Speak Up With Blog… Keren Banget!

27 12 2006

benchan.jpg

Maaf saya lagi tidak punya ide untuk membuat judul yang catchy. Karena itu saya meniru judul postingnya Mas Arul🙂 yang juga membahas hal yang sama dengan yang akan saya tulis disini yakni Seminar Jurnalistrik “Speak Up With Blog” nya anak-anak Himatektro ITS Surabaya, dimana saya diajak untuk ikut menjadi pembicara. Posting kali ini berisikan kesan-kesan saya terhadap seminar itu.

Keren! Itu memang kesan pertama yang harus saya ungkapkan. Topiknya menarik sekaligus menantang. Tidak semua blogger setuju kalau apa yang mereka lakukan itu harus dikaitkan dengan jurnalisme, seperti halnya tidak semua jurnalis akan suka jika dunia blogging dikaitkan dengan mereka. Coba saja ketik “blog and journalism” di Google dan akan nampak keberagaman pendapat itu. Sepengetahuan saya topik yang dipilih panitia terbilang cukup baru dan rasanya belum pernah dilakukan dalam seminar, diskusi atau workshop blogging lainnya yang pernah diadakan.

Kesan yang saya tangkap, panitia nampak ingin mencari jawaban atas bagaimana unsur jurnalisme itu bisa diterapkan dalam blogging dan bukan sebaliknya. Ini kesan saya lho.. Para pembicara yang diundang juga mewakili kesan itu. Ada Ingki Rinaldy dari Kompas dengan topik Jurnalisme nya, Benny ‘Bapak Blog Surabaya‘🙂 Chandra yang bertugas mengulas soal seluk beluk blog, Rane Hafied (siapa ya?😉 ) yang diminta bicara soal blog dan jurnalisme, Dianika yang bicara soal citizen journalism dan Raditya ‘Kambing Jantan‘ Dika yang menceritakan pengalamannya ngeblog dengan cara yang menggegerkan gedung Pasca Sarjana ITS dengan gayanya yang nyeleneh habis (untuk tidak mengatakan gendeng hehe) tapi sangat dekat dengan bahasa dan gaya mahasiswa dan pelajar SMA yang kebanyakan jadi peserta. Bisa dikatakan, para pembicara nampak saling melengkapi (kompak ni yeee🙂 )

Ditambah dengan jumlah peserta yang mencapai hampir 200 orang (dan itulah jumlah sertifikat yang harus saya dan pembicara lain tanda tangani🙂 ) nampaknya seminar itu memang sukses besar.

Tapi apa kesimpulan seminar itu ? Hmm.. kalaupun panitia membuat kesimpulan, saya pikir tiap peserta akan punya kesimpulan tersendiri juga. Saya sih berharap peserta akan tahu bahwa yang terpenting adalah mereka harus tetap blogging dengan cara masing-masing tanpa ada keinginan untuk menjadi seseorang yang lain dengan diri mereka. Kalaupun jurnalisme harus masuk di dalamnya, itu adalah unsur-unsur etika atau prinsip lain yang mungkin bisa ‘dipinjam’ dari dunia jurnalistik, meskipun tak sedikit blogger yang sadar atau tidak sudah menerapkannya. Kalaupun kemudian blogger ingin berkecimpung lebih jauh dengan dunia jurnalistik lewat blog mereka, itupun sah-sah saja. Yang penting be yourself!

Sedikit berbeda, berita di website ITS malah melihatnya dari sudut pandang blog yang menjadi ancaman bagi dunia jurnalistik konvensional. Ah, the beauty of perception.. Tidak ada yang salah. Ini hanyalah masalah sudut pandang. Saya pribadi tidak pernah percaya bahwa blog bisa jadi ancaman bagi dunia jurnalistik konvensional, karena masing-masing punya kelebihan dan kekurangan masing-masing, meskipun masing-masing juga bisa saling belajar dari satu sama lain.

Buat panitia, ini ada sedikit saran. Mungkin ada baiknya blog kegiatan ini juga di update dengan semacam laporan dari seminar tersebut. Selengkapnya kalau perlu! Buat apa? Ini mungkin yang jarang disadari banyak blogger, bahwa catatan mereka di blog -apapun itu- suatu masa kelak akan membawa manfaat bagi orang lain atau paling tidak menjadi sebuah catatan sejarah. Seminar ini tentu saja bagian dari sejarah itu. Sayang kalau panitia tidak menorehkannya di dunia saiber untuk bisa dibagi dengan orang lain baik sekarang maupun di masa datang. Tul gak, guys?

Sekali lagi salut untuk kegiatan yang keren ini.. Tul gak, Rul?🙂

____________
* Keterangan foto: Mas Benny Chandra in action! Foto lain saya masih menunggu janji dari panitia hehe.. Hayoo.. mana nih..?


Actions

Information

25 responses

27 12 2006
arul

Yupz… beneR Banget …… keren…..

27 12 2006
sa

dud, kan dirimu pembicara. ko keluar kata ‘keren’? maksudnya me-ngeren-kan diri sendiri juga gitu ya?😛

28 12 2006
prayogo

Menarik sekali acaranya ya pak, btw di jakarta sudah pernah ada acara seperti ini belum ya, kalau ada tolong saya di kasih kabar ya pak.

Tulisan seperti ini sangat bagus, karena tanpa ikut acara tersebut kita bisa mengetahui jalannya acara. Dan buat saya memang jangan di gabungkan antara dunia bloging dengan jurnalisme, karena memang keduanya beda. Tetapi mungkin ada benarnya bahwa ketakutan dunia jurnalisme akan banyaknya muncul penulis muda yang tidak sama sekali mengindahkan kaidah2 jurnalisme, termasuk saya.

Tetapi saya tetap maju, maju terus pantang mundur, hidup dunia blog, he he he.

28 12 2006
JaF

#Arul :🙂

#Sa : Lho bukannya blogger memang dikenal narsis?🙂 Lebih keren idenya.. Ada yang berani bikin seminar beginian..

#prayogo : pernah ada beberapa sih, tapi yang mengaitkan dengan jurnalisme saya belum pernah dengar.. pokoke’ ngeblog ya ngeblog wae mas..🙂

28 12 2006
Lemi4 aka. fERDI:)

#JaF : What more can I say? I whole-heartedly agree! Setujulah, yang penting menjadi diri sendiri, dan berusaha sejujur mungkin dalap ucapan dan tindakan.

Tapi mungkin satu juga bisa ditambahkan, bahwa adalah penting untuk tau bahwa bila kita memang perlu untuk mengatakan sesuatu kepada dunia, kini sudah ada satu media yang cukup efektif dan cukup aksesibel buat hampir semua orang: yaitu weblog. So if you’ve got something that just has to be said, then don’t hesitate: Say It!

Hidup Blog! Hidup Jurnalisme! Dan… Hidup Budaya Komen!😀

30 12 2006
endang

Nduuut! Gw mo OOT…itu template gw bukan rokok tau! Itu kan sekotak popcorn…hehehehehe…ketipu

30 12 2006
-k-

Oom J!!
keren…keren!!! sukses deh!!

Maaf kalo saya gak bisa hadir di hari H-nya…

11 01 2007
Ben

duh baru tersummon sekarang…😀
wah motret gag bilang-bilang nih… :))
panitia, mana foto-fotonya nih?😉

btw, paparan dari bapak blog singapore ini saat seminar emang ciamik!

12 01 2007
dianika

makasih udah daftar di halamansatu..
kami tunggu karyanya ya
Maaf baru tahu ini tadi…😀
selamat berkarya😀

16 04 2007
zaenal

Sebelumnya lamkenal ya om namaku zaenal asli bogor si kota Hujan n one billion angkot city.
Waduh kayaknya aku ketinggalan info neh kalo baca reportnya seh kayaknya acaranya keren ngomongin blog sama junalism. Ini kebetulan saya mahasiswa jurnalistik. berdasarkan pengalaman saya menurut saya blog itu bisa jadi tempat yang pas buat para penulis pemula yg “frustasi” akibat tulisan/artikel yg dibuatnya n dikirim ke media masa jarang dimuat, dan ditengah keputus asaan itu ibarat mata air di gurun pasir (pasti panaaaaas dong ya…. yaa iya laah gurun gitu lho) booming blog bisa menjadi temapat yg pas buat menyebarkan die pikiran dan gagasan kita tentang segala hal dari mulai masalah manfaat bawang merah sampai masalah koupsi pejabat. dengan demikian bagi para penulis pemula masih tetap bisa mengasah diri dalam dunia tulis menulis dan tidak perlu sampai “frustasi” jika tulisannya takkunjung dimuat di media massa karena kini ada blogjurnalisme. tul gak.
BTW Kira2 seminar kaya gitu dah pernah ada atau mao dia adain gak ya di jakarta atau bogor sy pengen banget ikutam neh.
O ya masa btw blognya boleh saya add ke blog saya gak? sekalian izin mengcopy artikel yg ini Speak up with blognya boleh ya

9 09 2007
U.F.O

J4mbi H4ck3rSpecial Thank’sPeNc0peT_CiNtADedicated All CrewJambihackerlink & SolohackerlinkHey admin……do you a need help ?Matrix.Dal.Net – #JambihackerlinkWe ready cybernetic war !!!

6 11 2007
12 12 2007
bimaa

waduh bapak yang satu ini kok kayanya pinter bgt sih…
ajarin saya nge-blog dong…
salam kenal

23 12 2007
Melly

Iya nih boleh dong bagi2 ilmunya, soalnya baru ikutan dunia blogger kaya gini. Ternyata fun juga ya bisa kopi darat ma kenal banyak orang jadinya banyak temen deh. Salam kenal, thanx.

4 07 2008
glaydenty

apa sih persepsi keren >> persepsi orang ttg keren khan beda2 kawan. ^^ n_n

~GLAYDENTY~

13 07 2008
idbloghosting

Makin asyik nge-blog dengan nama domain sendiri secara Mudah, Murah, dan Cepat di IDBlogHosting[dot]com

17 07 2008
Rachmat Amienullah

hidup blogger indonesia…!!!

15 01 2009
min0ru

wih di jakarta udh ada blom nih pak? hehehe

20 01 2009
Astriani

Blog Bapak keren, boleh saya nimba ilmu, kasih komentar pada blog saya. Terima kasih

7 03 2009
Multimedia SMK Negeri 8 Semarang

Wah blognya keren,kasih ilmu donk buat adik-adiknya. Kunjung balik ya mas ! Thank U

20 03 2009
simantjunk

nice to meet you….

31 03 2009
assasincreed

judul yang keren bro.hehe

17 06 2009
Lukisan Minimalis

bener bro keren banget hihihi

2 12 2010
baby stores canada

bagus,
saya harus banyak belajar untuk bisa seperti ini.😉

27 01 2011
Tami

*NUMPANG LEWAT
Ingin CANTIK alamiah dan selalu tampak awet muda….. Pengen tau CARA-nya? GAMPANG! langsung dari Hp kamu loch..ketik REG CANTIK kirim ke 9789(khusus Telkomsel) kamu akan mendapatkan ribuan tips tips bagaiman membuat kamu cantik. pasti gk akan nyesel, so tunggu apa lagi. Mau cantik pasti bisa!

Leave a Reply

