A Confirmed Durian Eater

19 08 2006

duren.jpg 

“.. in Borneo I found a ripe fruit on the ground, and, eating it out of doors, I at once became a confirmed durian eater.” Ini cuplikan catatan Tuan Alfred Russel Wallace mengenai pengalamannya makan durian dalam perjalanan ke kawasan Asia Tenggara di tahun 1860-an. Sekali cicip, Tuan Wallace langsung jatuh cinta dan menyatakan dirinya seorang pencinta durian. Malah -tulis Wallace- kalaupun harus memilih, maka beliau akan memilih durian sebagai raja segala buah, mendampingi jeruk kesayangannya sebagai sang ratu. Padahal pada saat yang sama banyak orang bule yang menganggap durian baunya ngujubileh kayak kaos kaki kotor atau bawang busuk.   

Heh.. Si Mbah Jenggot ini enak saja bicara begitu. Jaman dia ke Borneo dulu durian pastinya ada dimana-mana atau tinggal tunggu di bawah pohon. Sekarang, coba saja, bisa berpuluh-puluh ribu harganya. Di Singapura saja harganya bisa mencapai antara dua hingga belasan dolar untuk beberapa biji durian berkualitas top (beberapa biji lho, bukan beberapa buah).

Makanya ketika di kantor siang kemarin saya menerima sms dari istri tercinta yang melaporkan ‘penampakan’ durian di pasar belakang rumah yang harganya cuma 50 sen per buah, tanpa pikir panjang bahwa tanggal sudah mulai tua, saya minta tolong dia ‘menindaklanjuti’. 50 sen kan cuma sekitar 2500 an perak. Gile.. Jaman saya biasa nongkrong makan durian di depan TMP Kalibata dulu harganya saja paling murah sudah 10 ribu perak per buah. Itupun ukurannya cuma sebesar kepala anak bayi. Lha ini sekitar 2500 dapet durian yang ukurannya sekepala orang dewasa. Tentu tak boleh dilewatkan begitu saja..

Walhasil, tadi malam dengan bangga kami bertiga bisa berlagak macam Tuan Wallace, makan beberapa buah durian dengan penuh khidmat. Si Tuan Putri Kecil yang biasanya sensitif sama macam-macam bau ternyata kini juga menjadi “.. confirmed durian eater” hehehe..


Actions

Information

8 responses

19 08 2006
fritz

kekekekek…mantap kali makan duren pak..🙂 jadi ngiler baca postingan ini😀

btw, udah lama gak jalan-jalan ke sini lagi🙂

19 08 2006
Hany

Mister Wallace kebalikannya saya, nih. Sejak ‘terdampar’ di Sikakap dan disuguhi duren -uenak tuenaaaan blum ada yang menandingi- sebanyak segerobak pasir sorong roda 3, kesaktian makan duren saya jadi jauh menurun. Sekarang kalo si Mas bli duren 2 glondong, saya minta 1 juring saja. Hehehehhe….😀

19 08 2006
inong

siiip… confirmed juga deh..

20 08 2006
AGAM

wah ngeliat durian gede, jadi ngiler……….

20 08 2006
abah oryza

hah aing lapar euyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyy

23 08 2006
Siska

Sy baru makan duren pas udah SMA. Gara-garanya Ibu sy tuh suka ‘mabok’ kalo nyium baunya. Jadi, kita sekeluarga selama belasan tahun gak pernah makan duren. Pas ada acara keluarga (ibu sy gak ikut), ada yg bawa duren … sy -yg udah pernah makan duren- bersama sepupu2 langsung menyerbu duren2 dg kalap. Adik sy cuma bengong … karena dia gak pernah makan & gak mau makan. Dia tny sama sy “sejak kapan elo suka duren?”. Memangnya mulai kapan sy gak suka makan duren? Lha wong kita gak gak pernah makan duren, kok! jawab sy.

Ngomongin orang luar negeri yg gak pernah tumbuh duren di negara, sy jadi ingat orang2 Korea. Kebetulan ada 2 orang Korea yg sy antar ke Giant Hypermarket. Salah satunya langsung menjerit kesenangan (sambil lompat-lompat) melihat duren. Sy mikir pasti dia dah pernah/suka makan duren. Kok ni orang senengnya bukan main, ternyata benar dia pernah makan. Tapi temannya langsung menjauh begitu mencium bau duren sambil menutup hidung. Lho kok sy jadi cerita?

2 09 2006
aRdho

di belanda pernah ada tulisan.. verboden voor durian.. hehe..

13 09 2006
dini

wah bumil dilarang baca postingan ini nih…hehehe

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: