoud Ahmadinejad, dan Paus Benedict XVI. Karena itulah ketika mengaca di salah satu edisi yang dijual di tukang majalah, disitulah saya menemukan bayangan wajah saya dan semakin yakinlah bahwa saya juga termasuk di antara para “You” yang dimaksud Time itu. Karena itu pulalah saya merasa perlu memberikan kata sambutan seperti di atas. Namun sambutan saya itu belum selesai… Saya lanjutkan lagi ya..

Ehm.. tanpa mengurangi rasa hormat saya pada tuan-tuan dari majalah Time, izinkan saya untuk menolak penghargaan ini. Saya merasa belum pantas karena di negara saya, duhai Tuan-tuan penguasa majalah Time yang mulia, internet belum se-egaliter akses di negara anda. Para penguasa negeri saya masih belum punya kesadaran akan pentingnya internet dan lebih sibuk berpolitik yang tak jelas juntrungannya kendati pemilu masih beberapa tahun lagi. Padahal mungkin mereka akan melotot kalau tahu betapa besarnya dampak internet pada urusan politik mereka.

Izinkan saya pula tuan untuk merekomendasikan kawan-kawan di Rumah Zakat Indonesia sebagai penerima Person Of The Year 2006. Berkat inovasi mereka berupa daging kurban yang di kalengkan dalam bentuk kornet, jutaan orang tidak mampu atau sedang dalam bencana dan konflik di negara kami dan mungkin juga di luar negara kami bisa punya persediaan daging untuk waktu yang lama tanpa harus ketakutan daging itu busuk. Bukankah bagi mereka yang tidak seberuntung kita itu lebih enak makan daging sepanjang tahun ketimbang sekali makan di Hari Raya Idul Adha?

Oya, satu lagi.. walaupun menolak, tapi boleh kan pengalaman ini saya masukkan ke CV saya? Pastinya bakal keren banget deh.. hehe

Selamat Hari Raya Idul Adha, dan selamat menjalani tahun yang baru, tahun yang bertumpuk segudang harapan akan hidup yang lebih baik.

Salam dari Singapura.🙂


Actions

Information

15 responses

31 12 2006
Dewi

om Jaf, met taon baru 2007 yah. Smoga tahun 2007 lebih baik dari tahun 2006. GBU n ur family!

31 12 2006
preaxz

Selamat atas the person of the year …
*salam dari saya, THE PERSON OF A LIFE TIME .. well, paling tidak bagi saya sendiri. Narsis? memang, tapi saiapa lagi yang bisa memotivasi diri jka bukan diawali dari diri sendiri .. ya ndak itu?

31 12 2006
neeya

Selamat Idul Adha, Selamat Tahun Baru dan Selamat telah jadi coverboy TIME hehehe😀

31 12 2006
JaF

Dewi, Preaxz, Neeya dan semua kawan-kawan baikku: SELAMAT TAHUN BARU JUGA!! Di Singapura baru saja kita masuk ke 2007. Harapan.. harapan.. harapan… tak bosan kita berharap, namun semoga saja 2007 menjadikan semua harapan itu kenyataan. Kalau enggak, ya berharap lagi lah.. Gitu aja kok repot.. hehehehehe…….

1 01 2007
Yuliazmi

:)) pasti JaF deh yang hobi posting begini. Met tahun baru, met Idul Adha dan met jadi cover TIME. Semoga sukses selalu ditahun 2007 ini. Salam buat tuan putri dan permaisurinya🙂

2 01 2007
prayogo

Salut, memang sepantasnya wajah pak JaF masuk ke majalah time (ini serius lho).

btw, saya juga mau mengucapkan selamat Idul Adha dan selamat tahun baru. Semoga di tahun ini segalanya akan lebih.

2 01 2007
JaF

#Yuliazmi:😀 Met Tahun Baru en Met Idul Adha juga.. Sukses buat kita semua. Salam sama temen se ‘bedeng’ nya..

#prayogo: ..lebih baik pastinya ya mas.. Makasih jadi teman blog yang baik…

2 01 2007
arul

pengennya sih saya aj….. tapi karena bang Jaf duluan gpp deh… sya 10 taon lagi dah…

3 01 2007
bintangjatuh

hahahahah.. ilustrasi nya keren om J
internet di Indo memang masih mahal buat yang awam, tapi kalo mau berusaha.. bisa jadi murah kok sebenernya, misalnya solusi RT/RW Net bla bla bla.. dari pak Onno W Purbo atau kayak saya sharing benwit 3G di kost, satu anak cuma kebagian 50 ribu, udah bisa nge-net 4KBps unlimited setiap hari =)
anyhow .. hidup You!! *halah

5 01 2007
CL

Happy New Year Pak JaF, Salam buat bidadari2nya
kemarin dicariin Adi tuh di kumpul bocahnya Fisip UI

7 01 2007
puty

met taun baru om jafff…
kapan mudik ke bekasi?

*maap ya kalo OOT*

29 01 2007
kakilangit

aku juga pernah ngaca tuh di majalah ntu..😀
tapi apakah yang dimaksud TIME dengan “you” itu juga termasuk aku yang hanya ngelor-ngidul gak jelas di dunia maya ini? beda ama bang JaF yang sudah berandil banyak..

*kabur..takut ditimpuk daging kalengan*

22 02 2007
The Messenger: Sebuah Novel Kolaboratif « JaF

[…] Messenger: Sebuah Novel Kolaboratif Ketika majalah Time memilih “You” sebagai Person of The Year 2006, mereka menyadari bahwa ada satu kekuatan baru dari internet yakni kemampuan menyatukan kontribusi […]

26 06 2007
Setiap Mata Uang Punya Dua Sisi « JaF’s The Name

[…] salah satu penerima penghargaan People of The Year 2006 versi Majalah Times (kalau nggak percaya baca disini )  saya geram dengan tulisan Andrew Keen ini. Berani-beraninya dia merusak semangat […]

30 09 2007
The Messenger « Non Scholae Sed Vitae Discimus

[…] Ketika majalah Time memilih “You” sebagai Person of The Year 2006, mereka menyadari bahwa ada satu kekuatan baru dari internet yakni kemampuan menyatukan kontribusi […]

Leave a Reply

