Jualan Si Tukang Blender

24 08 2008

Marketing selalu merupakan sesuatu hal yang menarik bagi saya karena meskipun teorinya bertumpuk-tumpuk di berbagai macam buku, tapi tetap saja faktor penentu keberhasilannya bukan teori-teori itu tetapi kreatifitas. 

Ambil contoh apa yang dilakukan Paman Tom Dickson. Dia ini pendiri dari Blendtec, sebuah perusahaan yang memproduksi blender. Selama setahun terakhir ia rutin mengupload video pendek di youtube yang terkait dengan jualan blendernya, khususnya salah satu produk blender yang konon memiliki kekuatan yang luar biasa.

Nah, yang menarik adalah, video itu menampilkan ia tengah mem-blender berbagai macam hal yang aneh-aneh. Baru-baru ini misalnya ia mencemplungkan iPhone 3G ke dalam blendernya dan benar-benar ia blender sampai menjadi debu berwarna kehitaman. Di kesempatan lain, ia memblender stick golf, handycam, bola golf, bohlam, kelereng, sepatu Nike, ayam dicampur Coca cola, bahkan Coca-cola bersama kaleng-kalengnya pernah ia blender. 

Lebih dari sekedar pamer blender, ia juga suka usil dengan menampilkan video yang terkait dengan tema-tema aktual. Di jaman pemilu ia memblender simbol partai demokrat dan republik di Amerika. Ketika para penulis script film di Amerika demo, ia merebut salah satu poster orang yang sedang demo dan juga memblendernya. Bahkan digambarkan ia pernah memblender handphone kru videonya, gara-gara salah satu handphone itu berdering waktu sedang rekaman.  

Kegilaannya inilah yang membuat orang ramai-ramai menonton videonya di youtube. Video iPhone 3G nya saja sudah ditonton hampir 2 juta orang sejak 11 Juli kemarin, bahkan secara keseluruhan videonya konon sudah disaksikan lebih dari 100 juta kali.  Apa namanya kalau bukan marketing? Memang beberapa kali ia dikritik di youtube karena dianggap berbohong. Tapi toh secara marketing ia berhasil menarik perhatian orang juga, kan?  

Si Paman Tom ini menjadi terkenal dan sering diwawancara sana-sini, termasuk di sejumlah acara televisi terkenal di Amerika. Kata-kata “Will It Blend” menjadi sangat terkenal dan lebih dari itu, dalam sebuah wawancara ia mengakui bahwa video itu juga sangat berdampak pada angka penjualan blendernya. 

Saya jadi teringat pada Pakde Tung Desem Waringin yang juga tidak kalah gila. Ia konon pernah menjual mobil Mercy yang sudah terbakar seharga ratusan juta. Aksi yang tidak kalah gila adalah dengan membuang uang ratusan juta dari atas pesawat. Ya aksi terakhir ini memang gila dan ia memang mencapai target dengan diekspos di media dalam dan luar negeri. Itu juga marketing, kan? Tapi entahlah, saya merasa aksinya itu tidak pantas saja dalam keadaan ekonomi seperti sekarang ini.

Tapi terlepas dari semua itu, kreatifitas memang menjadi kunci utama seorang marketer. Kreatifitas ini pulalah yang agaknya perlu di pelajari oleh para marketer politik kita menjelang pemilu.. Jangan kayak si paman kita yang satu itu yang sampai membuat seorang suster Apung merasa tertipu.. hahaha.. Nyambung ke politik juga.. 

Udah ah. Mendingan nonton ulah si Paman Tom lagi deh..  

~~~

Tautan Terkait:


Actions

Information

7 responses

26 08 2008
endangpurwani

weeeh…….apa perlu gue pasang video gue lagi mangsak? hehehe…..kan marketing….see:http://endangcinta.wordpress.com/2008/08/25/soethil-warung-onlineku/#comment-2768

26 08 2008
Donny Reza

bhehehe, gila si paman … bener2 gila … iPhone… hiks hiks…

28 08 2008
Gosip Holywood

mantab bokkss…aksinya walaupun sedikit gila tapi itulah trik2 yang perlu kita pelajari…asal jangan ikut memblender iPhone 3G aja….

29 08 2008
eko hm

nuwun udah mampir di blog saya..
saya suka komik²nya loh pak..

saya minta ijin beberapa komik untuk saya posting di blog saya yg di mp
makasih..

30 08 2008
herdianto

thanks for sharing the info….

tapi minta izin buat nyontek dikit ya, hehee

5 09 2008
we-link

Uediaaan tenan tuh,kang….Sesuatu yang aneh dan nyeleneh adalah marketing yang luar biasa karena secara psikologis “beda” dan orang ingin melihat yang “beda” tersebut.
Nice article,kang…Oh ya salam kenal juga ya…bakal sering mampir hehe

15 09 2008
masjogja

Hahaha..
dulu waktu lagi banjir bandwith, saya sempat mengkoleksi video-video Will It Blend. Brilliant madness!
i like your blog & entries
salam kenal mas :)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 45 other followers

%d bloggers like this: