Ketika Putri Salju Tertidur Karena Makan Durian

2 12 2004

Seperti kebanyakan orang tua -mungkin- saya termasuk orang tua yang super ekstra sangat amat hati-hati terhadap setiap bentuk informasi yang diterima oleh anak saya yang masih berusia 4 tahun.

Layaknya seorang anak umur 4 tahun, Putri -anak saya- cepat sekali menerima dan menyerap berbagai hal baru hingga kadang-kadang saya dan istri sering dibuat terkejut dengan ceplosan kata-kata atau bantahan-bantahan yang rasanya -berani sumpah- tak pernah sebelumnya kami ajarkan kepadanya dan itu kerap membuat saya ketakutan setengah mati. Masih untung tidak kena serangan jantung.

Bagaimana tidak takut? Suatu hari, misalnya, sewaktu ia dimarahi oleh bundanya, ia tiba-tiba saja melawan balik dengan mengatakan “Aku bakar nih, bunda..!”. Duaeerrrr!!! Untung jantung saya kuat.

Usut punya usut, ternyata dia belajar kata-kata itu dari salah satu sinetron, di mana lagi kalau bukan di layar televisi negeri kita tercinta yang kini tengah berevolusi menjadi mahluk rakus dan haus akan duit hingga melupakan kepentingan penontonnya.

Dalam salah satu episodenya, -kalau saya tidak salah judul sinetron itu adalah “Bawang Merah dan Bawang Putih”- memang ada adegan dimana si tokoh antagonis menyiramkan bensin ke tubuh tokoh protagonisnya dan siap membakarnya. Untung ayah mereka datang menyelamatkan.

Tapi tolong koreksi saya kalau saya salah. Dalam dongeng sebelum tidur yang biasa saya dengar dari ibu saya dulu sekali, di kisah Bawang Merah dan Bawang Putih memang ada ada ‘adegan kekerasan’. Tapi itupun hanya dalam bentuk Si Bawang Merah yang menghanyutkan sebakul baju yang sudah susah payah dicuci oleh Bawang Putih di pinggir kali yang deras. Tak ada adegan bakar membakar, kan? Betul, kan?

Okelah! Singkat cerita, saya akhirnya melantik diri sendiri sebagai kepala ‘Lembaga Sensor Nasional’ di rumah. Sinetron sebagus apapun menurut versi istri saya kalau disana ada adegan kekerasan, langsung saya cekal. Buku-buku cerita bergambar harus saya ‘scan’ dulu untuk memastikan tidak ada unsur yang bisa mengotori lembaran bersih di otak si Putri, anak saya.

Seolah semua itu belum cukup, dongeng-dongeng yang biasa diceritakan padanya setiap sebelum tidur pun ikut saya sensor. Hasilnya?

..Putri Salju akhirnya tertidur panjang setelah makan durian yang diberikan sang ratu jahat yang ingin menyingkirkannya..

Memangnya kenapa dengan apel? Istri saya protes. Harusnya kan tertidur karena makan apel yang sudah di beri mantra oleh sang ratu. Kenapa durian? Alasannya sederhana. Saya takut anak saya tidak mau lagi makan apel karena cerita itu. Lebih baik dia tidak suka durian daripada tidak suka apel..

Paranoid? Mungkin. Sampai kapan saya bisa begitu terus? Entah. Yang jelas jalan hidup si Putri insya Allah masih panjang dan pada akhirnya saya cuma bisa memohon dan memohon setiap saat semoga selalu Tuhan melindunginya..

..dan malam itu sebelum tidur, saya pun tak lupa mendendangkan lagu favoritnya..

Si kancil anak nakal.
Suka mencuri ketimun.
Ayo cepat di kejar.
Tapi harus diberi ampun.

Kenapa harus diberi ampun? Si kancil kan sudah mencuri?

Don’t even ask why…


Actions

Information

21 responses

15 10 2006
giffari

wah.

30 09 2007
dinda

hehehe…..

28 03 2008
Ferrlyn

mungkin emang agak paranoid atau berlebihan.
Yah, klo anak ngikut gaya dlm sinetron hrs diajarin.
Klo gayanya baik br blh ditiru..gt..
nti klo ank kamu crt ma tmnnya klo putri salju pingsan setelah makan durian, bisa ditertawain org..

24 09 2008
nur anis 'aqillah bin saparudin

hai’
nama saya Anis……………………………

29 11 2008
wizardians

hebaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaattttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttt………………………………!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

8 12 2008
hendrakancut

gak da versi yang inggrisx tha….

lam knl…

hendrakancut.wordpress.com

6 02 2009
phiolet

tOlong DuNk… TuLisin jLan cRitAx / nArasiX skLiaN…

thankS b4…

6 03 2009
Yanti

kren kq critanya,,,,
w ska ma crita dongeng ni…….
jdi inget waktu kecil deh, bca crita dngeng yang kya gni…..

14 05 2009
nadia lestari

waw heboh ceritanya yach…
tapi nanti gw mimpi gak yach??????????

6 06 2009
dhila

aq setuju klau kt hrs mengganti cerita putri salju yg aslinya. coz aq juga tak suka dgn durian. jd sy bersependapat dgn cerita bpk yang ada di internet………….

10 08 2009
bebs

yap saya sependapat dengan cerita bapa.bagaimana tidak,tv yang selama ini momoknya menghibur diam tanpa pasti tlh mnjadi boomerang bagi kita.contoh kecil saja,,di setiap berita,kejadian kriminal yg tejadi sll di publikasikan.kasus mutilasi yang awalnya tidak begitu santer sekarang malah semakin berkembang.fyuuhhh,,qt bisa ambil kesimpulan mengapa semua semakin berkembang.chayo para orang tua!!krn kitalah yang menjadi decision maker.

27 08 2009
sherina

macam mana cerita dongeng boleh ada

27 08 2009
sherina

saya suka cerita dongeng.

1 01 2010
airiezan

hai sherina.

1 01 2010
airiezan

hello,nama saya airiezan.

1 01 2010
airiezan

saya pun suka cerita dongeng.

11 04 2010
haria dwi marisha

maksud cerita nya apa gua nggak ngerti
heran deh gua …………
tp bAGUS nya CERitA PUTRI SALJu trtidur karena memakan buah apell dan dicium oleh pangeran di negri seberang akhir nya putri ter bangun dan menikah bersama sang pangeran

23 05 2010
RinTania

Saya jGa skA bWn9T L0ch mA d0ngeN9

9 08 2010
yanti arena

mengejutkaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaannnnnnnnnnnn…………!!!!!!!!

27 11 2010
aiman

hiiiiiiiiiiiiiii lucu banget hahahahahahaha aku cuka…aku cuka

31 01 2011
nuriyah love kuadib

hello………………..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: