Dan Daunpun Ikut Khusyuk

24 10 2006

daon.jpgCoba lihat pohon-pohon itu. Tidak ada satupun daunnya yang bergerak!” Kata-kata ini diucapkan bapak bertahun-tahun lalu, ketika saya masih duduk di bangku SD, namun masih saja segar di ingatan hingga kini. Saat itu kami baru saja selesai sholat Ied di sebuah lapangan dekat rumah dan tengah bersiap menunggu khotbah Idul Fitri. Seperti biasa menjelang khutbah, beliau selalu mengingatkan saya untuk duduk tenang dan mendengarkan khutbah dengan khusyuk, sekhusyuk daun-daun di pohon yang tak satupun menggerakkan tubuhnya pagi itu.

Dan lebaran pun kembali tiba, entah sudah yang keberapa kalinya. Otak yang selalu rajin mencari logika ini mencoba memahami apa yang terjadi. Bisa jadi karena pagi hari belum ada angin sehingga daun-daun itupun enggan bergerak. Bisa jadi memang. Tapi jauh di dalam jiwa, daun-daun yang terdiam itu tetap merupakan sebuah keajaiban tersendiri yang akan saya bawa sampai mati.

Selamat Hari Raya kawan-kawanku tercinta. Saya yakin hari yang suci ini juga menyimpan kenangan tersendiri bagi anda semua. Maaf lahir batin. Semoga kita terus menjadi umat yang selalu khusyuk kepada Allah, sekhusyuk daun-daun di pohon pada pagi hari yang suci itu..

nb: Tahun ini tidak sempat kirim kartu lebaran. Cuma sempat bikin yang versi online saja.🙂 Silahkan intip disini.


Actions

Information

16 responses

24 10 2006
aRdho

masak sih? disini banyak angin.. jadi gak mgkn tuh daunnya diem.. hehe..
anyway, met lebaran ya pak..🙂

mohon maap lahir batin..

24 10 2006
Dewi

wahhh..nice story, thx 4 share. Btw, met lebaran om, mohon ma’af lahir bathin.🙂

25 10 2006
ollala

Selamat Hari Raya Idul Fitri untuk Pak JaF dan keluarga. Mohon maaf lahir dan batin.

BTW, kemarin kok ndak ikutan lebaranan di Tampines?🙂🙂

25 10 2006
IndraPr

Wah mohon maaf Pak JaF, komentar terakhir itu dari saya. Lupa logout jadi pake acct istri saya, maklum sharing komputer.🙂

25 10 2006
totot

Selamat idul fitri, Pak. Maaf lahir batin. Semoga — dengan Ramadhan dan Idul Fitri — dunia bisa menajdi tempat yang lebih baik buat kita semua. Amin.

25 10 2006
paman tyo

selamat lebaran. semoga semuanya mencerahkan.

btw saya waktu bocah pernah dicetot ibu saya karena selama kebaktian di gereja kaki saya goyang terus.😀

26 10 2006
distrojablai

Selamat idul fitri lo mas rana, dan salam ya buat smua temen-temen di RSI, o ya nggak balek ke indonesia nech, betah ni ye di negri singa? he he he

26 10 2006
pututik

Mohon maaf lahir batin pak, lama tak sua namun mungkin banyak kesalahan dari kami yang belum termaafkan. Sukses selalu….

26 10 2006
BARRY

kita memang perlu untuk diam sejenak untuk dapat menikmati hal-hal ajaib yang ada di sekeliling kita. selamat lebaran. dan salam kenal.

29 10 2006
zuki

khusyu mencermati hidup ini … indah sekali pak …

TaqaballAllahu Minnaa Wa Minkum
Semoga Allah menerima amal kita dan amal kalian.

Selamat Idul Fitri 1 Syawal 1427 H
Mohon Maaf Lahir Batin

30 10 2006
Yuliazmi

Taqabballahu Minna Wa Minkum Pak Jaf, mohon maaf lahir bathin dari the Bedeng’s eh dari saya dan suami.

Semoga amal ibadah ramadhan kita memberikan kebaikan bagi langkah kita selanjutnya. Amin🙂

31 10 2006
cl

Minal Aidin Wal Faidzin Pak Rane dan Keluarga !

salam
Adi-lila-laras

1 11 2006
Endang

Bapak pinter, anaknya gak heran kalo pinter juga…Nayla pun pinter nantinya ya…

3 11 2006
tukang nggedeblues

konon, kala malam lailatul qadar, daun pun ikut berdiam diri, menunduk. subhanallah ….

met idul fitri ya, om jaf !!! mohon maaf lahir dan batin. maklum, cah cilik sering sembrono karo wong tuwo …. hehehehe

5 03 2012
ptc

hi i am very happy to know that.
Nice work, interesting blog, keep us posting……….

20 03 2012
watch simpsons

I do appreciate your post.Thank you for sharing, very useful, will continue to focus on your article!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: