Cuma 5 Sen ..

21 08 2006

Beberapa tahun silam saya pernah marah-marah pada seorang anak kecil tukang ngamen di lampu merah yang membanting uang 50 perak yang saya berikan padanya. Eh, de ja vu! Hari ini saya mengalami kasus serupa lagi ketika menemukan uang 5 Sen Singapur tergeletak di lantai.

Rasanya mustahil orang yang lewat tidak akan melihat uang berwarna kuning emas mengkilat itu karena ia tergeletak di tengah jalan yang lumayan ramai oleh lalu lintas manusia yang pulang kerja. Tapi kenyataannya memang tidak ada seorang mahluk pun yang sudi memungutnya. Mungkin biaya membungkuk untuk memungutnya pun sudah tidak sepadan dengan nilai uang itu hehe..  

Ya memang nilainya cuma 5 sen dan nyaris tidak bisa dipakai beli apa-apa kecuali untuk ngepasin uang kembalian di supermarket. Kalau ditukar ke rupiah mungkin dapat sekitar 200 perak lebih, hampir 300 perak. Lumayan lah. Tapi mana ada money changer yang mau beli 5 sen?  

Akhirnya uang itu saya kasih ke seorang anak kecil yang dari tadi kelihatan bingung melihat ada mahluk besar tengah berlutut -nyaris berbaring- di jalanan dengan kamera handphonenya. Awalnya wajah si anak nampak sumringah ketika melihat tangan saya tersodor kepadanya memberikan sesuatu.

Terimakasih, Encik,” katanya sambil tersenyum bahagia menatap wajah saya. Saya pun berlalu dengan senang. Ah, rupanya masih ada yang mau menghargai uang 5 sen. Syukurlah..!

Tapi baru beberapa langkah meninggalkannya terdengar bunyi koin beradu dengan lantai disusul gerutuan dari mulut si kecil..

Heh.. Kalau sudah tidak ada nilainya, kenapa uang semacam itu masih di produksi ya?   :-)


Actions

Information

9 responses

21 08 2006
inong

ya itu tadi.. utk ngepasin uang kembalian di spm..😀
tapi at least di sini masih bernilai kalau kita belanjain tuh 5 sen di mana2 di taxi sekalipun, masih diterima.. kalau di kita? siapa yang mau…?

21 08 2006
Hany

5 sen: buat mbayar sebungkus Yakult isi 5 ke anti Ester langganan saya yang datang tiap Senin Kemis sore.😀

21 08 2006
Hany

Eh maksud saya, berhubung harganya sgd 2.75, jadi kudu siapin 5 sen-an.😀

22 08 2006
mpokb

buat kolektor duit koin kali encik.. masing ada gak sih orang koleksi koin?

22 08 2006
IndraPr

Bener kata Mbak Han, saya kadang selalu siapkan uang 5 dan 10 sen di saku untuk membayar cash barang-barang yang harganya ada koma nya. Kalaupun harganya $1.55 dan saya tidak punya kepingan satu dollar atau 50 sen, saya akan tetap bayar $2 plus 5 sen ($2.05) sehingga saya bisa mendapatkan uang kembalian 50 sen and I can get rid of that 5 cents coin, hehehe.

Coba kalau saya bayar cuma $2, kembaliannya pasti lah harus 45 sen, terdiri dari 2 x koin 20 sen dan 1 x koin 5 sen… walah.. nambah koleksi koin lagi….

22 08 2006
sa

jangan2 dirimu yg ga melihat dg baik. bukan 5 sen kali…

23 08 2006
Luthfi

Gak diambil aja, buat koleksi🙂

24 08 2006
paman tyo

* pasti “direncanakan”. ambil koin, tarok, trus dipoto😀 *

ketika nilai uang kian merosot yah begitulah…

24 08 2006
didats

kecurigaan saya persis dengan pakde gombal…

hihihi

Leave a Reply

