Ya.. Ya.. I’m Back..

16 07 2006

Emang cuma Susanna aja yang katanya bisa bangkit dari kubur..? hehe.. Blog saya berusaha bangkit lagi. So far inilah hasil kais mengais dari google cache dan juga blog lama saya di blogspot. Saya nggak mau sentuh-sentuh dulu hosting lama saya walaupun masih punya stok 200 Mb dan hosting setahun lagi. Takut. Sumpah saya takut! Lagipun urusan data yang hilang masih belum beres.

Tapi banyak hikmah yang bisa saya petik. Ternyata yang berbayar tidak selamanya aman, yang gratis belum tentu selamanya jelek, dan masih banyak lagi hikmah, namun ada satu hikmah terpenting yang ingin saya bagi dengan anda yaitu :

” JANGAN PERNAH PERCAYA SIAPAPUN KECUALI DIRI ANDA! “

Jika anda ingin menggunakan hosting berbayar, pilih yang bisa dipercaya demi keamanan data anda. Apa ukurannya? Nggak ada! Saya nggak becanda! Tidak ada ukuran pasti seperti apa hosting terpercaya itu. Hosting saya yang brengsek itu dulu mengklaim sangat terpercaya. Karena itu jangan percaya omongan mereka. Lebih baik lagi cari testimonial dari yang pernah menggunakan layanan mereka.

Saya tidak menyarankan untuk tidak menggunakan hosting berbayar. Silahkan saja bahkan saya juga mungkin akan melakukannya nanti meski belum sekarang. Namun satu hal penting harap di ingat: Backup! Bisa dengan melakukannya sendiri atau memilih layanan hosting yang menyediakan jasa backup rutin.

Kalaupun anda memutuskan untuk tetap menggunakan hosting gratis seperti hosting yang satu ini, jangan juga mudah percaya pada mereka. Take it from my experience. Saya pernah dikecewakan oleh layanan blog hosting gratis dan juga hosting berbayar.

Jadi pada akhirnya semua kembali pada diri kita sendiri. Jangan memberikan 100 persen kepercayaan anda. Sisakan 10 persen saja untuk keamanan pribadi anda. Simpan backup data base atau tulisan anda secara pribadi. Kalau anda bukan pakar IT yang bisa membackup dengan hanya klak klik sana sini, backup lah dengan cara paling kampungan sekalipun yakni copy paste ke word atau cari cara lain yang menurut anda aman.

Dengan cara ini, ketika suatu masa kepercayaan itu hilang, masih ada diri anda yang bisa dipercaya! Habis mau percaya siapa lagi?

Happy blogging!


Actions

Information

4 responses

17 07 2006
Syahmin

Welkom bek…

17 07 2006
dini

Welcome back juga Bang JaF…

“…cara paling kampungan sekalipun yakni copy paste ke word…”

Even cara kampungan sekalipun belum juga saya terapkan, hehe😛
Mulai saat ini kali ya…

17 07 2006
Luthfi

apa gak tll sedikit itu 10%, tambahin donk pak, apalagi thdp diri sendiri.:mrgreen:

18 07 2006
i er ef

yes……..
welcome back, bro !!!
headernya keren

Leave a Reply

