Aa Gym Kahwin Lagi Siak!

4 12 2006

image008a.jpg*Sebuah Surat Terbuka Untuk Yth. KH. Abdullah Gymnastiar

A’a yang baik,
Mohon maaf kalau judul surat saya di atas agak kasar. Kata-kata itu saya cuplik dari sms seorang kawan pagi ini. Dia seorang warga melayu Singapura yang juga pengagum anda, dan saya baru paham makna smsnya setelah membaca headline koran berbahasa melayu terbitan Singapura pagi ini. Tahukah anda apa headline koran itu? Bukan soal rencana kenaikan GST atau PPn yang konon cukup meresahkan warga disini. Bukan pula soal skim bantuan bagi tenaga kerja berpenghasilan rendah yang baru diumumkan Pak Perdana Menteri Singapura kemarin. Berita yang tergolong besar itu tergeser kebawah oleh headline lain berjudul : “Aa Gym Kahwin Lagi” lengkap dengan foto Aa, Teh Ninih dan Teh Alfarini Eridani (boleh kan saya memanggil beliau Teteh juga?). Ah, A’a pasti tidak heran ya. A’a kan di Singapura sudah ngetop gara-gara sering dipanggil ceramah dan menulis rutin di setiap minggu. Tapi bukan cuma headline itu yang ingin saya ceritakan. Walaupun A’a mungkin tidak perduli, tapi sebagai pengagum ajaran A’a saya juga ingin juga menanggapi berita itu yang akhirnya sudah resmi keluar dari mulut A’a sendiri dalam konferensi pers di Jakarta kemarin.

A’a yang saya segani,
Saya termasuk orang yang tidak mudah percaya pada orang, termasuk pada sejumlah ulama populer di masyarakat. Mungkin ini bersumber dari pengalaman buruk saya terhadap beberapa ulama yang kemudian mengecewakan saya pribadi dan semua bersumber dari soal kawin-kawinan ini. Dulu saya kagum pada seorang ulama sampai ia ternyata diam-diam menikah mut’ah di hotel dengan alasan menghindari zinah. Pernah juga saya dapat cerita dari seorang teman yang berani bersumpah pernah memergoki bahkan ikut menggerebek seorang ulama lain yang ketahuan keluar dari sebuah tempat kos pramugari di tengah malam buta dengan memakai wig panjang supaya tidak dikenali. Tapi ketika A’a muncul di tengah umat dan membawa sebuah ajaran yang sangat damai, tenang dan lain dari yang lain, kepercayaan saya pada ulama kembali muncul. Jujur saja A’a banyak membawa perubahan pada diri saya dan itu semua berkat ajaran A’a. Sampai kemudian muncul kabar soal pernikahan kedua ini. A’a mau tahu apa pendapat saya soal pernikahan kedua anda itu? Saya punya dua versi pendapat.

Versi pertama adalah pendapat dari sisi qalbu yang Insya Allah terjaga dan ter ‘manage’ dengan baik -berkat ajaran A’a juga-. Sisi itu langsung mengatakan: “Alhamdulillah! A’a Gym telah mengambil langkah yang terbaik dan mampu menghindari zinah. Alhamdulillah juga karena Teh Ninih tidak larut dalam nafsu amarah, bahkan dengan besar hati dan ikhlas memberikan izin kepada suaminya untuk menikah lagi meskipun diakuinya sangat berat. “

Versi kedua adalah pendapat dari sisi qalbu yang masih susah di ‘manage’, sisi yang susah untuk terjaga dengan baik dan masih penuh dengan kekotoran dan belum bisa bersinar terang menjadi lentera hidup ini. Versi pendapat yang ini mengatakan: Ada apa denganmu, Aa? Kasian kan Teh Ninih. Meskipun ikhlas, tapi beliau sendiri mengakui betapa berat bagi dirinya untuk sampai pada keputusan itu, kan? Coba baca ulang kembali juga hasil wawancara dengan Teh Ninih di detikcom yang sering di sela sama si Aa dan saya kutipkan disini juga:

Teh, setelah tahu Aa menikah, bagaimana rasanya?

Rencana ini kan sudah lima tahun lalu. Sempat klenger ya Aa.. (Teh Ninih menjawab sambil melihat ke Aa Gym. Aa Gym tampak memeluknya)

Teh Rini itu yang memilihkan Teteh atau Aa pilih sendiri?

Bingung ya….

Teteh kenal Teh Rini (Alfarini)?

(Aa Gym langsung memotong dan menjawab, “ketemu di masjid”). Ya ketemu di masjid. Tapi, belum terlalu kenal. Nanti sajalah diperkenalkannya oleh Aa saja.

Jadi belum kenal?

Belum kenal. Mungkin Aa yang lebih kenal (Teh Ninih sambil melihat ke wajah Aa dan tertawa)

Kriteria istri kedua yang diajukan untuk Aa, sebenarnya apa?

Mungkin Aa punya pertimbangan memilih Teh Rini. Doakan saja ya, Aa semakin muda. Hikmahnya, makin banyak yang sayang terhadap teteh dan keluarga, karena sekarang banyak yang mendoakan

Cemburu gak teh?

Cemburu normal, karena cinta. (Aa Gym memotong, “Cemburu kan bumbunya cinta”)

Teh, Aa mau bulan madu gak?

Sudah kok… (setelah itu Teh Ninih dan Aa Gym masuk ke dalam rumah)

Saya juga masih ingat dalam beberapa kesempatan, termasuk waktu A’a ceramah di KBRI Singapura beberapa waktu lalu, A’a mengatakan begini: “Kalau A’a kawin lagi boleh nggak, Teh?” Dan saya ingat sekali ekspresi Teh Ninih yang hanya tersenyum simpul. Mungkinkah waktu itu Aa tengah memberi isyarat?

Ya, saya sih sebenarnya tidak perduli seorang Abdullah Gymnastiar mau kawin berapa kali juga itu hak asasi, seperti halnya Pak Hamzah Haz, Pak Yusril Ihza Mahendra, Pak Haji Komar atau bahkan Pak Puspowardoyo si raja poligami itu. Tapi ini Aa Gym gitu loh..! Aa Gym yang dalam persepsi saya jauuuh jauhhh.. jauhhhh.. lebih terhormat dari nama-nama yang saya sebut barusan. Jauuuuh pula lebih terhormat daripada anggota DPR yang terlibat kasus video porno itu.🙂

Aa yang saya kagumi,
Agama kita memang membenarkan poligami, asal bisa bersikap adil. Betul tidaaak bapak-bapak dan ibu-ibu? 🙂 Tapi A’ harus diakui bahwa kasus poligami yang kita tahu selama ini lebih banyak mengesankan betapa wanita lah yang kemudian menjadi korban. Penafsiran saya tentang dibolehkannya poligami dalam agama itu lebih mengarah pada peringatan kepada para lelaki bahwa tidaklah mudah untuk bersikap adil karena kita bukan mahluk yang sempurna.

Tapi -lagi-lagi ini penafsiran saya- A’a adalah orang yang extraordinary. Saya yakin A’a bisa bersikap adil pada Teh Ninih dan Teteh yang satu lagi itu, serta juga anak-anak yang sekarang sudah bertambah jadi 10 yah A’. Tapi kenapa dalam ceramah Aa beberapa hari lalu (yang juga dikutip oleh detikcom) A’a harus menyertakan penjelasan yang menurut saya sangat bukan A’a Gym..?

“Wanita cenderung mono. Jika wanita cinta pada satu pria, dia sulit cinta pria lain. Sebab softwarenya memang begitu!” begitu kan kata Si A’a ? Anda juga bilang pria cenderung stereo. “Bagaimana prosedurnya? Ya seperti orangtua cinta anak. Kalau anaknya ada 5, kan semuanya sama-sama dicintai. Ya memang seperti itu softwarenya,” kata si Aa. Apa-apaan ini teeeeh A’ ?

Saya yakin sopwer.. eh.. software A’a Gym jauh lebih hebat lagi dan software itu adalah software yang penuh dengan keikhlasan untuk menjalankan semua ini walaupun penuh dengan caci maki. Tapi A’a, bangsa kita sekarang tengah kekurangan sosok panutan. Karena itulah, mau istri satu, dua atau empat, saya berharap semoga Aa bisa membuktikan semua kritikan itu dengan cara benar-benar menunjukkan bahwa Aa masih layak jadi panutan.

Memang sih kata orang semakin tinggi seseorang berdiri, semakin kencang angin bertiup. Angin pasti lagi kencang di atas sana ya A’ ?

Nah kalau Aa tanya saya, apakah ketika suatu saat saya juga sudah berdiri di tempat yang tinggi akankah saya bisa menghadapi hal yang sama? Saya akan jawab lagi dengan dua versi. Versi dari sisi qalbu yang sudah termanage akan mengatakan: “Insya Alloh..” Sementara versi kedua dari sisi qalbu yang belum termanage akan mengakatan “Amit-amit jabang bayi, jangan sampai ah!”

Hmm.. manusia memang egois ya, A’. Eh.. bukan.. saya bukan mengatai Aa Gym egois lho. Saya mengejek diri sendiri. Saking egoisnya sampai saya dan banyak orang lain tidak rela kalau A’a menampakkan sifat lain dari apa yang ada di persepsi kami selama ini.

Good Luck ya A’.. Nanti kalau sempat ke Singapura lagi, saya dikenalin sama Teteh yang barunya ya A’🙂

Salam,
Dari seorang yang sangat menghormatimu


Actions

Information

88 responses

4 12 2006
aRdho

kecewa banget ya..😦

4 12 2006
endang

Mmm….bahkan seorang Aa Gym pun masih mencari pembenaran, yg insya allah dibenarkan untuk menyembunyikan muka…

4 12 2006
sa

kawin-nikah-kawin-nikah-kawin-nikah…

5 12 2006
yanti

Pak JaF, saya sangat2 terkesan baca entry ini🙂

soal software perempuan yang cenderung mono, hehe.. mungkin software saya ada bug-nya:mrgreen:.

5 12 2006
thuns

JAGALAH HATI…
hemm… terjagakah??? kalo sampai ada cinta kedua???

software?? BEDA???
bukankah hati orang hanya Tuhan dan orang itu sendiri yg tau???
aaah AA` bisa aja ngelesnya…

JAGALAH HATI…
hemm… terjagakah??? kalo sampai ada cinta kedua???

JAGALAH HATI…
hemm… terjagakah??? kalo sampai ada cinta kedua???

JAGALAH HATI…
hemm… terjagakah??? kalo sampai ada cinta kedua???

JAGALAH HATI…
hemm… terjagakah??? kalo sampai ada cinta kedua???

damn dg alasan apapun… yg namanya cinta kedua itu adalah penghianatan…!!! ingat dulu waktu berikraaarrrr!!! aaaaargh…!
kalau nabi muhammad itu dulu poligami karna untuk menolong para janda2 yg ditinggal mati suaminya di medan perang! bukan karna cinta keduaaaa ketigaaaa keempat dst…
memalukaaan…!!! sosok yg aku kagumi juga… tapi????

5 12 2006
han's

Walaupun ikhlas……tetap saja hati teh Ninih terluka berat. Walaupun janda beranak tiga (cuma satu yang ikut ibunya), dan pisahnya karena cerai, bukan mati, mantan model, cantik lagi…Dapat diartikan anak tiga tersebut bukan anak yatim kan? Kenapa nggak pilih janda beranak, yang lebih tua dari A’a, miskin, dan tidak berwajah cantik. Berarti karena nafsu masih ikut dalam pertimbangan nikah tersebut. Hilang sudah respekku.

5 12 2006
abe

Halah.. Sudahlah..
Saya saat ini berkecenderungan ekot sisi Om Jaf yg kedua😀
Amit-amit jabang bayi deh..

Entah nanti..

5 12 2006
andi

Aa Gym juga manusia🙂

5 12 2006
goz

wah dahsyat juga pengaruhnya Aa di masyarakat melayu Singapura ya om J =)

6 12 2006
vi3

weehh, si aa jadi headline di spore… ck ck ck…
mudah2an aja si aa bisa membuktikan kata-katanya… udah speechless lah…

6 12 2006
Dewi

Whatever the reason, klo co poligami… itu namanya udah gak setia. Klo orang gak bisa setia dengan pasangannya? Bagaimana mo setia dengan Tuhan?

6 12 2006
YANG PUNYA BLOG MBALES...

aRdho : Gue baca posting elo yang penuh emosi itu. Udah dapet idola baru?😀

endang: Pembenaran yang keblinger hehe.. Ya mudah2an aja bener.🙂

sa: Hallah.. ngomentarin aja masih keliatan gaya editornya hehe

yanti: Ada bug nya? Nah lho.. ati2 lho dikawinin Aa Gym juga hihihihihi

thuns:

“kalau nabi muhammad itu dulu poligami karna untuk menolong para janda2 yg ditinggal mati suaminya di medan perang! bukan karna cinta keduaaaa ketigaaaa keempat dst…”

Betul sekali! Cuma penafsiran orang beda2 kan dan sering penafsiran itu sangat terpengaruh oleh keinginan si orang sehingga bisa aja si Aa menganggap ini juga upaya menolong janda yang ditinggal mati hehehehe

han’s: ternyata Aa juga punya nafsu hehehe.. personally, buat saya masih cakepan si Teteh..😀 *jadi gosip gene*

abe: Ya, saya juga takut takabur euy.. Takut nanti ngetop terus nggak tahan untuk ‘nolong’ janda-janda yang mantan model hehehe… Amit amiiiiittt!!

andi: Ya, saya baru sadarrr..

goz: Iya, rix.. eh goz.. masyarakat sini emang mulai tergila2 sama si Aa.. Dia kan juga nulis di koran sini tiap minggu..

vi3: mudah2an.. kadang saya mikir, jangan2 kita aja yang terlalu ketinggian memandang beliau, akibatnya jadi kecewa.. Bener kata andi, si Aa juga manusia euy..😀

6 12 2006
YANG PUNYA BLOG

Dewi: duengg.. nendang banget komennya..😀

6 12 2006
Paman Tyo

Ehm…

Aa JaF yang baik:
Bakal lebih rumit misalkan Aa Gym nggak nikah. Ya kan?
Tapi dari kasus ini saya, sebagai orang luar arena, mendapati sesuatu yang menarik: kian kuat penolakan terbuka dari sebagian muslim terhadap poligami — sesuatu yang setahu saya (di)boleh(kan) tapi dengan sejumlah syarat yang berat.

6 12 2006
YANG PUNYA BLOG

Aa Paman Tyo yang saya segani..🙂
Kalo nggak nikah kemungkinannya nggak seramai ini. Biasanya yang nggak pake nikah itu diem-diem soalnya hehehehe.. asal jangan sampai ketangkep wartawan infotainment di apartemen aja.. atau lebih parah di YZ kan.. hehe

Sebagai orang yang ‘merasa’ ada di dalam arena, saya melihat syarat terberat dari (di)boleh(kan) nya poligami itu lebih terletak pada prinsip adil. Dengan kata lain hal itu nyaris tidak mungkin dan malah saya tafsirkan sebagai tidak bisa (meski bukan berarti dilarang). Ada juga versi yang menjelaskan bahwa sebenarnya poligami itu dibolehkan pada masa perang jaman nabi dulu, ketika banyak wanita kehilangan suami di medan perang.

Tetetup aja amit-amit jabang bayi, ah..!

6 12 2006
neeya

Sebagai ulama sepatutnya memberi contoh. Bukannya dengan melakukan poligami bakalan makin banyak para lelaki yang menggunakan Aa’ Gym sebagai panutan untuk mengikutinya?

Duh.. sedihnya T__T

6 12 2006
Kombor

Saya bukan pengagum atau penggemar Aa Gym. Saya juga sama seperti Om JAF yang pernah kecewa sama ulama populer. Quraish Shihab mengecewakan saya karena menjelang dia dulu mau jadi menteri mengatakan krisis multidimensi yang melanda Indonesia tidak ada hubungannya dengan dosa manusia. Ini untuk menjawab Amien Rais yang mengampanyekan taubatan nasuha. Zainuddin MZ yang dulu ceramahnya selalu saya dengar karena Bapak saya selalu nyetel keras-keras setiap pukul 5:30 pagi, mengecewakan karena kembali terjun berpolitik praktis. Masuk ke PPP lalu bikin PBR. De-eL-eL deh sehingga akibatnya saya nggak lagi mengagumi atau menggemari ulama TV alias ulama komersil. Kadang ulama tingkat ndeso malah membuat pengajiannya meresap di hati. Pengajian Mbah Dipo di http://pitutur.web.id juga sudah cukup…

Oleh karena itu, menyikapi Aa Gym menikah, saya kok menganggapnya biasa-biasa saja. Saya tidak memiliki bentuk Aa Gym tertentu di pikiran saya. Aa Gym hanya manusia yang kebetulan menjadi populer karena dakwah cinta damainya. Saya justru bingung melihat orang-orang yang pada kelewatan sampai-sampai mau mengubah UU Perkawinan dan menghidupkan lagi PP 10. Apa Ibu SBY takut Pak SBY kawin lagi ya? Kok PP 10 mau dihidupkan lagi. PP 10 itu kan dibuat zaman Mbah Tuwo lalu dicabut zaman Pak Hamzah Haz jadi Wapres. Gimana nggak dicabut kalau Pak Hamzah istrinya tiga….🙂

Menurut saya, poligami nggak perlu dilarang karena syariat tidak melarang tetapi syarat-syaratnya diperketat. Contohnya, orang yang mau berpoligami harus bisa menunjukkan bahwa dia akan mampu menafkahi istri-istri dan anak-anaknya secara lahir/material. Ini untuk menjaga jangan sampai ada anak yang telantar gara-gara bapaknya kawin lagi. Soal bisa berbuat adil? Wah, itu mah sulit. Menurut syariat sih sepertinya nggak harus ijin istri pertama atau istri-istri terdahulu yah. Mungkin ini ketidaktahuan saya. Siapa tahu ada riwayat bahwa Nabi SAW selalu harus ijin istri-istri terdahulu untuk menikah lagi. Riwayat yang saya belum pernah dengar.

Aa Gym kawin lagi kok yang lain pada repot. Biarin saja kek!

6 12 2006
retno

kalo saya liatnya gini pak jaf, itu istri keduanya kok mau sih dijadiin istri kedua? kok tega sih melukai sesama (wanita)nya sendiri? saya suka bingung juga sama wanita2 yg mau dimadu dan yang mau dijadiin istri kedua. mbok yao, jd wanita itu saling menghargai. put yourself in her shoes. kalo aku dimadu, gimana rasanya?

sudah saatnya wanita stand up for themselves, gak usah bawa2 agama, tanya ke diri sendiri. aku hidup utk apa, utk bahagia atau sedih? sedih tp ditutup2in, sedih tp disangkal2, mau aja dimadu. hidup udah susah dibikin tambah susah.

pusing ah, itulah pak jaf, wanita tu rumit ya.
*lho kok jd diskusi wanita ya :p*

7 12 2006
Zoul

Assalamualaikum….buat bapak-bapak dan ibu ibu semua….
Saya dari Malaysia… Saya juga mengagumi Aa Gym..seadanya… tapi diakan sudah berusaha menjadi sebaiknya… adakah dengan berkahwin lagi satu menjadikan dia seorang yg harus dipandang jelek? Adilkan kita untuk menilainya demikian… apapun sebabnya dia menikah lagi satu (nafsu atau atas dasar prihatin) tetap tidak dilarang dari segi agama… adakah tuhan tidak adil membenarkan lelaki menikah satu lagi? Saudaraku… kita mmg mudah menghukum… tapi kita mmg selalu sukar untuk menghargai kebaikan yg banyak dari kesilapan yg sedikit…

7 12 2006
Neng Indie

Maunya cuek .. tapi teteuppp aja kecewa boooo. Soal “software” itu looo yang benar2 mengecewakan. Jawabannya kok seperti bukan jawaban seorang ahli agama yang bijaksana. Jawaban dangkal sekedar mencari pembenaran …

Kapan tuh di TV, ada Pak Gym sama kedua istrinya. Istri2nya pake baju yang sama (seragam). Berdiri di belakang sang suami yang tersenyum lebar. Kok hatiku miris yaa. Susah dijabarkan dengan kata2 Yang jelas prihatin banget. Ohhh kaum-ku …

*hiks sedih*

7 12 2006
CL

hehehehehee,
sebenarnya sudah bisa diprediksi gejolak ltertarikan AA pada kemilau keduniawian.
Dimulai dari munculnya AA sebagai icon justifikasi pemerintah dalam menaikkan BBM. AA lebih pilih menyuarakan suara pemerintah daripada suara orang-orang biasa yang makin ga berdaya dibalik kemiskinan yang luar biasa.

Sekarang AA juga dihadapkan dua pilihan, dan ternyata dia lebih pilih setia pada syahwatnya dibanding setia pada kepercayaan yang telah dibebankan umatnya untuk menjadi figur yang ditoladani, dihormati.

Susah lah pokoke…
kalau ulama sudah melirik pada Harta dan Tahta, it’s just a matter of time that he will find other Wanita

7 12 2006
YANG PUNYA BLOG

neeya: Nggak mudah ya jadi panutan…

Kombor: Itulah. Saya tidak heran dengan reaksi masyarakat, termasuk saya yang sempat mangkel. Tapi saya lebih heran sama pemerintah yang selalu saja bersikap reaktif ketimbang pro aktif. Lucu aja ngeliat mereka sekarang ribut ngomongin kembali soal pp 10. Mungkin Bu Ani SBY takut kali. Soalnya SBY konon juga penggemar Aa Gym. Hehehehehe….

retno: baru aja tadi pagi ngobrol sama teman. Dia bilang tidak akan memaafkan bapaknya kalau kawin lagi kayak si Aa. Kasian ibu.. Hal sama selalu mengganggu saya: kenapa ya dalam kasus poligami, meskipun di halalkan, selalu saja wanita yang menjadi korban..?

Zoul: Alaikum salam, Zoul. Itulah manusia. Selalu punya harapan dan penafsiran sendiri yang sangat subjektif. Saye salut pada awak yang berusaha objektif dengan tidak mengagumi manusia secara berlebihan, walaupun itu seorang besar macam Aa Gym. Soal menikah lagi (poligamy), betul dia memang tak dilarang ugama. Tapi pasti karena sesuatu sebab dan keadaan dan semoga sahaja Aa punya alasan tersendiri yang mungkin tak kita pahami ya.. Senang dapat kawan dari Malaysia🙂 Boleh tau blog awak ke? Nak bersilaturahmi balik tapi tak tau kat mana..🙂

Neng Indie: Ya, saya lihat tayangan itu di tv. Entah kenapa saya kasihan kepada kedua istri beliau. Kasian lihat ekspresi keduanya yang kelihatan serba salah, kasian juga liat Aa Gym yang walau senyum, dimata saya kelihatan beliau menyimpan sesuatu masalah. Moga2 saja hidup mereka baik-baik saja..

CL: I like your last sentence.. kalau sudah melirik Harta dan Tahta, it’s just matter of time he will find Wanita… Phewww… Kalau boleh saya mau harta dan tahta nya aja deh. Soal wanita, meskipun saya merasa sebagai lelaki normal, tapi membayangkan keribetan beristri lebih dari satu saja boro-boro nafsu.. Saya sering membayangkan berada di posisi berharta dan bertahta, terus kemudian tergoda oleh hmm.. siapa ya.. ah.. Titi Kamal.. atau hmm.. Happy Salma.. hihihihi.. Tapi teteup aja ngeri… and for God’s sake, I hope I would feel the same forever… HAHAHAHA…

7 12 2006
wadehel

Saya juga punya dua cara dalam menyikapi aksi AA Gym ini:

Sikap pertama:
Berusaha memahami dan melihat dari sisi AA Gym, memahami bahwa poligami bisa menghasilkan banyak pahala dan membuat kita masuk surga. Bisa dibaca di Poligami supaya masuk surga.

Sikap kedua:
Berprasangka bahwa AA itu sebenarnya justru berusaha menyadarkan umat dengan cara yang tidak biasa.

Dengan kasus ini beliau berusaha menyadarkan bahwa, pemuka agama itu, bagaimanapun terlihat suci-sumuci, tetaplah masih manusia, tidak pantas dikultuskan, tidak pantas dianggap sebagai pewaris nabi, mereka tak lebih dari manusia biasa seperti kita.

Dengan kasus ini diharapkan umat mulai kritis, tidak lagi membebek buta pada para ulama, mulai belajar pakai otak dan hati dalam mendengarkan setiap dakwah mereka.

7 12 2006
Zoul

Assalamualaikum…buat Yang Punya Blog….
Terima kasih diatas niat saudara untuk bersilaturrahmi…. sebenarnya saya enggak punya blog …cuma kalau sudi..bisa saja antarin e-mel ke alamat saya… zoru1@yahoo.com…. Saya tertarik memberi komentar tentang isu ini kerana saya sering mendengar umat Islam kita yang asyik menentang poligami dan menganggap lelaki sebagai petualang cinta hinggakan hukum poligami dipertikaikan sehingga boleh menyebabkan kaum wanita seperti tidak redha dengan hukum allah tersebut… Itulah saya ajukan persoalan adakah kita menganggap Allah itu tidak adil? Sedarlah, Perbuatan mempertikaikan hukum Allah tersebut boleh membawa kepada gugurnya iman kita… Allah yang menjadikan kita… dan dia lebih tahu akan kebutuhan makhluk yg dia jadikan… kenapa kita harus berburuk sangka kpd Allah? Mungkin ramai yang terus-terusan mengata Aa Gym berkahwin kerana nafsu… adakah perbuatan kita menghukum beliau bukan terburu nafsu? Saya percaya ada hikmah disebalik apa yang beliau lakukan… Sebagai orang yg beriman ..kita mesti percaya tidak semua yg baik dipandangan mata kita adalah baik disisi Allah… begitulah sebaliknya…. Allah maha mengatur.. dan setiap aturannya adalah perfect dan sesuai mengikut Qada’ dan Qadarnya… dan itulah yg terjadi kepada perkahwinan Aa Gym dan Teteh… Apapun saya tetap menghormati beliau sebagai Ulama yang berkaliber… Mustahil ulama seperti beliau tidak melakukan solat Istikharah untuk melakukan tindakan yg besar seperti itu… akhir sekali.. bersihkanlah hati untuk menilai sesuatu… supaya tiada ruang untuk syaitan menuntun nafsu lalu membuat salah perhitungan…wassalam…

7 12 2006
AA GAMI

Menurut saya poligami sudah tidak jamannya lagi kecuali manusia-manusia yang tidak bisa menahan hawa nafsu. ‘Software’-nya sudah terserang virus sehingga kaum wanita terpedaya. Manajemen Syahwat-nya tida terkendali sehingga berbenturan dengan akal sehat. Namun kalau menurut AA Gym yang katanya software-nya memang begitu dan lagi ‘belajar(?)’ berpoligami ya itu hak dia. Toh dia juga manusia biasa. Teh Ninih menerima ya karena sudah pasti terpaksa, terbukti dengan kata-kata ‘meskipun berat’ dan katanya butuh waktu 5 tahun. Nah waktu 5 tahun cukup untuk mencuci otak dengan dalil-dalil agama, seiring dengan besarnya anak-anak dan melimpahnya harta akhirnya terima daripada menolak yang buntutnya bisa dicerai atau minimal dicuekin.
Perlu diingat bahwa yang namanya menikah tujuannya adalah juga untuk menghindari fitnah. Nah katanya menikahnya sudah 3 bulan yl setelah heboh dan tempatnya pun disembunyikan (tren artis masa kini). Itupun juga setelah dikejar-kejar wartawan. Apa bedanya dengan kiai sebelumnya yang suka sembunyi-sembunyi. Kalau nggak ketahuan publik mungkin bisa 2 tahun lagi mirip YZ vs ME. Ajaran apa ini kalau ternyata selalu mencari pembenaran? dimana letak konsistensinya?. Mudah-mudahan Teteh sabar ya…

7 12 2006
elia

buat aku pribadi semua manusia tanpa kecuali punya hak untuk menentukan hidupnya, disisi ini aku berfikir mungkin salah satu jihad teh ninih dan Aa untuk membuktikan salah sati syariat inslam yang banyak dipandang jelek, aku pribadi tak mau dipoligami, tapi untuk hal poligami aku berharap akan menggunakan aturan islam. Aa dan teteh aku berharap 2 tahun kedepan Allah akan membuktikan suatu kebenaran dari makna poligami dalam islam yang sesungguhnya. Semoga Allah menunjukan kekuasaannya, sabar yah,

7 12 2006
Ainur Rofiq

A’ yaaaaa gitu deh manusia….!!! moga aja dapat adil!

7 12 2006
maya abdullah

sebaik mana pun lelaki…sehebat mana pun suami, sewarak mana pun dia….namanya LELAKI.

lelaki warak, beriman,

diberi arak dia menolak
diajak berjudi dia tak sudi
diberi perempuan — dia kecundang.

Itulah lelaki. Fitrahnya begitu. Sudah ditetapkan oleh Allah begitu…
cuma kita yang enggan menerima kenyataan. seperti saya , sudah saya jangka akan berlakunya poligami itu, hati tidak menerima, akal dan fikiran perlu melihat kepada fitrah kejadian Allah swt, qada & qadar, … maka perlu lah….JAGA HATI.

8 12 2006
yanti

pak JaF, maksud saya bukan bisa berbagi lho.. tapi bisa membagi😀

8 12 2006
el

Alasan AA gym melakukan poligami adalah untuk melakukan kebaikan/menyantuni janda. Lalu aa gym dan pembela2nya berkata poligami LEBIH BAIK kok daripada ber zinah. Lha kenapa kita membandingkan dengan tolak ukur yang lebih RENDAH.. kok bandingin dengan tolak ukur yang lebih rendah?? kasarnya kita merendahkan diri kita, misalnya ke level binatang yang tidak bisa menahan nafsu seksual kepada yg lain SELAIN pasangan. Kenapa kita tidak mengukur ke tolak ukur /standard yang lebih TINGGI/BERMORAL sebagai wajarnya manusia. Lha kalo bisa SETIA dan BAHAGIA dgn satu istri kenapa mesti poligami? Saya kenal banyak orang islam yang sukses/mampu mempunyai keluarga lagi, tapi tetap SETIA, bisa menahan nafsu syawat nya terhadap perempuan2 cantik dan melakukan perbuatan mulia melalui cara2 lain, tidak perlu menyakiti ISTRI yang sudah mengabdi. Kalau memang aa gym bertujuan melakukan tugas mulia, kenapa tidak mengikuti cara nabi rasululah, mengawini janda2 korban perang, mungkin alasan aa gym bisa lebih masuk akal kalau dia mengawini janda2 korban LAPINDO.. daripada janda cantik bekas model, lulusan S1 dan sebenernya sudah mempunyai kehidupan yang mapan! (keponakan BJ Habibi dan sepupu Adrie Subono).Saya merasa kasihan sekali terhadap Teh Ninih, pengorbanan terhadap keluarga selama ini dibalas oleh AA dengan menambah ‘mainan’ baru ke dalam keluarga. Bisa-bisa kedua istrinya diajak ‘threesome’ oleh AA.

8 12 2006
Fitra

Aiihhh postingan ini jadi rame sekali…serame topik yang sedang dibahas…yaahhh kita lihat saja kehidupan Aa 2 or 3 thn ke depan, bila kehidupan RT nya menjadi tambah barokah dan sakinah, mungkin bisa dijadikan panutan cara berpoligami yang baik (tapi teteup, saya sbg wanita bila tertimpa masalah ini bakal menjadi sebuah perjuangan hati yang sangat besar!!), bila tidak mungkin banyak orang yang telah salah persepsi dengan figur si AA yang selama ini idolakan….

8 12 2006
dini

om jaf, imho nih yaa poligami kan ketentuan dari Allah, jadi seperti hukum2 yg laen, Intinya, poligami adalah ketentuan yang sudah ditetapkan oleh Allah SWT dan disampaikan oleh Rasulnya. Ijma 4 Mashab besar juga tidak mempertentangkan hal ini.
Poligami, hukum waris, hukum potong tangan, hukum rajam dll, telah dijadikan pihak luar untuk menjauhkan umat Islam dari Al-Qur’an. Ini dijadikan sumber2 penelitian sehingga umat Islam akan ragu2 dengan Kitabnya. Cara2 ini yang digunakan pihak lain untuk menghancurkan Islam, yaitu jauhkan mereka dari Al-Qur’an. Dan akan mereka katakan adanya ketidakadilan, tidak manusiawi, melanggar HAM dll.
Saran saya, STOP memberikan interpretasi tentang ketentuan Allah apabila kita tidak mengerti ilmunya(seperti saya).

Janganlah melecehkan ketentuan dari Allah, karena sesungguhnya hanya Allah yang tahu dari hikmah dari ketentuanNya. …ini imho…imhooo

8 12 2006
Mr. X

Semoga A’a Gym Berdakwah tidak untuk cari nama,
Semoga A’a Gym Berdakwah tidak berharap dikagumi,
Semoga A’a Gym Berdakwah tidak berharap disenangi orang banyak,
Semoga A’a Gym Bersikap tidak berharap diikuti orang,
Semoga A’a Gym Menikah tidak untuk menyalurkan nafsu,
Semoga A’a Gym Membangun keluarga tidak berharap dicontoh orang,
Semoga A’a Gym Menikah lagi tidak untuk kepuasan nafsu,
Semoga A’a Gym Meniti kehidupan setelah menikah lagi tidak untuk membuktikan kata-katanya.
Semoga semuanya tadi hanya karena Allah S.W.T.
biarlah Allah yang memberikan penilaian, karena penilaian manusia pasti sangat beragam
biarlah Allah yang mebuktikan niat dan perkataan A’a Gym…

Semoga Allah melimpahkan kesabaran atas ujian yang luar biasa beratnya bagi A’a Gym dan Keluarganya.

Semoga Allah memberikan kita kemampuan berfikir positif menyikapi permasalahan ini.

8 12 2006
S.E.N.S.O.R !
8 12 2006
tengku aziz

Pak AA Gym, lain kali ka Singapura, saya akan kenalkan dengan nenek saya,sa orang jand anak 10, sedang mencari suami, dia saorang yang susah, dan your secret admire, kan baru dua, boleh lagi dua.

8 12 2006
zulkiflee

jadi satiap kali ustaz beri ceramah, hati dan mata ustaz scan pada wanita2 cantik, adakah itu haram hukom nya ustaz, saya ingin tahu, harap jawab melalui email yang saya sertakan.

8 12 2006
lina

I will always attend you classes from now, if I’m lucky you will take me as your 3rd wife, insah allah. as I’m very beautiful, widow with 5 children.

8 12 2006
alimah

tiada wanita yang rela di madu, adakah teh ninih betol2 iklas membenarkan aa kahwin lagi. kasehan anak2 yang tujoh itu, kerana nafsu anak menderita?

8 12 2006
dedy

Yah Kawin dan kawin aja trus (tentu saja dengan cewek yang cantik, muda, bahenol n mountok, he he… ) mumpung masih kaya, masih relatif muda, masih kuat untuk menggapai “Surga Dunia” kayak syairnya Bang Roma Irama.

8 12 2006
Amier

SETUJU BUNG !!! Kawin aja truss, kalau bicara “ADIL” itu khan relatif tapi kalau secara matematisnya mungkin bisa seperti ini :
Jatah Istri pertama = 20%, Istri Kedua = 80%.
Selanjutnya kalo kawinlagi (punya Istri ke-3) porsi nya menjadi :
Istri Pertama = 10%, Istri Kedua = 30%, Istri ketiga = 60%.
CUKUP ADIL khan ,….??

8 12 2006
hage

Ada satu ungkapan “Telunjuk bisa menunjukkan bulan, tapi telunjuk belum tentu seperti bulan”, seorang ulama bisa mensyiarkan bagaimana berbuat baik, tapi belum tentu dia bisa menjalankannya, hapuslah pemikiran bahwa apa yang diucapkan AA Gym (Syiarnya selama ini tentang keluarga sakinah) akan sama seperti apa yang dilakukannya.
Berhentilah untuk mengagumi seseorang secara berlebihan, termasuk kepada AA Gym, hiduplah dengan syiar yang diucapkan AA Gym, jangan pernah berfikir tentang apa yang dilakukannya.
Kecewa terhadap AA Gym adalah wajar, tapi jangan pernah kecewa terhahap agama Allah, karena itu tuntunan hidup kita, wassalam

8 12 2006
eribas

Kata Aa,”Orang bilang saya sedang membuat istri saya menderita, padahal tidak”. Dengan keadaan ini teh Ninih bisa mendapatkan surga, lebih mendekatkan diri kepada Allah. Jadi dia dong yang memberi kesempatan teh Ninih masuk surga. Karena “siksanya” ternyata manjur membuat istrinya masuk surga. Koq, dia tambah arogan ya, memang ada jaminannya si Teteh masuk surga dengan sudah ngijinkan suami kawin lagi. Apa si Aa itu Tuhan, sehingga merasa berjasa telah menyebabkan istrinya lebih dekat dengan Tuhan.
Si istri dekat dengan Tuhan adalah karena usaha sendiri dalam mengalahkan ego dan mengatasi kesedihannya. Itu murni usaha dia, bukan usaha si kiyai.

Dilain kesempatan si Aa mengajak istri untuk mengatakan bahwa hidup dimadu itu enak, madunya cantik lagi. Sayang sekali dia menjadi salah tingkah dikejar media. Sehingga setiap jawaban dia dan istrinya jelas jelas “fake”, palsu.

8 12 2006
abu fafa

Apa yang diberikan rasulmu ambillah, apa yang dilarang jauhilah
Memang kebanyakan lelaki setuju poligami dan kebanyakan wanita tak setuju poligami.
Tapi yang perlu disadari bahwa itu dibolehkan dalam islam.
kalau kita iman pada sebagian ajaran dan mengingkari sebagian yang lainnya, jangan jangan kita belum termasuk orang yang beriman…
bisikan setan memang sangat halus. berawal dari poligami, lalu kita jadi tidak respek (atau membenci) pada ulama. akhirnya tak lagi suka pada ajaran agama, bahkan mungkin mengidolakan yang lainn seperti aktor atau aktris atau pemain bola atau atlit lainnya, yang mana ia adalah ia orang kafir.
sehingga kita lebih senang pada orang kafir. bahkan mungkin akan meniru tingkah laku dan sikapnya.
hati hatilah, bisikan setan memang halus. memperdaya kita dengan cara yang sangat pelan sekali sehingga kita tak merasa.
semoga kita bisa meyakini ajaran agama dan terhindar dari bisikan bisikan setan.

8 12 2006
anisa

dalam wawancara dengan press aa kata bapak2 jangan buat saperti apa yang dia lakukan(kahwin lagi), apa aa fikir aa malaikat, bapak2 disana setan jalanan

8 12 2006
afidah

kita tak boleh salahkan aa untok kahwin lagi, mungkin teh ninih tidak mahu melayannya lagi dengan alasan anak sudah tujoh, apa mahu lagi???? kiyai pun manusia biasa, nafsu maseh kuat, lagi2 kiyai maseh muda boleh ada anak lagi sapuloh. I’m your great admire, jumpa di singapura.

9 12 2006
awang rashid

aa memang pandai menggunakan bahasa yang mendalam dalam ceramah nya, hingga ramai yang terpedaya, tapi keyataan nya masuk angin keluar asap,
dalam ajaran Islam ada di nyatakan pada suatu ketika nanti ramai yang bijak pandai dalam bahasa, memutar belit kan ajaran Islam untok kepentingan diri sendiri,
saperti wawancara aa dengan press, ada saja jawapan yang di berikan, semus adalah untok kepentingan diri sendiri dengan alasan yang membodoh bodoh kam umat Islam dan juga saperti kami pengikut2 aa.
kawin lagi itu hak aa, tapi hentikan omong2 yang memperbodohkan umat Islam,
gulong tikar balik kampong.
dari brunei

http://www.hariansib.com/content/view/18467/9/

9 12 2006
yanto

itu perkara biasa untok pasangan pengantin baru turun sampai 3 kg berat badan dan berjerawat, aa jangan risau, kan maseh dalam bulan madu, kerja lebeh masa, tapi jangan lupa tanggong jawab untok teh ninih mesti kena kerja lebeh masa juga—— itu nama nya suami yang adil

9 12 2006
michael

aa second married the minister been called for a meeting
aa third marry all cabinet minister will be call for a meeting
aa forth marry they will be a change of goverment

that how aa have successfully influenced and will influence the Islamic community

9 12 2006
anak jalanan

untok taat pada aa, teh ninih terpaksa berpura2 restui apa kehendak sang suami, kuatkan iman teh ninih, saya juga saperti teh di madu, mangsa kebuasan lelaki, bila sudah tak enak ada saja yang di perbesar2kan, keluarlah ayat2 itu ayat2 ini yang membenarkan berpolagamy. tapi bila maseh panas2 dulu tidak pernah di persoalkan, pangkal nya aa hanya pentingkan hawa nafsu nya aja, kalau benar2 mahu menolong janda2 yang susah dan miskin saperti yang di ajarkan dalam Islam, ramai dijalanan di kota jakarta.
memang satelah di madu ramai yang lebeh dekat pada Allah, tapi bukan shukor kerana di madu tetapi takut di ceraikan.
aa cuba analisa ayat ini, SHUKOR dan TAKUT
satelah itu ingat kembali pada alasan2 yang aa berikan di pertemuan dengan press itu(serta cerita anak murid aa)

9 12 2006
althix

Bgmana bisa dikatakan adil ?
Jika Teh Ninih menyediakan 100% waktunya, tenaganya, pikirannya hanya untuk Aa Gym seorang.
Sementara Aa hanya memberikan 50% waktu, tenaga dan pikirannya untuk Teh Ninih.

Anak TK juga tau kalo angka 100% tidak sama dengan 50%.

Dan yang paling mengecewakan, apa dilakukan Aa Gym seakan membenarkan karikatur yang digambarkan oleh orang-orang Denmark!

9 12 2006
ais

yah…kecewa mah boleh…boleh banget..
Tapi kalo melarang? artinya kita melarang salah satu hal yang di halalkan allah.
Mungkin ini semacam sebuah curahan dan belaian lembut allaih pada kita semua.
Bahwa A”a gym juga manusia …..manusia yang jauh dari sosok sempurna.
Karena kemahasempurnaan hanya milik Alloh.
Di sini kita di beri pilihan kan…
Boleh….menjadikan Aa idola…..panutan…tapi ingat JUGA KETERbatasannya……
Salut ke teh ninih.
Tak semua wanita zaman sekarang yang mampu mengambil keputusan merelakan suami poligami
Karena, kita2 ini hanya wanita akhir zaman…….
Tapi jujur…
Saya juga sedikit kecewa seh

9 12 2006
saerah

kiyai aa gym, sabagai saorang yang dimadu, saya dapat rasakan bertapa deritanya teteh ninih dan anak2 kiyai sekarang ini, apa lagi dari cemoh2an saperti yang di beri oleh puan lina dan puan afidah di atas, ia nya tidak mudah di lupakan saperti nightmare,
perasaan anak2 akan sentiasa terganggu dengan cemohan anak2 sadarjah.
memang dibenarkan berpolagamy, –suami berbulan madu, isteri menderita, anak2 menangis tanpa ayer mata- bolehkah?ke adilan diberi untok anak2
SUAMI KURANG 3kg KERANA KA ENAKAN
ISTERI DAN ANAK2 KURANG 3kg KERANA MENDERITA

adakah itu adil dinamakan

9 12 2006
dewi

Setiap hari baca berita, alasannya berbeda-beda :
Hari 1, Untuk menunjukkan pada masyarakat bahwa poligami itu tidak dilarang, dan mengurangi anggapan buruk masyarakat bahwa isteri kedua itu adalah perebut suami orang (oh cuma mau buktiin itu…… he … he…)
Hari 2, Poligami adalah pilihan yg lebih baik daripada berzinah (lha…. kenapa mikir zinah… kan dah ada istri yang halal didatangi kalau ada tuntutan pribadi)
Hari 3, Ini keputusan yang terbaik dari Allah krn untuk mengambil keputusan ini sudah shalat istikharoh berkali-kali (….-_-)
Hari 4, Untuk menguji tingkat keimanan dari tek Ninih, termasuk keikhlasannya (baru tahu kalo ‘cara nguji’nya itu harus dengan kawin lagi)
Hari 5, Ini adalah karena Aa ingin teh Ninih jadi bidadari di surga (ee….. kok makin canggih aja ya alasannya…….)
Hari s6, 7, dan selanjutnya kalau ada yang nanya lagi, kira-kira alasan apa lagi ya…? kayanya harus ngumpulin dulu dalil-dalil pembenaran deh….
Mudah-mudahan ‘dia’ gak makin terpuruk ya …….

9 12 2006
oky

Aku kecewa bgt😦

9 12 2006
Denis

Waduh macam betul aja. Org kawin lagi aja kok repot. Kan memang ada di Al Quran. Aku mandangnya nampaknya ada yg mau menjelek-jelekkan Islam dengan isu yg seperti ini. Kalo aku sih nganggap poligami itu boleh tapi nggak serta merta dianjurkan. Terbukti dengan adanya syarat2 tertentu. Lagian normal aja sih kalo istri nggak mau dimadu itu normal. Tapi laki-laki mau lebih itu juga normal.

Secara fisiologis laki-laki tetap fertil sampai usia tua. Nah kalo wanita sampai umur 40 udah menopause. Kerja hormon2 nya; metabolismenya akan menurun. Misalnya payudara mengendur karena kekurangan Estrogen, Osteoporosis, kelenturan alat kelamin juga semakin menurun. Nah kan susah!

Lagian org semua menganggap ketidakadilan atas perempuan kalo dipoligami. Ada nggak yg mikir itu juga tidak adil bagi laki-laki yg “libido”nya ada utk cuma berpasangan dengan 1 wanita saja. Karena secara fisiologis laki-laki pasti minta lebih. Cuma pande2 dia aja utk mengatasinya. Yah salah 1 nya dengan poligami. Ata masturbasi mungkin?

Menurut saya itulah gunanya lembaga perkawinan utk menjadi jembatan atas perbedaan itu. Kompromi antar pasangan. Lah soalnya salah suaminya juga org istrinya beli make up aja kena marah, bgmana mau mak nyo………s! Hehe|!

Sori mayori kalo ada yg tersinggung

Wassalam

10 12 2006
zuki

Waktu dengar ini, saya hanya berani ngomong pendapat saya ke istri. Selebihnya disimpan di hati saja …🙂

10 12 2006
pak kadir

pak denis, ini bukan menjelek jelekkan Islam, ini comments untok pak kiayi yang ceramah nya meninggi gunong, yang suka menggunakan bahasa yang dapat mengpenggarohi masharakat ramai dan suatu pelajaran untok pengikutnya bahawa contoh yang pak kiayi selalu berikan tentang kebahagian rumah tangga pak kiayi ini adalah dusta selama ini.
what is a deal if pak kiayi sudah kahwin lebeh dari 17 tahun dengan ibu teteh, ada pasangan lain yang sudah kahwin lebeh lama dari itu– dan bahagia dengan satu itu juga ( pak kiayi suka tanya ibu teteh tentang lama nya mereka telah berumah tangga dalam ranchangan tv nya).

10 12 2006
pak sudirman

aa gym is a bussinessman not a kiayi, jadi millionaire, new beautiful wife, a couple of company– that is what he is after??????? how much he made in one ceramah ( we can see in vedeo, pak kiayi worker do the collection during the ceramah). lebeh lagi cukop untok kahwin lagi dua isteri.

10 12 2006
titeik

pak kiayi kenapa “berahsia tiga bulan” satelah kahwin lagi, adakah itu ajaran Islam yang sebenar? dalam pejumpaan dengan press pak kiayi kata akan beritahu dengan detail mengenai perkahwinan pak kiayi itu, kenapa sekarang tidak boleh,
? adakah sudah habis idea, jangan tunggu lama2 sampai sudah basi.

11 12 2006
tia

Manusia memang bukan makhluk monogami kok. Itu sebabnya kita bisa ganti pacar, jatuh cinta berkali-kali, gagal dan berhasil, lalu memutuskan utk menikahi seseorang.

Mengharuskan monogami mungkin memang mengingkari kemanusiaan.

Tapi saya percaya, sebagai manusia kita punya hati nurani. Satu penunjuk jalan yang paling sederhana dan ada di dalam kita sendiri. Bukankah hati nurani yang selalu guide kita untuk menjadi penyayang dengan tulus hati (bukan karena bangga, bukan karena diharuskan agama atau negara), yang membuat kita jadi nggak tega untuk menyakiti orang2 yang sangat kita cintai?

Hati nurani saja sebenarnya sudah cukup untuk tidak membuat orang berpikir untuk kawin lagi (meski boleh), berselingkuh (meski nggak ketahuan), atau bercerai (meski halal,tapi dibenci) atau melakukan kekerasan dalam rumah tangga.

12 12 2006
mela

kecewa si… cuma… apa lantas gara-gara dia poligami isi ceramahnya dia juga jadi ga bener… ga juga de kayaknya… kayaknya kita masih bisa mikir mana isi ceramah dia yang bener mana yang ga bener… lagian toh juga dia ga melakukan sesuatu yang dilarang ko…

12 12 2006
PAK SAMSUL

pak kiayi aa gym buat collection samasa ceramah yand dapat di lihat di vedio2 dan television, ada bayar pajak tak?
jangan buat duit lebeh tapi lupa bayar pajak, tapi gunakan untok kawin lagi.
BAPAK PRESIDEN MESTI PERIKSA ITU.

PAK KIYAI, ITU KUWAJIPAN UNTOK NEGARA???????????

13 12 2006
Siska

Pertama denger … wah sayang bgt kenapa Aa Gym menikah lagi??
(… knapa gak ama sy .. hahaha .. pasti ada juga yg mikir kyk gitu)
Selanjutnya … yah sudahlah itu kan urusannya Aa Gym dan Teh Ninih, dan KATANYA sang istri sendiri sudah mengijinkan dan juga sudah dibicarakan sejak 5 tahun sebelumnya.

Keesokan harinya …. HAH!? Pemerintah akan melarang poligami???
Halah!!! Kok jadi panjang nih urusannya??
Gimana kalo ada laki2 yg mo menikah lagi krn istrinya gak bisa kasih keturunan tapi dia juga gak mau menceraikan istrinya itu karena masih saling cinta?? Sementara sang istri sendiri juga sudah kasih ijin suaminya nikah lagi??
Mo dilarang juga???

Besoknya lagi … ada para Ibu penggemar Aa Gym merobek2 kumpulan gambar Aa Gym, membuang kaset2 ceramahnya ….
Yah .. kok si Ibu itu kyk anak muda aja .. nyimpen2 gbr Aa Gym segala
Terlalu mengidolakan seseorang kan juga gak baik.

Aa Gym juga manusia …
dan sekarang semua orang baru sadar ttg itu …
walaupun dg cara yg gak mengenakkan hati

13 12 2006
YANG PUNYA BLOG :)

Masya Allah.. Banyak bener sampe pusing bacanya.. hehe.. Maaf baru bisa nimbrung karena baru pulang dari Aceh.. Well let’s see gimana cara balasnya😉 Yang jelas menarik banget karena saya dapat jawaban dari berbagai persepsi dan secara pribadi jadi tercerahkan. Maklum selama ini saya harus mengaku sebagai pihak yang langsung emosi tanpa melihat masalah. Toh ijinkan saya pribadi untuk tetap ada pada posisi yang tidak terlalu sepakat dengan poligami kendati walau bagaimanapun dia diizinkan dalam agama. Saat ngetik balasan ini saya sedang nonton diskusi di SCTV yang membahas tentang poligami. Ada satu persepsi yang membuat saya sempat ‘mendidih’ yakni bahwa poligami itu adalah berkah bagi perempuan. What the… Tapi itulah indahnya persepsi. Namun tentu pro dan kontra buat saya justru memperkaya pemahaman.. hehe.. Terimakasih banyak.. Semoga bermanfaat seperti halnya saya yang juga mendapatkan manfaatnya..

Buat Zulkiflee, waduh maaf, saya bukan Aa Gym.. Saya juga cuma penggemar beliau, bang..

13 12 2006
YANG PUNYA BLOG LAGI.. :)

Oya, mohon maaf karena ada komen yang harus saya hapus, semata karena tidak ada hubungannya dengan ‘diskusi’ disini😉

24 12 2006
Mbah keman

Wancinyo wes GORO2…

sederhana poligami itu..
Tanyakan Hati
Tanyakan IStri
Tanyakan Ilahi

tit Kolo mongso…

27 12 2006
epik_vertex

waduuhh…nyuwun sewu…
saya baru pertama disini n lgs tertarik sama tulisan satu ni coz komennya buuuaaannnyyyaaaakkk buangeetttt !!!
n banyyyaaakkk yang intinya kecewa ma Aa’, gak setuju ma poligami de el el…
yaaahhh cuman mo posting aza, mungkin bahasanya gak jurnalis2 bgt coz aq anak FK jadi nol putul about jurnalisme he..he.. :p
Jadi begini.. (ehm…)
kecewa sama Aa’ ?
seorang teman pernah menulis kepada saya
“Jangan BERHARAP pada MANUSIA tapi BERHARAPLAH pada ALLAH SWT maka kau TIDAK AKAN KECEWA”
begituuuuuu…
jadi kalo’ seneng sama sesuatu yang sifatnya fana yaa…. jgn dikasih 100% tempat dihati kita… 60% cukup…
COZ Aa’ hanya seorang MANUSIA…

Ga setuju ma poligami????
waduh… yang ini mah kebablasen…
mau setuju ato gak, satu YANG PASTI bahwa PoLiGamI adalah salah satu SYARIAT ALLAH, jadi mau terima gak terima yaaa terserah elu gituuuu…
Sebagai cewek, yaaahhh sapa yang rela kalo suaminya NOT ONLY 4 ME ???
Tapiiii… saya pernah membaca suatu tulisan…
Intinya sih…
cewek:cowok = 4:1
naaahhh kalo qta ngotot 1-1, 3 cwk yang lain mo dikemanain????
iya kalo qta termasuk 1 yang punya suami, kalo termasuk yang 3 gimana???
Kaciaannnn deh qta… T_T
naaahhhh BUKANKAH SATU-SATUNYA PENYELESAI MASALAH HANYALAH SYARIAT POLIGAMI????
ya maaf kalo tulisan ni menyinggung
hanya saja saya mo ngingetin lagi kali aja ada yang lupa ma itu…

Kalo’ saya ditanyain mau gak dipoligami? yang pasti saya akan jawab
” Alasan Aa’ apa?”
so kalo’ sesuai syariat yaaaa monggo… (tapi mungkin saya perlu waktu untuk sendiri.. he…he…he…)

Demikian…

n_n

3 01 2007
rahim

tak malu

12 01 2007
bobbycahyono

kalo sayah sih ga peduli aa’ gym poligami lagi…
toh itu dibolehkan oleh agama
lagian status seorangnya sebagai seorang ulama kan gak lantas mengharamkan aa’ utk berpoligami…

apa boleh buat
dunia emang semakin tua….
justru kita harus merenung..
apa sebenarnya hikmah dibalik semua ini
karena disaat yang bersamaan ada dua kejadian

kejadian yang pertama adalah poligaminya aa’ gym
kejadian yang kedua adalah tersebarnya video zinah anggota dpr…
hmm
merenung yuk

18 01 2007
kakilangit

JANGAN BANYAK OMONG TENTANG POLIGAMI DEH, kalo loe pada masih menganggap sex bebas, hamil diluar nikah, dsb sebagi sesuatu yang wajar.
rubah noh para birokrat bejat yang nyata2 merusak nama bangsa dari pada hrus mengkritisi rumah tangga orang yang (mungkin) lebih sakinah dari keluarga kita.
jangan cuma ngliat dari udel loe aja.

18 01 2007
25 01 2007
ali

jagalah istri jangan kau sakiti
jagalah istri lentera hidup ini
jagalah suami jangan kau sakiti
ikhlaskan suami bila ingin poligami!!!!

2 02 2007
adhit

saya mah netral

mau poligami silahkan

mau poliadri silahkan

hak nya masing2

karepmu

10 02 2007
Renee

Assalamualaikummm…..

Waktu saya dngr berita ini dr mum in indo, saya nda percaya klo aa gmy nikah lg dan bnyk orng yg menghardik. Klo menurut saya kenapa ribut2 soal aa yg kawin lg sampai ada yg musuhan antar tetangga? biar aja aa nikah lg HALAL kok??? saya setuju dng apa yg kakilangit katakan, jadi lebih baik berkaca pada diri sendiri Apakah kita sudah benar??? menilai orang memang mudah, tapi menilai diri sendiri??????? Jangan hati kita di rasuk syetannnn……… Wassalam

1 03 2007
Afandi

Waduh kok saya ngeliatnya rada beda banget Ya,
Nyang komentar ini dah pada dimadu, ngemadu, ato mandi madu belum..?
Kalo belum kayanya arus di coba dulu deh baru bisa komment, soale sebagai penggemar yang tetep setia ama aa’ ane mo bilang
satu hal,
Kita poli gami juga Yuuuuk ?

19 03 2007
muslimah

assalamu’alaikum wr wb.
Saya hanya memberi nasehat karena itu wajib sebagai saudara.
Marilah kita telaah:
Yang perlu diingat bahwa “poligami” itu dibolehkan oleh ALLAH SWT. segala sesuatu tergantung niat, insyaALLAH aa’gym punya alasan yg syar’i dan dengan pertimbangan yg baik, bukan karena nafsu semata sehingga berpoligami.
Allah SWT menetapkan hukum sesuatu tentu karena ALLAH SWT lah yg maha tau apa yg baik untuk hambaNYA. Kita sebagai manusia boleh berpendapat tetapi ingatlah jangan “menghakimi” seolah-olah poligami adalah buruk. kadangkala dalam memandang sesuatu hal, kita tidak boleh mengedepankan ego kita semata, ego perlu dikontrol dengan IMAN.

saudaraku, dalam menyikapi sesuatu, nafsu tidak dkedepankan, dengan mengendalikan nafsu,kita memiliki jalan berfikir yg lebih cemerlang, tdk hanya melihat segi negatif…tanpa melihat hal positif.

Saudaraku, Wanita yg baik(sholehah),tau agama, insyaALLAH bisa menerima poligami dan bukankah balasan dari ALLAH SWT di akherat adalah lebih mulia..?? apa yg kita kejar..? cinta duniakah..atau cinta akan kehidupan yg kekal diakherat kelak.Banyak yg bahagia dalam keluarga yg orangtuanya berpoligami, apalagi itu lebih syar’i dan halal, dibandingkan dengan berzina yg menimbulkan dosa, hina di dunia dan akherat. na’udzubillah.

so… saudara2 ku seiman. timbulnya perkara bahwa dengan poligami (yg sesuai islam..red) wanita menjadi terlantar, terhina dan terpuruk martabatnya adalah tidak benar. lelaki yg sholeh tentu tau bagaimana kewajibannya dlm hal poligami. Yg jadi permasalahannya adalah individu2 manusia itu sendiri..sudah beriman kah? sudah menjadi muslim yg baik kah?….

So…bukan poligami yg salah…bila terjadi pelecehan wanita. wallahu’alam.

20 05 2007
Ritonga

Asswwrwb,

AAgym kawin lagi itukan nasib dia …….berbahagialah yang tidak punya nasib kayak AAgym…….

19 07 2007
andrew

Kalau mau menolong TIDAK PERLU DIKAWINI,kalau pakai DiKAWININ dengan alasan apapun itu ada unsur NAFSU,kata endang Aa Gym melakukan PEMBENARAN itu sesuai dengan isi Kitab Sucinya .Jadi tidak salah Aa Gym menikah lagi kan sesuai dengan ajarannya.Dah jangan dipusingin itu hak Aa Gym.

13 09 2007
punks

bagi yang membenci aagym berpoligami maka dia adalah pembangkang terhadap sunah rosululloh, andaikan saja kita hidup di jaman rosululloh mungkin apakah anda akan membenci rosululloh yang berpoligami? mungkin ungkin kita akan membenci dan tidakakan mau ikut ajarannya. kenapa kita selalu mempersoalkan yang diperboleh kanoleh agama. kenapa kita tidakmengecam tindakan yahya zaeni yang menggunakan uang rakyat hanya untukberzina yang jelas dilarang agama.

15 09 2007
301276

enak mak nyos kawin lagi AA, masak pengin sayur asem terus ya sekali – kali sayur lodeh atau sop gitu loh..met ya AA

27 10 2007
aa aji

memang dosa mengharamkan sesuatu yang halal…

gym…anda telah terperangkap masuk dalam rungan yang berbau terlalu lama..
hinggal tidak lagi mencium bau netral di alam bebas…ya..itulah manusia..

kembali jagalah hati diri sendiri…jagalah hati anak istri…yah untuk umat??
pegang aja ceramah2 aa gym yang dulu….( jangan ingat udah ke 2)

mohon maaf atas kesalahan ….malum aja kayak hati kami ku gym

4 01 2008
utong

islam mengijinkan poligami untuk menghormati dan menjaga kehormatan perempuan. perempuan di angkat derajatnya karena statusnya jelas bahwa dy istri bapak X.
coba tengok di dunia western sana yg menganut 1 istri ampe maut menjemput tp selingkuh and ‘jajan’ dimana mana! ato para bapak pejabat indonesia yg doyan menyimpan wanita sebagai ‘istri simpanan’.

20 03 2008
annisa pohan

http://groups.yahoo.com/group/khilafah/message/1589

Melihat makin ramainya di milis ini yang membahas mengenai poligami, yang diilhami oleh pernikahan kedua Aa Gym, saya tergelitik untuk berbagi mengenai sikap Aa Gym saat berita ini pertama muncul di media yang belum terekspose media.

Sebenarnya, kabar pernikahan kedua Aa Gym di kalangan wartawan Bandung telah tersebar sejak bulan puasa lalu. Namun selain karena memang masih belum mendapat informasi yang akurat, ada juga temen yang menganggap bahwa hal itu tidak perlu disebarluaskan. Namun tidak sedikit juga temen wartawan (khususnya media lokal) yang sudah patah semangat, karena dipikir berita ini tidak mungkin turun di media mereka mengingat kedekatan ulama kondang ini dengan para petinggi media. Saya sendiri termasuk malas memberitakan hal yang berhubungan dengan ulama itu.

Namun pada 30 November lalu, semua berubah. Saya yang kebetulan bekerja di media online, ditelepon oleh wapemred dan menanyakan kabar mengenai pernikahan kedua Aa Gym ini. Dia sedikit kaget dan juga kecewa ketika saya katakan sudah mengetahuinya jauh-jauh hari. Pada
hari itu juga saya diminta menelurusi kasus ini.

Beruntunglah siang itu juga ada narasumber yang mau membeo tentang pernikahan kedua aa gym ini. Namun dia meminta identitasnya tidak disebutkan. Karena dia menyebut salah satu ulama di Bandung yaitu Miftah Faridl terkait dalam kasus ini, saya pun langsung menghubunginya melalui telepon.

Setelah berbicara dengan beberapa rekan, mereka menilai laporan ini sudah bisa turun. Akhirnya berita pertama tentang pernikahan Aa Gym dengan judul “Aa Gym menikah, ucapan selamat mengalir” turun siang itu.

Setelah itu saya pergi ke komplek DT yang berada di Gerlong untuk mencari kediaman rumah Rini, istri kedua aa Gym. Berbekal dengan alamat yang berikan oleh sumber saya itu, akhirnya rumah istri kedua aa gym pun saya temukan. Ketika saya datang (Saat itu saya sendirian
karena temen2 wartawan lain masih belum berminat ikut isu ini), seorang laki-laki paruh baya sedang duduk di teras rumah.

Setelah menunggu hampir 20 menit, akhirnya Rini muncul juga. Pertama saat dia keluar, saya kaget juga dan mengagumi kecantikannya. Ketika saya mencoba basa basi, dia langsung memotong dan mengatakan bahwa dirinya tahu kalau saya akan konfirmasi mengenai berita yang turun di detikcom. Namun meski dibujuk dengan perkataan yang saya rasa tidak
kasar, dia menolak memberi keterangan.

“Coba hubungi humas DT dan aa saja langsung, mereka sudah menunggu,” ujar Rini.
Melihat gelagatnya dan mendengar apa yang dia sampaikan, saya yakin kalau perempuan berkerudung pink ini benar ada hubunganya dengan aa gym. Saya melaporkan ke kantor sekitar pukul 16.00, namun untuk benar-benar memastikan kebenaran ini, saya dan jakarta bersepakat
tidak akan diturunkan dulu sebelum mendapat konfirmasi dari aa gym atau humas DT.
Ingat perkataan Rini, jika kedatangan saya ditunggu Aa Gym.

Terus terang, saya agak khawatir juga jika harus sendirian. Saya pikir meskipun berita ini benar, Aa Gym pasti akan marah besar pada saya. Apalagi jika berita ini salah. (Tp saat itu saya yakin isu ini benar dan Alhamdulillah ternyata memang benar🙂 ). Akhirnya saya memutuskan
untuk menelepon teman.

Beruntunglah ternyata teman wartawan Tribun Jabar juga disuruh follow up kasus ini oleh kantornya. Akhirnya kami berdua bersepakat untuk mendatangi aa gym bersama-sama. Ketika kami sampai ke kediamannya, ajudannya mengatakan bahwa aa gym sedang rapat dan kami
disuruh menunggu. Setelah menunggu hampir sejam, ajudan itu kembali bilang bahwa kami harus menghubungi humas DT karena semua diserahkan kepada Humas.

Dari humas kami mendapat informasi jika sore itu aa tidak bisa memberi keterangan karena mempersiapkan pengajian. Humas itu juga mengaku, jika rapat yg tadi berlangsung adalah membahas berita yang turun di detik. Dia juga mengatakan aa akan mencari waktu yang tepat
untuk berbicara kepada media. Terus terang kami tidak puas, akhirnya kami memutuskan untuk menunggu aa hingga pengajian selesai digelar yaitu pukul 21.00.

Saat menunggu, saya mendapat kabar jika kawan dari tribun (bukan yg sedang bersama saya) telah mendapatkan konfirmasi dari adik kandung aa gym yang membenarkan adanya pernikahan kedua aa gym ini. Kami makin semangat untuk meminta konfirmasi dari aa gym.
Sekitar pukul 21.10, aa akhirnya keluar dari masjid dengan mengenakan sepeda listrik dengan diikuti beberapa ajudan yang berlarian di belakangnya. Serta tatapan ribuan kekaguman dari jamaah.

Lantas setengah berlari saya dekati aa dan langsung memperkenalkan diri serta meminta waktu. Di luar dugaan saya, aa mengangguk dan melambaikan tangan ke arah kami agar mendekat.
Tepat di parkiran depan rumahnya, dengan posisi aa yang masih duduk di sepeda dan kami berdua berdiri di hadapannya, Aa “menceramahi” kami berdua.

Puluhan jamaah yang akan mendekat untuk meminta difoto dengan aa diminta untuk mundur dahulu. Setelah sekitar 10 menit, kemudian aa berfoto dulu dengan penggemarnya lalu kemudian memanggil lagi kami berdua di teras rumahnya. Sekitar 40 menit kami diceramahi.

Dengan suara pelan namun penuh penekanan dia mulai berbicara : (Saya lupa tidak menyalakan rekaman saya karena dia bilang off the record. Namun itu disayangkan oleh teman2. Menurutnya minimal mereka bisa mendengar langsung apa yg diomongin aa gym, hehe gosip bgt ya. Hingga saya menulis ini di bawah ini yg saya ingat):

Aa Gym Apa salah aa dengan detik? Kenapa detik begitu tega menghancurkan aa? Apa salah saya pada detik? Kenapa tidak datang dulu ke aa untuk meminta ijin berita ini turun? Siapa di detik yang memutuskan berita ini turun? Kode etiknya kan harus minta ijin dulu baru berita turun..

Aa minta bagaimana caranya berita ini terhenti. Karena detik yang memulai, detik juga yang harus mengakhiri. Kalau besok-besok media pada datang, ini gara-gara detik!

Siapa di detik yang memutuskan berita ini turun? siapa pemimpinnya? minta teleponnya, nanti aa telepon. Tribun juga mau menurunkan? Aa telepon nanti teeeeeeeeeeet (salah satu petinggi di tribun. Dan ternyata aa benar menelepon, sehingga rencana berita yg jadi headline jadi hanya berita biasa di halaman pertama).

Aa belum pernah dihujat dan dihina orang seperti ini. Setelah berita muncul di detik, ratusan sms aa terima yang isinya berupa kecaman. Puas melihat aa menderita seperti ini? Keluarga aa sedih, anak-anak aa dihina di sekolahnya karena punya ibu tiri, teh ninih menangis. Hah. Kenapa ga bilang dulu pada aa?

Aa juga mau bilang kok ke publik, tapi nanti setelah istri aa, anak aa, semua sudah bisa menerima. Aa itu sedang mencari waktu yang tepat. Aa ingin pernikahan aa ini menjadi media dakwah. Nanti jika semuanya sudah siap, saya, istri aa, dan anak-anak aa akan bicara pada media tp dengan suasana yang sudah bagus. Semua tersenyum. Tidak seperti ini,
aa seperti ditikam dari belakang.

Puas melihat keluarga aa menderita? Aa heran kenapa masih ada orang yang mengais rezeki dari penderitaan keluarga aa. Dek, takut pada Allah. Dosa menyakiti hati ulama…
Saya tahu ketika detikcom datang ke rumah Rini, karena Rini SMS aa. saya bilang suruh langsung menghadap saya kalau berani. Saya tunggu-tunggu dari sore kok datang-datang. Kalau berani, langsung hadapi aa…

Sejak detik datang, Rini terus menangis. Saya sudah ga bisa hubungin dia lagi. Puas melihat penderitaan keluarga aa? Dek, ibu rini itu sedang stroke. Ibu saya juga menangis mendengar ini.
Dek, takut pada Allah. pasti orang-orang non muslim menertawakan kita. apa kata mereka? mereka bisa bilang ulamanya kok ga bener…

Adek, kayanya tidak merasa salah ya? kok tidak minta maaf. Ayo kalau begitu kita kuat-kuatan doa (adu doa maksudnya), siapa yang terdzolimi akan terbukti nanti. (saat berbicara ini, pandangannya menantang).

Ada usul apa yang harus aa lakukan untuk menghentikan pemberitaan semua ini? (pertanyaan ini beberapa kali dilontarkan oleh Aa Gym sambil menimbang-nimbang print berita detik di tangannya). Pokoknya aa belum bisa katakan apa-apa, karena belum saatnya. Nanti setelah pulang dari haji, baru aa bicara.

* catatan dalam perbincangan ini kami saling berbantahan. Saya tetap merasa bahwa apa yg saya lakukan dalam kode etik benar. Saya katakan pada aa gym, nara sumber pertama saya memang sumir karena tidak disebutkan identitasnya. Tp saya terus mencari konfirmasi yg saya rasa bukan sumir lagi.

Hari itu juga saya konfirmasi ke Miftah Farid (diketahui belakangan dia saksi), Rini (istri kedua aa gym) dan langsung ke Aa Gym. Saya juga katakan pada dia, saya tidak perlu meminta ijinnya untuk menurunkan berita. Tapi memang benar saya harus dapat konfirmasi dari dia, makanya saya tunggu hingga malam.

Saya katakan dia punya hak jawab untuk membantah jika semua ini tidak benar. Itu yg harus dia lakukan agar semua terhenti. Saya katakan tidak bisa berbuat apa-apa untuk mendorong agar media-media lain juga tidak menurunkan berita ini.

Mengenai siapa yang bertanggung jawab atas penurunan berita di detik, saya katakan ini adalah rapat redaksi sehingga tidak bisa satu orang saja disalahkan. Mengenai banyaknya sms yg masuk yang mengecam, saya katakan itu resiko atas perbuatan aa (dia terlihat marah sekali
saat mendengar ini. matanya merah, tangannya bergetar memegang kertas berita detik).

Saya katakan jika aa merasa benar perbuatannya, aa tidak perlu menyembunyikannya dan merasa takut. Mengenai ajakannya untuk adu doa, tidak saya ladeni.

Tulisan ini ditujukan bukan untuk mempekeruh suasana. Namun ada baiknya rekan-rekan di milis juga mengetahuinya. ..Dan perlu diketahui teman saya yang bekerja MQ dicurigai yang membocorkan, dan dia kini meminta saya membuat klarifikasi. Saya katakan pada dia , kalaupun toh dia yg membocorkan rahasia aa pada saya, tidak akan saya ungkap.
Karena saya disumpah untuk tidak membocorkan identitas nara sumber yang menginginkan disembunyikan. Satu yang membuat saya senang saat ini adalah apa yang saya tulis
bahwa aa gym menikah lagi, benar adanya🙂

28 06 2008
fajr

MUNKIN KLO AA GK NIKAH LAGI AA BKAL MENJALANI KEHIDUPAN YG SUPER SIBUK DGN DAKWAHNY, AA GK BERENTI2 ADA DMN2, CERAMAH DMN2, ADA DI STIAP STASIUN TV MANAPUN DGN BEGINI RUTINITAS AA TDK HENTI2NY.. SAMPAI2 WAKTU DGN KELUARGA AMAT TERAMAT SEDIKIT, MUNGKIN INI ADALAH JLN & KASIH SAYANG DR ALLAH SWT AGAR AA LEBIH BNYAK MENDEKATKAN DIRI KPDANYA &KELUARGANYA.. KRNA MUNGKIN SKR AA TDK SESIBUK DLU LG..

8 07 2008
NN

klo mnrt sya poligami adlah suatu sunnah rasul yang tujuan untuk mendakwahkan dan mengislam kan umat nabi Muhammad SAW. So poligami sunnah aslkan sseraong itu adil baik tu dari materi maupun dari spritualna..
saya mengharapkan bagi istri – istri ikhlas jika seandainya suami berpoligami karna dengan keikhlasn yang tuls maka insyallah surga yang kita dapti..

9 09 2008
SUPER SYUKUR 2007 » Blog Archive » Berbagai pandangan tentang Aa Gym

[…] Aa Gym Kahwin Lagi Siak! […]

25 10 2008
Avovaqar

Allah ada berfirman “Kahwin lah kamu 2 3 4 Jika tidak mampu cukup 1”

5 01 2011
john

Semua omong kosong, munafiiiiik, yang dilakukan Aa Gym dan yang lain2nya adalah sama karena nafsu setan. jangan berlindung dibawa nama agama yang mengijinkan. dasar nafsuuuu…..///

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: