Dhani Ahmad Kayak Ruthless Queen dan Sekeping Sejarah Musik Kita

1 01 2008

Ini mungkin berita basi bagi penggemar Dewa 19, tapi sejak Oktober lalu kelompok musik Indonesia itu meluncurkan single bertajuk “Cintaku Tertinggal di Malaysia” yang kabarnya dibuat khusus untuk tur mereka di Malaysia dan hanya bisa di unduh secara ekslusif oleh pelanggan penyedia jasa HP Celcom Malaysia.

Saya pertama tahu informasi ini dari blognya Paman Tyo Gombal dan penasaran untuk mengusutnya lebih jauh karena nada lagu tersebut dari awal sampai akhir memang mirip .. eh ralat persis dengan lagu Ruthless Queen yang dinyanyikan oleh kelompok progresif rock legendaris asal Belanda yang bernama Kayak (Om BR, Om Gatot, Om JSOP atau Paman Tyo sendiri pasti bisa cerita banyak soal group ini). Persis sama! Bedanya hanya di lirik saja yang berbahasa Indonesia.

Apakah musisi sekaliber Dhani Ahmad melakukan plagiarisme? Rasanya kelewatan kalau memang iya. Tapi ini cerita yang bisa saya dapat dari hasil ngubek-ngubek Google ditambah sedikit cerita tentang sekeping sejarah dunia musik kita yang ada kemiripan dengan ‘ulah’ Dhani itu. Begini…

Dhani ternyata tidak sebodoh perkiraan banyak orang. Paling tidak itu yang diceritakan manajemen Republik Cinta kepada media di Malaysia. Lagu itu katanya sudah merupakan favorit Encik Dhani dan sengaja ia buat versi Bahasa Indonesianya sebagai tribute atau penghargaan kepada kelompok Kayak. Bahkan kabarnya nanti akan dimasukkan ke album Dewa berikutnya saking banyaknya peminat lagu itu.

Ooh.. begitu toh ceritanya. Maaf deh bos kalau saya sudah ikut menyangka sampeyan njiplak lagunya Kayak. Oya, berarti Dhani ini juga penggemar berat penyanyi soul asal Swedia, Stephen Simmonds dong ya? Bukankah lagu Jika Surga dan Neraka Tak Pernah Ada yang dinyanyikan sama Chrisye (alm) itu juga nadanya persis dengan lagu Tears Never Dry nya Simmonds? Pasti itu juga dibuat sebagai tribute buat Stephen Simmonds ya?

~~~

Sekeping Sejarah Musik Kita

Okelah, terlepas dari urusan tribute-tribute an, lagu Cintaku Tertinggal di Malaysia kabarnya juga dibuat untuk dibawakan dalam tour Dewa 19 di sejumlah tempat di Malaysia, dan kabarnya pula lagu itu cukup sukses diterima penggemar Dewa di negeri jiran kita itu.

Nah, meskipun kabarnya Dhani menciptakan lagu itu secara improptu dan hanya direkam dengan satu kali take saja, tapi rasanya ini jauh dari kebetulan. Di sebuah forum ada yang iseng bilang kalau Dhani memilih lagu Ruthless Queen sebagai bentuk ‘curhat’ atas kehidupan pribadinya hehe.. (Ruthless Queen=Ratu yang bengis? hahaha). Tapi saya tidak tertarik membahas urusan infotainment itu lebih jauh. Judul Cintaku Tertinggal di Malaysia jelas ada unsur jualannya dong. Tapi lebih dari itu, ‘ulah’ Dhani dengan membuat versi bahasa Indonesia dari lagu barat yang sudah terkenal itu bukan barang baru. Ia bahkan mengingatkan saya pada sekeping sejarah musik di Malaysia yang baru saya tahu setelah mulai bekerja di sebuah radio di Singapura..

bdb.jpgCoba tanya orang Malaysia atau Melayu Singapura, kenalkah mereka dengan lagu Hatiku Luka atau Khayalan yang dinyanyikan oleh kelompok legendaris Black Dog Bone? Besar kemungkinan mereka akan tahu, karena Black Dog Bone adalah kelompok musik paling legendaris di negeri jiran kita itu.

Kelompok musik asal Singapura itu bisa dibilang sebagai pendobrak dominasi musisi-musisi Indonesia yang sangat dikenal di Malaysia dan Singapura di tahun 70an seperti D’Lloyds, Panbers atau Favourite Group.

Awalnya mereka hanya band yang biasa tampil di klub-klub malam yang sangat dipengaruhi musik-musik ala Motown. Namun penampilan mereka ternyata menarik minat produser rekaman. Tapi berhubung mereka tidak punya banyak lagu ciptaan sendiri pada saat itu, akhirnya mereka menyanyikan cover version dari lagu-lagu yang tengah hits saat itu, dengan lirik yang sudah di melayu kan, dan ternyata mereka sangat disukai oleh pasar musik setempat yang kala itu masih di dominasi oleh musisi-musisi Indonesia.

Uniknya, konon tidak banyak anak-anak muda Malaysia dan Singapura zaman sekarang yang sadar bahwa lagu Black Dog Bone yang paling legendaris, yaitu Hatiku Luka dan Khayalan, adalah cover version dari lagu barat yang terkenal. Hatiku Luka adalah saduran dari lagu Kiss and Say Goodbye dari kelompok The Manhattans, sementara Khayalan adalah saduran dari lagu Fantasy milik kelompok Earth Wind and Fire.

Lantas salahkah tindakan Black Dog Bone serta Dhani Ahmad itu? Entahlah. Rasanya orang-orang hebat macam mereka itu sudah tahu yang namanya aturan hak cipta. Yang jelas, seperti lagu Khayalan dan Hatiku Luka yang laris manis dan kini dianggap sebagai lagu legendaris di Malaysia dan Singapura, lagu Cintaku Tertinggal di Malaysia nya Dewa rasa-rasanya bakal meledak saat nanti sudah dilepas ke pasaran yang lebih luas, termasuk di Indonesia. Coba nanti kita lihat apakah dugaan saya benar atau salah..

~~~

Oke, sampai disini kalau ada diantara anda yang sudah mau mengaitkan cerita saya ini dengan kasus Rasa Sayange dan kasus lain terkait negeri jiran kita itu, perlu saya jelaskan bahwa dari awal saya tidak berminat mengarahkannya ke situ. Lagu barunya Dewa 19 itu hanya mengingatkan saya pada sejarah musik masa lalu dan tulisan ini memang hanya soal sejarah thok.

Sekedar catatan, Malaysia (dan Singapura) memang punya sekeping sejarah dimana lagu mereka yang menjadi legendaris itu adalah hasil saduran dari musik negara lain. Tapi jangan lupa bahwa kita pun punya sejarah sama. Dhani Ahmad adalah contoh paling aktual. Generasi 80 an mungkin juga pernah tahu bahwa Chrisye (alm) pernah menyadur lagunya Sheena Easton – Morning Train, menjadi lagu Jumpa Pertama. Atau generasi yang lebih ke belakang (untuk tidak mengatakan tua hehe) mungkin pernah dengar lagu Diantara Hatimu dan Hatiku yang dipopulerkan oleh Om Muchsin dan Tante Titik Sandhora yang tidak lain adalah lagunya Merle Haggard berjudul Somewhere Between. Bahkan masih segar di ingatan saya bagaimana ibu saya dulu sering sekali menyanyikan lagu yang sering diputar di radio jaman dulu. Liriknya kurang lebih begini:

Kasih, dimanakah
Mengapa kau tinggalkan aku
Ingatlah-ingatlah kau padaku
Janji setiamu tak kan kulupa

Bertahun-tahun kemudian, suatu hari saat mendengarkan radio ABC Australia di gelombang SW, saya terkejut ketika mendengar kembali lagu ini dinyanyikan, cuma dengan lirik bahasa Inggris:

Hey Jude, don’t make it bad
Take a sad song and make it better
Remember to let her into your heart
Then you can start to make it better

(Hey Jude-The Beatles, 1968)

Sampai sekarang saya masih penasaran siapa gerangan yang menyanyikan versi Indonesianya..

Nah, lantas salahkah para musisi yang menyadur lagu yang sudah ngetop itu, apalagi kemudian di sadur ke Bahasa Indonesia? Hmm.. mungkin ini pertanyaan menarik yang bisa dipakai untuk memulai diskusi, dan kotak komentar di bawah ini artikel ini selalu terbuka untuk anda semua teman-teman baik saya… Monggooo:)
Salam,

JaF

________

NB 1: Ini ada satu blog menarik yang menjadi referensi saya untuk tulisan ini dan mungkin menarik untuk anda yang berminat pada musik: http://commongraysense.blogspot.com. Great blog!

NB 2: Yang tak sabar menunggu kapan lagu Cintaku Tertinggal di Malaysia nya Dewa 19 keluar jadi album, ada seseorang yang memasangnya di youtube. Silahkan klik disini untuk melihat dan mendengarkannya. Mau membandingkannya dengan lagu Ruthless Queen nya Kayak? Di youtube juga ada kok. Klik saja disini.. Atau cari sendiri lah di internet. Banyak kok disana hehehe..


Actions

Information

97 responses

1 01 2008
Praditya

Hmm… Ternyata hobi menjiplak juga ada di musisi tanah air…

*btw, saya ndak brani komen* :lol:

1 01 2008
Anang

OOT: iya pak rane… saya melebarkan sayap ke wp… ehehehe….

2 01 2008
roi

om JaF
berarti cover album dewi-dewi (band buatannya Ahmad Dhani) juga tribute dia untuk cover album band jadul yang namanya The Donna’s ya?
hehehe….

2 01 2008
bangsari

oh gitu to… ternyata rumit juga sola musik dan hak cipta ini ya? kalo orang awam seperti saya ya maunya gampang saja. kalo enak, kenapa tidak? hehehehe

btw, kemarin saya sempat ada tugas ke singapura. tapi mau minta ijin ketemu sampeyan kok ndak enak. :D

2 01 2008
richoz

Apakah musisi sekaliber Dhani Ahmad melakukan plagiarisme?

wah, sudah bukan cuma sekali ini
jadi ya tidak terlalu heran

26 04 2012
ramadhian

jiancuk ,, jampiro saiki ,,

2 01 2008
Mr.Ghan

Hmm,, ini kasusnya persis kayak lagunya peter pan yang di jiplak sama India dan masih tentang peter pan yang lagunya pernah sedikit nge-bajak musisi luar negeri yang namanya entah siapa saya lupa :p

2 01 2008
aRuL

kalo nulis tribute sih di albumnya sih gpp, tapi minta izin dulukan mestinya?
wekz kalo tributenya pas sudah menjadi kasus, apa itu namanya pembelaan diri yah?

2 01 2008
Donny Reza

Mungkin nggak sih Dhani nganggap pendengar musik kita ‘bodoh’? Dikirinya pada nggak tahu gitu? kalau saya sih emang baru tahu lagunya Ruthless Queen, tapi kalau band Kayak pernah denger namanya aja…:D

2 01 2008
bebex

hihihihi ^^
dhani….
ternyataaaaaa…

2 01 2008
Thomas Arie

Wadoh… sampe sekarang kok kayaknya masih tetep ribet antara ‘plagiarisme’ dan ‘inspired’ ya… Saya cuma suka dengan lagu-lagu Dewa yang masih jaman ada Ari Lasso duluuuu itu…

3 01 2008
danisby

Go to hell with you DEWA PLAGIAT !

3 01 2008
paman

telah hadir diblantika musik indonesia album Maafkan Aku PAMAN BAND dapatkan segera cd dan kasetbya PAMAN MANAGEMENT 081511543532

3 01 2008
Hielmy

wah baru tau tuh ada lagu jiplakan dari “fantasy”, saya suka tuh sama lagu itu, pokoknya saya penggemar earth wind and fire, yang jadi hits2 mereka Insya Allah saya seneng. tapi “september” never die… bener ga?

4 01 2008
Paman Tyo

Saya sendiri, di blog saya, tidak menuduh Dhani menjiplak. Dia komposer. Lagi pula dia sendiri, kabarnya, dulu melarang Ari Lasso membawakan lagu Dewa kecuali membayar royalti. Artinya Dhani tahu HAKI. Daya menulis post itu karena heran, lantaran belum dapat rujukan termasuk belum mendapatkan kaset/CD-nya untuk saya lihat kreditasi dala m lagu. Dugaan saya sejak awal sih pasti dia sudah urus izin karena lagu Kayak yang itu kan terkenal.

4 01 2008
dahlia

mmm……*sambil baca baca komen yang masuk dulu*
rumit juga ya??? *sambil garuk garuk pala*

5 01 2008
dodot

sudah dari sononya terus mau diapakan lagi to mas

6 01 2008
Harry

hanya terinspirasi kok, bukan jiplak, tenang aja tidak ada yang perlu dirisaukan *halah*

7 01 2008
daengrusle

penjiplakan kayaknya sudah jadi budaya kita sekarang ya Daeng?

Sudah terlalu banyak kasus penjiplakan terjadi di sini. Padahal kita belum lama ini mencaci maki Malaysia karena menjiplak atau mengakui lagu Rasa Sayange, Reog Ponorogo atau Batik sebagai budaya mereka. Sementara, menurut Budhiarto Shambazy, kita ini termasuk munafik. Disaat kita mengecam Malaysia karena pengakuan mereka yang semberono terhadap budaya kita, di saat yang sama kita juga banyak melakukan penjiplakan yang mengarah kepada pelanggaran atas hak cipta di banyak sinetron, film, lagu, dan sebagainya. Munafik?

7 01 2008
daengrusle

tambahan yg paling gresss:

SInetron yg bakal tayang di Indosiar: “Cewek Cantik itu Bernama Sarah”.
Penjiplakan yang bener2 telanjang!!

Kenapa? Karena semua cuplikan adegan yang ditampilkan sebagai promo itu mirip dengan filem favorit saya yang dibintangi Cameron Diaz, “There’s Something About Mary

7 01 2008
naninunenon

halo mas salam kenal n langsung komen aja ya… Kalo ga salah emang di beberapa mailing list udah pernah ribut tentang lagu2nya dewa ciptaan dani yg mirip sama lagu2 orang… Salah 1 yg sy inget, arjuna mencari cinta “katanya” orang2 milis, chordnya sama banget sama lagunya jobim yang “how insensitive”… hmmm, sengaja ato ga? tau dey….

7 01 2008
abah oryza

mampir ajah, kapan mau ikutan register di http://seruit.com, di tunggu cerita lawas kenangan di lampung dalam postingan di seruit …

8 01 2008
Amed

Jadi ingat post saya yang juga ngebahas plagiarisme di kalangan musisi Indonesia…

Kalau masalah Ahmad Dhani, well… Ini udah seperti “rahasia umum” betapa banyaknya lagu yang ia campur adukkan untuk kemudian jadi karya-karya yang dilabelinya sebagai “ciptaan” dia.

8 01 2008
fauzansigma

dhani emang gitu kan mas, udah bnyak karyanya yg Konangan gitu..
tp btw mas Jaf ini sbnernya suka gak ya sm dewa19?
krn walopun begitu lagunya tetep bagus2..
salam kenal..
*salaman*

8 01 2008
glanx

apalagi dari segi karya
dari sifatnya yang aroganpun saya sudah nggak suka
sang istri yg di lantarkan karna cari sensasi

saya td pagi liat berita,sidang perceraiannya di laksanakan td pagi
tp jauh2 hari sebelum perceraiannya saya mendengar kata mas dhani bahwa dia tdk ingin perceraian tp ingin mbak maya berubah??
apa itu termasuk sikap tegas sang laki2 sejati??

11 01 2008
aNdRa

OOT: Hanya mampir dan berkata “Halo”…. :-)

11 01 2008
tomyzero

God bless juga begitu,ya gimana kadang2 emang susah menciptakan original

saya punya album KAYAk rekaman YESS, yah minimal gak kalah sama ahmad
dhaniselera musiknya……

matur nuwun

klik my blog http://tomyzero.wordpress.com

11 01 2008
Mrs.Neo Fortynine

ah, sudah biasa…
*jadi inget kasus cover album Dewi Dewi dulu itu*

apa mungkin, ini tribute juga ya? :mrgreen:

11 01 2008
alfaroby

AHMAD DANI MENJIPLAK…
DASAR …….

12 01 2008
Rizma

kok Ma udah ga heran lagi ya?? :roll:

Melly Goeslaw yang lagi naik daun aja udah berapa kali lagunya ‘kebetulan mirip’ sama lagu luar,,

Alesannya : selama ga sampe 8 bar yang diikutin, belom dikategoriin as a plagiarism,, *ga malu ya?? shame on you!*

Belom lagi orang orang yang niru style-nya artis luar, dan dengan bangganya memperkenalkan diri jadi trend-setter,, *waduh, kita masih nonton MTV, mbak!*

Kok ga pede sama kemampuan sendiri sih? takut ga laku?
bukannya mereka itu dibayar atas kreatifitasnya ya?

*jadi bete sendiri*

12 01 2008
restlessangel

lholholho…

bukannya ada tuh, lagu kebangsaan (?) yg muirip bgt dg lagu luar negeri.

kayak kapan tuh, pas nonton brothers grimm apa ya, ada adegan orkes musik klasik (hehe), eh kok mirip bgt dg lagu -dari sabang smp merauke- eh apa itu ya, lupa saya, tp pokoknya musik dlm film itu sama sekali ga asing buat saya….

13 01 2008
kucingair

memang udah tradisi kok……
ngak dapat ide baru ya copy-paste aja…..

“ngomongin diri sendiri” :P

14 01 2008
fritzinfo

AD kreatif…!! masa sih ??
hm.. ternyata inspirasinya dari orang lain juga rupanya.. :)
terus lagu di albumnya mulan jameela, mahluk tuhan paling sexy itu inspirasi dari mana yah.. kok di dalam lagunya ada kaliamt “hanya kamu yang bisa membuatku menjerit..aouww..aouww..” , jangan-jangan si AD dapet inspirasi waktu bobo bareng mulan jameela kali :D

______________,,:ngacir:

14 01 2008
Ahmad Dhani Dan “Kreativitas”nya « All That I Can’t Leave Behind

[...] Yes, he did it again! Padahal baru minggu lalu saya liat post di tempat Pak JaF, soal Dhani yang “memodifikasi” lagu Kayak dan mengakuinya sebagai “Tribute”… Sekarang masalahnya masih ini lagi. Belum lagi [...]

16 01 2008
putrikemben

jiplak barang yang tak asing lagi …putir promosi nich lagi siapa saja yang punya masalah tentang berat badan dan ingin muda 10 tahun lagi maka kunjungi http://www.melilea.com makanan pengganti makanan pokok jika tertarik please kontak me +886 922101440 atau email ke aku marinda20022002@yahoo.com atau mas rane mau coba heheheee

22 01 2008
bisaku

Kalau memang menjiplak itu salah.

Tapi kalau menjiplak dan hasil jiplakannya tersebut bisa menjadi sesuatu yang memiliki ciri khas yang lain? Itu kreatif :-)

24 01 2008
Hedwig™

terus terang belum dengar lagunya, jadi gak isa kasih komentar :)

**lah iki opo**

24 01 2008
yoga kusuma

ternyata seorang AHMAD DANI penjiplak

25 01 2008
Anas

Acmad dhani? minta ijin dulu donk ama yang punya lagu.. jangan asal jiplak dan dirubah atau ditranslate..

28 01 2008
brunx

aduhhhhh,,,,boss,,ya apa Indonesia ini???
apa sih yang g di bajak?????
yang g di jiplak????????
ampe musisi-pun ikut2an ngejiplak………..

28 01 2008
brunx

jiplak teruuuuuuuuuuussss Indonesia…………………..

28 01 2008
brunx

ahmad dhani………………..
ternyaaaaaaaaataaa…………..
Huhhhhh…………….

29 01 2008
rizky_19_next_legend

menurutkuitu semua wajar bgt!

karnakia semua jadi apapun karna kombinasi dari semua yg ada!

aku yakin semua legend yg ada di dunia gk mungkin bgt karya nya murni dari dia pasti ada terinspirasi dari yg dulu2 bgt!mungkin kitanya aja yg ga tau

sekarng gini aja!loe bisa ga bikin kay gitu

ga usah banyak protes

walaupun begitu dhani itu anak bangsa yg membanggakan!

emang kamu yg komentar merasa jadi diri sendiri!dan ga pernah merasa ter inspirasi

itu BLULSIT

2 02 2008
adinoto

Sekem emang. Dulu juga kalo diperhatiin banyak beatnya mirip Queen juga (ga ngikutin, buang2 masa (waktu) aja)… dan Toto banget. Hobbynya kan blow up media kalo mo launching, kang. (ribut soal simbol tuhan, ini itu) biar sekem ngetop. yang herannya Danny tega banget sekem masalah perkawinan ke publik jadi masyarakat dah susah makan masih dicekokin urusan rumah tangga artis yang ga penting buat perut rakyat. Sekem.

4 02 2008
nDoet

eh tp kalo lagunya itu sama n udah minta ijin dipakai n diganti liriknya.. yah gak apa2.. kayak yg lagu Chrisye feat. Dhani – Jika Surga Dan Neraka Tak Pernah ada… itu kan Dhani pake lagunya musisi luar.. duh lupa siapa.. ada kok di Cover Kasetnya album Senyawa Chrisye tersebut.

cheerz [~]D

PS:adayangpunyalaguCintakuTertinggaldiMalaysia?Bagidonk^^

5 02 2008
Defrianto Chaniago

numpang nyengir aja mas…

aku juga lebih senang ama dewa, waktu ad ari laso.

6 02 2008
tomyzero

daripada saling menghujat lebih baik dengerin black sabbath

6 02 2008
loem

menjiplak bagi saya sah-sah saja, asal menghargai hak karya cipta orang lain. alias membayar royalti kepada si empunya lagu dan meminta izin untuk mengubahnya. yang tidak boleh adalah plagiat. tolong dibedakan antara menjiplak yang resmi dengan plagiat. kita tidak bisa menganggap plagiat jika ternyata memang hasil jiplakannya diketahui dan direstui oleh si empunya karya yang asli.

9 02 2008
Ahmad Heri

…. Dani jiplak lagu? ga herann ….. dia aja ga malu untuk nyebarin masalah rumah tangganya ke umum …. apalagi cuma jiplak lagu!!!!!! ………..

9 02 2008
MaIDeN

asal sudah ijin ke yang punya lagu ndak ada masalah itu. Yang masalah ya yang nggak tau kalau itu lagu sudah berijin apa belum hehehehe
… salah sendiri juga hehehehe … kenapa nggak tau hahahaha

kalau saya, agak kurang peduli soal tribute-tribute-an. Asal enak ditelinga ya asik-asik aja. Biar yang punya lagu aja yang ribut hehehehe

btw, good post mas

11 02 2008
asadillah

gw cm png coment, smua lagu yg diciptain smua band dr indonesia ato dr luar sekalipun itu pst ngejiplak ap buktinya,smua musisi bikin lagu pst ad tema am nada kl bikin tema pst nyontek y mgkin crt org,kl nada ya namany nada cuma ad do,re,mi,fa,sol,la,si,do gmn g nyontek lagu didunia ada1000000000000000 lbh bozz..y intinya g ada yg g nyontek didunia ini org mau ML jug nyontek dl gaya luar haaaaa…yg asli y cm yg nyiptain kt,pkny yg pntg jgn sll ngehina karya org,yg ngehina aj blm tentu bs bkn spt itu iya g, ini cm menurut gw men…ok

12 02 2008
the tukang nggedeblues

hahahahahahahaha … gak terlalu kaget saya bacanya bos ….
kalo memang dhani njiplak, ya kebangetan emang. cuma kalau dengar karya2nya belakangan, gak ada penurunan kualitas sangat jauh dibanding karya2nya dulu … jauuuuuuuuuuhhhhhhh bener. jadi kalau bener emang njiplak, ya gak kaget. wong bikin yang orisinil itu sulit je, apalagi kalau gak laku. tambah susah to. mending njiplak, laku … hahahahahahahaha. tapi semoga saja enggak …. kembali ke orangnya masing2 aja, buat pertanggungjawabannya ….

wah, blog ini sekarang rame dikunjungi. pakdhe jaf ternyata dah jadi seleb blog … minta tanda tangannya dong … hahahahahahahahahaha

12 02 2008
the tukang nggedeblues

weks, setelah komentar yang saya tulis tak baca ulang, ternyata ada penulisan yang keliru.

“cuma kalau dengar karya2nya belakangan, gak ada penurunan kualitas sangat jauh dibanding karya2nya dulu”

KOMENTAR YANG BENAR ADALAH :
“cuma kalau dengar karya2nya belakangan, KAN ada penurunan kualitas sangat jauh dibanding karya2nya dulu”

hehehehehehehehehe

15 02 2008
Jauhari

Cuma satu kata

*KASIHAN*

22 02 2008
Eko.Y

ya udah…. biarkan aja dia adanya…
jangankan ahmad dani, pasti semua orang pernah ngejiplak kan..!?

hayooo yang ngerasa ngaku lu….?? ^_^

3 03 2008
dita

dhani ternyata penipu!!!!!!!!!!!!!!!!

26 03 2008
bintang

Dhani memang orang yang suka cari sensasi , tapi salut juga sih dia emang pinter soal musik.

http://www.infogue.com/

http://www.infogue.com/musik/dhani_ahmad_kayak_ruthless_queen/

30 03 2008
quelopi ~ doombloog [dot] com » Blog Archive » Blog Bicara: Dibalik Blog-nya JAF […update…]

[...] liat tulisan Dhani Ahmad.Saya nggak bisa menuturkan, cek ada [...]

30 03 2008
kiky

TOTALLY BULLSHIT!!!
Kalo yg lumayan ngikutin Dhani dan kiprahnya di dunia musik sejak lama, pasti gak akan mungkin keluar TUDINGAN seperti ini…KENAPA? Karena, sebuah edisi tentang DEWA di tahun 2000 yg dirilis majalah musik HAI, pernah memuat wawancara dan profil Ahmad Dhani dan dalam salah satu jawaban Dhani tentang pertanyaan, musik2 yg menginspirasikan Dhani dalam membuat harmoni yg bagus, oleh Dhani dijawab, “saya mengagumi karya2 dengan harmoni musik yg bagus seperti, QUEEN, KAYAK, dll….”
ITU ADALAH WAWANCARA THN 2000, CEK KE HAI…Jadi gak akan heran kalo seorang Dhani membuat tribut utk lagu tsb. Hanya saja, segelintir orang2 yg tidak tahu menahu secara akurat bagaimana seorang Ahmad Dhani akan serta merta mencap seperti ini.
TENTANG LAGU STEPHEN SIMMOND, sebenarnya ada yg lebih MENGEJUTKAN dibalik lagu tsb. Selain Dhani mengaku kalo dia menyukai lagu tsb, tapi dia memang ingin Chrisye yg sempat belajar dgn Guru spiritual yg sama dengan Dhani, membawa pesan dari lagu yg liriknya memang sangat kental spritualismenya.
APA YG MENGEJUTKAN DIBALIK LAGU TSB? Coba perhatikan nada2 REFF dari lagu TEARS NEVER DRY…….Gw cukup geli ketika tudingan miring tentang lagu ini yg di buat lirik indonesianya oleh Dhani, ramai digosipkan orang..
Karena MENGAPA TIDAK ADA SATU ORANG PUN YG JELI MENANGKAP BAHWA JUSTRU LAGU TEARS NEVER DRY TSB JUSTRU “NYAWA” DARI LAGU RATU YG JANGAN BILANG SIAPA2 (RATU VERSI PINKAN MAMBO)…
DENGAR BAGIAN REFF: “KETIKA KUBERCINTA DGN PACAR RAHASIAKUUU”…BANDINGKAN DENGAN REFF LAGU STEPHEN SIMMOND YG TEARS NEVEER DRY TSB….Dan selalu dgn bangga, MAIA AHMAD, melafalkan kalo lagu itu adalah ciptaannya…

DAN SEORANG AHMAD DHANI YG SELALU MENDAPATKAN TUDINGAN MIRING, DARI ORANG2 YG “HAVE NO IDEA” TTG PEMIKIRANNYA SEKALIPUN, HANYA SATIR SAJA. TIDAK PERNAH SEKALIPUN DHANI MENGGUBRIS….Memilih mengeluarkan lagu aslinya utk dinyanyikan chrisye, dgn lirik indonesia, dan benar saja,,,,TIDAK ADA SATU PUN ORANG YG JELI BAHWA “JANGAN BILANG SIAPA2 DARI RATU (WRITTEN BY MAIA AHMAD)” CIKAL BAKALNYA DARI MANA LAGI KALO BUKAN…….Dimana lagu TEARS NEVER DRY tsb telah berpindah nyawa ????????

MORAL OF THE STORY: BERBAIK SANGKALAH PADA ORANG LAIN, ESPECIALLY WHEN YOU HAVE NO IDEA ABOUT ONE’S MIND….FAIR ENUF ?????

30 03 2008
kiky

ENIWEI, BAHKAN LAGU CINTAKU TERTINGGAL DI MALAYSIA BELUM ADA RILIS “FISIKNYA” LHO….HEBATNYA, KRN KARYA2 DEWA SERING DIBURU ORANG2, SEBELUM LAGU INI DIBUAT REKAMAN DAN DIJUAL KOMERSIL DLM BENTUK CD, KABAR HEBOHNYA UDAK NYAMPE KEMANA-MANA…PADAHAL IT HASN’T OFFICIALLY RECORDED AND RELEASED YET….JADI BELUM ADA KESEMPATAN UTK GIVE THE CREDIT, RIGHT? DAN MENGALIRLAH TUDUHAN2…LUCUNYA, DGN PRASANGKA (JUST LIKE DHANI’S LYRIC ON LASKAR CINTA), ORANG2 BERLOMBA MEMBERIKAN TUDUHAN PADA SEORANG AHMAD DHANI, ORANG YG SUDAH LEBIH DARI 17 THN BERKIPRAH DI DUNIA MUSIK, LENGKAP DGN “RULES2″ YG HARUS DITAATI… IT SO SILLY TO EVEN THINK THAT HE WOULD HAVE DONE ANYTHING LIKE THIS…LAGUNYA POPULER GITU LHO…KALO EMANG NIAT UTK NGEJIPLAK, KENAPA GAK LAGU YG BENER2 GAK DIKENAL SAMA SEKALI AJA? GOKIL….

ALANGKAH BAIKNYA UTK TIDAK ASBUN, ALIAS ASAL BUNYI. SO IT WON’T BE SOMETHING FOOLISH…CHEERS

30 03 2008
NIEN

ENIWEI, BAHKAN LAGU CINTAKU TERTINGGAL DI MALAYSIA BELUM ADA RILIS “FISIKNYA” LHO….HEBATNYA, KRN KARYA2 DEWA SERING DIBURU ORANG2, SEBELUM LAGU INI DIBUAT REKAMAN DAN DIJUAL KOMERSIL DLM BENTUK CD, KABAR HEBOHNYA UDAK NYAMPE KEMANA-MANA…PADAHAL IT HASN’T OFFICIALLY RECORDED AND RELEASED YET….JADI BELUM ADA KESEMPATAN UTK GIVE THE CREDIT, RIGHT? DAN MENGALIRLAH TUDUHAN2…LUCUNYA, DGN PRASANGKA (JUST LIKE DHANI’S LYRIC ON LASKAR CINTA), ORANG2 BERLOMBA MEMBERIKAN TUDUHAN PADA SEORANG AHMAD DHANI, ORANG YG SUDAH LEBIH DARI 17 THN BERKIPRAH DI DUNIA MUSIK, LENGKAP DGN “RULES2″ YG HARUS DITAATI… IT SO SILLY TO EVEN THINK THAT HE WOULD HAVE DONE ANYTHING LIKE THIS…LAGUNYA POPULER GITU LHO…KALO EMANG NIAT UTK NGEJIPLAK, KENAPA GAK LAGU YG BENER2 GAK DIKENAL SAMA SEKALI AJA? GOKIL….

ALANGKAH BAIKNYA UTK TIDAK ASBUN, ALIAS ASAL BUNYI. SO IT WON’T BE SOMETHING FOOLISH…CHEERS

30 03 2008
mayah

Hehehe like a virgin-nya madonna aja, yg intronya billy jean michael jackson bgt atau begitu indah-nya PADI yg STAY-nya U2 bgt aja gak heboh2…. Kok Ahmad Dhani ngasih tribut buat lagu kesukaannya aja, orang ribut ya…? wonder why? Begitu menarik perhatiankah sosok Ahmad Dhani? i bet the answer is YES….

30 03 2008
mayah

btw, mas, ruthless queen, terjemahannya bukan ratu yg bengis tuh….hehehe

oia, utk mbak naninunenon, lagu arjuna yg katanya mirip lagunya jobim, guess what…di I RADIO, wkt peluncuran album cintailah cinta, penyiarnya sempet nanya kalo lagu arjuna intronya kayak lagunya sting. DHANI DAN ONCE KOMPAK MENJAWAB, “KALO KITA BILANG INSPIRASINYA MALAH DARI JOBIM”…
WKWKWK, SEKALI LAGI DHANI ITU SATIR SAJA…ORANG2 SIBUK MENUDING LAGUNYA MIRIP LAGU STING EH…TRNYATA STING UDAH DULUAN TERINSPIRASI OLEH JOBIM…..GELI GW…

INTINYA, GAK ADA SATUPUN MUSISI YG TDK TERINSPIRASI…KECUALI LEGEND2 YG LAWAS ITU…PETERPAN INSPIRASINYA CRANBERIES, NIDJI BRITPOP MACEM SCISSOR SISTER TAKE UR MAMA(UTK LAGU HEAVEN), PADI DGN U2-NYA, UNGU YG DISINYALIR “BERGURU” DGN MICHAEL LEARNS TO ROCK DLL……

GAK ADA YG ANEH KAN?

14 04 2008
TasikProg

daripada ngomongin Tribute-tributan mendingan denger tribute to Rush aja http://www.magnacarta.net/audio/workingman.html

1. Distant Early Warning – Randy Jackson/Daniel J
2. Lakeside Park – Sebastian Bach/Daniel J
3. Limelight – Kip Winger/Andreas Kisser
4. Subdivisions – Randy Jackson/Dominic Cifarelli/Jeff Feldman
5. Different Strings – Robert Berry
6. Tom Sawyer – Sebastian Bach/Dominic Cifarelli/Jeff Feldman
7. Bastille Day – Jani Lane/Alex Skolnick
8. Farewell To Kings, A – Randy Jackson/Andreas Kisser
10. Didacts And Narpets – Mike Mangini
11. 2112 Overture / Temples Of Syrinx – Jani Lane/Vinnie Moore

dijamin mantap…. oke bro…

14 04 2008
Gatot Widayanto

Kalo gak salah, lagu JIKA SURGA DAN NERAKA TAK PERNAH ADA itu memang di CD nya ditulis sumber musik aslinya. Tapi ya tetep aja, kurang kreatif ….

Salam,
G

15 04 2008
Fairy

Hi Rane, thanks for this piece of interesting info, jujur saja saya baru tau! Shame on me. :)

Personally I liked Dhani’s cover of the song than the original Ruthless Queen by the Dutch band, more musically pleasing and perhaps because the lyrics lebih relevant and menyentuh. ;)

Ngomong2, link ke lagu Dhani di Youtube which you included sudah tidak ada lagi.

26 04 2008
BALADHANI

Kalo gw seh dhani tetep no wahid bnyak musisi indonesia yg ngiblat ke dhani..dah berapa taun dia eksis di dunia musik coba band seangkatannya dah pd mampus !!klo mslh mirip2 getu seh wajar coba skrang band mana yg merasa karyanya paling suci !!

5 05 2008
Freddie Mercury

mas dhani lagu dewi-dewi yang pas coda ko sama ya sama coda di lgu aku,,
hehehe,,ngaku deh

6 05 2008
reis

ya sbnare salah orang indonesia sendiri, musisi indonesia membuat lagu original juga ga dihargai ma orang indonesia sendiri ujung2nya dibajak….ga salah juga para musisi juga mencipta lagu dengan sedikit menjiplak musik yang udah hits hehehehe

7 05 2008
Dewa jiplak

Si dhani, penampilanya aja nggak orisinil (mirip mbe…ek), apa lagi dengan kreasinya! capeek deh!!

15 05 2008
Rudi DiMEI

sungguh saya memahami jikalau ada yang berpikiran miring tentang lagu “Cintaku tertinggal di malaysia” yang dibawakan Dewa19, yach karena mungkin karena ketidaktahuan akan keberadaan royalti dan bentuk sebuah penghargaan. Apa yang dilakukan Dhani tidak lebih dari salah satu bentuk penghargaannya pada Kayak dan tentunya royalti pasti mengikut dibelakangnya. Sungguh kacian orang yang pikirannya pendek terhadap lagu tersebut. Go to the Best Dhani…. You Still Master in Indonesia.

26 05 2008
abriygpunyaC4

Memang puncaknya seni music ya th 60 – 70 setelah itu gak ada lagi masterpiece music (seniman music) yang ada hanya pengikut termasuk ahmad dani (bukan seniman), tapi pedagang musik yang sukses.
terus jualan Mad ana dukung dech

26 05 2008
abriygpunyaC4

Atu Lagi ach soal jiplak menjiplak gak usah pada ribut itu sah2 aja Allah juga gak ribut Ayatnya dijiplak ama kerajaan saudi

3 06 2008
VENNY

HMM…GIMANA KLO MAS DHANI JIPLAK LAGUNYA DEBU AJA GIMANA?, KAN KATANYA MAS DHANI ITU JUGA SUFI? (KAN YA?), COBA DENGERIN EN NYIMAK LIRIK LAGUNYA YG “””DON’T TURN BACK”””, MAKYUSS BGT TU LAGU, ATO “””””MAZHAB CINTA””””” HMMM….JAUUUUUUUUUUUH BGT DARI KUALITAS LIRIK2NYA MAS DHANI

KLO EMANG NGAKU SUFI YANG BERIMAN JIPLAKNYA ‘DEBU’ DONK!!
CONTOHLAH YANG BAIK2 DARI MEREKA

3 06 2008
VENNY

HMM…GIMANA KLO MAS DHANI JIPLAK LAGUNYA DEBU AJA GIMANA?, KAN KATANYA MAS DHANI ITU JUGA SUFI? (KAN YA?), COBA DENGERIN EN NYIMAK LIRIK LAGUNYA YG “””DON’T TURN BACK”””, MAKYUSS BGT TU LAGU, ATO “””””MAZHAB CINTA””””” HMMM….JAUUUUUUUUUUUH BGT DARI KUALITAS LIRIK2NYA MAS DHANI

KLO EMANG NGAKU SUFI YANG BERIMAN JIPLAKNYA ‘DEBU’ DONK!!
CONTOHLAH YANG BAIK2 DARI MEREKA

9 08 2008
Erikar

Ahmad Dhani tribute?

Hellow.. Pernah denger lagu-lagunya yang lain? Dia memang rajanya plagiat bukan?!

Beatles, Queen sampai ke lagunya Britney Spears disikat semua! Kadang cuma ambil secuil namun gak jarang cuma diplesetin sedikit dari lagu aslinya.

Kata orang ‘dalam’nya yang sekarang sudah keluar, dia malah punya koleksi musik-musik sample yang diambil dari berbagai sumber. Jadi dia kalau mencipta lagu berdasarkan pada materi-materi tersebut, cuma dirubah dikit sana-sini.

Kalau lagi desperate, katanya dia sering frustasi dan mencomot lagu terkenal di masa lalu, secara asal. Contohnya Ruthless Queen ini!

Tarohan, gak bakal berani dia rilis beneran di Indonesia! Belum lagi kalau mau dicek beneran, dia sudah urus copy rightnya ke perusahaan rekaman terkait atau belum?

Gak yakin..

22 08 2008
erlang

aku penganut dhaniisme..
so, siapapun yang mencela karya maupun pribadi beliau, gw siap ngebela.
kita harus akui donk kalo ahnad dhani mang musisi jenius yang pernah dimiliki bangsa ini……

3 09 2008
adil

w hanya coment….mau nyontek g’…. namanya juga BIKIN….bikin lagu jadi y pasti nyontek siapapun itu….kl lo bilang lirik sama lah busyet……huruf cuma 26 bung…y kl w nilai dani itu org pinter….,coba kl lo smua bikin lagu nyontek siapa aja dech sekalipun lagu yg terkenal di dunia trs lo bhs indonesiain enak g’ hasilnya???…. trs lo jual di indonesia bakal laku sama g’ sm di luar,…tp pinternya dhani pemilihan lagu pas sama aransemennya…dia jg kepikiran lagu2 yang dibikin itu akan trs jadi hit di indonesia….padahal nyote, mungkin lo nyontek aja g’ bakal bisa bozz….makany mending dukung musik indonesia ok

5 10 2008
bedjogirl

Saya baca tulisan ini sambil dengerin Lagu “CINTAKU TERTINGGAL DI MALAYSIA”

Lagunya enak…

Kalo penulis lagu/pencipta lagu boleh menjiplak…

Berarti ga apa donk saya beli mp3, cd, kaset bajakan….

Kan mereka juga membajak….

23 11 2008
F41Z

waah.. saya lebih suka baca komentarnya Kiky Fresh banget gaya bicaranya.. :D gua dah g ada bahan lagi ini wat di omongin.. dah ketulis semua ma orang.. tp intinya.. salut wat Ahmad Dhani bisa nyaniin lagu itu dalam bahasa indonesia.. dan aransemennya mantep banget.. Nice job kang Dhani..

Request : – Cpet di rilis ya albumnya “Cintaku Tertinggal di Malaysia” ntar gua yg beli pertama kali..
– ditunggu lagu lagu yg laen gpp rilis nyak orang asal Mantep di denger. ;-)

25 11 2008
bagas

oooh, jiplakan toh? gue barusan denger lagu ini disetel ma kafe tempat gue gi ngenet, ko rasanya enak banget… waktu itu gue belum tau judulnya, jadi gue asal ngetik kata-kata lirik yang gue tangkep aja di google, eh ternyata judulnya “Cintaku Tertinggal di Malaysia” ya, nangkut di blognya Mas Jaf lagi nih … wah, masa sih jiplakan? sekelas dhani ko ngejiplak ya? ck ck ck… mudah2an aja benar dhani emang udah beli lisensinya dari kayak…

10 12 2008
nofri

kasih komen buat restless angel aja deh..boleh kenalan ya… lagu kebangsaan itu lagu kebangsaan Perancis, intronya mirip Dari Sabaang sampai Merauke…en ternyata coba simak lagunya The Beatles deh…All you need is love…pasti bakal bilang sama intronya ama kedua lagu diatas: Anthem Perancis sama Dari Sabang sampai Merauke…Jadi? … tambah binun…

7 01 2009
Nggedebuzz

Iyo, arek-arek mending ngrungokna Metallica ae, gak usah podo kakehan cangkem… Lha awake dhewe ki yo goblok nak ngomongno dapuran sing gak penting, blaen kon…

1 02 2009
ochand

yang penting enak dan ga di komersilin.yang I like your idea and your brain Mr.AHMAD DHANI your my music inspiration

24 03 2009
PRABU BALADEWA

ah ……. kalo masalah jiplak menjiplak sih lumrah … itung itung sambil promosi lagu yang sudah kadaluarsa….. biar ngehits lagi …… tuh orang yang lagunya dijiplak harus terima kasih sama dhani ….. akhirnya orang mau denger lagi lagunya……. coba kalo ga di jiplak …… mungkin saya sendiri ga mau denger lagunya …… najis….. apalagi denger2 soal kata malingsiya….. untung aja Dhani yang nyanyiin jadi aku mau denger……. tuh……
buat temen2 yang sok tahu ambil hikmahnya………
jangan asal tuduh dulu……
tahu ga….. lu…..lu pade……..
emangnya lu….lu…. pade bisa buat lagu berkualitas apa ?…..
dasar kalian bisanya cuma …. ngoreksi kesalahan orang lain …..
kesalahan sendiri yang sebesar gunung himalaya gak mau di koreksi…..
dasar anjrit………

11 11 2009
Anty

“ah ……. kalo masalah jiplak menjiplak sih lumrah … itung itung sambil promosi lagu yang sudah kadaluarsa….. biar ngehits lagi …… tuh orang yang lagunya dijiplak harus terima kasih sama dhani ….. akhirnya orang mau denger lagi lagunya……. coba kalo ga di jiplak …… mungkin saya sendiri ga mau denger lagunya …… najis”

Eiits najis ssma yg mana nih? itukan aslinya punya “kayak”, ngetop banget loh pada masanya, jd tanpa dhani unduh ke versi ind. pun sudah banyak orang yang suka lagu itu sampai skrg pun masih banyak yg nyari termasuk saya :-). Ngefans boleh aja, tapi jangan membabi buta gitu… Jujur saya suka sebagian karya dhani, tapi saya jengah lihat sifat arogannya. Peace…..

21 11 2009
bobo

cover version tuh mas juga yang stephen simmonds kalo udh gitu trus gak dituntut sama labelnya berarti udah dibeli lisensinya, beda dengan jaman thn 70 dan 80 dimana indonesia belum ada hak cipta. tau dulu tentang asal muasalnya baru ngejeblak

20 12 2009
baladewa bandung

jangan pada munafik klo jd orang. dhani boleh aja dkritik hanya krna mnjplak dsb…tapi tanya dulu apakah anda mampu seperti AHMAD DHANI ????? jgn omong doank.

12 01 2010
mahendra baladewa

ahmad dhani jiplak lagu???
wajar aja, karena itu hak dia. kenapa harus di beri coment? nyatanya lagunya juga ngejual. buat apa kita coment yang gak jelas kayak gitu. lebik baik kita tunjukkan kreasi kita daripada ngomel yang gak tahu urusannya. atau lebih baik kita beri opini kepada musisi indonesia agar bisa menunjukkan kreasinya sendiri

12 01 2010
mahendra baladewa

ahmad dhani jiplak lagu???
wajar aja, karena itu hak dia. kenapa harus di beri coment? nyatanya lagunya juga ngejual. buat apa kita coment yang gak jelas kayak gitu. lebik baik kita tunjukkan kreasi kita daripada ngomel yang gak tahu urusannya. atau lebih baik kita beri opini kepada musisi indonesia agar bisa menunjukkan kreasinya sendiri………………………………….. ok

12 01 2010
mahendra SMPN2 megaluh

ahmad dhani

surya sastra tersirat
poleskan indah di indonesia
tak heran bila jiwaku tergetar olehnya
sangat tergetar jiwaku dengar alunannya
ahmad dhani
kau manusia sempurna tercipta
indah duniaku olehmu semata
penghibur hati gunda dirimu lah
tiada duanya
harum nafasnya
indah karyanya

aditya mahendra putra,31_08_1994 talah terbius oleh lagu2 dari dewa19. dan ia juga terpincut hatinya oleh katya yang ditorehkanh oleh pentolannya (ahmad dhani) dan dialah yang mengisi blog ini

20 02 2010
MAHENDRA SMP 2 MEGALUH

DHANI THE BEST FOREVER

17 05 2010
babamz

Ahmad Dhani the best of the best

26 05 2010
Desi

hahaha saya penggemar berat Kayak (ayah saya yg memperkenalkan group band ini)… dan Cintaku Tertinggal di Malaysia itu 100% adalah Ruthless Queen nya Kayak, kecuali bahasanya doang yg pake bhs Indonesia… shame on you DEWA!

9 04 2011
Silent Radio dan Lagu Yang Menempel di Kepala :

[...] Sebuah lagu yang liriknya “duhai kekasihku, cintaku tertinggal di Malaysia..” Kebetulan saya pernah menulis posting tentang lagu itu. Sebuah lagu “karya” Ahmad Dani yang di “pinjam” dari lagu berjudul Ruthless Queen oleh [...]

30 08 2011
bautinja

makasih udah menambah wawasan

24 09 2013
Silent Radio dan Lagu yang Menempel Di Kepala | Tower 16

[…] Sebuah lagu yang liriknya “duhai kekasihku, cintaku tertinggal di Malaysia..” Kebetulan saya pernah menulis posting tentang lagu itu. Sebuah lagu “karya” Ahmad Dani yang di “pinjam” dari lagu berjudul Ruthless Queen oleh […]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 46 other followers

%d bloggers like this: