Mencari Kehendak Tuhan dalam The Secret

15 08 2008

Terpicu oleh pertanyaan yang muncul setelah membaca ulasan seorang kawan tentang buku The Secret karya Rhonda Byrne, saya memberanikan diri untuk juga membuat penafsiran sendiri tentang buku yang menghebohkan itu. Semoga bermanfaat. :)

The Secret bicara tentang kekuatan pikiran, tentang Hukum Gaya Tarik atau The Law Of Attraction. Ini adalah sebuah hukum lawas yang intinya meyakini bahwa segala sesuatu yang kita pikirkan akan tertarik ke dalam kehidupan kita. Jadi dengan kata lain, hidup yang kita jalankan saat ini adalah produk dari pikiran-pikiran kita sendiri yang menjadi kenyataan, karena pikiran itu ibarat magnet yang menarik seluruh alam semesta untuk mengikuti pikiran kita. Kurang lebih begitulah..

Jadi di sekujur isi buku The Secret itu kita diajarkan untuk percaya pada kekuatan pikiran. Seorang pria misalnya mengaku pernah meniatkan ingin punya rumah mewah. Ia menggunting gambar rumah di majalah dan di pajang di dekat meja kerjanya. Setiap saat ia menatap gambar rumah itu, saat itu pulalah ia semakin memperkuat niatnya untuk memiliki rumah seperti itu. Beberapa waktu kemudian, ia memang akhirnya punya rumah. Tapi yang mencengangkan adalah ketika tengah membongkar kotak-kotak barang pindahannya, ia menemukan kembali guntingan gambar rumah itu dan ternyata itu adalah rumah yang sama yang ditempatinya sekarang. Jreeeng!!

All you have to do is ASK! Tinggal minta saja, tinggal pikirkan saja, dan seluruh alam semesta akan tertarik dan berkonspirasi untuk mewujudkan keinginan anda itu dengan cara yang mungkin tidak pernah terpikirkan sebelumnya atau malah dianggap mustahil.

TAPI, DIMANA PERAN TUHAN?

Ini pertanyaan utama saya setelah mencoba memahami buku The Secret dan teori Law of Attraction:

Kalau memang dengan kekuatan pikirannya manusia bisa mewujudkan apa saja, lantas dimana peran Tuhan yang Maha Berkehendak?

Ternyata saya tidak sendiri. Banyak yang mengkritik Rhonda Byrne dan teori Law of Attraction yang dianggapnya sebagai rahasia semesta. Ia dianggap mengesampingkan peran Tuhan. Dari hasil googling saya banyak menemukan kritik-kritik semacam ini. Diantaranya yang cukup menarik buat saya adalah artikel berjudul The Secret Remixed: What About God? Dan Is The Law of Attraction Replacing God? (Red: Tautannya bisa anda temui di akhir artikel ini)

Keberadaan Tuhan bagi saya adalah hal yang tidak bisa ditawar-tawar lagi dan saya percaya bahwa bagaimanapun caranya, manusia tidak akan pernah bisa melawan kehendak Tuhan.

Lebih dari itu, menurut saya, kehendak Tuhan tidak bisa dinilai dengan positif atau negatif. Pikiran kita sebagai manusialah yang cenderung melakukan itu. Adalah karena penafsiran manusia lah maka pikiran kita suka sekali memberi label “berkah”, “nikmat”, “pahala”, “dosa”, “laknat”, “azab” dan lain sebagainya pada kehendakNya.

Nah, The Secret bisa jadi merupakan rahasia keberhasilan manusia. Rahasia itu adalah The Law of Attraction, kekuatan pikiran yang bisa menjadi kenyataan. Tapi Tuhan tetap Maha Berkehendak dan tidak ada yang bisa melawan kehendakNYA.

Jadi kekuatan pikiran seperti yang ditulis dalam The Secret itu ngibul belaka?

Tidak juga. Dalam penafsiran saya, adalah kekuatan pikiran kita sebagai manusia yang bisa membuat kita menikmati atau sebaliknya tidak menikmati kehendak itu, dan kemudian ditafsirkan oleh banyak orang sebagai WUJUD dari kekuatan pikiran kita.

Banyak orang yang sebenarnya diberi berkah dan kenikmatan yang melimpah, tapi ia tidak menyadarinya. Sebaliknya, ada juga yang diberi azab, bencana, laknat atau apapun itu namanya, tapi ia tetap bisa menikmatinya, menjalaninya.

Susah memang menerima logika ini. Tapi lihatlah ketika kita sakit, misalnya. Dalam ‘label’ manusia, sakit sering bisa dilihat sebagai bencana, kutukan, atau apapun namanya. Tapi bukankah sakit juga bisa dilihat sebagai nikmat? Bagaimana kita tahu rasanya sehat, kalau tidak pernah sakit. Sebaliknya, banyak orang yang bergelimang sehat, harta benda yang berlebih, tapi dia tidak tahu cara menikmatinya karena selalu berpikiran negatif atau ketakutan.

Bukankah prinsip awal dari melatih kekuatan pikiran kita seperti yang banyak disebut dalam buku The Secret adalah : Be Thankfull! Selalu bersyukur pada apapun yang kita dapat dalam hidup ini, sekecil apapun itu!

Be thankfull pada siapa? Kira-kira menurut anda siapa lagi yang menyebabkan kita bisa hidup seperti sekarang?

Rhonda Byrne?

Yeah right!

~

Singapura, Jumat, 15 Agustus 2008
Untuk salah seorang manusia terpenting dalam hidup saya (you know who you are..) :Ini penjelasanku soal berpikir positif dan negatif itu, dear.. :)

~~~~

Tautan terkait:

- Ulasan Mas Alex tentang The Secret
Tulisan beliaulah yang memicu saya ikut mengulas tentang buku ini. ☺

- Situs resmi The Secret
Wah.. wah.. laku ni yeee.. :)

- The Law of Attraction
Teori Law of Attraction menurut Wikipedia:

- The Secret Remixed: What About God?
Nneka, penulis artikel ini mengulasnya dari sisi penafsiran terhadap Tuhan yang berbeda-beda. Ada kutipan menarik yang saya suka dan amat sependapat dari tulisannya: “You may not believe that you create your life, but you can believe that your attitude affects your outlook on life.”

- Is The Law of Attraction Replacing God?
Gunner Jensen, penulis artikel ini punya sudut pandang yang menarik untuk melihat peran kehendak Tuhan dengan teori Law of Attraction. Kutipan menarik dari tulisannya yang saya suka adalah: “…it is very logical that whoever or whatever created our universe (including us, the human beings) designed the overall rules and frames but left room for us to act individually. If not we would have no free will at all

- Bapak dan The Law of Attraction
Setelah membaca The Secret, saya baru sadar bahwa saya dibesarkan oleh seseorang yang sangat percaya pada Konsep Law of Attraction atau beliau melihatnya dari sudut pandang konsep “Self Fulfilling Prophecy” yang sering disebut sebagai penjelasan lain dari Law of Attraction. Link di atas adalah salah satu kisahnya yang membuktikan kebenaran kekuatan pikiran itu, yang ditulisnya di situs citizen journalism panyingkul.com

- Self Fulfilling Prophecy
Konsep Self Fulfilling Prophecy menurut Wikipedia

Disclaimer:
Tulisan ini murni penafsiran pribadi saya tentang buku The Secret dan konsep Law of Attraction. Jika anda punya penafsiran lain, ayo berbagi di sini atau email saya di: jafmail @gmail.com :)


Actions

Information

25 responses

15 08 2008
Alex Santosa

Mas, the law of attraction-nya Rhonda Byrne, menurut saya mirip dengan pesan yang disampaikan Paulo Coelho lewat ‘the Alchemist’ nya:
# “And, when you want something, all the universe conspires in helping you to achieve it.”
# “When you want something with all your heart, that’s when you are closest to the Soul of the World. It’s always a positive force.”
Saat berpikir ‘mengapa ada yang mudah mendapatkan apa yang diinginkan sementara saya harus bersusah payah’, quotes ini bisa sedikit menenangkan..hehehe…

>> hahaha.. bener mas.. bener.. Saya suka banget kata2 itu. The Universe conspires.. Mungkin harus berpikir lebih keras lagi supaya dapet hehehe

17 08 2008
ManusiaSuper

Saya melihatnya justru peran Tuhan dalam urusan pikiran ini sangat besar Pak. Dalam pengertian saya ‘kekuatan pikiran’ yang di maksud dalam the secret adalah ‘doa’ dalam terminologi agama saya.

Pikiran positif adalah doa positif, sementara pikiran negatif juga menjadi doa yang negatif. Dan karena Tuhan sudah berjanji akan mendengar dan mengabulkan setiap doa, maka apa yang dipikirkan itu lah yang mungkin terjadi…

Bukankah doa pada sesungguhnya adalah pikiran? Bukan hanya sekedar jampi-jampi lisan yang diucapkan atau tiruan dari apa yang dibacakan imam?

18 08 2008
Riyogarta

Yang lupa dituliskan dalam buku tersebut adalah penekanan bahwa semua yang dipikirkan akan terjadi jika dibarengi oleh usaha. Ada doa dan ada ikhtiar :)

19 08 2008
ana

Saya setuju dengan mas ‘manusia super’, bahwa memang Tuhan berperan disini. Bahwa yang dimaksud dengan kekuatan pikiran adalah doa. Selalu berpengharapan untuk kehidupan yang lebih baik, memacu semangat dan gairah kita menjalani hidup. Penting lho. Jadi The Secret cukup masuk akal menurut saya.

19 08 2008
kutukutubuku.com

buku ini memang must read banget. Helps to make life happier =)

6 09 2008
Dolphin

Intinya padahal 1 = yakin !

Seperti yang sudah dikatakan Dia, yakinlah berdoa kepadaku niscaya kukabulkan. Keyakinan ini sangat sulit dan diajarkan di The Secret

7 09 2008
chandra

Saya sepaham dengan “manusia super” dalamhal ini yang dimaksud dalam kekuatan pikiran kita adalah doa,dan yang dimaksud ‘semesta’ dalm hal ini adalah TUHAN. Jadi untuk ini tinggal implementasi atau penafsiran kita sendiri,karena di The Secret pun diajarkan juga rasa kita mensyukuri thd suatu hal yang kita dapat walaupun itu hal sekecil apapun. Kita juga harus bisa berpikir positif thd seseorang walaupun orang lain banyak berpikir negatif ttg kita,dan nantinya seemesta akan membalikan keadaan menjadi semakin banyak orang menyukai atau berpikir positif ttg kita.

21 09 2008
sayuti

semua yang diungkapkan teman-teman,tidak lain hanya sebatas keinginan, titik apapun keinginan itu, termasuk keinginan bertuhan/mengakui adanya tuhan. jujur saja, kalau kita coba fikirkan dari mana kita berasal,terlepas dari kaitan agama,, apa jawaban kita yang paling masuk akal,,,? bila jawaban itu telah kita dapatkan,adakah kaitannya dengan TUHAN,,? di alam semesta ini bukan cuma manusia yang hidup. sekedar untuk acuan bahwasanya ada 4(empat) unsur alam yang menopang dan memungkinkan sesuatu menjadi hidup atau bertahan HIDUP. 1.udara 2.air 3.api 4.tanah…..

25 10 2008
heny

setelah mambaca the secret…hidup saya berubah,,,,,setiap hari saya selalu bersyukur dan selalu berdoa……..pola pikir saya pun menjadi positif……

26 10 2008
Lex dePraxis

Info yang bagus, namun jujur saja The Secret dan LOA sudah terlalu populer dan membosankan. Itu sebabnya saya menulis pelajaran revolusi formula terbaru dari The Secret Law of Attraction yang terfokus pada bidang hubungan pria, wanita, romansa, dan cinta. Silakan cek sendiri di alamat

http://www.hitmansystem.com/blog/the-secret-law-of-attraction-113.htm

Pembahasan yang lengkap menyeluruh, berikut aplikasi poin yang praktis detil. The Secret Law of Attraction sangat direkomendasikan untuk mereka yang sudah lelah dengan Law of Attraction yang klasik.

1 11 2008
wawan

maf mas komenx g’ sesuai,cuma mw nawarin cara terbebas dari belenggu pulsa yg slalu merepotkan kita sehari2,bagi mas ato embak2 yg udah berkunjung diblog yg kaya ilmu ini yg bermintat Untuk mengetahui carax..!KLIK JA DISINIMAKASI…!

4 11 2008
sungeck

Pendapat saya tentang the secret disini bukan merupakan pembenaran konsep tersebut, namun juga tidak menyalahkan 100%.
Dalam agama yang saya anut, sampai detik ini yang saya tahu juga mengandung ajaran2 tersebut, saya lebih menafsirkannya sebagai cara berdoa kepada yang diatas. Saya kira dalam the secret proses pencapaiannya tidak dijelaskan secara detil, namun demikian saya yakin dalam konsep the secret proses pencapaiannya itu tetap ada (hanya mungkin tidak dijelaskan). tentang mudah atau sulit proses pencapaiannya itu merupakan sunatullah, dan diatur dalam mekanisme alam(diatur yang maha kuasa).
Yang perlu diambil hikmahnya adalah alam (dunia) merupakan hamparan ilmu yang disebar sedemikian rupa, kita sebagai manusia mempunyai kewajiban mempelajarinya demi lebih mengenal kebesaran pencipta kita, dan yang perlu diingat, masih sangat banyak yang belum kita ketahui, yang tidak mungkin pada saat ini mungkin dimasa depan sudah merupakan ilmu yang sepele, contohnya berhitung, coba deh baca buku sejarah angka nol.
No matter what you learn! yang penting harus tetap berada dalam koridor kepercayaan yang kita anut. So, do not stop to think & keep learn!

1 04 2009
lendriya

Menurut aku,
Semua pendapat benar koq.
Karena ini adalah buku karangan manusia dan kita semua tau manusia tdk ada yg sempurna maka semua hasil karyanya juga tak ada yang sempurna bisa mengcover semua kebutuhan dan masalah.
Aku sih mencoba ambil yang positifnya aja dari buku ini. Jujur aku baru baca LoA dan sgt respek sm isinya dan aku pernah mengalami beberapa kejadian positif dan negatif seperti yg ditulis di buku LoA itu, yg semuanya itu aku cb eksperimen dengan kekuatan pikiranku….dan mmg benar2 terjadi.
Kembali lagi, dalam hal ini tetap perlu melibatkan Tuhan, artinya DOA tetap dilakukan.
Apa yang kita Imani itulah yang terjadi….
Oleh sebab itu mari kita sama2 belajar terus berpikir positif….

GBU all…..

8 10 2009
on nick

aku tidak suka buku seperti ini, buku2 sperti ini hanya persepsi2 yang dibuat – buat sendiri oleh orang2 barat.

3 03 2010
cah

Always positif and syukuri apa yg ada .. ;)

11 05 2010
Cinta

iya saya juga tertarik buat baca buku the secret,,, tapi blum beli coz baru beli buku ” terapi berfikir positif” maklum mahasiswa,,, jadi harus ngumpulin duid dulu,, hehhe,,
setelah baca artikel ini,, jadi nambah semangat buat beli ini buku dan baca,,, heheheh

21 11 2010
Wapannuri

Saya suka dengan anda ! FAIR PLAY !

5 01 2012
used clothing

Thanks a ton for your guide!

5 01 2012
dog mouth pain

whoa, that is one scary story!

5 12 2012
Jual Propolis Asli Jakarta

The Secret bisa menjadi kenyataan jika kehendak kita selaras dengan kehendak Tuhan. Itu menurut saya. Jual Propolis Asli Jakarta

5 12 2012
Pusat Softlens jakarta

Selama Tuhan mengijinkan, hal apapun bisa terjadi. Pusat Softlens Jakarta

5 12 2012
Distributor Alat Pel

Bukunya bagus. Inspiratif Distributor Alat Pel

5 12 2012
Toko Jual Bearing

Memang pasti orang akan berbeda pendapat. Tapi kalau itu bisa menjadi kenyataan, ok aja.. Toko Jual Bearing

10 02 2013
pakaian

I’m really loving the theme/design of your site. Do you ever run into any browser compatibility problems? A couple of my blog visitors have complained about my blog not operating correctly in Explorer but looks great in Firefox. Do you have any ideas to help fix this issue?

9 05 2013
Justine

I read this paragraph fully concerning the comparison of
hottest and preceding technologies, it’s amazing article.

Leave a Reply

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 46 other followers

