NaNoWriMo

31 10 2006

Jalan hidup macam apa yang akan anda pilih jika bisa dilahirkan kembali di dunia ini? Siapapun bisa menjawab pertanyaan semacam ini dengan bantuan sedikit imaginasi ditambah harapan untuk hidup yang lebih baik. Tapi pernahkah ada yang mencoba menjadikannya kenyataan? Mustahil? Belum tentu! Ada yang mencoba mewujudkannya dengan mengambil jalan yang sama sekali berbeda dari orang kebanyakan, dan dia adalah tokoh dalam novel yang saya yang – semoga – akan selesai draft awalnya dalam satu bulan ke depan, dengan dukungan Nanowrimo. Siapa itu Nanowrimo?

Nanowrimo adalah semacam kegiatan penulisan novel fiksi dimana para penulis atau lebih tepatnya calon penulis bergabung dan masing-masing menulis novel secara maraton selama satu bulan penuh di bulan November. Tidak ada hadiah, tidak ada iming-iming untuk diterbitkan dan tidak ada kewajiban apapun kecuali menulis 50 ribu kata atau lebih selama satu bulan itu. Kalaupun ada hadiah, hanyalah sebentuk pengakuan bahwa kita telah menang atas diri sendiri dalam membuat target menulis novel ditambah dengan kepuasan pribadi dan kesempatan berinteraksi dengan sesama penulis dari seluruh dunia.

Nanowrimo hanya memberikan sarana bagi orang yang merasa selama ini hanya bisa berkata ‘Suatu hari saya akan menulis novel’ tapi tidak mulai-mulai juga atau tidak bisa mendisiplinkan diri untuk terus menulis.

Setelah tahun lalu terlambat mendaftar -dan untung kali ini ingat🙂 – tahun ini saya resmi mendaftar sebagai peserta. Mulai besok, 1 November 2006 kami harus mulai menulis! Perkembangannya bisa dilihat di grafik di atas yang juga mulai besok akan saya pasang di sidebar blog ini. Anda juga bisa melihatnya di halaman profil saya di website Nanowrimo sementara ringkasan novel saya bisa dibaca mulai besok di sana.

Saya juga mendapati ada sebuah kelompok peserta Nanowrimo di Singapura dan setiap Sabtu – Minggu mereka ada kegiatan menulis bersama di sebuah kafe yang menjadi sponsor mereka. Mudah-mudahan bisa gabung. Saya juga akhirnya mewawancarai dua ML atau semacam koordinator para penulis Nanowrimo di Singapura untuk acara radio saya (sambil menyelam minum air dooonng hehe) dan akan mengudara malam ini. File MP3 nya juga akan bisa didownload di blog radio saya atau di situs kantor saya.

Ini bukan pertama kali saya menulis, karena satu novel saya sudah rampung, tapi itu setelah memakan waktu lebih dari setahun. Itupun tak kunjung beres proses editingnya. Kali ini saya hanya mau menantang diri sendiri untuk mencoba disiplin dalam menulis. Berhasilkah? Jangan tanya sekarang. Tanya nanti di akhir November.. hehehehe..

Oya, anda tertarik mendaftar? Masih ada hari ini karena besok pendaftaran untuk tahun ini sudah ditutup. Maaf telat memberitahu karena saya juga baru ingat hehehe.. Anda bisa menulis dalam bahasa apa saja dan bukan hanya Inggris. Saya menulis dalam Bahasa Indonesia. Sayang masih kurang orang Indonesia yang gabung di sana, atau mungkin belum ketemu saja..🙂

Jadi.. Bismillah dan wish me luck!🙂


Actions

Information

16 responses

31 10 2006
nila

Hai Mas JaF….

thx juga dah mendapat kunungan balik…..
saya tertarik sama postingan yg ini…
wah seru juga ya ada kegiatan seperti itu….
apa di indo ada juga?
ato bisa OL pake net?

sy kpgn bgt blajar nulis panjang, tp blum brani takut ga konsisten….
btw
kartu lebaran 2006 nya lucu bgt

salam bwat keluarga ya….
bisa keep intouch by email or YM?

siapa tau sy bisa curi2 ilmu dr anda…hehe

pis ah
NILA

31 10 2006
IndraPr

Walah, sempat juga ada waktu untuk menulis nih, Pak?🙂

31 10 2006
mina

menulis novel? selama 1 bulaaaaan?

