5 Cm: Saya Tidak Akan Pernah Berhenti

26 08 2006

Pengalaman seorang penulis selalu akan berharga untuk diketahui, terutama oleh mereka yang tertarik untuk juga menjadi penulis. Saya dikirimi tulisan berikut ini oleh Donny, penulis novel “5 Cm” yang pernah saya ulas di sini. Semoga bisa jadi bahan pelajaran. Thanks, Don..

5 cm.
Saya Tidak Akan Pernah Berhenti…
Oleh:Donny Dhirgantoro

“Cuma kaki yang akan berjalan lebih jauh dari biasanya,tangan yang akan berbuat lebih banyak dari biasanya, mata yang akan menatap lebih lama dari biasanya, leher yang akan lebih sering melihat keatas, lapisan tekad yang seribu kali lebih keras dari baja ,hati yang akan bekerja lebih keras dari biasanya,serta mulut yang akan selalu berdoa”. < 5 cm >

Sekitar satu atau dua tahun yang lalu, saya masih ingat waktu dan tempatnya sore menjelang malam di Gramedia Blok M .Saya melihat tumpukan buku-buku baru dengan berbagai komen-komen dan desain yang menarik. Sesuatu terlintas di depan kening saya dan diam disitu untuk satu atau dua tahun kemudian sesuatu yang tiba-tiba datang dan diam itu hanya sebuah kalimat pendek.

”Suatu hari saya ingin melihat buku saya sendiri diantara tumpukan buku-buku baru itu”.

“Sesuatu” di depan kening itulah yang mengawali lahirnya buku pertama saya yang berjudul 5 cm.

Proses pembuatan 5 cm merupakan suatu proses yang panjang karena begitu banyak cemilan-cemilan pahit ataupun manis yang harus saya cicipi setiap hari,demi membangun sesuatu yang diam di depan kening saya-yang saya sendiripun tidak mau melepaskannya.
Mulai dari membaca berbagai buku melihat berbagai film yang harus saya cicil karena saya harus memberikan yang terbaik dari yang saya bisa untuk 5 cm. Dalam kurun waktu dua tahun ini lah baru pada dua bulan terakhir tepatnya akhir ramadhan tahun lalu saya akhirnya mencoba menulis sedikit demi sedikit.

Kalimat yang pertama yang saya tulis adalah:

Everytime I see you falling I get down on my knees and pray…I’m waiting for that final moment you say the word that I can’t say…

Sebuah lirik lagu Bizarre Love Triangle dari New Order, salah satu grup band dari Inggris favorit saya. Saya sendiri pun tidak tahu kenapa saya ingin menuliskan lirik lagu itu tetapi akhirnya saya dapat inspirasi untuk selalu menuliskan lirik lagu yang bagus dan menarik dalam pembuatan 5 cm. Kenapa? Karena banyak sekali kita dapatkan lirik-lirik lagu yang mempunyai arti yang hampir sama dalamnya dengan sebuah puisi.Sampai sekarang saya tidak tahu kenapa saya tidak memasukkan lirik diatas dalam 5 cm.

Terus terang satu hal yang membuat saya terus bersemangt untuk menulis adalah sebuah film yang menurut saya sangat menakjubkan yaitu Filmnya Guys Van Sant “Finding Forrester” yang dibintangi oleh Sean Conerry sebuah film tentang seorang penulis bernama William Forrester yang hanya menulis satu buku “The Avalon Landing”.Dari film itu saya mendapat suatu quote yang menarik yang kurang lebih berarti “Kalau kamu mau menulis ..kamu menulis ..kamu jangan berfikir tapi kamu menulis…” Setelah itu saya pun mulai menulis tanpa berfikir apa yang akan saya tulis. Saya biarkan saja tangan saya mengikuti apa yang otak saya perintahkan dan terus sampai akhirnya dua bab selesai hanya dalam waktu beberapa hari saja.

Dalam dua bab awal ini saya merasakan energi yang luar biasa untuk terus melanjutkan tulisan saya.Walaupun setiap hari saya harus tidur malam sekali karena banyak juga perkerjaan dari kantor yang harus saya selesaikan.Sebuah kebetulan juga mungkin, pada waktu-waktu ini pekerjaan yang harus saya hadapi dari kantor sedang tidak terlalu banyak dan saya pun hanya berstatus sebagai pekerja freelance sehingga banyak sekali waktu yang bisa saya gunakan untuk menulis .Pekerjaan saya sebagai seorang trainer /Instructor di sebuah konsultan sumber daya manusia di Jakarta pun sangat membantu saya dalam mendapatkan berbagai ide-ide yang menarik tentang pengembangan diri.Pekerjaan saya yang menuntut saya harus banyak membaca buku-buku motivasional juga membuat saya lebih mudah untuk masuk kedalam dunia pengejaran mimpi, cita cita, dan keyakinan dalam 5cm.

Setiap hari apabila saya tidak pergi bertugas di kantor, saya menulis mulai dari bangun tidur jam 8 pagi sampai saya harus berhenti dan biasanya saat saya berhenti adalah sekitar tengah malam atau lebih.Jam tubuh saya jadi kacau. Besok paginya saya terus usahakan untuk bangun pagi dan berhenti sekitar tengah malam juga .Apabila saya harus pergi ke luar kota untuk melaksanakan pekerjaan kantor dan kadang kalau energi untuk menulis sedang kuat sekali saya terus menulis di laptop,atau di hotel saat senggang .Bisa dibilang 5 cm tidak hanya lahir dari komputer di kamar saya tapi juga dari beberapa training camp dan dan hotel hotel di luar kota Jakarta.

Saat saat terberat adalah saat memasuki bab-bab pertengahan, dimana saya banyak merasakan menemui jalan buntu dan tidak tahu harus kemana lagi. Disinilah titik balik yang sangat mengganggu pikiran saya sampai saya harus terus berfikir keras sekali untuk membawa cerita ke bagian yang terbaik,dan dengan kemampuan terbaik yang saya miliki.
Tetapi akhirnya saya bisa kembali ke energi saya setelah saya bisa menyatakan bahwa kebuntuan itu adalah sesuatu yang sangat biasa dan bukanlah sesuatu yang harus saya takuti.Saya bawa kebuntuan itu menjadi teman saya sehari hari akhirnya setiap hari saya bisa berteman dengan kebuntuan itu. Sehingga dengan seenaknya saya bisa menyuruh sesuatu bernama kebuntuan itu untuk pergi sebentar dari saya. Mungkin karena sudah begitu dekatnya saya dengan kebuntuan itu sehingga diapun kalau saya suruh pergi, dia nurut nurut saja.

Beberapa kali untuk mengatasi kebuntuan ini sampai saya ganti nama folder 5cm dengan “Jangan Nyerah” ataupun “Ayo Don jangan nyerah..!!!”.Setiap kali saya lihat folder saya dengan kata kata itu walaupun terlihat mustahil saya terus tetapkan diri saya untuk tidak bisa menyerah.Bukan saya yang harus menyerah kepada kata menyerah ..Tetapi saya yang harus tahu kapan saya harus menyerah…Tapi saya tahu saya harus tidak bisa menyerah…Saya harus punya buku.

Setiap kata dan kalimat saya mengalir begitu saja setiap hari dan begitu banyak ide ide serta jalinan cerita yang muncul setelah bab bab pertengahan yang menurut saya,saya pun tidak percaya kalau semuanya mengalir begitu saja dari tangan saya. Allhamdullilah saya diberi kekuatan oleh yang maha kuasa untuk selalu bisa memberikan yang terbaik setiap hari untuk penulisan buku saya ini.

Semenjak titik balik dalam bab pertengahan itulah, saya tanpa hambatan terus menulis sampai bab terakhir, sampai jalinan cerita yang saya bangun menjadi sesuatu yang saya tidak percaya kalau saya bisa membuatnya. Perjalanan dalam bab bab tengah sampai akhir penuh dengan berbagai kejadian kejadian dan kalimat kalimat yang saya sendiri tidak percaya saya bisa membuatnya. Allhamdullilah mudah mudahan saya tidak menjadi sombong karena semua ini.

Saat saat emosional yang membuat mata saya harus berkaca banyak sekali saya temukan dalam proses penulisan terutama dalam bab 5” Don’t Stop Me Now”dan Bab 8 “A letter a heart to remember pada saat menulis surat dari Deniek untuk Adrian sahabatnya yang harus meninggal di mahameru .Entah kenapa saya merasakan proses emosional yang luar biasa sekali ,juga pada saat saya harus menuliskan arti dari 5 cm itu sendiri pada bab 9 “5 cm”, tidak tahu kenapa saya sering merinding.Mungkin karena saya orang yang sangat emosional.

Setelah sekitar kurang lebih dua bulan, 5 cm pun selesai dengan masih menyisakan energi yang berapi api untuk segera memberikan buku ini ke penerbit.Tapi kemana? Saya pun bingung sekali harus kemana karena saya sama sekali tidak punya kenalan atau koneksi dengan penerbit. Tujuan selanjutnya adalah telepon. Saya pun menghubungi 108, yang ada di otak saya waktu itu adalah adik saya punya buku Fira Basuki “Biru” yang di sampul depannya tercantum penerbit Grasindo.Saya pun bertanya ke operator untuk memberikan nomor telepon Grasindo, yang akhirnya saya dapatkan. Tetapi ternyata setelah saya telepon bukanlah nomor Grasindo tetapi nomor perusahaan lain yang namanya hampir sama.Saya bingung dan minta maaf kepada perusahaan itu karena saya sudah terlalu semangat..

Saya lihat bukunya Fira Basuki kembali, terus saya lihat lihat dan ternyata..ah gobloknya saya ternyata di balakang terlihat jelas di kiri bawah no telepon dari Grasindo beserta alamatnya. Saya pun langsung telepon Grasindo dan mendapatkan respon yang baik.Saya pun langsung menjanjikan kalau besoknya saya akan langsung pergi ke sana.Masih ada tantangan selanjutnya apakah Grasindo mau menerbitkan naskah saya?

Esoknya setelah menyerahkan naskah 5 cm dari Grasindo, saya pergi ke Gramedia Pondok Indah Mall, saya melihat banyak sekali buku buku melihat banyak sekali penerbit penerbit lain yang ada di Jakarta.Saya pun sedikit tanya tanya dan akhirnya seorang dari Agro Media memberikan kartu nama dengan nama satu penerbit yang namanya banyak sekali tertera “Gagas Media”. Saya langsung menelepon Gagas Media dan berpikir akan lebih aman kalau saya punya dua alternatif jadi kalau satu ditolak saya bisa mengandalkan yang satu lagi.Esoknya saya pun pergi Ke Gagas Media yang saat itu berdomisili di daerah Depok.

Dalam kurun waktu satu bulan lebih melalui hubungan telepon kesana kesini akhirnya Grasindo memutuskan akan menerbitakan novel saya dalam kurun waktu 3 bulan. Akhirnya saya pun setuju dan menarik naskah saya di Gagas Media yang ternyata sudah hampir satu bulan tidak pernah disentuh.Saya pun maklum dengan keadaan ini karena ternyata benar benar banyak sekali naskah yang masuk ke Gagas Media dan naskah saya masuk belakangan. Jadi saya harus antri panjang.Ego saya yang berbicara disini karena maklum penulis baru pasti sangat ingin novelnya cepat cepat diterbitkan.Hari itu saya senang sekali karena mendapat persetujuan dari Grasindo,Setelah hampir dua bulan lebih jumpalitan kesana kemari akhirnya saya akan mempunyai sebuah buku.Allhamdullilah.
Waktu tiga bulan untuk editing dan segala persiapan penerbitan sebuah buku merupakan sebuah penantian yang panjang. Setiap ada waktu senggang saya selalu pegi ke toko buku untuk belajar melihat lihat dan observasi untuk menambah pengetahuan saya karena sampai sekarang pun saya percaya bahwa saya belum jadi apa-apa di dunia perbukuan saya masih anak bawang yang punya mimpi menjadi penulis. Melihat lihat buku, melihat lihat kavernya bertanya tanya tentang lika liku buku, dan percetakan .Saya terus belajar untuk terus tahu sampai hal sekecil kecilnya dari sebuah buku.Dalam hal ini saya berterima kasih atas kesabaran editor saya,Mas bimo dari Grasindo sekaligus mohon maaf karena kalau saya datang ke Grasindo pasti jadinya lama sekali karena saya sadar, saya cerewet sekali.

Satu bulan terakhir sebelum terbit ada lagi tantangan yang harus saya hadapi karena mungkin saya orangnya sangat perfeksionis. Hampir satu bulan saya dengan teman baik saya yang membantu saya membuat kaver 5 cm harus ”berantem” dengan ide ide untuk kaver yang terbaik yang bisa kita berikan untuk 5 cm. Setelah saya dan dia pun bingung.Mungkin kalau bukan karena persahabatan yang sudah terjalin sangat lama kita sudah berantem karena kira kira hampir tujuh sampai sepuluh desain yang dia buat dengan kerja keras tidak ada yang cocok buat saya.Akhirnya… saya masih ingat momennya ..Dia meninggalkan saya di depan computer dengan kaver hitam polos dan tulisan 5 cm..Saya masih ingat dia bilang “udah deh lo tulis disini…apa yang lo mau, semua yang lo mau buat 5 cm”..Setelah itu dia pergi main playstation meninggalkan saya sendirian di depan komputernya .Saya pun mulai menulis dan saat menulius untuk kaver itu itu saya merasakan kekuatan yang tidak saya bisa tahan untuk membuat mata saya ber kaca-kaca Semua yang saya tulis di kaver itu membuat saya menjadi sentimental. Allhamdullilah semuanya mewakili harapan harapan saya untuk 5 cm.Untuk ini saya sangat berterima kasih untuk Bayu,teman sekaligus sahabat terbaik saya yang telah mempunyai proses kreatif yang begitu hebat.Kita pun akhirnya menemui kata sepakat untuk kaver dan Allhamdullillah respon yang sangat baik saya dapatkan dari Grasindo dan dari para pembaca,banyak yang bilang kaver 5 cm sangat pas dan representative dari segi seni maupun marketing.

Setelah penantian yang cukup lama 5 cm pun lahir pada 21 Mei 2005, hari itu saya senang sekali bisa melihat buku saya di toko toko buku di Jakarta.Saya sering pergi ke toko buku untuk observasi dan mengamati siapa saja yang membeli buku atau sekedar melihat lihat saja.Satu hal yang sering saya bingung dan sesali kadang saya sedikit gemas kalau melihat ada 5 cm yang belum dibuka plastik nya untuk bisa dilihat lihat dalamnya , tetapi setelah Grasindo bilang memang seharusnya ada satu buku yang dibuka akhirnya saya memberanikan diri untuk membuka plastik 5 cm di setiap toko buku yang plastik 5 cm nya belum dibuka. Supaya pembaca bisa melihat ke dalamnya dan lebih tertarik.Sedikit bandel memang, tapi ini saya yakini sebagai salah satu bentuk dari usaha saya.Walaupun nanti resikonya bisa kena marah orang toko buku.Sekali lagi itu saya yakini sebagai salah satu bentuk usaha saya. Untuk toko buku yang plastik 5 cm nya pernah saya buka saya mohon maf.

Saat pertama kali terbit frekuensi saya ke toko buku sering sekali sekedar untuk belajar,melihat ,membuka plastik atau membeli buku, saya memang sering ke toko buku tapi saat ini frekuensi saya meningkat tajam..Sesuatu yang agak mengejutkan juga terjadi saat saya melihat stok 5 cm di beberapa toko buku hanya dalam kurun waktu satu dua minggu pertama sudah mulai menipis.Saya terus bersyukur atas anugrah ini.Sampai akhirnya hanya dalam waktu kurang dua bulan 5 cm sudah mulai memasuki cetakan ke dua.

Banyak sekali pengalaman berharga yang tak tergantikan dalam proses kelahiran 5 cm satu satunya adalah saat tenaga waktu pikiran dan materi saya menipis untuk menulis hampir 16 jam setiap hari, bolak balik jumpalitan kesana kemari sekedar untuk belajar lebih banyak lagi.Pada saat itu saya sadar bahwa semua ini kecil sekali dibandingkan dengan apa yang Insya Allah bisa saya berikan ke orang lain dengan adanya 5 cm, sampai pada satu ttitik saya sadar bahwa semuanya tidak ada apa apanya dibandingkan dengan kalau saya bisa membuat orang lain bisa belajar banyak dari 5 cm , bisa tertawa karena 5cm , bisa melangkah lebih jauh dan punya 5 cm di dalam dirinya.Semuanya itu adalah impian saya sekarang kalau 5 cm bisa membuat orang lain dengan ijin yang maha kuasa menjadi orang yang lebih baik,menjadi orang yang bisa bernapas lebih lega ,bisa keluar dari zona nyamannya untuk mencapai impian dan cita citanya. Saya rasa itu sudah merupakan kepuasan di dunia ini yang tak bisa tergantikan dengan apapun. Dengan ijin yang Maha Kuasa saya sangat berterima kasih kalo 5 cm bisa memberi manfaat bagi orang lain dengan cara apapun.

Sekitar satu atau dua tahun yang lalu, saya masih ingat waktu dan tempatnya sore menjelang malam di Gramedia Blok M .Saya melihat tumpukan buku buku baru dengan berbagai komen komen dan desain yang menarik.Sesuatu terlintas di depan kening saya dan di diam disitu untuk satu atau dua tahun kemudian sesuatu yang tiba tiba datang dan diam itu hanya sebuah kalimat pendek

”Suatu hari saya ingin melihat buku saya sendiri diantara tumpukan buku buku baru itu”.
Saat 5 cm pertama kali terbit dua-tiga bulan yang lalu saya senang sekali melihat buku saya di Gramedia Pondok Indah Mall diantara barisan buku2 baru/ New Arrival, saya melihat ke tumpukan di sebelahnya tumpukan buku buku best seller.Sesuatu terlintas di depan kening saya dan diam disitu,hanya sebuah kalimat pendek..

“Suatu hari saya ingin melihat buku saya sendiri diantara tumpukan buku buku best seller itu”

Dan sesuatu yang baru lagi di depan kening saya itulah yang sekarang sedang saya kejar ;dengan selau memberikan yang terbaik lagi semampu saya setiap hari. Sampai akhirnya sekarang 5 cm sudah berada di tumpukan buku buku best seller.Allhamdulillah, Mudah mudahan ini tidak membuat saya sombong.

Dengan segala kerendahan hati dari seorang yang baru dan masih berjalan bertelanjang kaki dalam dunia tulis menulis saya menyimpulkan bahwa totalitas dalam segala hal demi mengejar mimpi dan cita cita adalah yang bisa membuat 5 cm lahir.Bahwa seperti ditulis dalam 5cm,kekuatan mimpi dan cita cita serta doa adalah segalanya bagi setiap usaha yang dilakukan setiap manusia.Selalu memberikan yang terbaik kepada kehidupan dengan apa yang terbaik yang kita miliki setiap hari, dan selalu punya impian dan cita cita di dalam hidup kita sebagai salah satu cerminan rasa syukur kita kepada yang Maha Kuasa …

Saya pernah menerima email dari seorang pembaca 5 cm bagaimana 5 cm telah mengubah hidupnya dan membuat dia lebih berani melangkah ke kedepan , dan bagaimana karena 5 cm dia merasa bahwa kita harus bersyukur atas segala nikmat yang telah diberikan,karena masih banyak orang kurang beruntung dari pada kita;atau juga beberapa orang teman yang telah bisa melangkah lebih mantap karena sekarang ada 5 cm di dalam dirinya .Juga dari beberapa teman di milis yang bilang bahwa dia semakin dekat dengan sahabatnya karena 5 cm.Bagi saya tidak ada hal yang bisa lebih membahagiakan saya di dunia dari pada semua hal diatas.

Bersama ini saya juga mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu kelahiran 5 cm, dan bagi semua pembaca yang telah meluangkan mata ,waktu, dan hatinya untuk 5 cm.

Dan memang seperti saya tulis di 5 cm salah satu saat terindah bagi seorang manusia adalah ketika sebuah mimpi telah selesai dan menjadi kenyataan.Sekali lagi sebuah mimpi menjadi kenyataan dan 5 cm adalah salah satu mimpi itu.Walaupun saya sadari saya masih harus lebih banyak belajar…Saya punya sebuah buku,sebuah karya cipta.

Sekarang mimpi saya telah selesai dan menjadi kenyataan… Saya berpikir kapan saya akan berhenti memberikan yang terbaik dari diri saya bagi 5 cm?

Setelah berpikir saya memutuskan… Saya tidak akan pernah berhenti dan tidak mau berhenti memberikan yang terbaik bagi 5 cm dan bagi apa saja yang saya lakukan di kehidupan ini setiap hari . Saya akan terus memberikan kehidupan yang terbaik dari diri dan saya tidak akan pernah berhenti….

Saya tidak akan pernah berhenti…

Semoga ALLAH SWT mengijinkan bagi seorang yang masih banyak sekali kekurangan dan masih harus belajar lebih banyak lagi ini ..Amin

“Cuma kaki yang akan berjalan lebih jauh dari biasanya,tangan yang akan berbuat lebih banyak dari biasanya, mata yang akan menatap lebih lama dari biasanya, leher yang akan lebih sering melihat keatas, lapisan tekad yang seribu kali lebih keras dari baja ,hati yang akan bekerja lebih keras dari biasanya,serta mulut yang akan selalu berdoa”.

Terima kasih.

~~~

29 Responses to “5 Cm: Saya Tidak Akan Pernah Berhenti” (Dari Blog Lama)

1. tuteh Says:
August 27th, 2005 at 9:26 am
Uhm,.. postingan yang menambah wawasan eh pak, bojes masuk 3 besar loh *udah tau lum? * bilang si dede di rumah kerem sms sebanyak2nya yaaaaaakkk heheheeh
alhamdulillah kalau menambah wawasan..
Soal bojez.. no comment. daku pendukung Indri.. hihihihihihi

2. Devina Says:
August 27th, 2005 at 10:10 am
Pak Jaf, makasih udah lirik kanan kiri di blog saya :p Btw, kok di monitor saya, huruf2 di blog Pak Jaf keciiilll sekali ya? Gak kebaca loh.
waduuuh.. kenapa ya.. nanti tak cek ke temen yang ngerti deh..

3. dhika Says:
August 27th, 2005 at 10:45 pm
Pak Jaf, saya link blognya yah
sila.. sila..

4. viga Says:
August 28th, 2005 at 11:41 pm
postingannya berbobot.. mantep, om !
Thanks, Viga..

5. sam Says:
August 29th, 2005 at 6:51 am
psstttt..makasih juga tlah mampir. blog panjenengan bener2 terstruktur. salut
terimakasih

6. linda Says:
August 29th, 2005 at 7:41 am
pak mo tanya nih. misalnya kita bikin rangkuman dari buku yg kita baca. trus diposting di blog. apa itu tindakan plagiator??? makasih ya pak kunjungannya

Setahu saya memang ada aturan pengutipan, salah satunya ya dengan menyebut sumber. Kalau rangkuman, wah ini maksudnya resensi? Kalau resensi rasanya nggak perlu.

7. ririn Says:
August 29th, 2005 at 8:35 am
pak jaf,
tulisan ini memberikan semangat bagi para penulis pemula.. setidaknya supaya gak putus asa dalam menulis, seperti saya ini sering minder sendiri kalau lihat novel bagus2, jadi gak pede untuk nulis
Thanks buat postingan ini

8. Lili Says:
August 29th, 2005 at 9:02 am
Makasih sudah mampir n jadi juri lomba 17-an.
Congrats utk bukunya, wah perlu di cari nih n beli tentunya, duh pak Jaf pasti senang..he.he..

Ummi, itu mah bukunya Mas Donny.. bukan buku saya.. hehe

9. yanti Says:
August 29th, 2005 at 9:09 am
menarik banget, nambah ilmu sekaigus bikin terharu setelah tau perjuangan seorang penulis dalam berkarya.
makasih udah mampir di ‘rumah’ pak

Sama-sama, mbak

10. yuliana Says:
August 29th, 2005 at 9:30 am
Makan padang di Sudi Mampir
Ayam pop silakan dihidang
Terima kasih sudah mampir
Pak juri senang, sayapun senang

11. tuteh Says:
August 29th, 2005 at 3:04 pm
weeehh.. jade dukung indri saiki :p *ngamuk2*

INDRI!! INDRI !! INDRIII!!!! hue he he he Gimana ya, Teh.. ijk kan cowok. Masak jeruk dukung jeruk…

12. Dini Says:
August 29th, 2005 at 3:08 pm
Sejak baca resensinya 5cm bang Jaf di blog, saya udah penasaran banget sama buku itu, sekarang jadi tambah penasaran banget…

Udah beli belom? *ngelirik ke Donny..*

13. inong Says:
August 29th, 2005 at 3:33 pm
pak Jaf, pas banget saya juga lagi ngebahas 5cm di blog saya, makanya blognya pak Jaf saya link aja biar pada liat juga review di sini…

Terimakasih, mbak.. Kapan2 kopdaran di Singapore ya.. hehe..

14. Donny Dhirgantoro Says:
August 30th, 2005 at 3:42 pm
Thanks bos …
Udah muat tulisan gue…
semoga bermanfaat…
keren juga blog barunya…
Donny Dhirgantoro
Keep our dreams alive and we will survive
Sama sama, Don..

Guys, ini nih yang namanya Donny Dhirgantoro, penulis 5 Cm. *nunjuk2 Donny*
hehehe..

15. Mas Tom Says:
August 31st, 2005 at 8:15 am
Oom Jaf, mampir kesini bikin saya jadi baca resensi novel 5cm dan juga baca cerita mengenai segala sesuatu dibalik proses penulisannya yang dituturkan langsung oleh Mas Donny Dhirgantoro.
Sepertinya yang belum untuk saya tinggal baca bukunya, plus nonton filmnya, hehehehe…
Kira-kira menurut Oom JaF, novel ini bagus nggak kalo diangkat ke layar lebar?

Bagus banget.. Saya mau langsung ngelamar jadi salah satu pemerannya, terutama yang nge fans sama Happy Salma itu.. kekekekkkk

16. tika Says:
August 31st, 2005 at 10:05 am
“Cuma kaki yang akan berjalan lebih jauh dari biasanya,tangan yang akan berbuat lebih banyak dari biasanya, mata yang akan menatap lebih lama dari biasanya, leher yang akan lebih sering melihat keatas, lapisan tekad yang seribu kali lebih keras dari baja ,hati yang akan bekerja lebih keras dari biasanya,serta mulut yang akan selalu berdoa”.
bagus Om!
Bole saya copy paste ke blogz saya?
(tentunya dengan link ke blogz om Jaf nih!)
🙂
kutip sumbernya dari blog saya boleh aja. tapi penulisnya Om Donny Dirgantoro lho..

17. sa Says:
September 1st, 2005 at 2:11 am
lah.. katanya lebih dari 10 cm. bijimana to.

kan yang 10 Cm cuma .. ah sudahlah.. kekekek..

18. CipLuK Says:
September 5th, 2005 at 11:04 pm
This book is simple, yet so many things can be taken & learned from the story..Gw dah baca & gw suka bgt sama alur dan ide ceritanya. Sederhana, tapi “dalem”..

19. Budi Says:
September 9th, 2005 at 10:46 am
Ungkapan di film Finding Forrester juga mengilhami saya untuk memulai ngeblog lebih serius (baru) di bulan Mei 2005 kemarin.
“Kalau kamu mau menulis (=ngeblog) ..kamu menulis (=ngeblog_ ..kamu jangan berfikir tapi kamu menulis (=ngeblog)…”
Begitu indahnya, di saat2 antara kita tidak lagi berfikir, tapi hanya merasa…itu saja
Setujuu Pak.. Banyak yang bisa dilakukan dengan ngeblog.

20. redha F Says:
October 27th, 2005 at 11:21 pm
Wah…wah… cerita realita di atas realita, seru juga. Keren, bisa terpikirkan hal yang simpel alias yang ada di depan mata tapi enggak banyak orang yang bisa menyadarinya. Beda, sekaligus bisa sekalian ajang sharing, khususnya buat pemula-pemula calon penulis, tul gak?

21. fie Says:
November 23rd, 2005 at 11:11 am
waaah…temen2 di kampus pada rebutan baca buku ini, aq sendiri belum baca semua maklum lah pinjeman, lagi nunggu penulisnya ngasih neeh..:) btw ntar kalo aq dah baca semua aq comment lg deh

22. winda Says:
November 30th, 2005 at 10:54 am
aduh Pak Jaf tks bgt udah muatin behind the scene-nya 5 cm. Buat om Donny sukses terus, tnayta apa yg dialamin Om donny jg tjadi ama saya neh. Sampe skarang saya bikin tulisan mentok di Bab 2 gak maju2, pdahal udah 4 bulan! Hiks.. tnyata resepnya “Never Give Up!”
Cayo..

23. danu Says:
December 3rd, 2005 at 5:41 am
Salut ama Donny. Kekuatannya untuk bikin tulisan enak sebanyak itu loh… Ga tahan

24. eko yudha Says:
December 14th, 2005 at 4:05 pm
wah, sayang sy masih merantau. tapi kayaknya begitu desember ini pulang ke indo…langsung cari 5 cm

25. Hidup bukan sekedar menang kalah…! » 5 cm,…. tidak sependek itu..! Says:
February 5th, 2006 at 6:36 pm
[…] view di Bog lain: 5 Cm: Gue Banget! 5 Cm: Saya Tidak Akan Pernah Berhenti Biarkan Mimpimu Mengambang di matamu Posted in : buku […]

26. arif Says:
February 5th, 2006 at 6:52 pm
Wah..harusnya memang bersyukur bisa m=punya kesempatan membaca novel ini.

27. iroel Says:
February 20th, 2006 at 9:26 am
om Donny, sepengetahuan aku, kayaknya mahameru itu bukan nama gunung deh, tapi nama puncak gunung semeru.
seperti juga gunung merapi yang punya puncak namanya “puncak garuda” tapi gunungnya tetep bernama gunung Merapi, gunung Lawu juga punya puncak namanya argo Dumilah, tapi tetep aja nama gunungnya Gunung lawu.
tapi di 5cm, om donny menyebutkan bahwa mahameru adalah nama gunung, takutnya orang2 pada bingung.
emang nggak penting sih …

28. RIJAL Says:
March 10th, 2006 at 10:10 am
buat mas donny, sukses buat 5 cmnya ! tapi mau comment nih!:
di salah satu bagian di buku tersebut (saya lupa) ada bagian yg membicarakan tentang einstein dan teori relativitasnya di ranu kumbolo, menurut saya kyknya itu terlalu dipaksakan, sepertinya orang yg kelelahan daki gunung, kyknya bakalan males deh ngomongin yg berat2! udah capek duluan he..he, harusnya obrolan tersebut ditaro di bagian lain.
otre

29. fenty Says:
April 25th, 2006 at 7:50 am
Aku cinttaaaa banget sama 5 cm, ini blog-nya mas Donny bukan ?? Wah keren-keren banget pokoknya tuh buku, membuatku bisa berpegang teguh sama mimpi, membuatku bisa mengatakan “aku nggak bisa menyerah”. Gak nyangka sih si Riani akhirnya sama Juple, kupikir mereka bakal nemu orang laen semua, secara sahabatan gitu loh …
Make a new book again, dan pastinya aku bakalan beli !!!


Actions

Information

42 responses

29 10 2006
andika

to mas donny..

5 Cm…a great novel….novel yang bisa memberikan kita inspirasi untuk selalu berusaha dan tidak akan menyerah dalam menghadapi tantangan yang ada..

27 11 2006
eqa

5 cm…
huhuu eqa suka benged sama novelnya..
ceeritanya keren..
bisa jadi pelajaran buat yang baca..

29 11 2006
leksa

Siap2 filem nya bakal segera di buat 😉

13 12 2006
Karim

Woiii!!!! I love 5 cm! nampol abis bukunya! Yang blom baca harus beli! Mas donny kalo bikin novel baru lagi aku beli lagi! maw judulnya 10cm, 15cm, 5 meter, 5 kilo, pasti gw cari!

Thanks

29 12 2006
ime'...

gue juga suka buku ini😀 gue suka Mahameru😀 jadi pengen kesana😛 gegegegeg… *baru baca. kemana aja yah gue?*

25 02 2007
ndah...............

huhuhuhuhuhuhu…………..sumpah rereeeeen bangeeeeeeeeeet novelnya,pokoknya novel ni SAYA BANGGET…ngingetin saya ma masa-masa SMU dulu,masa dimana puncak gunung membuat saya melihat semuanya tentang diri saya…dan tentunya juga tentang DIA yang karenaNYA saya ada sampe sekarang………..THANX GOD………..

1 03 2007
daus

5cm dahsyat man..lo msti baca,beli,pinjem,ngutang(kalo boleh)atau ngembat d tk buku(hahaha kalo yg ni jangan bro…)pokoknya 5cm ok bngt!! thx mas donny buat bukunya,goodluck yee..dtnggu bk brunya!

21 03 2007
resty

baca novel 5cm tuh ya, bikin gue nangis jijik tauuukkk…. gue aja bingung kenapa bisa nangis ga penting kayak gitu???!!! asli rasa nasionalisme gue kembali muncul, coz gue zaman smp masuk paskibra, dimana paskibra tuh megang bendera merah putih aja harus ati-ati banget. jatuh ke lantai/tanah harus skot jam 10 kali. tapi dulu gue menikmati, karen ague ngerasa bahwa gue lahir dan besar di negara tercinta ini. sekarang rasa nasionalisme itu masih ada, tapi gue juga masih bingung dengan kondisi negara ini yang belum abis ujungnya. kayaknya semua acara berita di tv ga pernah abis ngeberitain musibah yang terjadi. dapet duit banyak tuh tv swasta yang kerjaannya cuma ngungkit kejelekn bangsa ini, tapi cuma dengan sedikit ngasih solusi. yah,,, namanya juga manusia. gue juga lagi menggapai mimpi yang gue kejar. doakan ya!!!
oya, ngomong-ngomong gue pikir cerita 5cm itu belum selesai deh, coz Donny belum nyeritain apakah semua omongan dan perjuangan yang mereka gembar-gembor beneran terwujud? agak aneh aja, tiba-tiba punya anak yang lucu-lucu, tapi ga tau apa perjuangannya berhasil??? cuma itu pertanyyaan yang selama ini ngegantung 5cm di kening gue. thanks atas jawabannya…;p

7 04 2007
bita

novel 5 cm ini bagus bgt bgt bgt!
tntang prsahabatannya..aaaahh..kerennya.
sumpah y kl dijadiin film,gw org yg bakalan ntn sesering mgkn.
dan gw akan merekomendasikan film ini kesemwa tmn2 gw..hhe

12 04 2007
aira

sum…..PAH!!!5cm tu gue banget krn Allah juga ngasih saudara2 seperti genta,arial,zafran,ian&riani di kehidupanku. makasih tuk Bpk. DONNY DIRGANTORO yg sdh melahirkan mereka. “Sebaik-baiknya manusia adalah manusia yg bisa bermanfaat bagi orang lain”.
….,saat mahameru berjalan 5cm lebih k’depan,… aku tunggu y filmnya??
aku siap jadi zafran di film 5cm…

19 05 2007
fani,yeppy,lutfi arek suroboyo

mas donny bukunya ok bngt baca buku mas donny buat persahabatanm kami makin deket thanks juple,riani.ian,genta,arial he he he

27 06 2007
cha2

Novelnya hebat bgt..saya bener2 terinspirasi
sekaligus memberikn semangat setiap kali ada permasalahan
saya kasi jempol saya empat2nya de..
hehehehe..
ketagihan maw baca buku Kak Donny lainnya

Hidup Indonesia!

28 07 2007
,herdian

Hhaayy semua,,

Pagi ini, novel dengan judul 5cm, tepat pada halaman 379, selesai sudah dengan membawa sejuta mimpi, mimpi, dan mimpi. Novel ini tentang mimpi, mimpi, sekali lagi mimpi, sepuluh kali lagi mimpi, seratus kali lagi mimpi, sejuta kali lagi mimpi. Hehehe,,

before,
kayaknya gw basi bgth kali yee, jujur..sebetulnya gw bukan pencinta novel, tapi gw suka baca! suka bgth! Waktu itu, tepatnya taon 2006an-lah, temen2 gw lagi pada ribeet bgt ngebahas novel yang judulnya lima sentimeter. Apa si! Gw ngga terlalu minat untuk pengen lebih jauh ttg novel tsb. dan sayangnya, kehebihan temen2 gw ttg novel itu tu ngga sempet nyantol ke kuping gw. Akhirnya, dan akhirnya..sampe satu hari gw berganti nama (dlm sms) menjadi Arial. Hue?Arial..nama tipe font kalo gw ngetik tuh! Apaan si.. si Badai dipanggil Genta-lah, si Eko dipanggil Juple-lah, cewe2 yang meng-elu2kan Riani-lah. Rasa penasaran gw akhirnya terusik juga dgn segala macem nama2 tsb. Sampe akhirnya, damn..!! !@#$%^&*()

The answer is 5cm. . . Karya Donny Dhirgantoro. . .

oOo…ini to! Buku hitam dengan disain kaver yang cukup oke akhirnya menjadi pilihan buat gw untuk bookOfJuni2007, hahaha..

Gw baca..lucu..seru..gokil..persahabatan..motivasi..sisi lain..cinta..mahameru..lempuyangan..terhanyut..kebawa mimpi..naksir..naksir..naksir.. sampe akhirnya gw beneran jatuh cinta sama buku ini. Whhooaa. . . Ngga nyangka, ternyata dan ternyata.

Kadang gw jadi suka nyengir2 sendiri kalo inget2 lagi. Anyway, thanks bgth buat temen2 gw semuanya, i love u all.
Buat bang donny dhirgantoro, nulis buku baru lagi ga?inilah saatnya gw yang mempromosikan buku barunya bang donny dengan judul “…” (masih rahasia) ke temen2 gw, hahaha..

Salam persahabatan buat semuanya, bangsa yang besar ini juga harus punya mimpi, bener bgth.

ngga abis 1jam ngebahas 5cm, it’s complicated.

,amazing..amazing,

Regards,
Herdian

4 10 2007
gloria sambuaga

mas Donny, saya berharap.. ada puteri Mahamerunya😀 hehehe

20 10 2007
utush

bagus.. dan yang membaca buku ini akan berharap kalo mereka mempunyai sahabat2 seperty genta, iyan, zulfran, ‘rambo’ dan riani.. cuma sayangnya bagusnya tu novel cuma ampe halaman 280an.. di bagian ’10 tahun kemudian’ menurut gue ga seharusnya ada.. terkesan maksa.. mending sampe riyani curhat doang. titik. kayak novel gege mencari cinta.
but over all.. worth to buy deh.. =)

29 10 2007
ghozi

Nyesel gw baca 5cm. Kenapa nggak dari dulu gw baca. Sumpah gw sampe terbawa emosi, kadang ngakak sendiri, ngelipet kening sendiri, senyum sendiri sampe nangis sendiri (dikit sih). Awal-awal baca emang udah excited banget apalagi lewatin bab-bab berikutnya tambah seru. Sampe di tengah cerita gw memperlabat bacanya bukan nggak menarik tetapi terlalu sayang untuk cepat selesai ceritanya. Pinginnya ceritanya masih panjang banget. Two thumbs up for Mas Donny.

1 11 2007
zeth

5 cm
keren gila….!keren mampus…!parah ni buku..jarang2 buku bisa menghipnotis gw..
skripsi gw kelar gara2 ni buku..(serius..!)..
skrang gw lg penasaran ama semeru, setelah kemaren gw penasaran ama glodok..(n_n)..salut gw ama yang bikin…

8 11 2007
rizky al kochino

Adalah 5cm salah satu yg bikin gw nyampe di The Great Mahameru, di tengah capeknya nyari duit untuk prgi ke Semeru ampe Triple Job gw lakonin gw ngliat buku2 yg ada di Showcase sbuah coffee shop (baca: Coffee Corner) tmpt gw kerja parttime sbg Barista, sbuah buku item,simpel,dan serasa manggil2 gw…”read me ….i’m all that u need for the journey…”,lgs aja gw tny sapa yg punya ni buku? aq pinjemmmm yaaaa
and it’s very inspiring…….
setiap langkah mnuju ke Mahameru slalu inget crita di setiap bab
masi banyak ga ya di Gramedia Surabaya
thx, salute

24 11 2007
day

woiii KREEEEN BUANGET,, terimakasih buat 5 cm,, akhirnya d bulan november kelabu ini aku WIIISUDAAA,,,setelah membaca 5cm dalm waktu 2hari awal november, akhirnya aku punya motivator yang selalu menemaniku 5cm didepan ku🙂
salam dari day bwt 5 sahabat 5cm nya,,,
keeeereeeen abieeez

4 12 2007
bintdbonz

malem2 ol cari bahan resensi malah nemu blog ini.😀 haah akhirnya aq nemu juga blog penulis buku indonesia tervaforitku. bener2 inspiring banget waktu ngebaca ini *meski ada hal2 yg aq gg gitu ngerti, hhe*

kenalin, aq anak kls2 sma yang selalu pgn bisa tau segalanya dan selalu pgn bisa bikin buku tentang segalanya yang bisa menginspirasi banyak orang kayak 5 cm ini.
🙂

11 12 2007
buy propecia

propecia prescription

pantheists howdahs

5 01 2008
nadnad

suka bgt ma 5cm..di tengah novel2 dan crita2 yg -mnurut aku- kurang berpesan moral dan g nyampe bikin ‘ngeh’ k akunya..hadir bukunya mas donny yg bisa bikin ‘ngeh’ dan akhrnya mikir..

aku paling suka ma quotation (intinya) hidup tu harus bisa bermanfaat buat org lain..aku jd selalu berusaha untuk bs ky gtu..

tapi, yg jadi pertanyaan beda antara bermanfaat ma dimanfaatin ato ditumbalin tipis yah?

kdg di satu sisi ngerasa bw manfaat bwt org, tp ksannya kok ky yg ditumbalin yah?!jd bingung..

apa sebaiknya g usah mikirin itu?do more ajah bwt byk org..toh ntinya we’ll get more..hehehe..

21 01 2008
Leen

mas, boleh minjem gak artikel ini untuk dipost ulang di blog saya?

~makasi🙂

11 02 2008
kereesjava

gw beli 5cm tertarik ama covernya yang simple banget (tapi sangar kok mas) sampe-sampe belinya ngutang(20 agust 2006). but ceritanya membuat gw terhipnotis ampe tak belain naik ke puncak mahameru beneran (17 agust ’07).everything is great for the least. and jadi tambah semangat ‘kanti legowo’.(awassssssssssss???@@#)

20 07 2008
Mi_Chan

You know what…5 cm udh ku baca ulang sampe 10 kali tanpa terlewat satu kalimat pun. Huhuhu…sampe apal kalimat ujung nyaaa…

Kpan bikin novel baru?

20 07 2008
Mi_Chan

Well…buku yg sgt jrang ada di Indo nih. Congrats udh brhasil bikin saia mabok baca buku ini…

29 10 2008
tata

wuuuuiiiiih evrytime i need an inspiration, i always come to this book….i love to write…n i will have my book displayed on bookshop indeed..saya tidak akan berhenti pastinya..thanks 4 donny for ur great book!

14 01 2009
n_dah

hmmm…nggak sengaja searching lewat google pake keywords 5CM Novel, akhirnya “nyasar” di sini…
kereeeeeeeeeeeennnn…oya, mohon ijin ya…nih saya co-pas ke blog saya… (tentu saja dengan mencantumkan link blog anda)

20 01 2009
limacentimeter

Halo…
duh..thanks banget atas semuanya…Amin…
aduh sebenarnya lagi bingung nih, ngeblog itu gimana ya? karena saya baru
aja bikin blog ngga jelas tentang 5 cm, gara gara udah terlalu banyak email yang masuk dan loaded jadinya, trus bikin blog aja, supaya bisa response, ke blog saya aja ya… sori kalo ada yang email nggak dibales bales, maaaaafbanget, banyak bamget sampe luber. maklum orang nggak siap ngetop begini jadinya, norak! (apa sih don?) buat Jaf, youre still the man!…

buat 5 cm, allhamdulillah setelah penantian panjang karena nggka ada yang mau pergi ke Mahameru, akhirnya sekarang lagi proses skenario..jadi tunggu aja ya filmnya, masih lama banget sih, tapi sebisa mungkin dibikin sebagus bagusnya believe me…!!! ( halah)

Sekali lagi, thanks semuanya
Regards.
Donny Dhirgantoro
Dreams. Faith Fight.

di limacentimeter.wordpress.com
(eh harus ditulis lagi nggak sih? apa udah ngelink sendiri? ajarin dong!)

24 01 2009
uLizZ

waaah…
maz donny…
bnern kn, klu 5cm-ny bkaln dFilmKn…??
Qbakal jd org yg p’tm ngntri diLoket” t.o,nih…
phwuasteex…!!!
niwe, maz…
filmx bkal slsæ buln brp…??
yg nyutradarainx jug sapa..??
oia, pmaen”ny org baru yah maz……??
ksi bcorn dkit duonkz…?!!!😉
thankz…!!!

2 02 2009
bima lg pak...

Tuhan kirim perubahan lwat kmu mungkin yah…
lwat 5 Cm…

Thx yah bisa buat hdup gw lebih bermakna,,,,,

GBU

3 02 2009
aef

sumpah gw seneng banget baca 5 cm cos gw juga suka sama yang namanya film,,,sama kaya ke 5 tokohnya yang juga penggemar film,,,
bravooo 5 cm, oy ngomong2 5 cm kapan difilmin?

23 08 2009
astry

mas donny,,,astry mau donk jd rianinya!!!boleh nggk??((sseerriiiuuss))

24 09 2009
indra

Assalamualikum…..
salam kenal bwt Mas Donny Dhirgantoro.
q salah satu penggemar novel ini. pertama kali lihat coverny,q langsung yakin bahwa ni novel yg bagus.memang tampilanny simple,tp unik?
btw, diatas td disebut ‘Mungkin karena saya orang yang sangat emosional.’
he…emang kerasa banget emosiny dari keseluruhan bacaan diatas.
novel ini banyak memberikan inspirasi & motivasi bwt bnyk org. jd Selamat,atas prestasiny.semoga akan muncul lagi karya2 inspiratif lainnya..btw klo boleh tau siapa sosok2 yg menginspirasi tokoh riani,arial,cs?

Wassalam

23 04 2010
nda

slam knal yya ..
hmm inget banget waktu beli buku 5 cm cetakan pertama, bner” nyentuh banget ! novel pertama indonesia yang nda syang ..
waktu belum jadi best seller sempet diremehin gara” baca 5cm .. tapi skarang .. mereka nyari tu buku ,,
slamet yya mas donny .. bukunya bisa ngubah seseorang ..
termasuk sya .. makasiii😀

4 05 2010
irleyzt

jd pengen baca ntu buku,,,,,,,,,,,,,,,,

30 05 2010
aris

aku suka banget sama buku 5 cm soalnya ceritanya seru dan bisa di contoh,setelah aku membaca buku iti aku dan temen-temen jadi ingan mendaki oh ya kapan nih film nya muncul.

15 02 2011
novita sari

om bagus bgt ceritanya saia pengen kesana…tapi kpan ya????????
ngiler saia om baca buku 5 cm,,,ckckckckk
kalo boleh saia daftar jdi cewe nya ian,,hhhehe
soalnya karakter ian kena dihati,,, indomie indomie,,hahahaha

15 02 2011
Rizvhania aulia Hp

om saia pengeeeeeeeeeeeen bgt naek kesemeru, apalagi ditanjakan cinta,,hahahahaa
saia pengen naek semeru bareng bareng sama sodra sodara saia anak PLASMAGA (pecinta alam SMA NEGERI 3 METRO LAMPUNG)
NGILER SAIA OM,, Saia pengen punya cowo kaya bang zafran,,haha gatel..
ckckckckckckck

15 02 2011
novalia maharani

om seneng banget lo baca bku 5cm .ada seneng na ,ada terharunya ada sedihnya pokok na ada semua deh ‘
om aku ngefens ama salah satu tokoh di buku itu yaitu si bang arial ckckckckckckckck
buat kak imawan ketua plasmaga angkatan 10 makasih ya udah minjemin buku 5cm
buat saudara2 ku angkatan 11 jangn nyerah ya ……
kuatin hti lawan aja apa yang gak di kehendaki ama km orang

3 04 2011
n0enky

wuuh.,.,.
sEneng b9d pAs d’p!njEm!n n0veL.na 5 cm,.,.
pEngEn baCa tRuz,.,.,
dLam bKu tHu,Quwh pLing sKa 5 KebEran!an GenTa & kEkonYoLan ZafRan y9 sLalu bKin aQuwh nGakak.,.,.,
pOkok.na kErEn aB!z.,.,.,.,.!!!!!!!

27 12 2012
bondhanfajary

SubhanaLLah,,,salut bwt karya anak indonesia

FILM tentang pendakian+persahabatan+aLam ini yg harus kita perbanyak,,,krna hampir 99% masyarakat menikmati keindahan aLam indonesia..

Ya اَللّهُ kagum sya dan terharu

Leave a Reply