31 10 2006
aRdho

wah om.. gudlak ya.😉

1 11 2006
duckie-chan

Pak, kalo word meter yang di Nano site kan cuma bisa dilihat di sana.

Ini ada word meter site yang bisa diisi sendiri, kemudian dia akan memberikan html codes yang bisa dipajang di website pribadi ato blog.

Lumayan buat nyombongin diri hehehe (dan bikin stress orang lain yang ikutan tapi falling behind).

duckie-chan

1 11 2006
duckie-chan

Pak, kalo word meter yang di Nano site kan cuma bisa dilihat di sana.

Ini ada word meter site yang bisa diisi sendiri, kemudian dia akan memberikan html codes yang bisa dipajang di website pribadi ato blog.

http://www.zokutou.co.uk/wordmeter/

Lumayan buat nyombongin diri hehehe (dan bikin stress orang lain yang ikutan tapi falling behind).

duckie-chan

1 11 2006
distrojablai

saya kagak ngerti bener sech mengenai nanowrimo yang jeles saya singup aje? pajang dong novel kepunyaanmas diblog ini? saya tunggu ya?

1 11 2006
Endang

Wah…Hebaaatt!!! Salut,man….boleh ikut dari sini gak? Tp tahun ini sih gak bisa. Sama kayak elo, gue jg kudu mendisiplinkan diri krn cuma bisa bercita2 melulu…

1 11 2006
Riyogarta

Sukses … btw, kalau novelnya terbit kabar-kabari yah.

3 11 2006
Bajangkirek

Setelah sekian lama ditunggu akhirnya dia menulis novel juga, hehe…

3 11 2006
bintangjatuh

halo om, OOT ah, jadi bakalan ke surabaya nih? ketemu sama mbah kriwul dong? ^^

4 11 2006
a_x

Masih ada hari ini karena besok pendaftaran untuk tahun ini sudah ditutup.

Gak juga tuh.🙂 Pendaftarannya masih bisa dilakukan sepanjang bulan November. http://www.nanowrimo.org/register.php

5 11 2006
NaNoWrimo « off the mike on the blog

[…] Berawal dari partisipasi saya di NaNoWriMo tahun 2006 ini, terpikirkan untuk juga membuat feature radio tentang kegiatan mereka. Tidak jauh-jauh, saya hubungi saja dua Municipal Liasion (ML) atau semacam koordinator kegiatan ini di Singapura dan saya paket untuk acara “Kutak Katik IT” yang masih menghadirkan feature tentang komunitas-komunitas di internet.  Oya, yang tertarik pada aspek produksi mungkin akan tertarik pada cara saya mengalihbahasakan hasil wawancara yang menggunakan bahasa Inggris. Syukur-syukur kalau ada yang bisa memberi saran lain yang lebih menarik. Sementara mereka yang ingin tahu tentang Nanowrimo, silahkan baca di blog saya yang satu lagi. […]

5 11 2006
zuki

wah kalau udah pake target saya nggak ikutan pak … udah kebanyakan target yang harus dipenuhi …😛

5 11 2006
Gabrielle

aku sekitar 3 thn yl ikut nanowrimo dan menyerah “kalah” setelah si nano baru berjalan 3 hari. haha. memang dasar bukan penulis kali yaa…

24 10 2008
muntrobinec

. First negative experience provoked inhibitions and hag-ups and hampered the development of sexual sphere in many individuals . Adult sites can bring you a lot joy and pleasure . Everything is approachable and feasible . Owing to technological progress everything is open to you . You understand that you are not alone in this world . This sphere is one of the most topical today and gives people a wonderful opportunity to look in themselves and understand what they want . This fact gives a lot of advantages for a person and makes our life easier and more interesting . Different people have different preferences in this sphere . If you are interested in adult sites, you will surely understand me
free hardcore anal porn

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: